Home COMIC COMIC FEATURES 10 Versi Superman Paling Populer!

10 Versi Superman Paling Populer!

Sejak muncul pertama kali di era 1930an DC Comics sudah banyak menghadirkan versi Superman, namun ada beberapa yang dianggap paling populer. Superman adalah salah satu karakter superhero yang paling dikenal sepanjang masa. Sudah tidak terhitung berapa banyak dia muncul di bagian sampul komik atau muncul dalam berbagai cerita selama 80 tahun ini. DC Comics sendiri menghadirkan banyak versi dari Superman yang mana beberapa diantaranya disebut yang paling populer. Apa saja?

10 Kingdom Come

Versi Superman paling populer yang pertama adalah yang berasal dari cerita Kingdom Come. Ini merupakan salah satu alur cerita paling populer di DC Comics. Kingdom Come merupakan peristiwa yang dihadirkan oleh Mark Waid dan Alex Ross. Superman versi komik Kingdom Come ini berasal dari Earth-22. Ceritanya sendiri menampilkan apa yang terjadi di masa depan ketika sudah tidak ada lagi Justice League dan Superman.

Seorang superhero baru yaitu Magog, menunjukan pada dunia cara baru mengatasi penjahat ala superhero; yaitu dengan cara membunuh. Meskipun bisa dibilang Superman versi ini cukup dark, tapi Superman versi ini masih memegang prinsip-prinsip yang diyakini oleh Clark Kent. Dia hanya akan tampil beringas dan menghajar musuhnya sampai tewas, ketika memang dia harus melakukan hal itu.

Contoh nyata dari hal ini adalah saat Shazam mengorbankan dirinya untuk menghentikan sebuah bom nuklir. Dalam prosesnya itu, ada banyak sekali superhero dan metahumans yang terbunuh. Marah karena banyaknya korban jiwa, Superman kemudian pergi ke kantor PBB dan menghancurkan gedung tersebut sebagai bentuk balas dendam. Superman versi Kingdom Come ini bahkan menjadi salah satu inspirasi Superman baru versi James Gunn.

9 Ultraman

Ultraman bisa dibilang adalah versi twist dari Kal-el dari Earth-3, di mana dia merupakan bagian dari kelompok Crime Syndicate of America. Ada hal menarik dari sosok Ultraman ini. Ketika umumnya Superman melemah ketika dia dekat dengan Kryptonite, Ultraman justru bisa menjadi tambah kuat jika dekat-dekat dengan Kryptonite. Bahkan, dia mendapatkan kekuatan baru ketika terkena batu pecahan planet Krypton tersebut.

Hal menarik lainnya adalah jika Superman lemah terhadap berbagai sihir, justru Ultraman sama sekali tidak terpengaruh oleh kekuatan sihir apapun. Dalam komik The New 52, Ultraman diketahui sudah membunuh banyak sekali dewa-dewa yang memiliki kekuatan sihir. Meskipun dia kuat dengan Kryptonite dan sihir, nyatanya Ultraman lemah terhadap sesuatu yang jadi sumber kekuatan Superman pada umumnya yaitu sinar matahari.

Selain itu, yang paling membedakan dari karakter Ultraman dan Superman adalah sifat mereka. Ultraman bisa dibilang adalah salah satu versi jahat dari Superman. Ultraman pada dunianya adalah pemimpin dari Crime Syndicate dan penguasa bumi sebagai diktator yang kejam. Selain itu, Kal-II juga merupakan salah satu versi terkuat di mana dia banyak menghabisi versi Superman lain.

8 Overman

Bagaimana jika superhero merupakan bagian dari Nazi. Itu adalah tema yang selalu menarik untuk dibahas dalam cerita komik superhero. DC Comics juga mengangkat tema tersebut dan menghadirkan sosok Superman dalam ceritanya. Dalam cerita komik DC 52, Earth-10 alias Earth X adalah universe alternatif di mana kejahatan diceritakan menang. Bedanya, pemenang di universe alternatif yang satu ini adalah Nazi yang berhasil menguasai hampir seluruh penjuru Bumi.

Bukan hanya pasukan Nazi-nya saja yang menonjol, tetapi juga para manusia supernya. Kal-L yang berasal dari Earth-10 tidak jatuh di Kansas, seperti yang kita ketahui selama ini. Tapi, dia justru jatuh di Jerman saat pendudukan Nazi dan kemudian Superman dirawat oleh Nazi dan Hitler. Dengan menggunakan kekuatan Overman, Nazi berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Para Peneliti Nazi menciptakan sosok tandingan bagi Overman.

Pertama adalah Overgirl dan yang kedua adalah sesosok monster. Overman menggunakan kostum yang memiliki kerah dan tidak ada lambang ‘S’ di dadanya, melainkan lambang petir. Overman benar-benar menjadi sebuah mimpi buruk bagi semua orang di mana dia menjadikan orang-orang di bawah kendalinya.

7 Super Soldier

Ketika menyebut nama Super Soldier, mungkin kita akan teringat dengan sebuah serum yang ada di Marvel Universe yang dapat mengubah manusia biasa menjadi prajurit super atau super soldier. Tetapi, ada sesosok superhero bernama Super Soldier yang dibuat merupakan gabungan Marvel dan DC. Super Soldier adalah gabungan dari Superman dan Captain America yang tampil dalam Amalgam Universe.

Diceritakan bahwa Clark Kent yang hanya seorang manusia biasa harus menjalani sebuah program untuk mengubahnya menjadi tentara super. Karena itulah dia disuntik dengan sebuah serum yang berasal dari alien yang jatuh ke Bumi di tahun 30an. Sejak menjalani program itulah Clark Kent bertransformasi menjadi Super Soldier. Dia sudah ikut bertempur dalam banyak perang, termasuk Perang Dunia II.

Super Soldier juga sempat diceritakan membeku di Atlantik selama beberapa tahun, sebelum akhirnya bisa kembali bertugas dan beraksi, mirip seperti yang dialami oleh Steve Rogers di Marvel Comics. Tentu saja Super Soldier memiliki semua kemampuan yang dimiliki oleh Captain America. Selain itu, dia juga memiliki kekuatan dahsyat dari Superman. Yang paling menarik, Super Soldier juga membawa perisai vibranium yang berbentuk logo Superman.

6 The Dark Side

Selain Speeding Bullet dan Overman, ada versi lainnya dari Superman yang juga memiliki cerita yang hampir mirip dengan cerita tersebut. Dalam komik ini Superman memiliki origin story yang berbeda. Saat dilemparkan dari Krypton, dia tidak jatuh di Kansas Amerika justru dia jatuh di planet Apokolips tempat Darkseid berada. Superman kemudian diangkat menjadi salah satu New Gods dibandingkan dengan menjadi sosok yang memimpin makhluk bumi.

Superman versi ini menggunakan tidak menggunakan kostum berwarna merah biru seperti yang kita ketahui melainkan kostum berwarna hitam, lengkap dengan helm dan senjata khas planet Apokolips. Tidak lupa juga dengan simbol ‘S’ di dadanya yang lebih mirip seperti lambang petir. Superman versi ini benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Darkseid.

Superman dalam cerita The Dark Side ini juga benar-benar menjadi sosok jahat dari Kal-El, bukan hanya Superman yang berubah menjadi jahat. Sayangnya, karakter Superman versi Dark Side ini belum lagi muncul setelah diperkenalkan di miniseri ini. Padahal, Superman versi Dark Side ini menjadi salah satu versi yang paling populer.

5 Red Son

Geeks mungkin familiar dengan kisah origin dari Superman, di mana dia berasal dari planet Krypton yang hancur dan kemudian kedua orang tuanya mengirim Kal-El ke bumi. Di sini, dia kemudian dirawat oleh keluarga Kent dan tumbuh serta berkembang menjadi sosok yang kita kenal sekarang. Ini memang adalah kisah origin pertama yang dihadirkan oleh DC Comics untuk karakter Superman.

Namun, bagaimana jika kemudian Superman tidak turun di Amerika melainkan di Russia pada era Uni Soviet? Dalam komik Superman: Red Son hal tersebut benar-benar terjadi. Sama seperti Superman dalam komik The Dark Side, dalam komik Red Son diceritakan jika Kal-El tidak jatuh di wilayah Amerika, melainkan di Ukraina. Dia tumbuh di sana dan kemudian berubah menjadi penguasa wilayah USSR.

Dengan Superman yang menjadi pemimpin USSR, negara tersebut menjadi makmur dan maju. Tapi, dengan Superman mampu mengawasi seluruh dunia artinya dia bisa mengawasi gerak-gerik setiap orang. Jika ada pemerintah atau warganya yang mencoba untuk berbuat kejahatan, tentunya mereka akan berhadapan langsung dengan Superman. Ada cara untuk menghukum para “penjahat” tersebut, yaitu Superman menjadikannya budak yang disebut ‘Superman Robots’. Meskipun pada akhirnya Superman menyerahkan kekuasaannya, warisan dari kekuasaannya dulu merubah sejarah dunia dalam cerita tersebut.

4 Superman Prime

Superman Prime: One Million adalah versi Superman dari abad 853 yang sangat kuat dan bisa disimpulkan bahwa dia adalah perwujudan dari Matahari. Superman ini muncul pertama kali dalam komik DC One Million #4 di mana dalam komiknya diceritakan jika Superman yang berasal dari Earth-0 pergi dari bumi pada abad 21. Hal tersebut terjadi setelah dia hidup begitu panjang dan menyaksikan teman dan keluarganya mati satu persatu.

Setelah Superman memutuskan pergi menjelajahi angkasa luar, dalam perjalanan tersebut dia mendapatkan banyak ilmu dan kemampuan yang membuatnya seperti sosok dewa. Superman versi ini pulang ke Bumi pada Abad 700 untuk memberikan ilmu-ilmu dan kekuatannya kepada keturunannya, lalu dia pergi menyendiri di Fortress of Solitude yang sekarang berada pada permukaan Matahari.

Superman kemudian tinggal di Matahari selama 15000 tahun, dan setelah bertahun-tahun menyerap energi matahari level kekuatan dari Superman versi ini benar-benar mengalami peningkatan yang sangat drastis hingga sampai pada tahapan yang sudah tidak terbayangkan sama sekali. Satu hal yang menjadi ciri khas dari Superman versi ini adalah dia memiliki tubuh yang menyala terang.

3 Cyborg Superman

Cyborg Superman pertama kali melakukan debutnya di komik Adventures of Superman #465 karya Dan Jurgens pada tahun 1990. Mempunyai nama asli Henry ’Hank’ Henshaw, dia sebenarnya bukan seorang kryptonian dan tidak terlahir sebagai manusia super. Dia hanya seorang pilot salah satu pesawat antariksa milik LexCorp yang diberi nama Excalibur.

Segalanya berubah setelah dia dan seluruh kru Excalibur, termasuk istrinya yang bernama Terri, terpapar radiasi kosmik yang menyebabkan pesawatnya jatuh. Akibat kejadian tersebut, hanya Terri yang berhasil selamat, sedangkan Henry dan semua krunya mengalami kejadian tragis di mana tubuh mereka hancur dan menyisakan pikirannya saja. Setelah semua krunya mati, pikiran Henry yang berusaha untuk bertahan hidup berhasil masuk ke dalam komputer LexCorp dan menguasai teknologi tersebut.

Dia kemudian mendatangi Terri yang telah diselamatkan oleh Superman asli dan memperlihatkan keadaannya yang sekarang. Namun, Terri yang tidak sanggup melihat keadaan Henry justru menjadi gila dan akhirnya mati. Henry yang tidak punya tujuan kemudian masuk ke dalam Birthing Matrix, pesawat yang membawa Superman ke Bumi ketika bayi, dengan pesawat ini Henry mendapatkan DNA Superman dan kemudian berubah wujud menjadi Superman.

2 Calvin Ellis

Muncul pertama kali di komik Final Crisis pada tahun 2009, Calvin Ellis adalah seorang penduduk planet Krypton terakhir di Earth-23 yang kemudian memilih alter ego Superman saat menjadi pelindung Bumi. Bisa dibilang Calvin adalah Black Superman yang paling populer di kalangan penggemar, salah satu alasannya karena desain karakternya mirip seperti Barrack Obama yang pada saat itu menjabat sebagai Presiden AS.

Yang lebih menariknya lagi, selain menjadi superhero, Calvin memang menjabat sebagai presiden di semestanya. Prestasi lainnya juga terbukti dari sepak terjangnya sebagai pendiri sekaligus pemimpin tim superhero multiverse, Justice Incarnate. Pada awalnya, DC Comics hanya menghadirkan Presiden Ellis sebagai karakter “ekstra” yang menjadi bentuk penghargaan atau penghormatan terhadap Presiden Obama.

Dia bahkan tidak memiliki nama pada saat itu. Namun, para pembaca seolah meyakini jika Superman dari Earth-23 tersebut merupakan “perwujudan” dari Presiden Obama. Calvin Ellis sendiri sempat menghilang pasca Final Crisis. Namun, setelah kembali di New 52, dia memiliki peranan yang lebih besar di DC Universe. Banyak yang berharap jika karakter ini muncul di layar lebar dengan kabar Michael B. Jordan berperan sebagai Superman.

1 Injustice

Video game Injustice: God Among Us bukan hanya memberikan kita sebuah game superhero fighting, tapi juga memberikan kita sebuah alur cerita yang sangat luar biasa yang memperluas wawasan karakter dari Superman. Gamenya sendiri menceritakan ketika The Joker berhasil meracuni Clark Kent. Hal itu membuat pikiran Superman menjadi kacau di mana dia melihat orang-orang di sekitarnya sebagai musuhnya.

Salah satu hal yang tragis dari hal ini adalah bagaimana Superman mengira jika Lois Lane adalah Doomsday dan membawanya ke luar angkasa untuk membunuhnya. Superman pun sangat sedih dan marah akan kejadian tersebut. Superman pun kemudian membunuh secara sadis Joker dan dia juga berencana untuk meluncurkan sebuah bom nuklir yang menghancurkan kota Metropolis.

Superman kemudian sadar bahwa dia bisa menjadikan dunia lebih baik dan akhirnya dia pun mengambil alih dunia. Dalam sekuelnya, Injustice 2, ada dua ending yang bisa dipilih oleh para pemain. Superman menang melawan Batman atau sebaliknya. Jika Superman menang, dia akan kembali menjadi penguasa dunia. Ini menjadi salah satu versi Superman lainnya yang paling populer.

Dalam sejarahnya, Superman banyak muncul di berbagai cerita komik DC. Dan dengan banyaknya kemunculan tersebut, DC Comics juga menghadirkan berbagai versi lain dari Superman yang mana beberapa diantaranya dianggap paling populer.

Exit mobile version