Iron Man adalah superhero yang muncul dalam Marvel Comics. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik Tales of Suspense #39 pada tahun 1963, diciptakan oleh penulis Stan Lee, editor eksekutif Jack Kirby, dan seniman Don Heck. Iron Man adalah identitas superhero dari seorang pengusaha, milyuner, jenius, dan playboy bernama Tony Stark. Tony Stark memakai baju besi canggih yang dirancang olehnya sendiri untuk melawan kejahatan dan melindungi dunia. Baju besi tersebut memberinya kekuatan super, kecepatan, kemampuan terbang, dan berbagai senjata yang membantunya dalam pertempuran. Menariknya nih Geeks, ternyata ada juga beberapa varian Iron Man yang diciptakan jahat. Siapa saja?

4Iron Maniac

Robert Kirkman dan Scott Kolins pernah memperkenalkan versi baru dari Tony Stark yang kelam. Sosoknya berasal dari sebuah realitas alternatif di Marvel Team-Up. Namun, realitasnya mengalami kehancuran yang disebabkan oleh salah satu Skrull paling kuat sepanjang masa, yang dikenal sebagai Titannus. Dan setelah teman-teman Stark mati, Stark berubah menjadi versi yang lebih aneh daripada yang kita kenal.

Sosoknya kemudian bertransformasi menjadi Iron Maniac, bukanlagi Iron Man. Salah satu perbedaan paling mencolok yang bisa kita lihat di Iron Maniac adalah armornya yang mengingatkan pada desain Doctor Doom. Tony Stark versi ini juga mengalami cacat parah, yang diakibatkan saat pertarungan melawan Human Torch di realitasnya yang memulai persaingan abadi dengan Reed Richards.

Iron Man yang diasingkan kemudian tiba di Earth-616, di mana dia hampir berhasil mengalahkan Avengers dengan kebrutalannya. Iron Maniac pernah mengurung Iron Man dan mulai menyerang superhero lain. Untungnya, Captain America berhasil mengalahkan sosok ini.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/