Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Perisai Captain America yang Tidak Muncul di MCU!

5 Perisai Captain America yang Tidak Muncul di MCU!

Captain America adalah pahlawan super ikonik yang muncul dalam Marvel Comics. Identitas asli Captain America adalah Steve Rogers, seorang pria muda yang awalnya tidak memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Namun, setelah menerima serum super-soldier, dia menjadi salah satu prajurit terkuat di dunia. Salah satu senjata terkenal Captain America adalah perisai vibraniumnya. Perisai ini tidak hanya berfungsi sebagai senjata bertahan yang kuat, tetapi juga bisa digunakan menyerang musuh. Menariknya nih Geeks, ternyata ada beberapa perisai Captain America yang tidak muncul di MCU. Apa saja?

5 Perisai Energi

Perisai ini pertama kali dikenalkan dalam komik Captain America #451. Perisai ini sangat berbeda dari perisai Captain America sebelumnya, karena perisai ini terbuat dari energi. Yap, ini adalah perisai energi yang sebenarnya dapat berubah bentuk menjadi apapun yang dikehendaki. Dalam komik tersebut, diceritakan bahwa Captain America mendapatkan perisai itu dari Sharon Carter. Sebenarnya perisai ini juga pernah dimunculkan di komik lain.

Dalam komik Captain America #9, hal yang sama juga diceritakan di sana. Diceritakan bahwa Sharon Carter juga memberikan perisai itu kepada Captain America. Yang membedakan adalah desain dari perisainya yang berbeda, di mana dalam versi terbarunya, perisai itu terlihat lebih sederhana dan desainnya lebih mirip dengan perisai yang biasa kita lihat. Selain itu, perisainya juga tampak tembus pandang.

Dan ada satu kekurangan fatal yang dimiliki oleh perisai ini, karena Captain America tidak bisa melemparkan dan memantulkan perisai ini ketika menghadapi musuh. Tetapi dibalik kelemahan itu, tamengnya mampu menahan segala serangan yang dilancarkan musuh, baik serangan dari jarak dekat maupun serangan dari jarak jauh. Karena tangguh, Captain America sering menggunakan tameng energi ini dalam pertempuran.

4 Perisai Gladiator

Apa jadinya jika Captain America menggunakan sebuah perisai yang digunakan untuk sebuah pertarungan di Gladiator? Yap, ini terjadi dalam komik Exiles #9, yang berlatar di Earth-5692. Ketika itu, Mimic menemukan dirinya sendiri berada di alam semesta di mana Skrull berhasil menaklukkan Bumi yang terjadi di akhir tahun 1800-an. Ketika itu, umat manusia memang tidak memiliki persiapan untuk menghadapi ancaman yang begitu besar itu, sehingga Skrull berhasil menguasai Bumi dengan cukup mudah.

Ketika Skrull berkuasa, kehidupan di Bumi sangat berbeda dari yang kita lihat sekarang. Sebagian besar teknologi sudah berubah drastis, di mana teknologi-teknologi yang ada dipengaruhi oleh Skrulls, yang juga berkuasa di Bumi. Di sini, Skrull membuat sebuah pertarungan di arena gladiator, di mana pertarungan tersebut menjadi tontonan mereka sehari-hari, sekaligus menjadi hiburan tersendiri.

Dalam pertarungan itula Mimic ikut serta, hingga suatu ketika dia berhadapan dengan The Captain, Captain America versi Earth-5692. Di sini, The Captain bukan seorang superhero. Dia hanya berjuang untuk bertahan hidup dan menghibur, bukan demi keadilan. Diapun membawa perisai Gladiatornya berwarna abu-abu dan ungu dan mencerminkan asal-usul Skrull.

3 Perisai Adamantium 

Geeks tentunya sudah tau dengan Adamantium di Marvel Comics. Admantium adalah salah satu bahan paling kuat dalam alam semesta Marvel. Adamantium juga memiliki ketahanan yang luar biasa dari berbagai serangan senjata, ledakan, dan bahkan serangan superhero terkuat sekalipun. Proses pembuatan adamantium sangat rumit dan membutuhkan teknologi canggih. Adamantium biasanya dibuat dalam bentuk cair dan kemudian disusun ulang dalam struktur molekuler yang sangat padat dan padat.

Nah menariknya, bahan ini juga pernah digunakan untuk membuat tameng Captain America. Dalam sebuah komik berjudul Captain America #339 yang dirilis tahun 1980, kita diceritakan saat Steve Rogers yang memutuskan mengundurkan diri sebagai Captain America. Pasalnya, Steve menolak untuk menjadi anak buah pemerintah, dan harus menuruti semua perintahnya.

Karena itulah Steve Rogers secara diam-diam menggunakan identitas superhero baru yang diberi nama The Captain. Kostumnya pun dibuat sangat berbeda dengan Captain America, di mana kostum The Captain memiliki warna perpaduan antara hitam, putih, dan merah. Sadar bahwa The Captain membutuhkan sebuah senjata baru yang sangat kuat, Tony Stark kemudian membuatkan sebuah perisai baru yang terbuat dari Adamantium. Menariknya, perisai ini tidak memiliki ornamen apapun.

2 Perisai Vampir

Penggemar Marvel tentu tahu bahwa alam semesta utama Marvel adalah Earth-616. Ada banyak sekali alam semesta berbeda di seluruh multiverse Marvel, dan banyak di antaranya yang menghadirkan karakter favorit penggemar yang berbeda. Salah satunya adalah Earth-3931. Alam semesta ini diceritakan secara lebih dalam di komik Exiles #31. Dalam semesta ini, Baron Blood telah mengalahkan Captain America dan mengubahnya menjadi vampir.

Di semesta ini, memang banyak sekali vampir yang berkeliaran, dan mereka berhasil mengubah sebagian besar penduduk Bumi menjadi vampir mengerikan, termasuk mengubah anggota Avengers lainnya. Yap, semua anggota Avengers di semesta ini adalah vampir. Untuk Captain America, dia menjadi vampir yang memiliki perisai yang mirip dengan yang kita lihat saat ini, tetapi hampir tidak ada warna biru dan bintang besar di tengahnya.

Menariknya lagi, ada semacam aura gelap yang membuat perisai Captain America tersebut menjadi senjata yang mengerikan. Di sini, Captain America memang menjadi sosok yang tidak bisa dibunuh. Bayangkan saja Geeks setelah Mimic berhasil memenggal kepala Captain America dengan cakar Wolverine, Captain America ternyata masih bisa hidup.

1 Perisai Dormammu

Geeks tentunya tahu dengan Dormammu. Dormammu adalah salah satu musuh terbesar Doctor Strange dan sering kali dianggap sebagai musuh terkuatnya. Dia adalah penguasa Dark Dimension dan memiliki kekuatan magis yang luar biasa. Dormammu juga seorang ahli sihir dan memiliki akses ke berbagai kekuatan magis yang kuat. Dia dapat memanipulasi energi, menciptakan ilusi, melontarkan mantra, dan memanfaatkan kekuatan mistis lainnya untuk mencapai tujuannya.

Dalam dalam sebuah universe bernama Earth-5113, Dormammu diceritakan sebagai penguasa dunia. Dia memanfaatkan kekuatan sihirnya yang luar biasa untuk mengubah para pahlawan menjadi jahat, dan mengendalikan mereka sesuai perintahnnya. Karena itulah para pahlawan mulai mengikuti perintah Dormammu yang jahat. Siatuasi ini semakin pelik, hingga suatu ketika ditemukan cara untuk mengalahkannya.

Dalam komik Defenders Vol. 3, Doctor Strange, Namor, dan Silver Surfer bersatu untuk mengakhiri semuanya. Salah satu musuh yang dihadapi ketiganya adalah Captain America yang ketika itu berada di bawah pengaruh Dormammu. Di sini Captain America menjadi sosok yang agresif dan jauh lebih mematikan. Selain itu, dia juga memiliki sebuah perisai yang konon diciptakan oleh Dormammu. Perisai tersebut sepertinya sangat mematikan karena memiliki gergaji mesin disekitarnya.

Itulah dia Geeks beberapa perisai Captain America yang tidak muncul di MCU. Perisai-perisai ini memang sangat epik, sehingga cukup disayangkan karena tidak dimunculkan dalam film MCU. Di antara perisai di atas, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version