Home MOVIE MOVIE FEATURES Lord of the Rings: 10 Kerajaan Terbesar Di Middle Earth!

Lord of the Rings: 10 Kerajaan Terbesar Di Middle Earth!

Dalam cerita franchise Middle Earth karya J.R.R. Tolkien terdapat beberapa kerajaan besar yang terlibat dalam sejarah dan juga ceritanya. Dalam franchise karya J.R.R. Tolkien seperti The Hobbit, The Silmarillion, The Lord of the Rings bahkan The Rings of Power, ada beberapa kerajaan besar yang muncul dalam sejarah Middle-Earth. Mereka memiliki peranan masing-masing dalam sejarah tersebut. Lalu, apa saja kerajaan besar yang ada di Middle Earth?

10 Tirion upon Túna

Kerajaan besar yang ada di Middle Earth pertama adalah Tirion upon Tún. Dalam salah satu gambar yang dirilis oleh Amazon dalam promosi series The Lord of the Rings: The Rings of Power, terdapat gambar dari sosok elf yang berada di sebuah kerajaan besar yang dikelilingi oleh cahaya. Arsitektur dari bangunan di kerajaan tersebut dianggap sangat mirip dengan Tirion upon Túna.

Dalam ceritanya, Tirion upon Túna merupakan kota besar dari Noldor yang ada di wilayah Aman alias Undying Land. Tirion upon Túna merupakan sebuah kerajaan yang sangat penting dalam era First Age dan Second Age di Middle Earth. Tirion sendiri merupakan gerbang menuju Two Trees of Valinor. Di era First Age, Melkor dan the Ulgoliant meneyrap seluruh energi kehidupan dari dua pohon besar tersebut yang jadi awal perang besar pertama dalam sejarah Middle Earth.

Di Second Age, Ar-Pharazôn menyerang wilayah pantai dari Aman untuk menguasai wilayah Tirion upon Túna. Dalam akhir cerita film The Lord of the Rings, Undying Lands merupakan tujuan akhir dari Frodo dan beberapa karakter lainnya. Aman sendiri sebenarnya wilayah yang khusus untuk para elf di mana tidak boleh ada makhluk lain yang tinggal atau pergi ke sana. Namun, ada pengecualian untuk beberapa karakter.

9 Numenor

Bisa dibilang, Numenor adalah salah satu kerajaan yang sangat penting dalam sejarah Middle Earth. Seperti halnya Tirion upon Túna, Numenor juga memiliki peranan penting di dua era berbeda yaitu First Age dan Second Age. Dalam sejarahnya, Númenor adalah sebuah kerajaan manusia terbesar yang pernah ada. Ini merupakan kerajaan yang mengubungkan Valinor dan Middle Earth.

Lokasi dari wilayah ini berada di Great Sea. Yang menarik dalah Numenor merupakan hadiah yang diberikan kepada manusia oleh para Valar pada era Second Age. Elros, anak dari Earendil dan Elwing, merupakan raja pertama dari Numenor. Gari keturunan dari Elros terus menjadi penguasa dari Numenor yang mana kemudian garis keturunannya berujung pada sosok ksatria tangguh Aragorn.

Para penduduk Numenor memiliki teknologi yang maju. Mereka pun memiliki usia yang relatif panjang dan hidupnya cukup makmur. Karena pengetahuan dan kemajuan teknologi yang lebih baik para penduduk Numenor terkenal dengan julukan Kings of Men. Sayangnya, karena pemimpin mereka berhasil terhasut oleh Sauron untuk menyerang Aman akhirnya Iluvitar memutuskan untuk menghancurkan kerajaan ini.

8 Arnor

Di bagian wilayah utara Middle Earth terdapat sebuah kerajaan kuno, yang dahulunya merupakan bagian dari Dunedain. Para penduduk dari kerajaan tersebut merupakan keturunan dari para penduduk kerajaan Numenor. Wilayah kekuasan kerajan Arnor sendiri sangat luas, mulai dari Eriador terus melebar hingga ke bagian barat Gulf of Lune hingga sungai Greyflood dan Loudwater di bagian timur.

Ibu kota dari kerjaan Arnor sendiri adalah Annúminas yang lokasinya berada di Lake Evendim. Wilayah ini disebut-sebut sebagai pusat dari kebudayaan dan juga kekuatan. Namun, sayangnya, seiring berjalannya waktu semua kedigdayaan dari kerajaan Arnor ini perlahan menghilang. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya berbagai perang saudara yang membuat akhirnya wilayah ini semakin mengecil.

Kerajaan tersebut kemudian terbagi menjadi tiga wilayah; Arthedain, Cardolan, dan Rhudaur. Di era Third Age, banyak dari kota-kota besar dan indah, bahkan termasuk ibu kotanya sendiri, harus hancur dan rata dengan tanah. Meskipun begitu, warisan dari kerajaan ini tidak benar-benar hilang. Sosok Aragorn II Elessar, berupaya untuk membangun kembali kerajaan ini dan menyatukan kembali Arnor dan Gondor.

7 Gondor

Jika di wilayah timur terdapat kerajaan Arnor, maka di bagian selatan terdapat kerajaan besar di Middle Earth lain yaitu Gondor. kerajaan Gondor sering kali disebut sebagai kerajaan manusia paling kuat dan paling hebat. Kerajaaan ini terkenal karena benteng atau tembok putuhnya yang menjulang tinggi dan mengelilingi wilayahnya. Banyak kota-kota indah dan cantik yang jadi bagian dari Gondor.

Kerajaan Gondor berbatasan langsung dengan beberapa kerajaan besar lainnya di Middle Earth, seperti kerajaan Rohan di utara, kerajaan Harad di selatan, dan Mordor di utara. Sudah sejak lama kerajaan Gondor menjadi andalan dan harapan bagi pihak-pihak yang memang berusaha untuk menghancurkan dominasi Sauron dan Morgoth. Seperti halnya Arnor, kerajaan Gondor juga merupakan “keturunan” dari Numenor.

Didirikan oleh Isildur dan Anarion, Gondor memiliki ibu kota Osgoliath yang bersinar dengan sangat terang dan jelas di dekat wilayah Anduin. Namun, seiring berjalannya waktu, Minas Trinith, the Tower of Guard, menjadi pusat dari kerajaan Gondor. Terdapat tujuh lapis penjagaan di mana masing-masing lapis penjagaan mendapatkan penjagaan yang sangat luar biasa. Akibat berbagai peperangan yang terjadi, berbagai pemberontakan, dan juga berbagai serangan akibat pengaruh Sauron, kerajaan ini pun akhirnya harus hancur. Namun, Aragorn sendiri berharap bisa kembali membangun kerajaan ini seperti halnya Arnor.

6 Rohan

Dikelilingi oleh daratan luas dan juga wilayah rerumputan serta berlokasi di wilayah utara kerajaan Gondor, Rohan merupakan rumah bagi para ksatria berkuda yang sangat pemberani atau yang biasa juga disebut sebagai Rohirrim. Sesuai reputasinya, kerajaan Rohan terkenal karena kemampuan berkuda dari para ksatria mereka. Bahkan, reputasi mereka sudah terkenal seantero Middle Earth sejak lama.

Bagi para penduduk Rohan, kuda merupakan bagian dari jiwa mereka. Hubungan antara kuda dan penunggangnya dianggap sangat suci dan penting. Dalam trilogi The Lord of the Rings, Rohan memiliki peranan penting dalam Pertempuran Hornburg dan Pertempuran Pelennor. Ketika penduduk Rohan bertahan dan melawan pasukan Orcs di Helm’s Deep, pasukan Elf datang membantu. Ini menjadi salah satu momen kembalinya solidaritas antara bangsa Elf dan Manusia.

Di bawah kepemimpinan raja Theoden dan Eomer, Rohan sempat beberapa kali mengalami momen atau masa kelam. Mulai dari pengkhianatan dari pihak mereka sendiri hingga ancaman serangan dari pasukan Saruman. Namun, solidaritas dan keberanian mereka membuat para Rohirrim tidak pernah takut dan ragu untuk bertempur. Inilah yang membuat reputasi mereka sangat luar biasa.

5 Khazad-dûm

Khazad-dûm adalah salah satu kerajaan kebanggaan para kurcaci yang mana kerajaan bawah tanah ini nuansanya gemerlap di tengah kegelapan tambang. Kemewahan dari kerajaan ini merupakan hasil dari pertambangan, mulai dari emas, permata, sampai dengan Mithril. Raja-rajanya memiliki sebutan Durin. Khazad-dûm adalah kerajaan yang begitu kaya hingga para kurcaci menjadi sangat dihormati.

Durin III merupakan kakek dari Durin IV di mana dia merupakan pemilik salah satu dari tujuh Dwarven Rings of Power. Khazad-dûm memiliki peranan yang tidak kalah penting juga dalam peperangan di era Second Age saat berhadapan dengan Sauron. Mereka juga memiliki peranan penting dalam peperangan lainnya. Serangan dadakan dari Durin III terhadap Sauron berhasil menyelamatkan para Elf di Rivendell dan membuat Last Alliance berhasil menang atas Sauron.

Dalam cerita The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, kerajaan Khazad-dûm dikenal juga dengan nama Moria setelah kerajaan tersebut jatuh ke tangan para pasukan Goblins dan juga Durin;s Bane di Third Age. Sayangnya, berbeda dengan beberapa kerajaan lain Khazad-dûm mungkin bisa dibilang salah satu kerajaan yang kurang begitu populer selain karena tambang mereka.

4 Dale Dan Erebor

Selain Khazad-dûm, para kurcaci juga memiliki kerajaan lainnya yaitu Dale dan Erebor. Lokasi dari kedua kerajaan ini sendiri berada di wilayah Lonely Mountain. Kedua kerajaan ini bisa dibilang menjadi jembatan perdagangan antara manusia dan para kurcaci yang hidup dengan harmonis. Dengan dikelilingi gunung, wilayah ini sudah mengalami momen kedigdayaan dan juga kehancuran.

Erebor atau Kingdom under the Mountain merupakan kerajaan yang spesial bagi para kurcaci. Kerajaan ini didirikan oleh Thrain I dan menjadi rumah bagi berbagai macam harta karun, yang mayoritasnya adalah Arkestone. Namun, semua kemilau tersebut memancing juga naga mengerikan Smaug untuk merebut wilayah tersebut yang mana membuat semua hancur,

Dale sendiri merupakan kerajaan yang terkenal karena pasar mainan dan suara belnya yang merdu. Seperti halnya Erebor, awalnya kerajaan ini hidup dengan sejahtera dan bahagia sebelum kemudian hancur oleh Smaug. Dengan keberanian dari para ksatria seperti Bard the Bowman, mereka kemudian berhasil menghabisi Smaug dan membangun ulang kerajaan tersebut.

3 Mirkwood

Jauh di dalam hutan di Middle Earth, Mirkwood merupakan sebuah wilayah kerajaan yang penuh dengan misteri dan hal magis. Banyak hal-hal luar biasa penuh fantasi muncul di kerajaan ini. Wilayah hutan yang dahulunya terkenal dengan nama Greenwood the Great ini merupakan rumah dari para elf Woodland atau Woodland Elves, salah satu bangsa elf yang sangat kuat dan terkenal karena kelincahannya.

Kerajaan Mirkwood dipimping oleh sosok raja bijaksana Thranduil. Berbeda dengan bangsa elf lainnya, para elf di Mirkwood memiliki aura yang jauh lebih liar dan lebih penuh misteri. Hal tersebut menjadi gambaran dari alam tempat mereka tinggal. Mirkwood sendiri merupakan sebuah wilayah labirin yang penuh dengan rahasia dan berbagai hal misterius lainnya. Banyak pohon tinggi dan bercabang yang menyembunyikan keindahan kerajaan ini.

Di sisi lain, ada banyak hal mengerikan yang juga terdapat di hutan Mirkwood mulai dari aliran sungai yang tidak bisa ditebak sampai laba-laba raksasa. Mirkwood dilindungi oleh sebuah perisai magis yang kuat. Banyak nyanyian para elf terdengar di seluruh wilayah ini. Seperti halnya berbagai tempat lain, Mirkwood juga pernah mengalami masa sulit seperti ketika mereka berhasil dikendalikan oleh Sauron.

2 Haradrim

Berada di wilayah selatan jauh dari kerajaan Gondor, terdapat sebuah kerajaan yang bernama Haradrim. Kerajaan ini sering disebut sebagai Southrons oleh orang-orang yanng berada di utara. Para penduduk atau penghuni wilayah Haradrim sangatlah beragam yang menjadi gambaran wilayah tempat tinggal mereka. Ada banyak suku atau bangsa yang menempati wilayah ini.

Hal tersebut yang kemudian membuat Haradrim penuh dengan kebudayaan dan memiliki tradisi serta cara hidup yang unik. Wilayah Haradrim terkenal karena lingkungannya yang sangat ekstrim. Namun, hal inilah yang kemudian membuat para pejuang atau ksatria dari kerajaan tersebut menjadi salah satu yang terkuat. Di bawah pengaruh Sauron, kerajaan ini sering bertempur menghadapi banyak pihak.

Kekuatan dan keberanian dari para pasukan Haradrim sering kali membuat mereka menjadi musuh yang sulit untuk dikalahkan di medan pertempuran. Meskipun banyak yang menganggap bahwa mereka adalah jahat, namun mereka sebenarnya tidak seperti itu. Semuanya karena pengaruh dari Sauron yang membuat Haradrim pada akhirnya harus terlibat konflik dengan kerajaan lain.

1 Mordor

Kerajaan besar di Middle Earth yang terakhir adalah Mordor. Dikendalikan dan dikuasai oleh sang Dark Lord Sauron, Mordor bukan hanya sebuah wilayah atau kerajaan. Ini merupkan sebuah simbol dari penindasan dan juga kejahatan. Siapapun yang mendengar namanya pasti akan merasa ketakutan. Mordor dkelilingi oleh gunung-gunung besar di ketiga sisinya yang membuatnya sulit untuk ditembus.

Inilah yang kemudian membuat Mordor menjadi sebuah wilayah yang sangat sulit untuk ditembus. Mereka yang mencoba untuk menembus atau pergi ke Mordor dipastikan akan menghadapi berbagai ancaman dan tantangan yang mengerikan dan bisa merenggut nyawa mereka. Udara di wilayah Mordor juga dipenuhi oleh debu dan abu dan airnya pun tercemar serta kotor.

Selain dari lingkungannya, mereka yang mencoba pergi ke Mordor juga harus berhadapan dnegan para Orcs, Trolls, dan berbagai monster serta makhluk mengerikan yang berada di sana yang merupakan pasukan dari Sauron. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah Dark Tower, Barad-dûr, di mana Sauron mengawasi berbagai hal yang terjadi di seluruh wilayah Middle-Earth.

Middle Earth merupakan merupakan sebuah wilayah yang sangat besar yang ada Arda alias planet Bumi dalam alur cerita karya J.R.R. Tolkien. Meskipun berbagai kerajaan di atas merupakan kerajaan besar yang ada di Middle Earth, namun sebenarnya masih ada banyak kerajaan lainnya meskipun tidak sebesar kerajaan di atas. Contohnya adalah kerajan Bree, The Shire, Grey Heavens, Laketown, Rivendell, Beorning Land, bahkan Lothlorien.

Exit mobile version