Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Karakter Sci-fi Paling Kuat!

10 Karakter Sci-fi Paling Kuat!

Film dengan genre Sci-Fi atau fiksi ilmiah menghadirkan berbagai karakter epik dan menarik dan beberapa diantaranya dianggap yang paling kuat. Selama bertahun-tahun, popularitas dari film-film bergenre sci-fi semakin meningkat. Dan dengan popularitas yang meningkat serta semakin banyaknya film dengan genre sci-fi beriringan juga dengan kemunculan berbagai karakter yang kuat. Berikut adalah karakter yang berasal dari film bergenre sci-fi yang dianggap paling kuat. Siapa saja?

10 RoboCop

Karakter sci-fi paling kuat yang pertama adalah RoboCop. RoboCop merupakan salah satu film sci-fi klasik yang populer yang disutradarai oleh Paul Verhoeven. Filmnya sendiri rilis pada 1987 kemarin dan dibintangi oleh aktor Peter Weller. RoboCop bercerita tentang kekacauan kriminal dan korupsi yang melanda kota Detroit. Seorang anggota polisi, Alex Murphy, bahkan jadi korban pembunuhan brutal oleh geng kriminal yang sangat kejam.

Yang menarik kemudian adalah Alex Murphy nyatanya selamat dari serangan keji tersebut. Meskipun begitu, seluruh badannya hancur akibat serangan tersebut dan hanya tersisa bagian kepala dan otaknya saja. Alex kemudian jadi subyek uji coba dari perusahaan Omni Consumer Products (OCP), di mana mereka mencoba untuk menghadirkan sosok robot polisi super yang tangguh.

Inilah yang kemudian jadi awal mula kemunculan RoboCop. Bisa dibilang, proyek RoboCop tersebut sangat sukses. Yang membuat RoboCop menjadi sangat kuat adalah dia merupakan cyborg di mana seluruh tubuhnya terbuat dari titanium. Bagian armor tersebut sanggup bertahan dari berbagai serangan senjata api. Ketika mengalami kerusakan, Alex atau RoboCop bisa memperbaiki dirinya sendiri. Dan yang juga yang luar biasa adalah masih ada sisi manusia dari dalam sosok RoboCop yang menjaga moralitasnya. Dibandingkan dengan robot standar, RoboCop jelas jauh di atasnya.

9 T-1000

Salah satu model robot Terminator yang populer selain juga model T-800. Ini merupakan Terminator yang muncul pertama kali dalam film Terminator 2: Judgement Day. Arnold Schwarzenegger mungkin sukses untuk berperan sebagai Terminator model T-800. Tapi, Terminator model T-1000 yang diperankan oleh Robert Patrick juga tidak kalah suksesnya meraih hati para penonton.

T-1000 merupakan model yang komplit dan sempurna dibandingkan model T-800. Hampir semua kemampuan dimiliki oleh model T-1000 ini. Kemampuan berubah bentuk, mampu kembali ke bentuk seperti semula, benar-benar sebuah Terminator pembunuh yang efektif.  T-800 sendiri sempat kesulitan untuk mengalahkan T-1000, karena dia selalu bisa kembali ke kondisinya yang sempurna berkat kemampuan regenerasinya.

Yang mengerikan dari model T-1000 ini adalah kemampuan untuk berubah wujud menjadi manusia atau seseorang yang sudah bunuh atau lihat. Hal itu tentunya membuat T-1000 menjadi Terminator yang pas untuk melakukan infiltrasi terhadap wilayah musuh. Di film Judgement Day, kita diperlihatkan bagaimana tangguhnya model terbaru ini. Meskipun dia sudah hancur, tetapi karena dia terbuat dari besi cair dia bisa kembali hidup dengan menyatukan “tetesan” besi miliknya.

8 Agent Smith

Salah satu karakter antagonis utama dalam franchsie The Matrix adalah Agent Smith, karakter yang diperankan oleh aktor Hugo Weaving. Dia merupakan penyebab terjadinya berbagai kekacauan yang terjadi trilogi filmnya. Agent Smith memiliki misi utama untuk mencari dan melacak keberadaan dari sosok Neo dan inilah yang kemudian jadi penyebab berbagai kehancuran di dunia The Matrix.

Agent Smith merupakan sosok bahaya itu sendiri. Bukti ketangguhan dari karakter Agent Smith adalah bagaimana seberapa kalipun dia dikalahkan, dihajar, atau terkena serangan, dia pasti akan kembali bangkit. Bahkan, setiap kali dia bangkit dari kekalahan kekuatannya jauh lebih dahsyat dari sebelumnya. Dia juga memiliki kemampuan bertarung jarak dekat yang mumpuni dan selalu membuat Neo kewalahan.

Selain kemampuan memiliki kemampuan manusia super, dalam film The Matrix Unloaded kita bisa melihat bagaimana Agent Smith memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya sendiri. Neo bahkan harus menghadapi ratusan Agent Smith dalam salah satu adegannya. Inilah yang menjadikan Agent Smith sebagai salah satu karakter sci-fi paling kuat. Dia juga bahkan menganggap manusia sebagai “virus” yang harus dimusnahkan.

7 T-800

Model Terminator yang paling ikonik dan paling populer dari semua franchisenya. T-800 merupakan sebuah terobosan baru yang diciptakan oleh Skynet, yaitu sebuah sibernetik organisme alias robot yang menyerupai manusia. Dalam filmnya diceritakan jika model purwarupa ini pernah mencoba untuk menghancurkan John dan Sarah Connor. T-800 merupakan Terminator yang diprogram ulang oleh John Connor untuk dikirim ke masa lalu.

Terminator model T-800 ini diperankan oleh aktor kawakan Arnold Schwarzenegger. Meskipun baru model pertama yang dibuat oleh Skynet, ketangguhan T-800 tidak perlu diragukan lagi. Terminator ini memang tidak memiliki kemampuan untuk berubah wujud seperti T-1000 namun, ketangguhan fisiknya luar biasa. Hal ini terbukti ketika T-800 tahan terhadap serangan apapuni di film pertama.

Terminator T-800 begitu tangguh untuk terus mengejar targetnya yaitu Sarah Connor. Terminator ini baru berhenti setelah kekasih Sarah, Kyle Reese, mengorbankan dirinya dan membuat T-800 hancur oleh hidraulik. Yang mengerikannya, tangannya masih terus mencoba untuk mencekik Sarah terlepas dari badannya yang sudah hancur. T-800 juga memiliki kemampuan yang lebih dalam hal taktik dan persenjataan. Kemampuan inilah yang membuatnya bisa menang dalam pertarungannya dengan T-1000.

6 Tetsuo Shima

Akira adalah salah satu anime klasik yang memperkenalkan industri anime ke para penggemar di luar Jepang, terutama wilayah Amerika. Akira sendiri merupakan film yang rilis pada 1988 dan diadaptasi dari manga karya Katsuhiro Otomo. Filmnya sendiri berfokus di sebuah dunia masa depan, di mana Tetsuo Shima dianggap sebagai ancaman besar berkat kemampuan telekinesis yang dia miliki.

Kemampuan telekinsesis Tetsuo dianggap sangat mirip dengan Akira, seorang ahli telekenisesis atau esper yang pernah menghancurkan Tokyo. Tetsuo pun kemudian diincar nyawanya oleh pihak pemerintah untuk mencegah kehancuran tersebut terjadi. Seiring berjalannya cerita film tersebut, kemampuan telekinesis dari Tetsuo pun meningkat drastis. Bahkan, Tetsuo kemudian mendapatkan lengan robot akibat hal tersebut.

Tetsuo sendiri memiliki masalah besar dalam hal pengendalian kekuatannya. Masalah pengendalian emosi serta hasrat besar untuk memiliki kekuasaan besar menjadi hal lainnya yang membuat kekuatan telekinesis tersebut berbahaya akibat sulit dikendalikan. Di akhir ceritanya sendiri, kekuatan telekinesis tersebut menjadi pemicu terciptanya sebuah universe baru dan membuat umat manusia pada sebuah perubahan baru.

5 Neo

Jika berbicara mengenai karakter sci-fi terkuat, rasanya sosok Neo dari film The Matrix akan segera muncul dalam benak kebanyakan Geeks. Neo bukan hanya memiliki kemampuan untuk bisa memanipulasi benda yang ada di dunia Matrix, namun juga dia pada akhirnya belajar bagaimana untuk menggunakan atau mengalirkan kekuatan yang sama tersebut ketika dia tidak terhubung dengan program komputer yang ada.

Inilah yang kemudian menjadi keunggulan dari Neo ketika dia harus berhadapan dengan sosok villain seperti Agent Smith, yang di dunia Matrix dia sama kuatnya dengan sosok Neo. Pertarungan yang yang terjadi antara Agent Smith dan Neo sering kali menyuguhkan pertarungan epik dengan berbagai koreografi yang sangat luar biasa, di mana ini jadi salah satu daya tarik dari filmnya.

Terlepas dari semua kekuatan dahsyat yang Neo miliki, satu hal yang membuat Neo spesial dari karakter di franchise tersebut yaitu bagaimana dia bisa melihat fakta sebenarnya dari The Matrix dan juga simulasi realitasnya. Ini yang kemudian membuat Neo jadi ancaman bagi para Agent lainnya. Namun, kelemahan terbesarnya sendiri adalah Neo hanya bisa mengakses kemampuan tersebut ketika berada di dunia Matrix dan bukan dunia nyata.

4 Ellen Ripley

Ellen Ripley mungkin tidak memiliki kekuatan super dahsyat atau bukan robot dan memiliki kekuatan telekinesis. Dia hanyalah manusia biasa yang memang terlatih untuk menghadapi berbagai tekanan dan ancaman besar yang ada. Bisa dibilang, ketika berbicara mengenai karakter epik wanita di dunia film sosok Ellen Ripley tentunya jadi nama yang pertama kali muncul dalam benak orang-orang.

Ellen Ripley muncul dalam film Alien yang mana dia kemudian kembali muncul di film Aliens dan bergabung dengan sebuah peleton pasukan marinir luar angkasa. Mereka kembali ke LV-426 untuk menginvestigasi menghilangnya koloni manusia di sana. Bergabung dengan pasukan Colonial Marines bukanlah perkara mudah. Mereka adalah marinir yang memang terpilih, terbaik dari yang terbaik. Mereka mengalami seleksi ketat untuk bisa masuk Colonial Marines.

Pasalnya, yang mereka hadapi bukanlah manusia melainkan koloni Xenomorph. Mereka harus menghadapi para pasukan Xenomorph yang memang cerdas dan memiliki kekuatan dahsyat. Ellen Ripley terbukti tangguh menghadapi salah satu monster paling mematikan dan mengerikan di dunia film yaitu Xenomorph. Dia juga merupakan sosok yang cerdas, tangguh, dan selalu siap untuk melindungi sosok yang dia cintai. Menjadi wanita tidak menghalanginya menjadi salah satu karakter sci-fi paling kuat.

3 Paul Atreides

Berbicara mengenai karakter manusia yang jadi salah satu karakter sci-fi paling kuat, selain Ellen Ripley ada juga nama Paul Atreides. Kelahiran dari Paul dalam alur cerita Dune memang sudah direncanakan oleh kelompok Bene Gesserit. Namun, para peramal tersebut awalnya berencana untuk menghadirkan bayi Paul tersebut sebagai seorang wanita dan bukan laki-laki.

Kemudian, mereka juga merencanakan bayi tersebut lahir di House Harkonnen dan bukan House Atreides. Namun, ternyata, Paul Atreides bukanlah sosok bayi sembarangan. Dia merupakan sosok yang sudah lama diramalkan akan muncul dalam sejarah dunia Dune. Dialah sosok terpilih atau yang biasa disebut sebagai ‘Kwisatz Haderach.’ Pada awalnya, Paul tidak menyadari siapa dirinya yang sebenarnya dan juga potensinya.

Namun, setelah dia mengetahui fakta sebenarnya, Paul mulai mengembangkan berbagai kemampuan dahsyat yang membuatnya jadi salah satu karakter sci-fi paling kuat. Contohnya adalah kemampuan untuk melihat ke masa depan, meramalkan apa yang terjadi selanjutnya, dan sebagainya. Paul Atreides bahkan jadi sosok yang bertanggung jawab atas lengsernya pemimpin dari Imperium yaitu Emperor Shaddam Corrino IV. Dia kemudian membangun Kerajaan Atreides dengan bantuan dari para suku Fremen. Salah satu momen epik yang menunjukan kekuatan dahsyat Paul adalah ketika dia bisa menunggangi cacing pasir di planet Arakkis seperti halnya para suku Fremen lain.

2 Anakin Skywalker/Darth Vader

Karakter Sci-Fi paling kuat lainnya yang sangat ikonik dan populer di industri film. Anakin Skywalker terkenal sebagai salah satu Jedi yang paling kuat dan berbakat. Hal ini juga nyatanya berpengaruh setelah dia berubah dan memilih Dark Side dan menjadi Darth Vader. Anakin sebenarnya merupakan seorang Jedi yang penuh dengan potensi luar biasa. Sayangnya, Dark Side berhasil memengaruhi sang Jedi.

Dalam ceritanya, Anakin Skywalker sebenarnya kalah dalam duel dengan Obi-Wan Kenobi di Mustafar. Dan momen tersebut hampir merenggut nyawanya. Namun, kemudian dia diselamatkan oleh Palpatine dan kemudian merawat luka tersebut. Inilah yang kemudian membuat perubahan besar dalam hidup Anakin, di mana dia kemudian memutuskan untuk meninggalkan identitasnya dan memutuskan menjadi Darth Vader.

Salah satu kekuatan dahsyat dari Darth Vader selain kemampuan bertarungnya adalah kekuatan The Force yang luar biasa. Sejak pertama kali Qui-Gon Jinn menemukan Anakin muda di Planet Tatooine, sudah terungkap bahwa dia memang mempunyai potensi kekuatan Force yang sangat luar biasa. Palpatine bahkan mengatakan jika kekuatan Darth Vader “tidak ada tandingannya” karena dia berhasil menyatu dengan the Force.

1 Optimus Prime

Karakter Sci-Fi paling tkuat terakhir adalah Optimus Prime. Sosok Optimus Prime adalah salah satu karakter paling ikonik dari franchise Transformers yang sudah muncul sejak tahun 1980an. Sebagai pemimpin Autobot, Optimus Prime dikenal karena keberanian dan kebijaksanaannya dalam melawan Decepticon dan pemimpin bengisnya Megatron. Selain itu, Optimus Prime juga merupakan sosok yang bersejarah di franchisenya.

Sebagai pemimpin Autobot yang terkenal sangat bijaksana dan juga tangguh, Optimus Prime biasanya selalu dihadirkan sebagai protagonis utama dalam berbagai cerita Transformers, baik di series animasi, film live action, komik, bahkan video games. Selain tangguh dalam pertarungan, Optimus Prime juga dibekali dengan berbagai persenjataan yang ikonik. Contohnya adalah Energon Axe.

Contoh lainnya adalah Ion Blaster, salah satu senjata ikonik yang muncul di series dan filmnya. Seperti para Transformers lain, dia juga bisa berubah wujud menjadi sebuah truk. Tubuhnya juga tahan terhadap berbagai serangan dahsyat. Namun, yang membuat Optimus Prime menjadi karakter yang diperhitungkan adalah loyalitasnya terhadap tim Autobots dan umat manusia serta bumi dan bagaimana dia selalu siap untuk berbagai situasi buruk.

Berbagai karakter Sci-Fi di atas menjadi bukti bahwa genre film ini tetap selalu akan menyajikan hal menarik, seperti karakter yang kuat. Mereka memiliki kelebihannya masing-masing yang membuat para karakter itu diperhitungkan. Baik secara kekuatan fisik ataupun secara hal lainnya.

Exit mobile version