Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Aktor Dengan Bayaran Paling Mahal Dalam Sejarah!

10 Aktor Dengan Bayaran Paling Mahal Dalam Sejarah!

Beberapa aktor besar Hollywood memiliki bayaran yang paling mahal dalam sejarah karena popularitas dan juga kualitas akting mereka. Seorang aktor akan dibayar mahal dengan kualitas akting mereka dan juga popularitas mereka. Meskipun dalam industri Hollywood terdapat bayaran standar untuk para aktor tersebut, beberapa diantaranya mendapatkan bayaran paling besar dalam sejarah. Siapa saja?

10 Tom Hanks – 60 Juta Dollar Amerika

Aktor dengan bayaran paling mahal dalam sejarah yang pertama adalah Tom Hanks. Sebagai salah satu sosok aktor legendaris di industri film Hollywood, rasanya memang masuk akal jika kemudian Tom Hanks masuk daftar ini. Salah satu contohnya adalah bagaimana Tom Hanks berhasil mendapatkan pemasukan yang sangat besar dari film ikonik Forrest Gump.

Menurut laporan dari Entertainemnt Weekly, Hanks mendapatkan kontrak yang mana bayarannya ditentukan dari seberapa sukses film tersebut. Dalam kontrak kerja sama itu, terdapat klausa yang menyebutkan jika Hanks mendapatkan pendapatan sekitar 10% dari total pemasukan filmnya. Forrest Gump sendiri saat itu berhasil membukukan pemasukan sebesar 680 juta Dollar dari box office seluruh dunia.

Dari total pemasukan tersebut, kurang lebih Hanks mendapatkan bayaran sebesar 60 juta Dollar Amerika. Hanks juga sempat melakukan hal yang sama terhadap film perang fenomenal, Saving Private Ryan. Namun, film tersebut tidak sesukses Forrest Gump di mana Hanks mengantongi 30-40 juta Dollar Amerika yang artinya film tersebut mendapatkan keuntungan sebesar 300-400 juta Dollar Amerika.

9 Adam Sandler – 62.5 Juta Dollar Amerika

Adam Sandler adalah nama besar lainnya yang ada dalam daftar ini. Dan seperti halnya Tom Hanks, popularitas dan reputasi dari Adam Sandler memang tidak perlu diragukan lagi. Meskipun begitu, yang membedakan kemudian adalah bagaimana sang aktor mendapatkan jumlah pemasukan yang besar tersebut. Berbeda dengan Tom Hanks, Adam Sandler mendapatkan pemasukan dari total seluruh film yang dia bintangi.

Adam Sandler sebelumnya diketahui menjalin kerja sama dengan platform streaming Netflix, di mana mereka sepakat untuk menghadirkan empat buah film. Kontrak kerja sama tersebut bernilai 250 juta Dollar Amerika. Artinya, dalam satu film yang Adam Sandler bintangi dia akan mengantongi pemasukan sebesar 62.5 juta Dollar Amerika. Sejauh ini, sudah ada tiga film yang mereka hadirkan.

Yang pertama adalah Hubie Halloween pada 2020, Hustle pada 2022, dan Murder Mytsery 2 pada 2023 kemarin. Ini sebenarnya bukan kali pertama Sandler menjadi kerja sama dengan pihak Netflix. Pada tahun 2014, Adam Sandler pernah juga melakukan kontrak kerja sama dengan plateform streaming tersebut dan diperbarui pada 2017. Inilah yang kemudian membuat nilai bayaran Adam Sandler meningkat menjadi 62.5 juta Dollar untuk satu film.

8 Harrison Ford – 65 Juta Dollar Amerika

Harrison Ford merupakan salah satu aktor kawakan Hollywood seperti halnya Tom Hanks. Sudah banyak film epik yang dia bintangi, seperti Blade Runner dan juga tentunya adalah franchise Indiana Jones. Berkaitan dengan Indiana Jones, sebenarnya sang aktor saat itu sudah hampir pensiun ketika Paramount memintanya kembali untuk membintangi film keempatnya yaitu Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull.

Film keempat tersebut rilis pada tahun 2008. Karena saat itu Ford hendak pensiun, pihak studio akhirnya memberikan tawaran besar. Menurut laporan Men’s Health, Ford akhirnya sepakat dengan kerja sama dan tawaran yang pihak rumah produksi hadirkan saat itu. Dalam kesepakatannya, Paramount akan membagikan jumlah yang sangat besar kepada Ford dengan catatan mereka berhasil kembali modal terlebih dahulu.

Harrison Ford mendapatkan total pendapatan 65 juta Dollar Amerika dari film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Namun, sayangnya, film tersebut kurang laku di pasaran. Bahkan, film tersebut menghadirkan banyak ulasan yang negatif dari berbagai pihak. Yang menarik ini juga yang kemudian membuat Ford akhirnya memutuskan untuk kembali muncul di film kelimanya kemarin, Indiana Jones and the Dial of Destiny, dengan bayaran yang tidak lebih besar.

7 Johnny Depp – 68 Juta Dollar Amerika

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan sosok Johnny Depp. Memulai karir sebagai personil band, Depp kemudian memutuskan untuk banting stir menjadi aktor Hollywood. Dia memulai karirnya dalam film Nightmare on Elm Street yang rilis pada 1968. Kemudian, dia pun banyak menerima tawaran untuk berperan di berbagai proyek film. Namun, ada beberapa proyek film yang erat denga karakternya.

Contonya adalah Edward Scissorhand, 21 Jump Street, dan tentunya yang paling populer adalah franchise Pirates of the Caribbean yang membuatnya melambung sebagai Captain Jack Sparrow. Yang menarik kemudian adalah meskipun dia tidak muncul sebagai pemeran utama, namun Johnny Depp mendapatkan bayaran 68 juta Dollar Amerika dalam perannya sebagai Mad Hatter dalam film live action Alice in Wonderland.

Sebenarnya, menurut laporan dari The Telegraph, John Depp mendapatkan bayaran sebesar 50 juta Poundsterling yang mana angkanya setara dengan 68 juta Dollar Amerika.  Hal tersebut sempat membuat Depp menjadi aktor Hollywood paling besar bayarannya di tahun 2010. Dan bayarannya sendiri semakin besar ketika dia berperan sebagai Captain Jack Sparrow di Franchise Pirates of the Caribbean.

6 Sandra Bullock – 70 Juta Dollar Amerika

Aktor Hollywood dengan bayaran paling mahal dalam sejarah lainnya adalah Sandra Bullock. Sandra Bulock adalah bintang Hollywood yang sudah membintangi banyak judul film besar seperti Bird Box, Ocean’s Eight, dan Speed. Di tahun 2013, Sandra Bulock juga membintangi sebuah film berjudul Gravity yang memperlihatkan Bulock beradu akting dengan aktor George Clooney.

Dalam film Gravity, Sandra Bullock berperan sebagai seorang astronot bernama Ryan Stone. Untuk film ini, Sandra Bullock menjalin kesepakatan dengan pihak rumah produksi Warner Bros di mana dia mendapatkan bayaran 20 juta Dollar Amerika di awal. Meskipun begitu, Sandra Bullock kemudian mendapatkan tambahan pemasukan sebesar 15% dari total pendapatan dari box office filmnya dari seluruh dunia.

Menurut laporan yang ada, total bayaran yang berhasil Sandra Bullock dapatkan dari film Gravity ini adalah 70 juta Dollar Amerika. Angka ini tiga kali lebih besar dari bayaran awalnya untuk film tersbeut. Ini jadi contoh lain bagaimana para aktor tersebut selalu rela untuk bertaruh terhadap kesuksesan filmnya di mana mereka bisa mendapatkan pemasukan yang besar jika sukses.

5 Robert Downey Jr. – 75 Juta Dollar Amerika

Siapa yang tidak mengenal sosok Robert Downey Jr. Dia adalah aktor yang memerankan Tony Stark alias Iron Man di MCU. Setelah berperan sebagai Tony Stark selama satu dekade, akhirnya RDJ memutuskan untuk pensiun dari perannya tersebut. Dia terakhir kali berperan sebagai Iron Mand di MCU dalam film Avengers: Endgame. Untuk perannya terakhir ini RDJ mendapatkan bayaran yang fantastis.

Menurut laporan The Daily Mail, Robert Downey Jr. mendapatkan bayaran yang sangat besar yaitu 75 juta Dollar Amerika dari perannya di film Avengers: Infinity War. RDJ kemudian kembali di film terakhirnya, Avengers: Endgame, namun tidak ada informasi berapa bayaran yang dia terima di film tersebut. Meskipun begitu, kemungkinan besar bayarannya bisa jadi jauh lebih besar dari film sebelumnya.

Yang menarik kemudan adalah bayaran 75 juta Dollar Amerika ini membuat Robert Downey Jr. menjadi salah satu aktor paling sukses dengan bayaran paling besar dalam sejarah Hollywood. Menurut laporannya, total pemasukan yang sudah RDJ kantongi selama dia berperan sebagai Tony Stark di MCU mencapai 435 juta Dollar Amerika. Belum lagi, sekarang dia sukses di berbagai film lain seperti Oppenheimer.

4 Keanu Reeves – 83.3 Juta Dollar Amerika

Keanu Reeves sukses membintangi film The Matrix yang rilis tahun 1999. Kesuksesan filmnya membuat Keanu Reeves kembali tampil di tiga film sekuel keempat Matrix lainnya seperti The Matrix Reloaded, The Matrix Revolutions, dan yang baru adalah The Matrix Ressurrections yang ditayangkan perdana di Amerika Serikat pada 18 Desember 2021 kemarin. Sayangnya, film tersebut tidak sesukses film-film Matrix sebelumnya.

Meskipun dibintangi oleh Keanu Reeves, kenyataanya film The Matrix Ressurections hanya menghasilkan pendapatan 153 juta Dollar Amerika, padahal biaya pembuatannya menghabiskan anggaran sebesar 190 juta Dollar Amerika. Menurut informasinya, Keanu Reeves berhasil mengantongi 250 juta Dollar Amerika dari seluruh film The Matrix. Artinya, masing-masing film tersebut memberikan bayaran 83.3 juta Dollar Amerika.

Sebenarnya, angka tersebut lagi-lagi menggunakan sistem yang sama seperti beberapa aktor di atas. Pada awalnya, Reeves hanya mendapatkan pemasukan sekitar puluhan juta Dollar sebelum kemudian dia mendapatkan hasil dari pemasukan lainnya yaitu keuntungan filmnya. Reeves juga kembali mendapatkan pemasukan yang besar dari kepemilikannya terhadap franchise John Wick.

3 Dwayne Johnson – 87.5 Juta Dollar Amerika

Pada 2023 kemarin, nama Dwayne Johnson menjadi aktor Hollywood dengan bayaran yang paling mahal. Dwayne Johnson diketahui memperoleh gaji yang luar biasa untuk filmnya berjudul Red One. Film aksi komedi yang diproduksi oleh Amazon Studios menampilkan Dwayne Johnson dan mantan bintang MCU, Chris Evans, dan diperkirakan akan dirilis pada akhir tahun 2024 yang akan datang.

Menurut laporan yang ada, aktor yang juga memerankan karakter Black Adam ini mendapatkan gaji sebesar 50 juta Dollar Amerika. Bayaran sebesar 50 juta Dollar tersebut menjadi jumlah terbesar yang pernah diterima Dwayne Johnson untuk membintangi sebuah film. Di sisi lain, angka tersebut juga merupakan gaji tertinggi yang pernah diberikan kepada seorang aktor dalam sejarah Hollywood.

Sebagai perbandingan, sebelumnya gaji tertinggi yang pernah diterima Johnson adalah sebesar 23.5 juta Dollar Amerika yang dia dapatkan dari film Jumanji: The Next Level dan Red Notice yang tayang di Netflix. Meskipun begitu, Dwayne Johnson kembali mendapatkan jumlah pemasukan yang sangat luar biasa di mana dia mendapatkan bayaran 87.5 juta Dollar Amerika sebagai bentuk kerja samanya dengan Netflix.

2 Will Smith – 100 Juta Dollar Amerika

Mungkin, tidak pernah terbayangkan seorang aktor film Hollywood mendapatkan bayaran sebesar 100 juta Dollar Amerika sebelumnya. Namun, Will Smith nyatanya jadi salah satu aktor tersebut. Dia mendapatkan pemasukan yang luar biasa tersebut sebagai bagian dari kesepakatan yang dia buat yang digabungkan dengan bayaran atau gaji yang dia terima dari proyek film Men In Black 3.

Men in Black 3 adalah film ketiga dari franchise Men In Black yang kembali menghadirkan Will Smith sebagai Agent J. Dia juga kembali beradu akting dengan Tommy Lee Jones yang memerankan Agent K. Film Men In Black 3 sendiri diketahui mengantongi pendapatan box office seluruh dunia di angka 624 juta Dollar Amerika. Ini menjadi bukti kesuskesan Smith di industri film Hollywood.

Will Smith mendapatkan bayaran 35 juta Dollar Amerika dalam proyek film lainnya seperti Emancipation. Kemudian, dalam film Men In Black yang pertama sendiri Smith hanya mendapatkan pemasukan sebesar 5 juta Dollar Amerika. Angka ini jelas sangat kontras dengan bayaran 100 juta Dollar Amerika yang Smith terima untuk film Men In Black 3 ini.

1 Tom Cruise – Lebih Dari 100 Dollar Amerika

Aktor Hollywood dengan bayaran paling mahal dalam sejarah adalah Tom Cruise. Melihat dedikasi dan juga reputasinya sebagai aktor, rasanya memang masuk akal jika dia mendapatkan bayaran yang sangat fantastis dalam karirnya. Tom Cruise sudah memerankan karakter agen rahasia Ethan Hunt sejak tahun 1996. Artinya sudah lebih dari 25 tahun dia memerankan karakter itu.

Terhitung hingga saat ini sudah ada enam film Mission: Impossible. Meskipun tidak semua film sukses besr di pasaran, namun jika ditotal keenam film itu berhasil meraih keuntungan sebesar 3,5 miliar Dollar Amerika. Dari informasi yang ada, Tom Cruise mendapat bayaran 75 sekitar juta dari masing-masing film itu. Namun, bayaran termahal yang pernah Tom Cruise dapatkan justru bukan dari franchise ini melainkan Top Gun: Maverick yang rilis pada 2023 kemarin.

Untuk kembali berperan di film sekuel Top Gun tersebut, Tom Cruise kabarnya mendapatkan bayaran sebesar lebih dari 100 juta Dollar Amerika. Sebagai bentuk perbandingan, Tom Cruise hanya mendapatkan bayaran sebesar 13 juta Dollar Amerika untuk film Top Gun pertama di tahun 1986. Tom Cruise menjalin kesepakatan di mana dia bisa mendapatkan tambahan pemasukan jika filmnya sukses. Sampai saat ini, masih belum ada aktor lain yang melampaui kesuksesan Tom Cruise tersebut.

Menghadirkan aktor Hollywood papan atas tentunya menjadi hal yang banyak diinginkan oleh banyak pihak studio film. Namun, mereka perlu menyiapkan dana yang sangat besar untuk menghadirkan mereka semua. Pengalaman, kualitas akting, kemampuan, dan berbagai hal lainnya menjadi nilai tambah bagi para aktor tersebut untuk dibayar lebih. Dan hal ini juga yang membuat mereka jadi aktor Hollywood dengan bayaran paling mahal.

Exit mobile version