Home MOVIE MOVIE FEATURES 6 Film yang Hadirkan Realitas Palsu!

6 Film yang Hadirkan Realitas Palsu!

Ada banyak sekali film-film yang bertebaran saat ini. Mulai dari film action yang menampilkan segudang aksi menarik, film horor yang menampilkan hantu-hantu mengerikan, hingga film sci-fi yang menampilkan berbagai hal-hal yang berkaitan dengan sains. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa film yang menghadirkan tentang realitas atau kenyataan palsu. Dalam realitas palsu, biasanya semua hal terasa lebih indah, tetapi sebenarnya ada bahaya yang tersimpan dibaliknya. Apa saja film yang hadirkan realitas palsu? Simak berikut ini Geeks!

6 The Truman Show

Film ini menceritakan tentang Truman Burbank (Jim Carrey), seorang pria biasa yang hidup di kota fiksi bernama Seahaven. Yang tidak diketahui Truman adalah bahwa seluruh kehidupannya direkam secara diam-diam dan disiarkan langsung kepada penonton di seluruh dunia sebagai bagian dari sebuah reality show yang disebut “The Truman Show”.

Sebagai satu-satunya orang di dunia yang tidak menyadari bahwa hidupnya adalah bagian dari sebuah pertunjukan, Truman mulai merasa tidak puas dengan rutinitasnya dan merasa ada yang aneh. Ketika kejadian-kejadian aneh mulai terjadi di sekitarnya dan ketika dia bertemu dengan seorang wanita misterius yang mengatakan kepadanya bahwa kehidupannya tidak nyata, Truman mulai mencurigai bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Truman memulai perjalanan untuk mencari kebenaran tentang hidupnya dan menemukan bahwa semua orang yang dia kenal, termasuk istrinya dan teman-temannya, adalah aktor yang dipasang untuk memainkan peran dalam pertunjukan televisi. Dengan tekad yang kuat, Truman mencoba untuk melarikan diri dari Seahaven dan menemukan kebebasan dari dunia yang telah mengontrolnya sepanjang hidupnya. Dalam film ini, performa Jim Carrey sebagai Truman Burbank juga mendapat banyak pujian.

5 Ready Player One

Ready Player One adalah film sci-fi yang dirilis pada tahun 2018, yang didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Ernest Cline. Novel ini menjadi bestseller internasional dan mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan pembaca. Film ini disutradarai oleh legenda perfilman Steven Spielberg, yang membawa keahlian dan pengalamannya dalam mengarahkan film-film petualangan yang epik.

Ready Player One berlatar di tahun 2045, di mana sebagian besar populasi manusia melarikan diri ke Oasis, sebuah realitas virtual yang luas dan mengagumkan, untuk menghindari dunia nyata yang keras dan tak terkendali. Ketika pencipta Oasis, James Halliday, meninggal, ia mengumumkan sebuah permainan catur global yang memberikan hadiah besar kepada siapa pun yang bisa menemukan “Easter Egg” yang ia sembunyikan di dalam Oasis.

Kisah ini mengikuti petualangan seorang remaja bernama Wade Watts, yang juga dikenal dengan nama samaran Parzival, yang bersama dengan teman-temannya memulai pencarian untuk menemukan Easter Egg tersebut. Dalam perjalanan mereka, mereka harus menghadapi perusahaan jahat IOI yang berusaha mengendalikan Oasis untuk keuntungan finansial mereka sendiri.

4 Inception

Inception mengikuti kisah Dom Cobb, seorang pencuri yang memiliki kemampuan unik untuk “membobol” pikiran orang lain saat mereka sedang bermimpi dan mencuri rahasia dari dalam pikiran mereka. Cobb mendapat tawaran untuk melakukan “inception”, yaitu menanamkan ide di dalam pikiran seseorang melalui mimpi. Untuk mencapai tujuan ini, Cobb dan timnya melakukan misi yang berbahaya dan kompleks untuk menyusup ke dalam pikiran target mereka.

Namun, semakin dalam mereka masuk ke dalam lapisan-lapisan mimpi, semakin rumit dan berbahayanya situasi mereka. Selama perjalanan mereka, Cobb juga harus menghadapi masa lalu yang kelam dan rahasia pribadinya sendiri yang terkait dengan istrinya yang meninggal, Mal. Inception menampilkan perjalanan yang mendebarkan dan mendalam ke dalam alam bawah sadar manusia, di mana batas antara mimpi dan realitas menjadi kabur, dan konsekuensi dari manipulasi pikiran menjadi semakin membingungkan.

Film ini disutradarai oleh Christopher Nolan, yang juga menulis skenario aslinya. Nolan terkenal dengan film-filmnya yang kompleks dan visual yang mengesankan seperti The Dark Knight dan Interstellar. Inception juga dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai Dom Cobb, dan juga beberapa nama lain seperti Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Tom Hardy, dan Marion Cotillard.

3 Jacob’s Ladder

Jacob’s Ladder mengisahkan tentang Jacob Singer, seorang veteran perang Vietnam yang mengalami trauma yang mendalam akibat pengalamannya di medan perang. Setelah pulang ke Amerika Serikat, Jacob mulai mengalami serangkaian pengalaman aneh dan menakutkan, termasuk halusinasi yang menghantui. Semakin lama, Jacob menjadi semakin yakin bahwa ada sesuatu yang tidak beres dan misterius terjadi padanya.

Dia mencoba untuk memahami kenyataan yang sebenarnya di balik pengalaman-pengalaman yang mengganggu itu, sambil berusaha mempertahankan kewarasan dan kesehatan mentalnya yang semakin terancam. Jacob berjuang untuk memahami realitas dalam ingatannya yang terfragmentasi dan rusak, penuh dengan trauma dan rasa sakit yang luar biasa. Dia mencoba mempertahankan hidupnya tetapi diliputi oleh haluninasi dan kilas balik, di mana kita juga akan dibuat bingung dengan realitas dalam film itu.

Film tentang realitas ini disutradarai oleh Adrian Lyne, yang dikenal karena karyanya dalam film-film seperti Fatal Attraction dan Indecent Proposal. Jacob’s Ladder adalah salah satu karyanya yang paling dihargai secara kritis. Film ini dibintangi oleh Tim Robbins sebagai Jacob Singer.

2 Perfect Blue

Perfect Blue mengikuti kisah Mima Kirigoe, seorang anggota grup pop Jepang yang populer yang bernama “CHAM!”. Mima memutuskan untuk meninggalkan grup tersebut dan beralih ke karier sebagai aktris, meskipun keputusannya ini tidak diterima dengan baik oleh beberapa penggemar setia grupnya. Saat ia memulai perjalanan barunya, ia segera menyadari bahwa dunia akting memiliki tantangan dan ketegangan yang berbeda.

Ketika Mima semakin terlibat dalam peran-perannya yang semakin menantang, dia mulai sulit membedakan antara dunia nyata dan dunia fiksi. Dia mulai merasa diawasi dan dikejar oleh seseorang yang misterius, dan kesehatan mentalnya mulai terganggu. Dia terperangkap dalam labirin psikologis di mana garis antara realitas dan delusi mulai kabur.

Perfect Blue disutradarai oleh Satoshi Kon, yang kemudian menjadi salah satu sutradara anime terkemuka di Jepang. Film ini juga menjadi salah satu dari beberapa film fitur pertama yang disutradarainya. Sementara itu musik untuk film ini dikomposisikan oleh Masahiro Ikumi. Meskipun film ini didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Yoshikazu Takeuchi, ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya.

1 Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Doctor Strange in the Multiverse of Madness dirilis pada tahun 2022 lalu. Film ini disutradarai oleh Sam Raimi, yang terkenal karena karyanya dalam trilogi Spider-Man pada awal 2000-an. Benedict Cumberbatch kembali memerankan peran Stephen Strange / Doctor Strange. Selain itu, Elizabeth Olsen juga muncul sebagai Wanda Maximoff / Scarlet Witch, bersama dengan Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo, Benedict Wong sebagai Wong, dan Rachel McAdams sebagai Dr. Christine Palmer.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness menjelajahi tema-tema multiverse dan realitas alternatif. Setelah peristiwa Avengers: Endgame dan WandaVision, Doctor Strange akan berhadapan dengan tantangan baru yang mengancam alam semesta. Ketika kekuatan yang tak terbayangkan dilepaskan, Strange dipaksa untuk melakukan perjalanan ke dimensi-dimensi yang belum pernah dia jelajahi sebelumnya.

Menariknya, ancaman justru datang dari mantan rekan lamanya, Scarlet Witch yang sekarang telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa. Kita pun diperlihatkan saat Scarlet Witch menciptakan sebuah realitas palsu, di mana dia bisa hidup tenang dengan anak-anaknya bersama Vision, yang mana anak-anak tersebut hanya muncul dalam realitas yang Scarlet Witch ciptakan sendiri. Dan sebelum Scarlet Witch berulah lebih besar lagi, Doctor Strange harus berusaha menghentikannya.

Itulah dia Geeks beberapa film yang menghadirkan tema tentang realitas palsu. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dan tentu saja wajib kalian tonton.

Exit mobile version