Home OTAKU OTAKU FEATURES 8 Anime Bertema Sejarah Di Luar Jepang!

8 Anime Bertema Sejarah Di Luar Jepang!

Anime bertema sejarah sering kali mengahadirkan cerita tentang negara Jepang, namun beberapa anime sejarah lainnya justru menghadirkan cerita di luar Jepang. Meskipun kurang populer dan kalah populer dari genre lainnya, anime bertema sejarah tetap memiliki penggemar tersendiri. Jepang sering kali menjadi setting utama tempat dari cerita di anime sejarah tersebut. Namun, beberapa anime bertema sejarah ini memilih menghadirkan setting di luar Jepang. Apa saja?

8 Banana Fish

Anime bertema sejarah yang bersetting di luar Jepang yang pertama adalah Banana Fish. Anime Banana Fish menghadirkan cerita tentang seorang pemuda berusia 17 tahun bernama Ash Lynx. Dia adalah seorang gangster muda dan karismatik yang beroperasi di bawah pimpinan bos mafia di Kota New York. Ash memiliki masa lalu yang kelam, termasuk pengalaman traumatis di masa kecilnya di Vietnam.

Ketika Ash menemukan sebuah kode misterius yang disebut “Banana Fish”, yang mana hal tersebut membuat nyawa adiknya melayang, dia memutuskan untuk mengungkap kebenaran di baliknya. Dalam petualangannya, Ash banyak bertemu dengan berbagai karakter yang membantunya dalam memecahkan berbagai teka-teki tersebut. Misalnya, dia bertemu dengan seorang fotografer asal Jepang bernama Eiji Nakamura.

Mereka pun menjadi teman dekat dan keduanya juga ikut mencari petunjuk terkait dengan sebuah obat-obatan misterius Banana Fish. Banana Fish mengahdirkan setting kota New York di tahun 1980an, di mana saat itu New York memang masih berada di bawah kendali para mafia. Namun, sesuai dengan sejarahnya, perlahan pengaruh dari mafia di kota New York mulai menghilang.

7 Monster

Monster dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari mangaka Naoki Urasawa. Manganya sendiri sempat berhasil memenangkan berbagai penghargaan. Selain itu, adaptasi animenya juga mendapatkan pujian dari para kritikus dan penggemar. Cerita Monster sendiri berfokus pada seorang ahli bedah Jepang bernama Dr. Kenzou Tenma yang mengalami perubahan hidup yang drastis.

Hidup dari Dr. Tema berubah setelah dia memutuskan untuk menyelamatkan seorang anak laki-laki bernama Johan Liebert. Setelah Johan menjadi tersangka dalam serangkaian pembunuhan brutal, Tenma menyadari bahwa keputusannya untuk menyelamatkan anak ini telah membawa konsekuensi yang luar biasa. Pertemuan Tenma dengan Johan memulai serangkaian peristiwa misterius dan kejadian psikologis yang kompleks.

Setting waktu dari cerita Monster sendiri adalah dekade 80an dan 90an, di mana ceritanya bertempat di Eropa, yang sebagian besar adalah Dusseldorf, Jerman dan Republik Ceko. Selain menghadirkan setting Eropa di era 80an, anime ini juga menghadirkan peristiwa yang mengerikan ketika Jerman Timur dan Uni Soviet berkuasa. Peristiwa mengerikan tersebut adalah bagaimana Johan Liebert adalah dalang dari sebuah panti asuhan di Jerman Timur yang berisi anak-anak malang yang jadi korban eksperimen brutal dan tidak manusiawi serta cuci otak dari Johan Liebert.

6 91 Days

91 Days merupakan anime yang bersetting di Amerika Serita pada tahun terakhir Prohibition Era atau Era Pelarangan untuk penjualan, pembuatan, dan penyebaran alkohol secara nasional. Era ini terjadi pada 1920 hingga 1933. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Angelo Lagusa. Dia memiliki sebuah mimpi gelap yang sangat mengerikan di mana dia berusaha untuk membalas dendam semua orang yang terlibat dalam kematian keluarganya.

Saat usianya masih kecil, Angelo Lagusa harus menyaksikan sebuah peristiwa tragis dan menegrikan dalam hidupnya. Keluarganya harus tewas akibat dihabisi oleh sebuah kelompok mafia bernama Vanetti Mafia. Inilah yang kemudian membuat Angelo memutuskan untuk pergi dari kotanya tersebut. Bahkan, dia memutuskan untuk merubah namanya dan menggunakan identitas baru.

Bertahun-tahun kemudian, Angelo memutuskan untuk kembali ke kota kelahirannya tersebut. Dia menggunakan nama dan identitas baru untuk membalas dendam kematian keluarganya dan mengincar kelompok mafia Vanetti. Series anime ini dianggap sebagai salah satu series sejarah dan juga gangster terbaik, yang menghadirkan ironi dari kisah balas dendam masa lalu orang tua karakter utama.

5 Hellsing

Anime bertema sejarah yang bersetting di luar Jepang lainnya adalah Hellsing. Sebagian besar Geeks tentunya sudah tidak asing dengan anime satu ini. Anime bertema vampir mungkin memang sesuatu yang unik dan jarang sekali muncul, apalagi anime yang termasuk genre seinen. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok karakter yang merupakan seorang dracula yaitu Alucard.

Alur cerita Hellsing sendiri bersetting di Inggris Raya pada tahun 1999 dan berfokus pada sebuah organisasi asal Inggris yang memiliki misi utama membasmi para vampir, yang bernama Hellsing. Selain vampir, organisasi yang dipimpin oleh Alucard ini juga memiliki tujuan untuk menghabisi berbagai monster, iblis, setan, dan semua ancaman dari makhluk mengerikan lainnya.

Alucard sendiri merupakan sosok yang bekerja di bawah keluarga Hellsing. Bersama dengan Integra dan para keluarga sekutu lainnya, Alucard menjadi andalan dan karakter paling kuat di seriesnya. Dia menjadi musuh bagi para makhluk supranatural seperti vampir, monster, dan makhluk kegelapan lain. Hellsing jadi salah satu anime seinen yang populer di mana animenya banyak menghadirkan adegan eksplisit yang tentunya bisa jadi salah satu rekomendasi tontonan menarik.

4 Black Lagoon

Black Lagoon merupakan salah satu anime yang sangat unik karena, series anime ini terinspirasi dari berbagai film yang diproduksi oleh para sutradara besar Hollywood. Contohnya adalah Quentin Tarantino dan juga John Woo. Quentin Tarantino menginspirasi berbagai hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan yang muncul dalam ceritanya. Sementara, John Woo menginspirasi banyaknya adegan aksi dan penggunaan senjata.

Black Lagoon sendiri berkisah tentang seorang pekerja kantoran biasa yang bernama Rock atau Rokurou Okajima. Dia dikhianati oleh bosnya sendiri yang mana saat itu menjadi korban penculikan. Rock sebenarnya berusaha menyelamatkan sang bos, namun dia yang justru harus jadi korban selanjutnya dan bosnya tidak mau melakukan hal yangh sama. Hal ini membuat Rock kemudian memutuskan untuk bergabung dengan kelompok yang menculiknya.

Kelompok tersebut bernama Black Lagooon Company, di mana kelompok tersebut berisi para pembajak, pembunuh bayaran, penyelundup, dan penjahat lainnya. Black Lagoon bersetting di wilayah Asia Tenggara pada era pertengahan tahun 1990an. Yang menarik kemudian adalah Rock justru berevolusi dari seorang biasa menjadi sosok yang penting bagi kelompok tersebut.

3 JoJo’s Bizzare Adventure: Phantom Blood

JoJo’s Bizzare Adventure merupakan salah satu series anime yang populer di dunia. Sekitar sembilan episode perdana dari seriesnya menghadirkan setting di Inggris pada tahun 1880an. Alur cerita dari JoJo’s Bizzare Adventure sendiri berfokus pada sebuah keluarga bernama Joestar Family dan hubungannya dengan karakter bernama Dio Brando. Sosok Dio sendiri kemudian menjadi villain utama di seriesnya.

Dalam ceritanya, kehidupan dari sosok Jonathan Joestar harus mengalami perubahan besar setelah sang ayah, George Joestar, mengadopsi anak yatim piatu yaitu Dio Brando demi membayar hutang yang kepada sang karakter yang mana sebenarnya hal itu tidak benar-benar terjadi. Kedatangan dari Dio ke keluarga Joestar inilah yang kemudian menjadi awal semua peristiwa yang ada di series JoJo’s Bizzare Adventure.

Ada beberapa hal menarik yang muncul dari series anime JoJo’s Bizzare Adventure. Yang pertama adalah visual animenya yang khas. Kedua, alur ceritanya yang menarik dan unik di mana momen pertarungan mereka bahkan bisa terjadi dalam beberapa menit secara intens. Selanjutnya, mereka juga memperkenalkan konsep ‘Stand’ di mana para karakter memiliki wujud lain yang bisa jadi perwakilan mereka untuk bertarung.

2 Vinland Saga

Salah satu series seinen lainnya yang ada dalam daftar ini. Vinland Saga pertama kali muncul sebagai manga yang ditulis oleh Makoto Yukimura. Sementara, animenya tayang perdana pada Juli 2019 dan diproduksi oleh Wit Studio. Cerita Vinland Saga sendiri memiliki setting waktu sekitar abad ke-11 di Eropa dengan fokus ceritanya pada tema sejarah, petualangan, dan peperangan.

Kehidupan Viking dan konflik mereka menjadi salah satu plot point yang muncul dalam ceritanya. Vinland Saga mengikuti perjalanan Thorfinn, seorang pemuda yang hidup di dunia Viking yang penuh konflik dan peperangan. Thorfinn sendiri berusaha untuk balas dendam atas kematian ayahnya yang tewas akibat dihabisi oleh Askeladd. Namun, upaya balas dendam Thorfinn berujung pada dia yang harus mengalami banyak peristiwa epik dalam hidupnya.

Thorfinn sendiri merupakan salah satu anggota dari bangsa Viking. Anime bertema Nordik ini banyak menghadirkan referensi sejarah, yang mana hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kemudian Vinland Saga menjadi salah satu anime yang populer meskipun underrated. Bahkan, dengan setting dan alur ceritanya ini bukan mustahil jika kemudian Vinland Saga akan dibuatkan versi live actionnya.

1 Kingdom

Anime bertema sejarah yang bersetting di luar Jepang yang terakhir tidak lain adalah kingdom. Ini adalah salah satu anime bertema sejarah dan perang yang populer, di mana mungkin plot atau alur ceritanya sendiri tidak asing lagi bagi bagi sebagian besar Geeks. Kingdom merupakan series anime yang diadaptasi dari manga dengan judul sama yang ditulis oleh Yasuhisa Hara.

Series anime Kingdom pertama kali tayang pada tahun 2012. Musim kedua dirilis pada tahun 2013, dan musim ketiganya tayang pada tahun 2020. Sementara musim keempatnya baru saja rilis tahun 2022 kemarin. Kingdom menghadirkan cerita tentang karakter Xin, seorang anak yatim piatu yang berada di era peperangan zaman China kuno. Dia memiliki impian besar untuk menjadi seorang jenderal hebat.

Selain itu, Xin juga bermimpi untuk memiliki kekuatan demi melindungi orang-orang yang dicintainya. Kingdom menyajikan alur cerita yang epik dan penuh aksi serta menghadirkan momen peperangan dan strategi dalam skala yang besar. Jika Geeks tidak asing dengan cerita sejarah Three kingdom, maka series ini bisa dibilang terinspirasi dari cerita sejarah populer tersebut.

Perkembangan dunia anime nyatanya menghadirkan berbagai keunikan dan keragaman, yang membuat ceritanya tidak lagi monoton. Para fans bisa menyaksikan alur cerita yang tidak melulu menghadirkan setting di Jepang. Ini tentunya bisa menjadi rekomendasi tontonan bagi Geeks yang ingin menonton anime yang berbeda dan unik.

Exit mobile version