Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Adegan Penting yang Dihapus dari Film!

7 Adegan Penting yang Dihapus dari Film!

Biasanya dalam sebuah film, selalu ada adegan yang dihapus oleh sang pembuat filmnya. Ada banyak faktor yang membuat adegan-adegan itu dihapus, seperti karena dianggap tidak terlalu penting, demi memangkas durasi film, hingga karena adegannya dianggap terlalu vulgar.  Tentu saja adegan yang dipotong tersebut sudah diseleksi lebih dulu agar tidak menggangu jalannya cerita. Tetapi menariknya nih Geeks, ternyata ada beberapa adegan dihapus yang ternyata cukup penting untuk kita simak. Apa saja adegan penting yang dihapus dari film? Simak berikut ini!

7 Star Trek 2: The Wrath of Khan

Star Trek 2: The Wrath of Khan mengambil latar belakang di masa depan, di mana Admiral James T. Kirk dan kru kapal USS Enterprise harus menghadapi musuh lama yang telah lama hilang: Khan Noonien Singh. Khan, seorang manusia super yang penuh dengan dendam dan keinginan untuk balas dendam, kembali dari pengasingan di sebuah planet terpencil. Dia berusaha untuk membalas kekalahan yang dia alami dari Kirk di masa lalu dengan cara yang mematikan.

Dengan menggunakan kapal yang kuat, USS Reliant, Khan menyerang dan merampas peralatan yang sangat berharga yang diperlukan untuk menciptakan planet yang baru. Kirk dan kru Enterprise, bersama dengan sahabat-sahabat lama seperti Spock dan McCoy, harus memulai misi penyelamatan untuk menghentikan Khan sebelum dia berhasil melaksanakan rencananya yang jahat. Dalam pertempuran sengit antara kekuatan luar biasa dan kecerdasan taktis, Kirk dan kru Enterprise menghadapi ujian terbesar mereka yang menguji keberanian, kepercayaan, dan persahabatan mereka.

Dalam film ini, teknisi Enterprise, Montgomery Scott tiba-tiba membawa tubuh seorang kadet. Tubuhnya terlihat hangus dan mengenaskan. Sayangnya versi film yang dirilis di bioskop tidak mengungkap tentang mengapa Scott sangat bersedih dengan kematian karakter yang tidak disebutkan namanya itu. Namun dalam sebuah adegan yang dihapus dalam Star Trek 2: The Wrarth of Khan, terungkap bahwa sebenarnya kadet itu adalah keponakan Scott.

6 RoboCop

RoboCop versi 2014 adalah remake dari film aslinya yang dirilis pada tahun 1987. Di sini, José Padilha menjadi sutradara, dengan Joel Kinnaman memerankan karakter utama sebagai Alex Murphy alias RoboCop. Sementara itu para pemeran lainnya termasuk, Michael Keaton, Abbie Cornish, dan Samuel L. Jackson. Film ini berlatar di masa depan di Detroit yang korup dan penuh kekerasan.

Alex Murphy (Joel Kinnaman), seorang detektif polisi yang berdedikasi, mengalami kecelakaan yang mengerikan yang meninggalkan dirinya dengan luka-luka parah. Dengan kondisi tubuhnya yang sangat rusak, Murphy menjadi subjek proyek rahasia oleh perusahaan multinasional OmniCorp. Murphy “dihidupkan kembali” sebagai cyborg setengah manusia setengah robot dengan teknologi canggih, yang dikenal sebagai “RoboCop”. Dalam film ini, tangan kanan sang karakter utama tidak diganti dengan tangan cybernetics.

Tangannya masih berupa daging dan tulang, persis seperti tangan manusia umum lainnya. Tidak ada penjelasan yang diberikan sepanjang filmnya bergulir. Namun dalam sebuah adegan yang dihapus mengungkapkan bahwa CEO OmniCorp, Raymond Sellars adalah sosok yang memutuskan untuk tetap mempertahankan tangan kanan Alex. Seperti yang dijelaskan Sellars, ayahnya mengajarinya bahwa dengan berjabat tangan, kita akan bisa mengetahui banyak hal tentang lawan bicara.

5 Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder dirilis pada tahun 2022 lalu. Sayangnya, film kedua yang disutradarai oleh Taika Waititi ini gagal bersinar di box office. Filmnya menceritakan kisah Thor yang harus menghadapi tantangan baru yang akan menguji keberaniannya dan kekuatannya lebih dari sebelumnya. Setelah peristiwa Avengers: Endgame, Thor kembali ke Bumi dan menyerahkan tahtanya kepada Valkyrie.

Namun ketika Jane Foster, cinta lamanya menjadi Mighty Thor, Thor harus bergabung kembali dengannya untuk melawan ancaman yang datang. Ancaman tersebut datang dari seorang villain bernama Gorr the God Butcher yang berniat untuk menghabisi seluruh dewa yang ada di semesta. Dalam film ini, sebenarnya ada adegan penting yang sayangnya dihapus, meski sebenarnya adegan ini membuat filmnya semakin masuk akal.

Adegan dihapus tersebut memperlihatkan saat Zeus mendengarkan percakapan pribadi Thor dan Jane. Setelah Thor menemukan Zeus bersembunyi di balik tirai, Zeus mengajari Thor cara menggunakan Lightning Bolt Zeus, dan inilah cara Thor menggunakan senjata Zeus. Namun adegan ini dihapus, demi menyiapkan adegan terakhir dalam film Thor: Love and Thuder, di mana Zeus meyuruh Hercules untuk menghabisi Thor.

4 Terminator 2: Judgment Day

Terminator 2: Judgment Day dirilis pada tanggal 3 Juli 1991. Film ini disutradarai oleh James Cameron. Dalam sekuel yang fenomenal ini, Sarah Connor kembali, tetapi kali ini sebagai seorang wanita tangguh dan berpengalaman yang dilatih untuk melindungi putranya, John Connor, yang merupakan kunci bagi masa depan kemanusiaan. John, yang sekarang seorang remaja yang keras kepala, menjadi target pembunuhan oleh Skynet, sebuah sistem kecerdasan buatan yang memerintah dunia di masa depan.

Ketika sebuah Terminator yang lebih canggih, T-1000, dikirim kembali ke masa lalu untuk membunuh John, sebuah Terminator lain, T-800, dikirim untuk melindunginya. Sarah, John, dan T-800 membentuk aliansi yang tidak biasa untuk melarikan diri dari kejaran T-1000 dan menghentikan kiamat yang akan datang. Dalam sebuah adegan saat T-1000 mengejar T-800, Sarah, dan John Connor di pabrik baja, permukaan logam dari T-1000 mulai mencair.

Di sana, sebenarnya ada sebuah adegan tambahan yang dihapus dari film tersebut yang memperlihatkan saat T-1000 mulai tidak berfungsi dan mengalami kerusakan yang parah. Misalnya ketika langkah kakinya menjadi cair dan tubuhnya tiba-tiba berubah-ubah menirukan lingkungan disekitarnya. Adegan ini sayangnya harus dihapus, yang menunjukkan bahwa robot ini sebenarnya memiliki kelemahan.

3 Dances With Wolves

Dances With Wolves mengisahkan tentang Letnan John Dunbar, seorang tentara Union yang terisolasi di perbatasan barat Amerika Serikat selama Perang Saudara. Setelah ditinggalkan oleh pasukannya, Dunbar memutuskan untuk menjaga pos terpencil tersebut sendirian. Saat menjalani hidup soliter di pedalaman, Dunbar bertemu dengan suku Lakota Sioux yang awalnya mencurigainya.

Namun berkat interaksi dan komunikasi yang cermat, Dunbar memperoleh kepercayaan suku tersebut dan belajar menghormati budaya dan kehidupan mereka. Seiring waktu, Dunbar, atau yang dikenal oleh suku sebagai “Dances With Wolves,” menjadi semakin terlibat dalam kehidupan suku Lakota. Dia terlibat dalam hubungan dekat dengan Stands With a Fist, seorang wanita putih yang dibesarkan oleh suku Lakota, serta Kicking Bird, seorang tokoh bijaksana dalam suku tersebut.

Buat kalian yang menonton film ini versi bioskop, mungkin kalian akan bingung bagaimana bisa Fort Sedwick bisa kosong. Nah, hal ini sebenarnya dijelaskan dalam sebuah adegan Dances With Wolves yang dihapus, di mana orang-orang yang sebelumnya ditempatkan di Fort Sedgwick meninggalkan tempat itu setelah dihantam oleh serangan bertubi-tubi dari suku Pribumi di sekitarnya. Adegan ini dipotong untuk memberikan durasi yang ideal bagi filmnya yaitu 3 jam.

2 Star Trek

Star Trek yang dirilis pada tahun 2009 disutradarai oleh J.J. Abrams. Filmnya membintangi beberapa nama beken seperti Chris Pine (sebagai James T. Kirk), Zachary Quinto (sebagai Spock), Zoe Saldana (sebagai Nyota Uhura), dan Karl Urban (sebagai Leonard McCoy). Star Trek menghadirkan kembali kisah awal dari kru kapal ruang angkasa USS Enterprise, dengan fokus pada pertemuan awal antara kapten muda James T. Kirk dan Spock, sang Vulcan yang cerdas.

Ceritanya dimulai dengan peristiwa yang mengubah sejarah, ketika kapal Narada dari masa depan menyerang kapal USS Kelvin. Dalam pertempuran itu, George Kirk, ayah James Kirk, melakukan pengorbanan besar untuk melindungi awak kapal dan kelahiran anaknya.
Tumbuh dewasa tanpa kehadiran ayahnya, James T. Kirk hidup sebagai pemuda pemberontak yang cenderung menjalani gaya hidup yang liar. Namun, nasib membawanya ke Starfleet, dan dia akhirnya menjadi salah satu kandidat teratas di Akademi Starfleet.

Ada sesuatu yang hilang di film ini, yaitu latar belakang Romulan Nero yang masih berupa misteri. Sebenarnya latar belakangnya hampir dihadirkan dalam sebuah adegan yang dihapus. Adegan tersebut mengungkap bahwa Nero terjebak di penjara Klingon, dan disiksa untuk mendapatkan informasi tentang perhitungan perjalanan waktu yang ditemukan di kapalnya. Sang penculik Nero menyebutkan bahwa Nero telah berada di sana selama 20 tahun, sebelum akhirnya dia berani melarikan diri. Sangat disangkan adegan ini tidak dimasukkan dalam potongan akhir, karena akan memberikan Nero kisah yang lebih dalam lagi, dan penonton akan mengetahuinnya.

1 Return of the Jedi

Return of the Jedi adalah film ketiga dalam trilogi asli Star Wars yang dirilis pada tahun 1983. Film ini disutradarai oleh Richard Marquand dan diproduksi oleh George Lucas. Filmnya menceritakan petualangan Luke Skywalker (Mark Hamill), Leia Organa (Carrie Fisher), dan Han Solo (Harrison Ford) dalam perjuangan mereka melawan Kekaisaran Galaksi yang jahat, yang dipimpin oleh Kaisar Palpatine (Ian McDiarmid) dan Darth Vader (David Prowse).

Dalam film ini, Aliansi Pemberontakan terus berjuang melawan Kekaisaran yang kejam. Luke Skywalker, yang sekarang telah menjadi seorang Jedi yang matang, memulai misi penyelamatan untuk menyelamatkan Han Solo dari tangan penjahat, Jabba the Hutt. Bersama dengan Leia, Chewbacca, C-3PO, dan R2-D2, mereka merencanakan penyelamatan yang berbahaya. Dalam sebuah adegan di akhir film, Master Yoda sempat membagikan beberapa kata-kata bijak kepada Luke Skywalker sebelum dia akhirnya meninggal.

Setelah itu, ada sebuah adegan yang dihapus memperlihatkan ketika Yoda yang memberi tahu Luke bahwa Obi Wan mengetahui semua rahasia dari Luke. Yoda mengatakan, “Obi Wan pasti sudah memberitahumu sejak lama, seandainya aku membiarkannya.” Ini menjelaskan mengapa Obi-Wan Kenobi tetap menyimpan rahasia dari Luke. Jika Obi Wan memberitahukannya kepada Luke, mungkin cerita Star Wars akan berbeda dari yang kita lihat sekarang.

Itulah dia Geeks beberapa adegan penting yang dihapus dari film. Adegan-adegan tersebut sebenarnya memberikan detail yang lebih dalam tentang filmnya, namun sang pembuat film merasa bahwa adegan tersebut lebih layak untuk di hapus.

Exit mobile version