Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Horor Tentang Kutukan Mengerikan!

10 Film Horor Tentang Kutukan Mengerikan!

Ada banyak cerita yang bisa diangkat dalam sebuah film horor. Film horor bisa menceritakan banyak hal seperti sekte mengerikan, rumah berhantu, pembunuh berantai, dan masih banyak cerita potensial lainnya yang bisa diangkat. Nah salah satu cerita yang menarik untuk kita simak adalah film horor yang mengangkat cerita tentang kutukan, entah kutukan itu berasal dari sebuah benda atau justru datang dari karakter lain. Apa saja film horor yang mengangkat tentang kutukan tersebut? Simak pembahasannya berikut ini ya Geeks!

10 The Killing of a Sacred Deer

The Killing of a Sacred Deer dirilis pada tahun 2017. Film kutukan ini disutradarai oleh Yorgos Lanthimos, seorang sutradara Yunani yang dikenal dengan gaya pengarahannya yang unik dan eksperimental. Dia juga menulis naskah filmnya bersama dengan Efthymis Filippou. The Killing of a Sacred Deer juga membintangi beberapa nama seperti Colin Farrell, Nicole Kidman, Barry Keoghan, Raffey Cassidy, Sunny Suljic, dan Alicia Silverstone.

Film ini mengikuti Steven Murphy (Colin Farrell), seorang ahli bedah kardiotoraks yang memiliki kehidupan keluarga yang sempurna bersama istrinya Anna (Nicole Kidman) dan dua anak mereka, Kim (Raffey Cassidy) dan Bob (Sunny Suljic).Namun, kehidupan mereka mulai terganggu ketika seorang remaja bernama Martin (Barry Keoghan) mulai muncul dalam kehidupan mereka.

Martin mengungkapkan kepada Steven bahwa ayahnya meninggal dalam sebuah operasi yang dilakukan oleh Steven beberapa tahun sebelumnya, dan dia ingin Steven membayar “utang darah” dengan cara yang mengerikan. Tanpa memberikan terlalu banyak detail, Martin memberi tahu Steven bahwa jika dia tidak memilih satu anggota keluarganya untuk dikorbankan, semua anggota keluarga itu akan mati dengan penyakit misterius yang disebut “the killing of a sacred deer.”

9 The Lighthouse

Film tentang kutukan ini disutradarai oleh Robert Eggers, yang juga menulis naskahnya bersama saudaranya, Max Eggers. Robert Eggers sebelumnya dikenal karena film horornya yang sukses secara kritis, The Witch (2015). Sementara itu filmnya membintangi beberapa nama seperti Robert Pattinson dan Willem Dafoe. Salah satu ciri khas dari The Lighthouse adalah bahwa film ini difilmkan secara keseluruhan dalam format hitam putih.

Lighthouse menceritakan kisah dua penjaga mercusuar, Thomas Wake (Willem Dafoe) dan Ephraim Winslow (Robert Pattinson), yang ditugaskan untuk menjaga mercusuar yang terletak di sebuah pulau terpencil selama beberapa minggu. Namun, ketika badai datang dan mereka terjebak di pulau itu, ketegangan antara kedua pria itu mulai tumbuh. Thomas, seorang penjaga mercusuar yang berpengalaman, mulai memperlakukan Ephraim dengan kasar dan merendahkan, sementara Ephraim semakin terganggu oleh rahasia gelap yang tersembunyi di dalam mercusuar.

Sebenarnya nih Geeks, kutukan dalam film ini masih diceritakan ambigu, karena Wake percaya bahwa burung camar adalah reinkarnasi pelaut dan membunuh mereka akan menimbulkan nasib buruk, tetapi filmnya cukup samar dalam menceritakan apakah itu kutukannya atau bukan.

8 The Wolf Man

The Wolf Man disutradarai oleh George Waggner. Meskipun tergolong sebagai film horor klasik, The Wolf Man menjadi salah satu karya paling terkenal dari Waggner. Film ini dibintangi oleh Lon Chaney Jr. sebagai Larry Talbot, karakter utama yang menjadi Wolf Man. Lon Chaney Jr. memerankan karakter ini dengan karisma yang mengesankan, membuatnya menjadi ikon dalam genre horor.

The Wolf Man menceritakan tentang Larry Talbot, (Lon Chaney Jr.) yang kembali ke rumahnya di Wales setelah menerima berita tentang kematian saudaranya. Di sana, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Gwen Conliffe (Evelyn Ankers) yang menarik perhatiannya. Ketika mereka berjalan bersama, mereka menemukan sebuah sirkus di kota. Di sirkus tersebut, Larry bertemu dengan seorang wanita karnaval bernama Bela (Bela Lugosi), yang menjadi korban serangan serigala.

Larry berhasil membunuh serigala tersebut, tetapi dia terluka parah dalam aksinya. Larry kemudian menyadari bahwa serigala itu adalah manusia dan dia sendiri telah terinfeksi oleh kutukan manusia serigala. Larry mulai mengalami transformasi menjadi manusia serigala pada malam-malam purnama dan mencoba mencari cara untuk menghentikan kutukan ini sebelum terlambat.

7 Ringu

Ringu mengikuti kisah seorang wartawan bernama Reiko Asakawa (Nanako Matsushima) yang menyelidiki kematian mendadak temannya setelah menonton video misterius. Reiko menemukan bahwa temannya dan tiga temannya yang lain semuanya meninggal dalam waktu satu minggu setelah menonton video tersebut. Penyelidikan Reiko membawanya ke sebuah berkas video yang berisi gambar-gambar aneh dan menyeramkan.

Setelah menonton video itu sendiri, Reiko menerima telepon misterius yang memberitahunya bahwa dia akan mati dalam tujuh hari. Ketika tujuh hari berlalu, Reiko mulai mengalami serangkaian peristiwa supranatural yang menakutkan. Dalam upaya untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan putranya yang terancam oleh kutukan video tersebut, Reiko menyelidiki asal muasal video tersebut.

Dia menemukan kisah tragis tentang seorang anak perempuan bernama Sadako, yang memiliki kekuatan psikis dan keinginan untuk membalas dendam. Film tentang kutukan ini disutradarai oleh Hideo Nakata, yang dianggap sebagai salah satu sutradara terkemuka dalam sinema horor Jepang. Ringu juga diadaptasi dari novel Jepang berjudul sama karya Koji Suzuki.

6 It Follows

It Follows berkisah tentang seorang remaja perempuan bernama Jay Height (Maika Monroe) yang terlibat dalam pengalaman mengerikan setelah melakukan hubungan dewasa. Setelah melakukan hubungan dengan pacarnya, Jay diberitahu bahwa dia sekarang dikejar oleh makhluk supranatural yang tak terlihat dan terus bergerak menuju targetnya. Jay belajar bahwa dia dapat melepaskan kutukan ini dengan meneruskannya ke orang lain melalui hubungan lag.

Namun jika makhluk itu berhasil mencapainya, maka makhluk itu akan kembali ke orang yang memberikan kutukan sebelumnya. Dengan kata lain, kutukan ini dapat mengikuti seseorang selama-lamanya. Film tentang kutukan ini menciptakan ketegangan melalui rasa tidak aman dan ketidakpastian, di mana makhluk itu dapat mengambil bentuk orang yang dikenali oleh korban. Para remaja berusaha untuk melawan atau menghindari makhluk tersebut, membawa penonton ke dalam pengalaman horor yang intens.

It Follows disutradarai dan ditulis skenarionya oleh David Robert Mitchell. Film ini menerima pujian kritis karena pendekatannya yang unik terhadap horor psikologis. Menariknya, film ini pertama kali ditayangkan di Festival Film Cannes pada tahun 2014 dan kemudian dirilis secara luas pada tahun 2015.

5 Drag Me to Hell

Drag Me to Hell disutradarai oleh Sam Raimi, yang dikenal karena karyanya dalam genre horor, terutama seri Evil Dead. Dia juga menulis naskahnya bersama saudaranya, Ivan Raimi. Film tentang kutukan ini dibintangi oleh Alison Lohman sebagai Christine Brown. Justin Long juga berperan sebagai Clay Dalton, pacar Christine. Drag Me to Hell mendapat pujian kritis dan dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Saturn untuk Film Horor Terbaik.

Drag Me to Hell mengikuti kisah Christine Brown (Alison Lohman), seorang loan officer yang ambisius yang berjuang untuk naik pangkat di bank tempatnya bekerja. Ketika dia menolak permintaan perpanjangan kredit dari seorang wanita tua, Mrs. Ganush (Lorna Raver), Christine tanpa sadar melemparnya ke dalam kemarahan. Sebagai akibatnya, Christine terkena kutukan, di mana dia akan ditarik ke dalam neraka dalam waktu tiga hari.

Dia mulai mengalami serangkaian peristiwa mengerikan dan teror supranatural, dan mencari bantuan dari seorang paranormal bernama Rham Jas (Dileep Rao) untuk mencoba mematahkan kutukan tersebut. Sementara itu, dia juga berjuang dengan hubungan romantisnya dengan pacarnya, Clay Dalton (Justin Long), yang tidak percaya pada hal-hal supranatural dan mulai meragukan kewarasannya.

4 Hellraiser

Hellraiser disutradarai oleh Clive Barker, yang juga merupakan penulis cerita aslinya. Film ini didasarkan pada novel pendek Barker berjudul The Hellbound Heart. Film ini dikenal karena menciptakan salah satu ikon horor paling ikonik, yaitu Pinhead, yang diperankan oleh Doug Bradley. Penampilan Pinhead telah menjadi salah satu simbol yang paling diingat dari genre horor.

Hellraiser mengikuti kisah seorang pria bernama Frank Cotton (Sean Chapman), yang menemukan sebuah kotak terkutuk yang disebut sebagai “Lemarchand’s Box” di luar negeri. Frank mencoba untuk membuka kotak tersebut dan secara tidak sengaja memanggil makhluk-makhluk dari dimensi lain yang dikenal sebagai Cenobites. Makhluk-makhluk ini membawa Frank ke dalam dunia mereka yang mengerikan, di mana dia mengalami siksaan tak terbayangkan.

Namun setelah beberapa waktu, saudara Frank, Larry (Andrew Robinson), dan istrinya, Julia (Clare Higgins), pindah ke rumah keluarga mereka, di mana Julia tanpa sengaja menemukan bahwa darah yang ditumpahkan di ruang bawah tanah rumah tersebut dapat memanggil kembali Frank dari dimensi kegelapan. Julia mulai menyediakan korban-korban untuk Frank, yang memungkinkannya untuk mendapatkan kembali kekuatan manusiawi dan bentuk manusianya.

3 The Evil Dead

The Evil Dead disutradarai oleh Sam Raimi, yang juga menulis naskah bersama dengan Ivan Raimi. Film tentang kutukan ini menjadi debut penyutradaraan Raimi dan merupakan bagian pertama dari trilogi Evil Dead. The Evil Dead mengikuti kisah lima teman, Ashley “Ash” Williams (Bruce Campbell), Cheryl (Ellen Sandweiss), Scott (Richard DeManincor), Linda (Betsy Baker), dan Shelly (Theresa Tilly), yang pergi berlibur ke sebuah kabin terpencil di hutan.

Di kabin tersebut, mereka menemukan sebuah buku kuno yang teryata terkutuk dan terikat dengan manusia dan rekaman suara yang ditinggalkan oleh orang yang sebelumnya tinggal di kabin itu. Ketika mereka memutarkan rekaman suara itu, mereka secara tidak sengaja membangunkan kekuatan jahat yang mengancam untuk menghancurkan mereka semua. Satu per satu, mereka yang terlibat terinfeksi oleh kekuatan jahat dan berubah menjadi makhluk yang ganas.

Ash harus bertahan hidup dan berjuang melawan kekuatan-kekuatan jahat itu, menggunakan apa pun yang dia miliki untuk melawan serangan-serangan yang tak berhenti. The Evil Dead dikenal karena penggunaan efek-efek khusus yang inovatif, terutama dalam adegan-adegan darah dan kekerasan di dalamnya. Efek khusus ini menjadi ciri khas dari film ini dan membuatnya menjadi salah satu film horor paling ikonik dalam sejarah.

2 Antlers

Antlers mengisahkan tentang seorang guru muda bernama Julia Meadows (Keri Russell) yang tinggal di sebuah kota kecil di Oregon. Julia mulai curiga terhadap salah satu muridnya, seorang anak laki-laki bernama Lucas (Jeremy T. Thomas), yang terlihat mengalami perilaku yang aneh dan gelap. Ketika Julia mulai menyelidiki lebih lanjut, dia menemukan fakta bahwa Lucas menyembunyikan rahasia yang menakutkan: keluarganya terkait dengan sesuatu yang jauh lebih jahat daripada yang bisa dia bayangkan.

Julia harus berhadapan dengan kekuatan supranatural yang ganas dan berbahaya yang mengancam untuk menghancurkan kota kecil itu. Dengan bantuan dari saudara laki-laki Lucas, seorang sheriff lokal bernama Paul Meadows (Jesse Plemons), Julia berusaha untuk menyelamatkan Lucas dan menghentikan kekuatan jahat yang mengancam mengambil alih kota mereka.

Film tentang kutukan ini dibintangi oleh Keri Russell, Jesse Plemons, Jeremy T. Thomas, Graham Greene, Scott Haze, Rory Cochrane, dan Amy Madigan. Sementara itu filmnya disutradarai oleh Scott Cooper, dengan skenario ditulis oleh C. Henry Chaisson, Nick Antosca, dan Cooper. Film ini didasarkan pada cerita pendek The Quiet Boy karya Nick Antosca. Selain itu, filmnya diproduseri oleh Guillermo del Toro, David S. Goyer, dan J. Miles Dale.

1 Christine

Christine mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki bernama Arnie Cunningham (Keith Gordon) yang membeli mobil tua Plymouth Fury tahun 1958 yang rusak dan ditinggalkan, yang diberi nama Christine. Meskipun mobil itu tampak usang dan dalam keadaan buruk, Arnie merawatnya dengan penuh kasih sayang dan perlahan-lahan mobil tersebut mulai hidup kembali. Namun seiring waktu, Arnie mulai berubah menjadi sosok yang berbeda setelah terlalu terobsesi dengan mobilnya.

Christine tampaknya memiliki kekuatan supranatural yang mengendalikan perilaku Arnie, dan mobil tersebut mulai bertindak sebagai alat pembalasan untuk mereka yang mengganggu Arnie atau Christine. Ketika orang-orang di sekitar Arnie mulai meninggal secara misterius atau mengalami kecelakaan yang mengancam jiwa, sahabatnya, Dennis Guilder (John Stockwell), menyadari bahwa mobil Christine memiliki kehendak dan niat jahat yang harus dihentikan.

Christine disutradarai oleh John Carpenter, yang juga terkenal atas karya-karyanya dalam genre horor dan thriller, seperti Halloween dan The Thing. Film ini didasarkan pada novel horor tahun 1983 karya Stephen King yang juga berjudul Christine. King terinspirasi untuk menulis novel ini setelah melihat mobil tua yang rusak di sekitar lokasi pengambilan gambar film “Carrie”.

Itulah dia Geeks beberapa film yang menceritakan tentang kutukan mengerikan. Film-film tersebut menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dan tentu saja wajib kalian tonton. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version