Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Superpower Dahsyat yang Belum Muncul di MCU!

10 Superpower Dahsyat yang Belum Muncul di MCU!

Dunia komik Marvel mememiliki banyak sekali superpower yang dahsyat di mana sebagiannya belum muncul di jagat sinematik Marvel MCU. Sudah hampir dua dekade lalu Marvel Studios berhasil menghidupkan berbagai karakter komik Marvel ke layar lebar. Dan para karakter superhero tersebut muncul dengan berbagai kekuatan khas mereka. Namun, Marvel Studios sendiri masih memiliki superpower yang belum muncul di MCU. Apa saja?

10 Soul Stone Resurrection

Superpower yang pertama yang belum muncul di MCU adalah kemampuan dari Soul Stone untuk membangkitkan mereka yang sudah tewas. Infinity Stones menjadi elemen penting dalam alur cerita Infinity Saga kemarin. Seperti yang Geeks ketahui, Infinity Stones menjadi benda yang paling dicari terutama oleh Thanos. Dia berusaha untuk melakukan Decimation demi menyeimbangkan kembali dunia.

Soul Stone menjadi salah satu Infinity Stone yang perannya cukup besar dalam cerita tersebut. Dalam beberapa cerita, Soul Stone sudah memperlihatkan kekuatan dahsyatnya di MCU. Sayangnya, dalam berbagai kesempatan justru kekuatan tersebut tidak pernah dianggap. Pasalnya, Soul Stone masih dianggap sebagai Infinity Stones dengan kekuatan paling lemah di MCU.

Yang juga cukup mencolok perbedaanya adalah Soul Stone versi MCU bisa dibilang merupakan Infinity Stone “pengambil nyawa.” Hal ini karena ada beberapa nyawa yang harus hilang demi mendapatkan batu ini. Namun, di komiknya, Soul Stone merupakan sumber dari berbagai hal yang luar biasa seperti membangkitkan mereka yang sudah tewas. Selain itu, menghadirkan kembali jiwa yang terjebak di Soul World – seperti Adam Warlock – jadi salah satu lainny. Bahkan, yang paling epik, Soul Stone bisa menciptakan seluruh alam raya lengkap dengan makhluk hidup di dalamnya.

9 Element Gun – Star-Lord

Peter Quill atau yang bisa terkenal dengan nama Star-Lord, merupakan sosok yang populer di MCU. Mantan pemimpin tim Guardians of the Galaxy ini menjadi salah satu karakter ikonik dengan keterlibatannya dalam berbagai peristiwa. Contohnya adalah dalam pertempuran menghadapi Thanos dan tentunya ketika dia membantu Rocket Racoon mengalahkan High Evolutionary.

Satu hal yang erat kaitannya dengan sosok Star-Lord adalah senjata blaster yang biasa dia gunakan dalam berbagai momen. Senjata tersebut memang jadi salah satu yang cukup menarik dan kuat, selain juga merupakan benda yang penuh kenangan. Pasalnya, dalam versi MCU senjata blaster itu merupakan pemberian dari Yondu. Namun, jika kita menilik di komiknya senjata asli milik Peter Quill sebenarnya jauh lebih mengerikan.

Peter memiliki sebuah senjata dahsyat yang bernama Element Gun. Sesuai namanya, Element Gun merupakan senjata yang mampu untuk menggunakan atau mengendalikan elemen alam itu sendiri seperti tanah, udara, air, dan api. Ada banyak efek yang kemudian muncul dalam penggunannya. Ketika kemudian Peter menggabungan semua elemen tersebut, dia kemudian menciptakan Element Gun lainnya sehingga dia memiliki dua Element Gun.

8 Transformasi Mematikan – Ant-Man Dan Vision

Geeks mungkin bertanya-tanya apa maksud dari hal ini. Dalam versi MCU, Ant-Man sering kali muncul sebagai sosok karakter komedi bagi para fans. Scott Lang muncul sebagai karakter superhero MCU yang memiliki tone karakter jauh berbeda dari yang lain. Karena itulah, dengan Scott Lang sering menjadi karakter yang dinantikan kemunculannya dan juga leluconnya banyak fans tentu tidak berpikir jika dia akan menjadi sosok yang kejam.

Namun, di komiknya, sebenarnya Ant-Man merupakan soso karakter yang tidak ragu untuk menghabisi musuhnya bahkan dengan cara yang brutal sekalipun. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perpindahan mematikan. Contohnya adalah dalam film Avengers: Endgame banyak fans yang berkelakar bahwa Ant-Man sebenarnya bisa saja mengalahkan Thanos dengan mudah.

Dia akan masuk ke tubuh Thanos dalam ukuran kecil dan kemudian berubah menjadi raksasa dan menghancurkan tubuh sang Titan. Ini sebenarnya adalah hal yang sering Ant-Man lakukan. The Punisher pernah menggunakan teknologi milik Pym ini untuk menghancurkan musuhnya dari dalam. Selain Scott Lang alias Ant-Man, sebenarnya karakter lainnya, Vision, juga bisa melakukan hal tersbeut.

Dalam cerita komiknya, Vision memiliki kemampuan untuk melakukan phasing atau menembus benda. Selain itu, dia juga bisa membuat sesuatu atau seseorang kehilangan materi dari tubuhnya sehingga tubuhnya hancur. Namun, dia bisa mengembalikan itu seperti semula. Kemungkinan, Marvel Studios tidak ingin memperlihatkan momen brutal tersebut di filmnya menginat ratingnya sendiri adalah PG-13.

7 Time Travel – Quicksilver

Time travel merupakan poin cerita yang Marvel Studios gunakan di film Endgame kemarin. Setelah mereka gagal mengalahkan Thanos dan mencegah Decimation, Scott Lang dan Tony Stark kemudian menemukan cara untuk bisa menang. Mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan waktu dan mengambil Infinity Stones sebelum Thanos. Mereka berencana untuk membuat Infinity Gauntlent mereka sendiri.

Yang menarik adalah sebenarnya di komiknya sendiri jika para Avengers mau melakukan perjalanan waktu atau time travel mereka bisa memanfaatkan sosok Quicksilver. Pietro Maximoff sempat muncul dalam film Age of Ultroh, sebelum kemudian dia langsung tewas di akhir filmnya. Hal tersebut banyak para fans sayangkan, di mana potensi kecepatan yang luar biasa Pietro terbuang sia-sia.

Sebenarnya, kecepatan Quicksilver tidak secepat The Flash untuk bisa melakukan Time Travel namun hal ini berkat kekuatan dahsyat yang diberikan oleh Wanda dan juga penggunaan Terrigen Mist. Kecepatan dahsyat yang baru ini membuat Pietro mampu melampaui waktu itu sendiri dan pergi ke masa depan. Bahkan, dia mampu menciptakan kloningnya untuk beberapa saat. Jadi, rasanya masuk akal jika para fans kecewa dengan Marvel di mana potensi dari Pietro terbuang sia-sia. Namun, di sisi lain, Marvel juga mungkin tidak ingin ada kebingungan antara Quicksilver dan The Flash.

6 Berinteraksi Dengan Makhluk Astral – Hulk

Sebagian berpendapat jika dari semua superhero yang ada di MCU, The Hulk merupakan karakter yang paling banyak dikurangi kekuatannya (nerf) daripada karakternya di komik. The Hulk merupakan salah satu sosok yang sangat dahsyat dan merupakan ancaman yang bisa menghancurkan bumi. Namun, alter ego dari Bruce Banner ini justru berubah menjadi sosok yang tidak lagi memperlihatkan kekuatannya bahkan jadi bulan-bulanan dari Thanos.

Meskipun mayoritas cerita memperlihatkan jika The Hulk hanya mengandalkan kemampuan fisik yang dia miliki, mungkin tidak banyak yang mengetahui jika sebenarnya The Hulk memiliki kekuatan yang berkaitan dengan metafisika. Dalam hal ini, The Hulk bisa melihat dan bahkan melakukan interaksi dengan para makhluk astral atau makhluk tak kasat mata seperti hantu atau astral projection dari seseorang.

Sebenarnya, Marvel Studios memiliki kesempatan untuk menghadirkan kekuatan unik dari The Hulk ini dalam film Avengers: Infinity War. Dia bisa saja berkomunikasi dengan sosok Doctor Strange. Jika adegan ini terjdi tentunya akan menjadi sebuah interaksi yang menarik yang muncul di MCU. Apakah kemudian Marvel akan menghadirkan momen ini di film selanjutnya masih harus kita tunggu.

5 Pengendalian Bumi – Thor

Sudah sejak awal memang sosok Thor memiliki kekuatan dewa yang membuatnya menjadi salah satu superhero MCU paling kuat. Selain kemampuan fisik, Thor lebih terkenal akan kemampuna dan pengendalian petir. Hal ini berkat palu yang jadi kebanggannya yaitu Mjlonir. Bahkan, ketika Mjolnir hancur, Thor menggantinya dengan Stormbreaker dan lagi-lagi petir jadi elemen yang erat dengan sosok Thor.

Sebenarnya, Marvel Studios masih bisa menghadirkan kekuatan dahsyat dari Thor di ceritanya. Dalam ceritanya, selain mampu mengendalikan petir sebenarnya Thor mampu untuk mengendalikan bumi atau tanah. Mewarisi kemampuan dan kekuatan Elder God, Thor mampu untuk menghadirkan gempa seismik dan juga pengendalian bumi yang membuatnya menjadi superhero Marvel terkuat.

Dengan kemampuan untuk bisa mengendalikan tanah dan bumi, sebenarnya hal ini membuat Thor bisa membangun kembali Asgard yang baru pasca kehancurannya. Di MCU, sebenarnya Thor bisa saja melakukan hal yang sama di mana pasca peristwa Ragnarok dia kemudian membangun kembali Asgard daripada memutuskan untuk pindah ke wilayah lain.

4 Warrior Madness – Thor

Superpower paling dahsyat lainnya dari Thor yang belum pernah muncul di MCU. Simpelnya, Warrior Madness adalah mode di mana Thor benar-benar melepaskan semua kekuatannya. Dalam hal ini, Thor benar-benar dalam mode berserk. Dia akan menggunakan warisan bangsa Viking yang ada dalam dirinya. Ketika mode ini aktif, Thor akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan signifikan tersebut adalah kekuatan fisik, stamina, kecepatan, dan hal lainnya. Ketika mode atau superpower ini aktif, Thor benar-benar jadi sosok yang tidak terkalahkan di medan perang. Meskipun Warrior Madness akan mengubah Thor menjadi sosok “iblis” di medan perang, namun itu juga konsekuensi yang harus dia hadapi ketika kemudian superpower mengerikan ini aktif.

Seperti halnya Ebony Blade, yang mana ketika digunakan maka penggunanya akan berubah menjadi sosok yang brutal dan haus darah, hal ini juga akan terjadi keada Thor ketika dia mengaktifkan superpower ini. Di sisi lain, hal ini membuat Thor sulit untuk dibedakan dengan para villain yang dia hadapi. Namun, mungkin hal ini bisa muncul nanti di film Thor 5.

3 Avian Telepati – Sam Wilson/The Falcon

Dalam Marvel Cinematic Universe, Sam Wilson merupakan salah satu karakter superhero yang tidak memiliki kekuatan super. Namun, dia memanfaatkan teknologi canggih dan juga kemampuan yang dia miliki untuk menjadi sosok superhero. Dalam versi MCU, nama dari  The Falcon merujuk pada desain kostum yang Sam Wilson gunakan di mana dia memiliki sayap yang besar mirip burung elang.

Selain kemampuan untuk terbang dan memiliki kemampuan untuk melihat dari jauh, Sam memiliki persenjataan di kostum burung yang dia miliki. Di komiknya sendiri sebenarnya Sam benar-benar “menghidupkan” nama dari The Falcon itu sendiri. Contohnya adalah bagaimana Sam Wilson memiliki kemampuan Avian Telepati atau kemampuan untuk berkomunikasi secara telepati dengan para burung.

Sam diperlihatkan mampu berkomunikasi dengan binatang burung peliharaanya, Redwing. Kemampuan tersebut merupakan hasil dari kekuatan Cosmic Cube milik dari Red Skull. Selain itu, superpower itu kemudian berkembang di mana dia bukan hanya bisa berkomunikasi dengan Redwing melainkan semua makhluk yang bisa terbang. Hal ini membuat Sam Wilson menjadi sosok yang sangat diandalkan dalam hal pengintaian.

2 Telepati Dengan Teknologi – Tony Stark

Masih berkaitan dengan kemampuan telepati dan komunikasi, superpower dari para superhero yang belum muncul di MCU lainnya adalah telepati atau berkomunikasi dengan teknologi. Superpower ini dimikiki oleh sosok superhero yang tidak lain adalah Tony Stark. Sudah bukan hal asing lagi jika Tony Stark merupakan salah satu karakter paling cerdas di MCU sekaligus juga seorang inventor.

Tony mampu menciptakan berbagai macam teknologi yang mana bahkan teknologi tersebut belum pernah ada sebelumnya. Salah satu contohnya adalah bagaimana Tony memanfaatkan nano teknologi untuk menciptakan armor Iron Man. Bahkan, dia juga menyuntikan dirinya sendiri dengan teknologi tersebut. Tony mampu mengendalikan secara penuh semua elektronik dan teknologi yang ada di sekitarnya.

Namun, yang kemudian banyak disayangkan adalah bagaimana Marvel Cinematic Universe tidak menghadirkan salah satu superpower yang Tony miliki. Superpower itu tidak lain adalah kemampuan telepati dengan teknologi atau benda elektronik. Namun, mungkin ada alasan tertentu mengapa Marvel tidak menghadirkan hal tersebut seperti kekuatan tersebut erat kaitannya dengan karakter lain seperti Vision.

1 Memanggil Pasukan Mayat – Black Panther

Superpower yang belum muncul di MCU milik superhero yang terakhir adalah memangil pasukan mayat alias necromacy. Sebenarnya, kemunculan Black Panther di MCU memang belum terlalu banyak. Namun, pengaruh dari raja Wakanda ini sangat luar biasa. Meskipun begitu, seperti halnya Tony Stark, T’Challa merupakan sosok yang memanfaatkan teknologi untuk menjadi superhero.

Seperti yang Geeks ketahui, T’Challa memanfaatkan Vibranium, sebuah mineral yang luar biasa yang berasal dari bongkahan meteorit, yang hanya ada di Wakanda. Dia kemudian memanfaatkan mineral tersebut untuk menciptakan berbagai teknologi, termasuk menciptakan kostum Black Panther. Di komiknya sendiri Black Panther memiliki superpower yang tidak kalah mengerikan dan dahsyat.

T’Challa diketahui memiliki kemampuan necromancy atau membangkitkan pasukan mayat. Kekuatan ini memang baru Marvel perkenalkan dalam komik Fantastic Four #607 yang rilis pada 2012 kemarin. Dalam ceritanya diperlihatkan jika Bast mengutus dan memilih T’Challa untuk menjadi pemimpin dari Necropolis, kota mati dari Wakanda. Bast memberikan kemampuan untuk bisa mengendalikan mayar dengan tekadnya.

Marvel Comics menghadirkan banyak superpower yang sangat dahsyat dari berbagai karakter mereka yang mana sebagian sudah muncul di MCU. Namun, sebagian superpower dari para karakter itu diketahui belum pernah muncul sama sekali. Tentunya akan sangat menarik jika MCU kemudian kesempatan untuk memunculkan superpower power tersebut memberikan nuansa dan warna baru bagi karakternya.

Exit mobile version