Home MOVIE MOVIE FEATURES 4 Kisah Lord of the Rings yang Belum Muncul di Film!

4 Kisah Lord of the Rings yang Belum Muncul di Film!

Lord of the Rings adalah sebuah trilogi epik fantasi yang ditulis oleh J.R.R. Tolkien. Trilogi ini terdiri dari tiga buku yang berjudul The Fellowship of the Ring, The Two Towers, dan The Return of the King. Diterbitkan pertama kali antara tahun 1954 dan 1955, Lord of the Rings menjadi salah satu karya sastra fantasi paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah. Dan pada akhirnya cerita itulah yang diadaptasi ke dalam film. Menariknya, ada beberapa kisah Lord of the Rings yang belum pernah diceritakan. Apa saja kisah tersebtu? Simak berikut ini Geeks!

4 The Children of Hurin

The Children of Hurin berfokus pada Húrin, seorang manusia pemberani dari bangsa Edain, dan anak-anaknya, khususnya Túrin dan Nienor. Mereka terlibat dalam peristiwa-peristiwa tragis yang membentuk sejarah Middle-earth. The Children of Húrin berlangsung pada masa Morgoth, Vala jahat yang merupakan musuh utama dalam legendarium Tolkien. Morgoth menimbulkan banyak penderitaan di Middle-earth, dan keluarga Húrin menjadi salah satu sasaran utamanya.

Cerita ini penuh dengan penderitaan dan tragedi, di mana tokoh-tokohnya harus menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang sulit. Mereka terlibat dalam konflik-konflik besar, mengalami pengkhianatan, dan terpisah dari orang-orang yang mereka cintai. The Children of Húrin merupakan bagian dari legendarium yang sama dengan The Silmarillion, meskipun cerita ini diterbitkan secara terpisah. Banyak elemen dalam cerita ini, termasuk karakter, lokasi, dan peristiwa, terkait erat dengan kisah-kisah yang disajikan dalam The Silmarillion.

Meskipun tidak secara langsung terkait dengan kisah The Lord of the Rings, The Children of Húrin memberikan wawasan yang lebih dalam tentang sejarah dan mitologi Middle-earth yang mempengaruhi peristiwa dalam trilogi The Lord of the Rings . The Children of Húrin disusun dan disunting oleh putra Tolkien, Christopher Tolkien, yang juga merupakan editor utama dari banyak karya-karya ayahnya.

3 Beren and Luthien

Beren and Luthien mengikuti perjalanan Beren, seorang manusia yang jatuh cinta kepada Lúthien, seorang Elf yang memiliki kekuatan magis. Kisah percintaan keduanya memang sangat istimewa, karena ini menjadi yang pertama dari cinta beda ras antara manusia dan Elf. Di sini kita akan disuguhkan cerita tentang perjuangan Beren dan Luthien untuk bisa mengambil permata Silmaril yang terpasang di mahkota Morgorth, demi mendapatkan “restu”.

Cerita ini penuh dengan tema pengorbanan, di mana Beren dan Lúthien bersedia menghadapi bahaya dan kesulitan yang besar demi cinta mereka. Mereka melakukan berbagai pengorbanan, termasuk risiko kehilangan nyawa mereka sendiri. Dan menariknya, Beren juga harus dipertemukan dengan Sauron yang ketika itu statusnya masih menjadi pelayan dari Morgoth. Meskipun cerita ini telah ada sejak lama dalam legendarium Middle-earth, tetapi baru secara resmi diterbitkan pada tahun 2017, dengan penyuntingan yang dilakukan oleh Christopher Tolkien.

Kisah cinta antara Beren dan Lúthien diyakini terinspirasi oleh hubungan Tolkien dengan istrinya, Edith. Mereka bertemu saat Tolkien masih remaja dan Edith adalah kekasihnya yang lebih tua. Hubungan ini menginspirasi banyak kisah cinta dalam karya-karya Tolkien, yang tentu saja sangat menarik untuk kita simak.

2 The Fall of Gondolin

Sesuai dengan judulnya, novel ini menceritakan tentang runtuhnya Gondolin. Tolkien pertama kali menulis The Fall of Gondolin pada tahun 1917, selama masa perang dunia pertama. Cerita ini kemudian berkembang menjadi bagian penting dari mitologi Middle-earth yang lebih besar. Ceritanya mengikuti perjalanan Tuor, seorang manusia yang berusaha mencapai kota Gondolin. Di sana, Tuor bertemu dengan Turgon, raja Gondolin, dan terlibat dalam upaya untuk melawan serangan Morgoth.

Gondolin adalah kota yang megah dan tersembunyi di tengah pegunungan. Ini adalah kota terakhir yang jatuh ke tangan Morgoth selama Perang Melkor, dan kejatuhan Gondolin merupakan salah satu peristiwa paling tragis dalam sejarah Middle-earth. erita ini mencakup beberapa pertempuran epik antara pasukan Elven dan Morgoth, termasuk pertempuran di luar gerbang Gondolin dan pertempuran di dalam kota itu sendiri. Pertempuran-pertempuran ini dijelaskan dengan detail yang mendalam oleh Tolkien.

The Fall of Gondolin disunting dan diedit oleh putra Tolkien, Christopher Tolkien, dan diterbitkan pada tahun 2018. Christopher menggunakan naskah dan catatan yang ditinggalkan oleh ayahnya untuk menyusun cerita ini. Cerita The Fall of Gondolin memang memiliki hubungan yang kuat dengan karya-karya Tolkien lainnya, termasuk The Hobbit dan The Lord of the Rings.

1 The Fall of Numenor

Diedit oleh Brian Sibley dengan ilustrasi oleh Alan Lee, The Fall of Númenor menghadirkan peristiwa-peristiwa Second Age seperti yang ditulis oleh Tolkien dan diedit selama bertahun-tahun oleh putranya, Christopher Tolkien. Sesuai dengan judulnya, Fall of Numenor mengisahkan tentang kerajaan Numenor. Numenor awalnya sebuah pulau yang diberikan kepada bangsa Dúnedain oleh Valar sebagai hadiah atas peran mereka dalam Perang Melkor.

Númenor merupakan kerajaan manusia yang megah dan kuat di Samudra Barat. Ketika terbentuk sebagai kerajaan, Númenor pada awalnya makmur, dengan para raja Númenor menjadi penguasa yan perkasa. Namun keserakahan akhirnya memicu ketidakpuasan terhadap nasib manusia dan keinginan untuk mengejar keabadian. Sauron, seorang pembantu Morgoth, memanfaatkan ketidakpuasan di Númenor dan berhasil merayu raja terakhir Ar-Pharazôn untuk menyerang Valinor, tanah para Valar. Ini merupakan tindakan yang melanggar hukum Ilúvatar.

Tindakan Ar-Pharazôn membawa malapetaka, dan Númenor tenggelam ke dasar laut. Hanya beberapa orang yang setia kepada Valar yang selamat, termasuk Elendil dan keluarganya yang membangun kapal dan melarikan diri ke Middle-earth. Setelah kejatuhan Númenor, bangsa Dúnedain dibagi menjadi dua kelompok besar: Dúnedain dari Barat (yang setia kepada Valar) dan Black Dúnedain (yang terpengaruh oleh Sauron).

Itulah beberapa kisah penting dari dunia Lord of the Rings yang belum diceritakan dalam film. Tentunya cerita-cerita tersebut sangat menarik untuk kita simak, dan sangat potensial jika diadaptasi ke dalam film. Kita tunggu aja ya Geeks apakah kisah ini akan berlanjut atau tidak.

Exit mobile version