Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Aktor ini Selalu Gagal Dapat Oscar!

10 Aktor ini Selalu Gagal Dapat Oscar!

Oscar adalah penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) untuk menghargai prestasi terbaik dalam industri film. Secara resmi dikenal sebagai Academy Awards, atau populer disebut “Oscars”, penghargaan ini mencakup berbagai kategori, termasuk Aktris Terbaik, Aktor Terbaik, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan banyak lagi. Penghargaan Oscar dianggap sebagai salah satu penghargaan tertinggi dalam dunia perfilman. Sudah banyak aktor dan aktris yang berhasil mendapatkan Oscar. Menariknya, ada juga beberapa aktor dan aktris yang sudah beberapa kali masuk nominasi Oscar, tetapi mereka tidak pernah berhasil memboyong penghargaan tersebut. Siapa saja? Simak berikut ini!

10 Amy Adams

Amy Lou Adams lahir pada tanggal 20 Agustus 1974, di Vicenza, Italia. Ayahnya adalah tentara Amerika, sehingga keluarganya sering pindah sebelum akhirnya menetap di Castle Rock, Colorado. Adams memulai karier aktingnya dengan tampil di panggung teater lokal sejak usia muda. Dia kemudian pindah ke Los Angeles untuk mengejar karier akting profesional.

Peran Adams yang membawa namanya ke perhatian publik adalah sebagai Ashley Johnsten dalam film independen tahun 2005, Junebug. Penampilannya mendapat pujian kritis dan dia dinominasikan untuk Academy Award pertamanya. Salah satu peran paling ikonik Amy Adams adalah sebagai Amelia Earhart dalam film animasi Night at the Museum: Battle of the Smithsonian (2009), dan sebagai Lois Lane dalam film superhero Man of Steel (2013) dan Batman v Superman: Dawn of Justice (2016).

Menariknya nih Geeks, Amy Adams sudah masuk nominasi Oscar sebanyak 6 kali. Tetapi hingga saat ini dia tidak pernah memenangkan satu Oscar pun. Beberapa nominasinya didapat berkat film Junebug, Doubt, The Fighter, The Master, American Hustle, dan Vice. Dan di tahun inipun, Amy Adams belum berkesempatan untuk mendapatkan Oscar.

9 Bradley Cooper

Bradley Charles Cooper lahir di Philadelphia pada tahun 1975. Ayahnya bekerja sebagai agen penjual saham, sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Cooper sendiri memulai karier aktingnya dengan tampil di beberapa acara televisi, termasuk Sex and the City dan Alias. Perannya yang signifikan justru baru datang dalam series Kitchen Confidential pada tahun 2005.

Peran yang membuat Cooper semakin dikenal adalah sebagai Phil Wenneck dalam film komedi The Hangover (2009) dan dua sekuelnya. Film ini menjadi salah satu film paling sukses secara komersial pada masanya. Meskipun dikenal karena perannya dalam film komedi, Cooper juga telah membuktikan kemampuan actingnya dalam berbagai genre, termasuk drama dan aksi.

Cooper telah menerima banyak penghargaan atas karyanya. Diapun sudah sering masuk nominasi Academy Award untuk kategori Aktor Terbaik untuk perannya dalam film Silver Linings Playbook (2012), American Hustle (2013), dan American Sniper (2014). Dan meski sudah masuk Oscar sebanyak 12 kali, tetapi tidak ada satupun Oscar yang bisa aktor ini bawa pulang.

8 Michelle Ingrid Williams

Michelle Ingrid Williams lahir pada tanggal 9 September 1980, di Kalispell, Montana, Amerika Serikat. Williams memulai karier aktingnya dengan tampil di beberapa acara televisi, termasuk Baywatch dan Dawson’s Creek. Peran filmnya yang pertama adalah dalam film horor komedi tahun 1995, Species Namun, peran yang membuat Williams semakin dikenal adalah sebagai Jen Lindley dalam series Dawson’s Creek yang sukses secara komersial.

Williams dikenal karena berbagai peran ikoniknya dalam film, termasuk sebagai Alma Beers Del Mar dalam Brokeback Mountain (2005), yang membuatnya masuk nominasi Academy Award pertamanya. Williams memang telah bulak-balik masuk nominasi, tetapi belum pernah sekalipun dia memenangkan penghargaan Oscar. Terhitung dia sudah masuk nominasi sebanyak 5 kali.

Williams juga pernah beberapa kali masuk nominasi Golden Globe Award, dan satu nominasi Tony Award. Menariknya nih Geek, selain menjadi aktris yang berbakat, Williams juga memiliki bakat dalam menyanyi. Dia membuktikan kemampuannya dalam menyanyi dalam film musikal The Greatest Showman (2017). Sampai saat ini, Michelle Williams terus aktif dalam dunia akting dan terus mengeksplorasi berbagai peran yang menantang dan bervariasi

7 Saoirse Ronan

Saoirse Una Ronan lahir pada tanggal 12 April 1994, di Bronx, New York City, Amerika Serikat. Orang tuanya berasal dari Irlandia, dan dia dibesarkan di County Carlow, Irlandia. Ronan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Irlandia dan bersekolah di Ardattin National School. Dia tidak pernah menghadiri sekolah drama formal, tetapi kemudian mengikuti kelas akting di The Gaiety School of Acting di Dublin.

Ronan memulai karier aktingnya pada usia muda dengan berperan dalam beberapa serial televisi dan film Irlandia sebelum mendapatkan peran yang menonjol dalam film Hollywood. Peran yang membuat Ronan semakin dikenal adalah sebagai Briony Tallis dalam film drama Atonement (2007). Penampilannya dalam film tersebut mendapatkan pujian kritis dan dia dinominasikan untuk Academy Award pertamanya.

Ronan telah menerima berbagai penghargaan dan nominasi atas karyanya, termasuk empat nominasi Academy Award untuk Aktris Terbaik dalam film Atonement (2007), Brooklyn (2015), dan Lady Bird (2017). Sudah empat kali Ronan masuk nominasi Academy Awards, dan tidak ada satupun yang bisa dibawanya kembali.

6 Johnny Depp

Bernama asli John Christopher Depp II, Johnny Depp memulai karier di dunia hiburan sebagai musisi, bermain gitar untuk beberapa band rock lokal. Dia kemudian beralih ke akting setelah bertemu dengan aktor Nicolas Cage, yang membantunya mendapatkan peran dalam film Nightmare on Elm Street (1984).
Sementara itu. peran yang membuat Depp semakin dikenal adalah sebagai polisi yang menyamar sebagai siswa sekolah menengah dalam series 21 Jump Street (1987-1990).

Peran itu membantunya mendapatkan popularitas di kalangan penoonton muda. Depp telah menerima banyak penghargaan atas karyanya, termasuk Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik dalam film Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007). Menariknya, dia juga telah beberapa kali masuk nominasi Oscar. Film-film yang berhasil membawanya ke Academy Awards adalah Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street, Finding Neverland, dan Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl.

Tetapi tidak ada satupun film tersebut yang berhasil membawakan aktor ini piala Oscar. Meski begitu, Depp akan terus membintangi beberapa film besar, setelah kasusnya bersama Amber Heard berakhir, dan mudah-mudahan di masa depan, kita bisa melihatnya memboyong Oscar.

5 Gleen Close

Mungkin Geeks sedikit asing dengan aktris satu ini, tetapi dia sudah sering kita lihat di film-film besar. Aktris kawakan ini lahir pada tanggal 19 Maret 1947, di Greenwich, Connecticut, Amerika Serikat. Close memulai karier aktingnya di teater, setelah dia lulus kuliah, dan kemudian pindah ke Broadway. Dia membuat debut Broadway-nya dalam Love for Love pada tahun 1974.

Peran yang membuat Close semakin dikenal adalah sebagai Alex Forrest dalam film Fatal Attraction (1987). Penampilannya dalam film tersebut mendapatkan pujian kritis dan membuatnya mendapatkan nominasi Academy Award untuk Aktris Terbaik. Close telah menerima banyak penghargaan atas karyanya. Menariknya nih Geeks, Close sudah bolak-balik masuk nominasi Oscar, tetapi tidak ada satupun Oscar yang pernah dia boyong.

Terhitung saat ini, Gleen Close sudah masuk dalam 8 nominasi Oscar, atas perannya dalam film seperti Hillbilly Elegy, The Wifi, Albert Nobbs, hingga Fatal Attraction. Close memang dikenal karena kemampuannya untuk berperan dalam berbagai genre, termasuk drama, komedi, dan thriller psikologis.

4 Willem Dafoe

Willem Dafoe lahir pada 22 Juli 1955 di Appleton, Wisconsin, Amerika Serikat. Dia belajar di Universitas Wisconsin-Milwaukee sebelum pindah ke New York City untuk mengejar karier teater. Dia bergabung dengan Teater Performance Group milik Richard Schechner sebelum bergabung dengan Teater Wooster Group. Peran Dafoe yang mendapat pengakuan internasional adalah saat dirinya berperan sebagai Elias dalam film “Platoon” (1986).

Perannya mendapat pujian luas dan membuatnya mendapatkan nominasi Oscar pertamanya. Selama karier aktingnya, Dafoe telah menerima beberapa nominasi penghargaan, termasuk empat nominasi Academy Award, serta memenangkan penghargaan-penghargaan lain seperti Golden Globe dan BAFTA. Yap, aktor ini memang telah masuk nominasi Oscar sebanyak eempat kali, tetapi dia tidak pernah memenangkannya.

Dafoe sendiri dikenal karena perannya yang ikonik sebagai Norman Osborn / Green Goblin dalam film Spider-Man (2002) dan sekuelnya. Dia juga dikenal karena perannya dalam film-film seperti The Last Temptation of Christ (1988), Shadow of the Vampire (2000), dan The Florida Project (2017).

3 Edward Norton

Edward Harrison Norton lahir pada 18 Agustus 1969 di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Peran yang membawa Norton ke perhatian publik adalah perannya sebagai Derek Vinyard, seorang neo-Nazi yang mempertimbangkan kembali pandangannya tentang rasisme, dalam film American History X (1998). Penampilannya mendapatkan pujian kritis yang luas.

Norton telah masuk beberapa nominasi penghargaan, termasuk tiga nominasi Academy Award. Dia masuk nominasi untuk Aktor Pendukung Terbaik di Primal Fear (1996) dan Birdman (2014), serta nominasi untuk Aktor Terbaik di American History X (1998). Sayangnya tidak ada satupun Oscar yang bisa dia bawa pulang. Padahal akting Norton sangat memumpuni dalam sebuah film.

Selain perannya dalam American History X, Norton dikenal karena perannya dalam film-film seperti Fight Club (1999), di mana dia berperan sebagai karakter utama yang dikenal sebagai “The Narrator”. Mengingat performa aktingnya yang masih memumpuni, rasanya masih ada harapan baginya untuk bisa memenangkan Oscar.

2 Ed Harris

Satu lagi aktor kawakan yang memiliki segudang film-film besar, yaitu Ed Harris. Salah satu peran yang membuat Harris semakin dikenal adalah sebagai astronaut John Glenn dalam film The Right Stuff (1983). Penampilannya mendapatkan pujian kritis dan membawa Harris dikenal oleh publik. Saat ini aktor ini juga sudah bolak-balik masuk nominasi Oscar.

Jika dihitung, Ed Harris sudah 4 kali masuk nominasi Oscar berkat film-filmnya seperti Apollo 13 (1995), The Truman Show, (1998), Pollock (2000) dan The Hours (2002). Tetapi tidak ada satupun yang berhasil dia bawa pulang. Harris juga dikenal karena berbagai peran ikoniknya dalam film-film seperti A Beautiful Mind (2001), The Abyss (1989), Glengarry Glen Ross (1992), dan The Truman Show (1998).

Selain akting, Harris juga telah mencoba peruntungan di belakang layar sebagai sutradara. Dia menyutradarai film-film seperti Pollock (2000), yang juga membintanginya sebagai Jackson Pollock. Meski usianya sudah tidak muda lagi, tetapi Ed Harris masih akting membintangi banyak film baru.

1 Woody Harrelson

Woodrow Tracy Harrelson lahir pada 23 Juli 1961 di Midland, Texas, Amerika Serikat. Harrelson belajar di Universitas Hanover di Indiana, di mana dia bermain untuk tim basket perguruan tinggi. Setelah lulus, dia pindah ke New York City untuk mengejar karier akting. Peran yang membawa Harrelson ke perhatian publik adalah sebagai bartender Woody Boyd dalam series komedi Cheers (1985-1993), di mana dia memenangkan sebuah Emmy Award.

Harrelson mampu masuk ke dalam beberapa nominasi penghargaan, termasuk tiga nominasi Academy Award. Dia mendapat nominasi untuk Aktor Pendukung Terbaik di The People vs. Larry Flynt (1996) dan The Messenger (2009), serta nominasi untuk Aktor Terbaik untuk Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (2017).

Selain perannya di Cheers, Harrelson dikenal karena perannya dalam film-film seperti Natural Born Killers (1994), White Men Can’t Jump (1992), Zombieland (2009), dan The Hunger Games seri. Dia telah membuktikan kemampuannya dalam berbagai genre, dari komedi hingga drama, dan dari film independen hingga film Hollywood. Sehingga peran Harrelson sudah tidak perlu diragukan lagi.

Itulah dia Geeks beberapa aktor dan aktris yang selalu gagal memenangkan Oscar. Mereka sudah sering masuk nominasi Oscar, tetapi selalu gagal mendapatkan penghargaan paling bergengsi di Industri film tersebut. Mungki nanti, mereka akan segera mendapatkannya. Kita tunggu aja ya Geeks!

Exit mobile version