Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Karakter Ninja Paling Populer Di Dunia Film!

8 Karakter Ninja Paling Populer Di Dunia Film!

Ninja sudah merambah dunia film sejak puluhan tahun lalu dan ada beberapa karakter ninja yang dianggap paling populer. Ninja merupakan sebuah profesi yang berasal dari zaman feodal Jepang. Dalam sejarahnya, Ninja merupakan sebuah profesi yang sangat berbahaya yang mempertaruhkan nyawa mereka. Namun, seiring berjalannya waktu kepopuleran Ninja kini sudah mulai merambah ke banyak hal termasuk film Hollywood. Berikut karakter Ninja paling populer di dunia film.

9 Casey Bowman – Ninja

Sosok Ninja paling populer dan terbaik di dunia film yang pertama adalah Casey Bowman. Dia merupakan sosok protagonis utama dalam film Ninja. Dalam ceritanya, Casey merupakan sosok protagonis utama yang unik. Pasalnya, dia tidak memiliki “ciri-ciri” sosok protagonis yang umumnya muncul dalam mayoritas cerita yang menghadirkan sosok Ninja yaitu orang tuanya merupakan seroang Ninja atau sosok petarung handal.

Dalam kasus Casey Bowman, dia justru memiliki sosok ayah yang seorang pecandu alkohol dan bukan sosok ahli bertarung atau sosok penting di dunia Ninja. Ayahnya tewas ketika Casey berusia 12 tahun dan dia kemudian memutuskan untuk tinggal di sebuah dojo. Di sanalah dia kemudian mulai untuk belajar menjadi sosok Ninja. Bahkan, dia juga menjadi murid terbaik di Dojo tersebut.

Setelah putri dari gurunya tewas terbunuh, Namiko, Casey pun mencoba untuk membalas dendam kematiannya. Kemampuan Ninja dan berbagai ilmu bela diri dan taktik yang dia pelajari membuat dia mampu untuk menghajar lawannya dalam satu serangan. Dia juga mampu untuk menghajar sekelompok musuh sekaligus. Yang menarik adalah dia mampu menghancurkan leher lawan dengan dan mampu memotong lengan dengan satu serangan pisau.

8 Kyo The Enforcer -The Octagon

Seperti halnya Casey, Kyo juga menjadi salah satu ninja yang populer di dunia film yang berbeda dari karakter lainnya. Yang paling mencolok adalah bagaimana Kyo memiliki kekurangan dalam dirinya, yaitu dia memiliki keterbatasan dalam berbicara. Dia merupakan Ninja tunawicara yang memiliki kostum ninja yang sangat menarik. Kyo merupakan sosok Ninja yang hebat kamp training Saikura.

Salah satu fakta menarik dari Kyo adalah dia pernah bertarung menghadapi sosok Chuck Norris di filmnya. Artinya, dia merupakan sosok ahli bela diri yang luar biasa dan merupakan salah satu yang terkuat. Menurut sosok Eric Karson, sebagai sutradara dari filmnya, butuh waktu satu bulan untuk menghadirkan adegan Kyo, yang diperankan oleh Richard Norton, menghadapi Chuck Norris.

Meskipun dia merupakan sosok Ninja Tunawicara, namun dia memiliki kemampuan intimidasi yang luar biasa yang sulit ditandingi. Dalam filmnya, dia memperlihatkan kemampuan latihan Ninjutsu yang baik dan kemampuan berpedang yang mematikan. Kombinasi penggunaan senjata Ninja dan kemampuan bertarung membuatnya bisa menghadapi banyak musuh sekaligus.

7 Llyod Garmaddon – The LEGO Ninjago Movie

Llyod Garmaddon bukan hanya sekedar karakter plastik biasa. Dia merupakan sosok LEGO Ninja yang memiliki kemampuan luar biasa. Dalam ceritanya, sosok Llyod merupakan LEGO yang memang sudah sejak ditakdirkan menjadi sosok Ninja hijau. Dia merupakan satu-satunya orang yang bisa mengalahkan sang raja kejahatan dan villain utama dalam filmnya yaitu Lord Garmadon.

Lord Garmadon merupakan ayah dari Lloyod. Untuk bisa mengalahkan sang ayah, Llyod kemudian membentuk tim dengan sang master elemen yaitu Ninjago. Dan untuk bisa mengalahkan sang ayah, Llyod juga harus mengalami berbagai petualangan epik dan luar biasa. Contohnya adalah mengalahkan berbagai arwah jahat, menghadapi naga, dan terakhir tentunya adalah mengalahkan sang ayah.

Yang menarik adalah dia memiliki kemampuan Ninjutsu sendiri yang kemudian dia sebut sebagai Spinjitzu. Kemampuan ini membuatnya bisa menggunakan berbagai elemen alam dengan sangat mudah. Dalam filmnya, dengan penggunaan dari Spinjitzu dia mampu menguasai angin, api, petir, bumi/tanah, dan bahkan es. Dia bahkan bisa menciptakan dan mengendalikan cuaca serta memindahkan gunung.

6 Elektra – Elektra

Elektra Natchios adalah salah satu karakter Ninja yang populer di dunia film lainnya, yang juga pernah menggunakan titel Daredevil. Sosok Elektra memang sering kali terkoneksi dengan Daredevil, di mana terkadang dia menjadi rival dari Matt Murdock. Dalam komik Daredevil #25, Elektra kemudian mengisi peran Matt Murdock menjadi Daredevil. Bahkan, dia menciptakan kostum Daredevil miliknya sendiri sebagai bentuk penghormatannya terhadap Matt dan Daredevil.

Dalam cerita komiknya sendiri, Elektra sempat dibandingkitkan kembali dari kematiannya oleh sang ahli bela diri, Master Stick. Dia kemudian mendapatkan latihan yang sangat intens dari sang master. Bahkan, selain kemampuan bertarung dan kemampuan menggunakan senjata, terutama Sai Sword, Elektra berhasil memiliki kemampuan magis yang dia bangkitkan dari latihan tersebut.

Meskipun secara penampilan Elektra tidak nampak seperti Ninja pada umumnya, namun dia memiliki kemampuan bela diri seorang Ninja. Contohnya adalah Ninjutsu dan penggunaan berbagai senjata. Dia juga memiliki kemampuan kecepatan super, yang membuat dia bisa bergerak jauh lebih cepat dari orang normal. Yang menarik dia bisa berkomunikasi secara telepati dengan benda dan orang dari jauh. Elektra kabarnya akan kembali muncul sebagai cameo di film Deadpool 3.

5 Batman – Batman Ninja

Banyak dari Geeks yang mungkin sudah tidak asing dengan hal ini. Dalam banyak iterasi, sosok Bruce Wayne memang merupakan salah satu ninja popuier dan paling kuat baik di komiknya ataupun di dunia film. Yang paling populer tentunya adalah bagaimana dia berlatih bersama Ra’s Al-Ghul yang merupakan sosok pemimpin dari kelompok League of Shadows yang berisi pasukan ninja.

Dalam film Batman Begins, kita bahkan melihat bagaimana Bruce Wayne berlatih bela diri dan hal lainnya layaknya seorang ninja. Namun, kita baru bisa melihat kesempatan Batman menjadi sosok Ninja dalam film Batman Ninja. Rilis pada 2018 dengan format anime, Batman Ninja menghadirkan Batman dan banyak karakter lain, termasuk Joker, terlempar ke zaman feodal Jepang.

Batman menggunakan teknologi dan sumber daya yang ada untuk mencoba kembali ke masa depan, sambil juga dia bertarung menghadapi para villain yang ikut terhisap ke masa lalu. Yang menarik adalah premis di film mengahdirkan sosok Joker sebagai pemimpin yang jahat dan Batman beserta Bat-Family lainnya berusaha untuk menghancurkan dan mengalahkan Joker dengan kemampuan ninja dan berpedang miliknya.

4 Snake Eyes – G.I. Joe

Seperti halnya Batman, Snake Eyes merupakan salah satu karakter yang tentunya banyak orang kenali sebagai sosok Ninja yang populer di dunia film dan komik. Awalnya, Snake Eyes diperkenalkan dalam series animasi G.I. Joe: A Real American Hero yang rilis tahun 1982. Ternyata, respon para penonton sangat positif yang mana kemudian Snake Eyes kemudian tetap menjadi salah satu karakter G.I. Joe yang paling populer.

Karena Snake Eyes adalah karakter yang misterius asal-usul Snake Eyes pun sebenarnya sulit untuk dipahami. Pada awalnya, dia diceritakan sebagai tentara veteran dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Pengalamannya yang luar biasa dalam peperangan dan akhirnya membuat dia menjadi anggota Delta Force. Namun, asal-usul Snake Eyes kemudian kembali dirubah tergantung dengan cerita yang dihadirkan.

Untuk sebagian besar cerita, Snake Eyes diceritakan sebagai bagian dari sebuah klan bernama Arashikage. Dalam klan tersebut, dia memiliki kedekatan dengan sesama ninja bernama Storm Shadow. Storm Shadow sendiri merupakan karakter yang juga menjadi saingan Snake Eyes, tetapi di beberapa kesempatan, Strom Shadow menjadi sekutu Snake Eyes. Snake Eyes adalah seorang ahli bela diri, ahli taktik, dan seorang yang terlatih dalam menggunakan berbagai jenis senjata, baik senjata tajam maupun senjata api.

3 Sub-Zero – Mortal Kombat

Sebenarnya nama Sub-Zero sendiri dimiliki oleh dua karakter yang berbeda dalam dunia Mortal Kombat. Mereka adalah Bi Han dan Kuai Liang, keduanya merupakan petarung untuk klan yang dipimpin oleh Lin Kuei. Bi Han merupakan karakter pertama yang menggunakan nama Sub-Zero dalam cerita Mortal Kombat. Bi Han merupakan seorang petarung yang tidak kenal ampun dan dia juga merupakan orang yang membunuh Scorpion dalam turnamen Mortal Kombat pertama.

Namun, Scorpion kemudian berhasil kembali hidup dan undead Scorpion pun akhirnya membalas dendam kepada Bi Han. Scorpion berhasil membunuh Bi Han dan memenuhi dendamnya. Sub-Zero yang sudah tewas pun kemudian “diusir” menuju Netherrealm dan kemudian berubah menjadi Noob Saibot. Karakter ini tercipta atas kekaguman sang kreator terhadap karakter Lin Kuei versi China dalam buku The Chinese Ninja Connection karya dari Li Hsing.

Tidak mudah untuk akhirnya menemukan desain yang pas bagi sang karakter. Dalam pengembangannya, Sub Zero hanya diberi sebutan “Ninja” sebelum akhirnya diberi nama “Sub Zero.” Meskipun Sub-Zero adalah sosok Ninja, sebenarnya dalam gamenya dan juga di film Mortal Kombat pertama dia tidak memperlihatkan kemampuan tersebut. Baru ketika Joe Taslim memerankan karakter ini bersama Hiroyuki Sanada dalam film Mortal Kombat yang rilis pada 20201 kemarin kita melihat versi Ninja dari Bi Han.

2 Scorpion – Mortal Kombat

Salah satu maskot dari Mortal Kombat selain Sub-Zero dan juga salah satu karakter paling populer. Scorpion merupakan seorang ninja yang bangkit dari kematiannya untuk membalas dendam. Lahir dengan nama Hanzo Hasashi, dia adalah ninja petarung terbaik dari klan Shirai Ryu. Ketika desanya diserang oleh Lin Kuei, Hanzo dan keluarganya kemudian dibunuh oleh Sub-Zero.

Hanzo kemudian dibangkitkan kembali oleh seorang penyihir jahat bernama Quan Chi. Dia kemudian memberikan kesempatan bagi Hanzo untuk membalas dendam kematiannya dengan mengikuti turnamen Mortal Kombat – mengingat Sub-Zero menjadi salah satu peserta. Dan dia pun berhasil membunuh Sub-Zero. Setelah misinya selesai, Scorpion menghabiskan waktunya dengan menggunakan identitas tersebut dan membalas dendam orang-orang yang pernah berbuat jahat kepadanya.

Dalam berbagai iterasi terutama di era modern, banyak pengembangan yang muncul terhadap sosok Scorpion ini. Contohnya adalah masalah kemampuan. Dalam beberapa game baru Mortal Kombat pihak pengembang gamenya tidak jarang menghadirkan moveset atau fatality dan hal lainnya yang baru bagi karakter Scorpion. Namun, yang paling ikonik dari karakter Scorpion adalah penggunaan rantai besi yang ditusukan kepada musuh dan kemudian menariknya.

1 Teenage Mutant Ninja Turtles

Dan karakter ninja paling populer dan juga kuat di dunia film terakhir tidak lain adalah para Kura-Kura Ninja alias Teenage Mutant Ninja Turtles. Banyak Geeks yang tentunya sudah mengetahui jika tim TMNT berisi empat orang turtles yang populer. Mereka adalah Michaelangelo, Leonardo, Donatello, dan juga Raphael. Mereka merupakan empat kura-kura yang dilatih oleh sosok Master Splinter.

Sedari kecil, Master Splinter sudah mengajari keempat kura-kura tersebut berbagai macam kemampuan ilmu bela diri. Dan sesuai namanya, Master Splinter kemudian membentuk mereka jadi sebuah tim superhero sekaligus juga para ninja yang luar biasa. Keempat kura-kura Ninja tersebut memang memiliki kemampuan yang berbeda. Ada yang memang ahli dalam menggunakan senjata dan ada yang mampu menggunakan tangan kosong.

Mereka merupakan para Ninja yang harus berhadapan dengan kelompok villain yang jadi target utama dalam berbagai cerita, yaitu klan The Foot. Yang menarik adalah sebenarnya para Kura-Kura Ninja ini merupakan bentuk parodi dari para superhero DC dan Marvel. Meskipun begitu, justru cerita tim Kura-Kura Ninja ini malah populer dan laku hingga sekarang.

Ninja sepertinya masih akan menjadi salah satu hal yang populer di dunia film Hollywood, setidaknya untuk beberapa tahun kedepan. Masih akan ada banyak alur cerita film yang coba untuk memanfaatkan atau menggunakan karakter Ninja atau elemen tersebut dalam ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks proyek apalagi yang akan muncul di Hollywood yang menghadirkan sosok Ninja.

Exit mobile version