Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Agen 00 Selain James Bond!

7 Agen 00 Selain James Bond!

Dalam franchise James Bond sebenanrya ada agen 00 lainnya yang muncul dalam cerita selain agen 007 alias James Bond. Franchise James Bond memperkenalkan kita pada sosok agen terbaik di agensi rahasia Inggris, MI6, yaitu James Bond. Sang agen rahasia memiliki kode rahasia yaitu 007. Namun, mungkin banyak Geeks yang tidak sadar jika sebenarnya agensi MI6 memiliki agen rahasia lainnya selain 007. Berikut adalah agen 00 selain sosok James Bond.

7 002

Agen 00 selain James Bond yang pertama adalah agen 002. Seperti halnya titel 007, sebenarnya ada banyak agen yang pernah menggunakan kode identitas 002 dalam sejarah MI6. Di franchise James Bond sendiri agen 002 pertama kali muncul dalam film The Living Daylights yang rilis pada 1987, di mana sosok agen yang menggunakan identitas ini adalah John. Dia merupakan salah satu dari tiga agen yang terpilih untuk melakukan latihan khusus di Gibraltar.

Aktor Glyn Baker yang kemudian memerankan sosok agen 002 John tersebut, di mana dia terlihat menggunakan parasut dari sebuah pesawat terbang setelah mendapatkan misi dari M. Selain John, sosok yang pernah pernah menggunakan identitas agen 002 adalah Bill Fairbanks yang muncul dalam film The Man With The Golden Gun. Dalam filmnya, Bond diperlihatkan menjalankan misi untuk menginvestigasi operasi jahat dari Francisco Scaramanga.

Dia kemudian melakukan pelacakan terhadap seorang penari di Beirut yang bernama Saida. Sayangnya, melalui informasi temannya, James Bond kemudian mengetahui jika Bill Fairbanks ternyata sudah tewas akibat terbunuh oleh Scaramanga beberapa tahun sebelumnya. Tidak ada informasi apakah Bill atau John terlebih dahulu yang menggunakan kode tersebut, namun jika mengacu pada tahun filmnya maka artinya Bill yang terlebih dahulu menggunakan identitas tersebut.

6 003

Agen 003 juga jadi agen 00 lain selain James Bond yang memang sangat jarang sekali muncul atau direferensikan dalam ceritanya. Seperti halnya agen 002, ada beberapa nama yang pernah menggunakan kode identitas ini. Yang pertama adalah agen 003 yang muncul dalam film A View To kill pada tahun 1985. Dalam filmnya, agen 003 mendapatkan misi untuk pergi ke Siberia.

Tujuannya adalah mencuri sebuah chip mikro anti EMP dari tangan KGB, di mana chip tersebut dibuat oleh Zorin Industries. Petunjuk itu yang kemudian membuat pihak MI6 coba untuk melakukan investigasi kepada sosok villain bernama Max Zorin. Sayangnya, saat menjalankan misi tersebut dia harus tewas. Selain di film, agen 003 sempat muncul dalam gamenya yaitu Everything or Nothing yang rilis pada 2004.

Dalam ceritanya agen 003 mendapatkan misi untuk pergi ke Peru dan melakukan investigasi terhadap sosok bernama Nikolai Diavolo. Dalam misinya, agen 003 yang memiliki nama Jack Mason ini kemudian menjalin hubungan romansa dengan sosok Serena St. Germaine. Di game ini pun agen 003 akhirnya harus tewas setelah terkena tembakan, meskipun sebelumnya dia sempat memberikan informasi kepada Bond.

5 004

Bisa dibilang agen 004 merupakan salah satu agen MI6 yang paling jarang muncul dalam ceritanya. Juga, agen 004 jadi salah satu agen yang paling jarang direferensikan. Kemunculan mereka di franchise James Bond sendiri bisa dihitung dengan jari. Bahkan, penampilan atau momen aksi dari agen 004 sangat jarang muncul dalam franchise filmnya. Kemunculan perdana agen 004 adalah di film The Living Daylight.

Seperti disebutkan di atas, dalam acara latihan khusus di Gibraltar dalam filmnya ada tiga orang agen yang berlatih. Selain agen 007 dan 002, agen 004 juga merupakan sosok yang ikut berlatih dalam momen tersebut. Dalam filmnya, agen 004 yang tidak diketahui namanya tersebut melakukan terjun payung dari sebuah pesawat. Sayangnya, keberadaanya sudah terdeteksi oleh musuh.

Seorang agen KGB ternyata sudah menyusup dalam latihan tersebut, di mana ketika agen 004 sedang melakukan pendakian menuju puncak bukit dia kemudian disambut oleh sang agen KGB. Dia kemudian memotong tali tersebut yang mana membuat agen 004 akhirnya terjatuh dari sana dan tewas.

4 006

Agen 006 pertama kali muncul dalam film Thunderball. Kemudian, dia muncul dalam film The GoldenEye. Nama asli dari agen 006 adalah Alec Trevelyan. Seperti halnya agen lainnya, Alec pada awalnya merupakan seorang agen MI6 yang sangat setia bagi sang Ratu. Bahkan, dia juga rela melakukan banyak misi berbahaya demi negara Inggris. Namun, ternyata, semua hal yang dia lakukan tersebut merupakan taktik sekaligus cara yang memang dia sudah persiapkan untuk melakukan balas dendam.

Alec merupakan anak dari keluarga Cossacks, yang merupakan etnis Rusia dan Ukraina yang kabur dari negaranya ketika era Perang Dunia Kedua. Sayangnya, para Lienz Cossascks tersebut harus dikhianati oleh pihak Inggris. Pihak Inggris dan MI6 sebenarnya menduga bahwa apa yang terjadi dengan nenek moyang Alec tidak akan memengaruhi loyalitasnya. Namun, hal itu ternyata salah.

Alec memutuskan untuk mamalsukan kematiannya dan menggunakan identitas baru sebagai Janus. Dengan menggunakan kemampuan dan kecerdasannya sebagai agen MI6, dia kemudian menjadi sosok villain utama dalam film The Goldeneye. Janus memiliki tujuan utama yaitu menghancurkan perekonomian Inggris yang berujung pada hancurnya negara tersebut. Caranya dia menggunakan satelit yang menembakan laser dan menghancurkan berbagai gedung penting di Inggris.

3 008

Agen 008 sering kali muncul dalam berbagai film James Bond di mana dia direferensikan oleh sosok M. Pemimpin dari MI6 tersebut sering menggunakan nama agen 008 sebagai “ancaman” bagi James Bond di mana dia akan mengganti Bond dengan sosok agen 008 karena dianggap jauh lebih patuh dan mau mengikuti aturan. Dan hal ini pun sering kali muncul dalam cerita filmnya.

Contohnya adalah dalam film License to Kill di tahun 1989, M menjelaskan bahwa agen 008 mengikuti perintahnya dan bukan mengikuti insting. Dia juga menjelaskan bahwa agen 008 akan ditarik dari misinya di Hong Kong untuk melanjutkan misi James Bond di Istanbul. Nama dari agen 008 sendiri diketahui sebagai Bill Timothy. Dalam novel Moonraker, agen 008 diceritakan menghilang karena sedang dalam masa pemulihan setelah melalukan misi di wilayah Rusia.

Dalam novel Goldfinger, agen 008 disebut sebagai ‘orang yang baik, jauh lebih berhati-hati dari Bond.” Agen 008 juga sempat muncul dalam video game, James Bond 007, dan juga komiknya, James Bond VARGR. Sayangnya, dalam dua cerita yang berbeda tersebut nasib dari agen 008 mengalami hal yang sama yaitu dia diceritakan tewas.

2 009

Meskipun agen 009 tidak muncul dalam film The World Is Not Enough, agen rahasia tersebut memiliki peranan penting dalam filmnya. Sebelum alur cerita utama di filmnya, M sempat mengirim agen 009 untuk menghabisi sosok penculik dari Elektra King, seorang teroris yang diketahui bernama Renard. King sendiri berhasil kabur tanpa bantuan dari MI6. Agen 009 kemudian mengejar Renard.

Dalam ceritanya, Renard sebenarnya berhasil dilumpuhkan bahkan sempat diduga tewas setelah agen 009 berhasil menembaknya di bagian kepala. Namun, karena satu dan lain hal, Renard ternyata diperlihatkan selamat yang mana membuat agen 009 sendiri tidak percaya akan hal tersebut. Agen 009 juga kemudian sempat kembali muncul dalam film lainnya yaitu Octopussy.

Kemunculannya dalam film tersebut jadi penyebab dari semua peristiwa yang ada. Memiliki nama asli Peter Smith. agen 009 menyamar menjadi badut di kelompok sirkus Octopussy. Namun, penyamarannya kemudian terbongkar yang mana membuat dia kemudian harus tewas terkena serangan pisau. Meskipun begitu, dia sempat berhasil pergi ke kedutaan Inggris dan menjadi awal penyelidikan Kamal Khan. Yang menarik agen 009 sempat kembali direferensikan dalam film Spectre ketika James Bond menggunakan mobil milik agen 009.

1 Agen Lain

Selain agen di atas, franchise James Bond sebenarnya memiliki beberapa agen 00 lainnya yang tidak muncul dalam cerita film atau hanya muncul dalam novel atau iterasi lain. Contohnya adalah agen 001. Agen 001 ini diketahui hanya muncul dalam novel James Bond yang berjudul Doubleshot karya Raymond Benson. Dalam cerita novelnya, sosok bernama Edward Donne disebut-sebut sebagai pemilik nama agen 001.

Namun, yang menarik adalah ada juga yang berpendapat bahwa kepala dari MI6, M, dianggap sebagai agen 001. Sejauh ini, tidak ada informasi lainnya yang berkaitan tentang agen 001. Contoh lainnya adalah agen 005. Nama dari pemilik kode 005 tersebut adalah Stuart Thomas. Karakternya sendiri muncul dalam novel James Bond yang berjudul Colonel Sun. Thomas diceritakan tidak lagi menjadi agen lapangan setelah dia memiliki gangguan pada matanya yang membuat dia tidak bisa menggunakan senjata api.

Selain agen 001 dan 005, agen 0011 juga merupakan agen rahasia lainnya yang hanya muncul dalam versi novelnya. Sementara, untuk agen 0012 dia sempat muncul dalam film The World Is Not Enough di mana sosoknya diceritakan sudah tewas. Namun, terdapat fotonya di mana dia merupakan sosok pria dengan rambut hitam. Dan yang terakhir adalah agen 0013 yang merupakan seorang wanita bernama Briony Thorne dan hanya muncul di komiknya. Dia ternyata agen ganda bagi pihak China.

Selama lebih dari 50 tahun muncul, franchise James Bond sudah menghadirkan dan memperkenalkan para agen rahasia dari MI6 lainnya selain James Bond. Sayangnya, mereka memang sering kali hanya muncul sebagai referensi atau hanya muncul sebentar. Padahal, jika mereka mau, kehidupan atau cerita dari agen 00 lainnya dirasa tidak kalah menarik.

Exit mobile version