Home COMIC COMIC FEATURES 5 Villain yang Menyusup ke Avengers!

5 Villain yang Menyusup ke Avengers!

Avengers adalah tim superhero yang muncul dalam komik Marvel Comics. Tim ini pertama kali muncul dalam The Avengers #1 pada bulan September 1963, yang diciptakan oleh penulis Stan Lee dan seniman Jack Kirby. Avengers dikenal sebagai salah satu tim superhero paling ikonik dalam sejarah komik, dan anggotanya sering berubah sepanjang waktu. Tentu saja dibutuhkan keahlian khusus untuk dapat bergabung ke dalam tim ini. Menariknya nih Geeks, ada beberapa villain yang berhasil menyusup ke dalam Avengers. Siapa saja villain tersebut? Simak berikut ini Geeks!

5 Doctor Octopus

Doctor Octopus adalah musuh bebuyutan dari Spider-Man, dan pertama kali muncul dalam The Amazing Spider-Man #3 pada tahun 1963. Dia diciptakan oleh penulis Stan Lee dan seniman Steve Ditko. Bernama asi Otto Octavius, Doctor Octopus adalah seorang ilmuwan jenius yang ahli dalam bidang robotika dan fisika nuklir. Saat sedang melakukan sebuah eksperimen berbahaya dengan reaktor nuklir, ia terkena radiasi yang mengubahnya menjadi Doctor Octopus.

Doctor Octopus memiliki empat lengan bertenaga mekanik yang dapat dioperasikan secara independen dari tubuhnya. Lengan-lengan ini memberinya kekuatan fisik yang luar biasa dan memungkinkannya untuk berperang melawan Spider-Man dan para pahlawan lainnya. Dan karena seorang ilmuwan jenius, dia juga sering kali menggunakan pengetahuannya dalam perencanaan kejahatan yang rumit, termasuk menyusup ke dalam kubu Avengers.

Caranya adalah dengan menukar tubuhnya dengan Peter Parker, sehingga dia kemudian disebut Superior Spider-Man. Momen inilah yang dia gunakan untuk menyusup masuk ke Avengers. Saat menyusup, tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Namun ketika Avengers akan melakukan scan otak bagi para anggotanya, Doctor Octopus memutuskan untuk mengundurkan diri, demi mencegah identitas aslinya terbongkar. Pada akhirnya tubuh Doctor Octopus dan Peter Parker kembali seperti semula.

4 Sagittarius

Sagittarius pertama kali muncul dalam komik Avengers #72 pada tahun 1969. Dia diciptakan oleh penulis Roy Thomas dan Sal Buscema. Sagittarius adalah salah satu dari dua belas anggota dari kelompok penjahat Zodiac, yang terdiri dari anggota yang masing-masing diidentifikasi dengan sebuah tanda zodiak. Nah menariknya nih Geeks, ketika Quicksilver menyewa Zodiac untuk merusak nama baik Avengers, Sagittarius memutuskan untuk menyamar menjadi Hawkeye, saat sang superhero tiba-tiba menghilang.

Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana mungkin Sagittarius mampu menyamar menjadi Hawkeye? Yap, pasalnya, Sagittarius memiliki kemampuan yang mirip seperti Hawkeye, yaitu keahlian dalam memanah. Keakuratan memanahnya memang sangat tinggi, sehingga wajar saja jika tidak ada yang menyadari bahwa Sagittarius adalah penyusup.

Beruntung karena tidak lama setelah kejadian itu, Hawkeye yang asli muncul dan berhasil mengalahkan Sagittarius. Berbicara tentang Zodiac, mereka memang sering kali menjadi musuh dari tim superhero Avengers. Mereka sering terlibat dalam pertempuran epik dengan para pahlawan ini dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan jahat mereka.

3 Loki

Villain berikutnya yang pernah menyusup ke Avengers adalah Loki. Loki adalah dewa Asgardian, putra dari Raja Odin dan ratu Frigga. Meskipun dia saudara tiri Thor, tetapi Loki memiliki darah yang berbeda, yang menjadikannya lebih cenderung ke sifat-sifat jahat dan licik. Sebagai dewa, Loki memiliki kekuatan yang luar biasa, termasuk kekuatan fisik, kecepatan, ketahanan, dan kekuatan magis. Dia juga ahli dalam ilusi dan manipulasi, sering menggunakan kecerdikannya untuk menggertak dan mengalahkan musuhnya.

Loki menjadi salah satu musuh utama Thor dan Avengers. Dia sering kali menjadi dalang di balik berbagai plot jahat dan upaya untuk menguasai Asgard dan Bumi. Meskipun dia sering kali menjadi penjahat, Loki juga beberapa kali sempat menjadi anti-hero dalam beberapa kesempatan. Dia kadang-kadang membentuk aliansi dengan pahlawan seperti Thor dan Avengers untuk melawan ancaman yang lebih besar.

Nah dalam Marvel Comics, Loki pernah diceritakan menjadi Lady Loki setelah peristiwa Ragnarok yang sangat berdampak besar bagi penduduk Asgard. Lady Loki kemudian memutuskan untuk menyusup ke Avengers dengan menyamar sebagai Scarlet Witch di komik Mighty #21. Untungnya, para anggota Avengers menyadari bahwa ada yang berbeda dari sihir Scarlet Witch, sehingga pada akhirnya Loki terpaksa mengungkapkan jati diri aslinya kepada para superhero sebelum dia memutuskan keluar.

2 Veranke

Veranke pertama kali muncul dalam New Avengers #1 pada tahun 2005. Yap, karakternya memang masih tergolong baru, dan dia diciptakan oleh penulis Brian Michael Bendis dan David Finch. Veranke adalah seorang Skrull, ras alien yang dikenal karena kemampuan mereka untuk berubah bentuk menjadi bentuk lain. Dia bahkan pernah menyamar sebagai dan mengambil identitas sebagai Spider-Woman (Jessica Drew) untuk menyusup ke dalam Avengers.

Luar biasanya lagi, penyamaran itu baru diketahui setelah 3 tahun kemudian di komik New Avengers #42. Setelah ketahuan, Veranke kemudian kembali ke wujud asalnya dan menjadi salah satu antagonis utama di kisah Secret Invasion, sebelum akhirnya Norman Osborn berhasil membunuhnya dan menjadi pahlawan bagi Bumi. Ketika menyamar menjadi Spider-Woman, Veranke sendiri sudah melakukan banyak misi bersama Avengers, yang tentu saja dia lakukan untuk tujuan jahatnya.

Yang harus dicatat Geeks, bahwa Veranke bukan Skrull biasa karena dia adalah Ratu Skrull. Veranke dikenal karena kecerdikannya dan kemampuannya untuk memanipulasi orang lain. Dia menggunakan kelicikannya untuk menciptakan konflik dan kebingungan di antara pahlawan Bumi, memanfaatkan kepercayaan mereka terhadap teman-teman mereka yang mungkin sebenarnya Skrull.

1 Hydra Supreme

Villain berikutnya yang pernah menyusup ke Avengers adalah Hydra Supreme. Dalam alur cerita Secret Empire, Captain America (Steve Rogers) diubah drastis oleh seorang supervillain bernama Kobik. Dengan menggunakana Cosmic Cube, Kobik kemudian mengubah Captain America, sehingga dia menjadi agen Hydra yang berbalik melawan nilai-nilai yang selama ini dia bela. Dengan demikian, Steve Rogers menjadi sosok yang mengerikan, karena menganut nilai-nilai keburukan Hydra. Sebagai Hydra Supreme, Captain America mengambil kendali penuh dan menggunakan sumber dayanya untuk menciptakan dunia baru di mana Hydra memerintah dengan kekuatan mutlak.

Hal ini mengejutkan bagi para pahlawan lainnya dan menyebabkan kekacauan di seluruh dunia. Kobik sebenarnya menyimpan tubuh serta ingatan lama dari Captain America di sebuah dimensi khusus. Dan ketika Hydra Supreme beraksi, dia menggunakan tipu dayanya untuk menguasai Amerika Serikat, termasuk memanipulasi Avengers, SHIELD, dan semua superhero lainnya.

Menariknya tidak ada yang mengetahui ini semua, sehingga Hydra Supreme mampu membawa beberapa superhero berpindah kubu menjadi bagian Hydra. Nah suatu ketika, karena Kobik merasa ciptaannya ini tubuh menjadi monster mengerikan yang seperti lepas kendali, Kobik akhirnya melepaskan Captain America yang asli untuk mengalahkan Hydra. Captain America juga harus membersihkan nama baiknya, yang dihancurkan saat menjadi Hydra Supreme.

Itulah dia Geeks beberapa villain yang pernah menyusup ke dalam Avengers. Mereka memang tidak mudah dideteksi sehingga wajar saja tim superhero sekelas Avengers gagal mendeteksi mereka. Di antara para villain tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version