Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Dengan Pengkhianatan Paling Keji!

10 Film Dengan Pengkhianatan Paling Keji!

Pengkhianatan memang menjadi tema yang menarik untuk kita simak di film. Biasanya, pengkhianatan datang dari tempat yang tidak terduga. Sang korban yang dikhianati biasanya memiliki hubungan pribadi atau emosional dengan sang pengkhianat. Karena tidak bisa diduga, maka ini juga menjadi plot twist sendiri yang tentunya akan sangat menarik untuk kita simak, karena kita akan menebak-nebak siapa yang akan berkhianat, dan siapa yang tidak. Berikut adalah beberapa pengkhianatan paling keji yang pernah terjadi dalam film. Apa saja pengkhianatan keji tersebut? Simak berikut ini!

10 Saruman – The Fellowship of the Ring

The Fellowship of the Ring disutradarai oleh Peter Jackson, yang juga menyutradarai dua film lanjutannya, serta trilogi The Hobbit. Film ini meraih banyak penghargaan, termasuk 4 Penghargaan Oscar, dan salah satunya adalah untuk kategori Efek Visual Terbaik. The Fellowship of the Ring mengisahkan tentang petualangan epik Frodo Baggins, seorang hobbit muda yang diberi tugas untuk membawa One Ring yang berbahaya ke gunung Doom.

Di gunung tersebut, One Ring akan dihancurkan untuk mengakhiri kekuatan jahat Sauron yang berkuasa. Frodo, bersama dengan teman-temannya yang terdiri dari sekelompok kaum terpilih yang disebut “Fellowship, melakukan perjalanan melintasi Middle Earth yang penuh bahaya dan keajaiban. Namun di sepanjang perjalanan mereka, mereka dihadapkan pada berbagai rintangan, termasuk kekuatan jahat Sauron dan pengikutnya yang ganas.

Mereka juga harus menghadapi godaan dan konflik internal yang dapat mengancam kesatuan mereka. Sayangnya, perjuangan para Fellowship tersebut dikotori dengan pengkhianatan yang dilakukan Saruman. Saruman mengkhianati dan menyerang teman lamanya, Gandalf, di mana Saruman ternyata bersumpah setia kepada Sauron untuk memerintah Middle Earth bersama. Padahal, awalnya dia ingin melindungi Middle Earth dari Sauron.

9 Anakin – Star Wars Episode III: Revenge of the Sith

Revenge of the Sith mengisahkan tentang kejatuhan Anakin Skywalker ke dalam sisi gelap dan transformasinya menjadi Darth Vader, salah satu penjahat paling ikonik dalam sejarah film. Di sini, konflik antara penguasa semakin meningkat. Di tengah perang, Anakin Skywalker, yang telah menjadi Jedi Knight, mulai dirasuki oleh ketakutan akan kehilangan orang yang dicintainya, Padmé Amidala.

Manipulasi yang cermat oleh Sith Lord, Darth Sidious (Palpatine), akhirnya berhasil mempengaruhi Anakin untuk berpaling ke sisi gelap dan memulai perjalanan yang tak terbalas menuju penjahatan. Dengan pengkhianatan Anakin dan kemenangan Sidious, Republik Galaktik runtuh dan Kekaisaran Galaktik yang jahat naik ke tampuk kekuasaan. Sementara itu, Obi-Wan Kenobi, master Jedi yang telah menjadi mentor Anakin, memainkan peran penting dalam upaya untuk menentang kejahatan dan melindungi sisa-sisa harapan yang tersisa di alam semesta.

Yang paling menyakitkan di sini adalah bagaimana Anakin yang memulai perang untuk memusnahkan semuan mantan saudaranya di Jedi. Ketakutan dan kemarahannya membutakannya dari takdirnya yang sebenarnya, dan dia membiarkan dirinya dirusak oleh kejahatan. Film ini merupakan bagian terakhir dari trilogi prekuel Star Wars, dan disutradarai oleh George Lucas, pencipta dan sutradara asli dari franchise Star Wars.

8 Burke – Aliens

Aliens disutradarai oleh James Cameron, yang juga menulis naskah film ini. Film ini merupakan sekuel dari film Alien yang disutradarai oleh Ridley Scott. Sigourney Weaver kembali memerankan peran Ellen Ripley. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Michael Biehn, Carrie Henn, Paul Reiser, dan Bill Paxton. Setelah selamat dari serangan makhluk asing di pesawat luar angkasa Nostromo dalam film sebelumnya, Ellen Ripley (Sigourney Weaver) kini kembali dari tidur kriogeniknya.

Dia diberitahu bahwa koloni manusia di planet LV-426 telah menghilang, dan Ripley diminta untuk bergabung dengan tim militer untuk menyelidiki. Segera setelah mereka tiba, mereka menemukan bahwa koloni telah dihancurkan oleh makhluk asing yang sama yang mereka hadapi di Nostromo. Ripley dan timnya harus berjuang untuk bertahan hidup melawan kawanan makhluk mematikan ini, sambil mencoba menyelamatkan sisa-sisa koloni dan menemukan keberadaan seorang anak kecil bernama Newt.

Ketika Ripley berlindung di sebuah fasilitas untuk bertahan hingga bantuan tiba, namun dia harus menghadapi mantan sekutunya, Carter Burke (Paul Reiser), yang mengungkap bahwa dirinya-lah yang bertanggung jawab atas serangan alien tersebut, dan bermaksud menangkap salah satu alien itu untuk diteliti oleh perusahannya tempat dia bekerja. Dia bersedia melakukan tindakan mengerikan apa pun yang diperlukan demi kepentingan perusahaan jahatnya.

7 Commodus – Gladiator

Gladiator disutradarai oleh Ridley Scott dan ditulis oleh David Franzoni, John Logan, dan William Nicholson. Film ini dibintangi oleh Russell Crowe sebagai Jenderal Maximus Decimus Meridius, Joaquin Phoenix sebagai Kaisar Romawi Commodus, Connie Nielsen sebagai Lucilla, dan Oliver Reed sebagai Proximo. Meskipun beberapa karakter dan kejadian dalam film ini merupakan fiksi, film ini mengambil latar belakang pada periode Romawi Kuno dan menampilkan beberapa tokoh dan peristiwa sejarah yang nyata.

Gladiator mengisahkan kisah Jenderal Romawi Maximus Decimus Meridius yang dipermalukan dan diturunkan pangkatnya oleh Kaisar Commodus, yang membunuh ayahnya dan merebut takhta. Commodus cemburu karena ayahnya, Marcus Aurelius, lebih menunjukkan perhatiannya kepada Maximus. Commodus takut jika ayahnya memilih Maximus sebagai penggantinya. Karena itulah Commodus menghabisi ayahnya sendiri dan mendepak Maximus.

Maximus berubah menjadi budak gladiator yang kuat setelah keluarganya terbunuh, dan ia bersumpah untuk membalas dendam terhadap Commodus. Dalam pertarungan gladiator yang epik, Maximus merebut hati penonton dan menjadi legenda di arena. Sementara itu di dalam istana, Commodus semakin terobsesi dengan kekuasaan dan terganggu oleh popularitas Maximus. Konflik antara keduanya mencapai puncaknya dalam pertarungan akhir yang dramatis dan mematikan di arena Colosseum.

6 Cypher – The Matrix

Film ini dibintangi oleh Keanu Reeves sebagai Neo, Laurence Fishburne sebagai Morpheus, Carrie-Anne Moss sebagai Trinity, dan Hugo Weaving sebagai Agt. Smith. Sementara itu Wachowskis bersaudara (Lana Wachowski dan Lilly Wachowski) menyutradari filmnya, sambil juga menulis naskahnya. The Matrix mengisahkan tentang seorang pria bernama Neo (Keanu Reeves), seorang programmer komputer yang hidup dalam dunia nyata yang kelam dan suram.

Namun suatu ketika, dia merasa ada yang salah dengan dunia. Neo kemudian bertemu dengan Morpheus (Laurence Fishburne), seorang pemberontak yang mengungkapkan bahwa dunia yang sebenarnya adalah simulasi komputer yang dikuasai oleh mesin-mesin cerdas. Neo kemudian belajar bahwa ia adalah “the One,” seorang individu yang dijanjikan untuk memimpin manusia melawan mesin-mesin tersebut.

Bersama dengan Trinity (Carrie-Anne Moss) dan anggota kru Nebuchadnezzar lainnya, Neo belajar mengendalikan kekuatan di dalam the Matrix dan berjuang melawan Agt. Smith Hugo Weaving), agen program komputer yang bertugas memburu mereka. Sayangnya, salah satu anggota Nebuchadnezzar, Cyber mengkhianati Neo. Dia mengkhianati teman-temannya yang telah membebaskannya. Tidakannya ini hampir menyebabkan kematian Neo, dan berakhirnya perjuangan umat manusia.

5 Nedry – Jurassic Park

Film pengkhianatan ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Michael Crichton, yang diterbitkan pada tahun 1990. Jurassic Park terkenal karena efek visualnya yang revolusioner pada zamannya, dengan penggunaan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) yang canggih untuk menciptakan dinosaurus-dinosaurus yang tampak hidup dan nyata. Jurassic Park mengisahkan tentang sekelompok ilmuwan dan tamu yang terperangkap di sebuah pulau yang dihuni oleh dinosaurus yang telah dibangkitkan kembali melalui teknologi kloning.

John Hammond, seorang miliuner eksentrik, telah menciptakan taman hiburan dinosaurus yang spektakuler, yang dikenal sebagai Jurassic Park. Semua berjalan dengan lancar hingga kegagalan sistem keamanan memungkinkan dinosaurus-dinosaurus itu untuk lepas dari kandang-kandang mereka. Sekarang, para tokoh utama harus berjuang untuk bertahan hidup dan melarikan diri dari pulau tersebut, sambil berusaha menghindari bahaya yang mengintai di setiap sudut oleh para predator prasejarah tersebut.

Di sini, kita dikenalkan dengan sosok Dennis Nedry (Wayne Knight), seorang pegawai taman yang dibayar rendah. Dia memutuskan untuk menyabotase proyek tersebut dan mencuri rahasia Hammond untuk mendapatkan kekayaan finansial dari perusahaan pesaing. Hasil dari pengkhianatnya menyebabkan kematian Nedry yang mengerikan, bersama dengan kematian beberapa orang lainnya, memaksa Hammond untuk meninggalkan visinya.

4 Alec Trevelyan – GoldenEye

GoldenEye disutradarai oleh Martin Campbell, dan ini adalah film ke-17 dalam franchise James Bond dan menjadi film pertama yang dibintangi oleh Pierce Brosnan sebagai agen rahasia legendaris, James Bond. GoldenEye meraih kesuksesan komersial yang besar dan menerima pujia, serta menerima beberapa penghargaan dan nominasi. Menariknya, film ini melakukan syuting di berbagai lokasi di Eropa, termasuk Inggris, Spanyol, dan Rusia.

James Bond memang ditugaskan untuk menemukan sindikat teroris yang bertanggung jawab mencuri senjata yang mematikan, Golden Eye. Segera, dia mengetahui bahwa dalangnya adalah sahabat dan rekannya yang dahulu sudah dia anggap tewas, yaitu Alec Trevelyan (Sean Bean). Dia bermaksud untuk menggunakan senjata Golden Eye untuk membalaskan dendam terhadap MI-6 dan pemerintah atas kematian orang tuannya. Trevelyan sendiri dahulu adalah rekan seperjuangan Bond.

Kedua berjuang bersama sebagai agen rahasia, dan telah banyak tugas berbahaya yang telah mereka lalui. Ketika Trevelyan diketahui sebagai dalang dari semua masalah, sungguh mengejutkan melihat bahwa teman yang pernah Bond percaya ini tidak hanya memalsukan kematiannya, tetapi juga berubah menjadi sosok yang James Bond harus lawan dan kalahkan.

3 Ephialtes – 300

300 disutradarai oleh Zack Snyder, yang juga mengarahkan film-film seperti Watchmen dan Man of Steel. 300 mengisahkan tentang Pertempuran Thermopylae, di mana Raja Leonidas dari Sparta memimpin pasukan Spartan yang kecil tapi pemberani melawan pasukan Persia yang jauh lebih besar yang dipimpin oleh Raja Xerxes. Pasukan Leonidas, yang terdiri dari hanya 300 prajurit Spartan yang terlatih dengan baik, bersama dengan beberapa sekutu dari kota-negara Yunani lainnya, bertempur untuk membela tanah air mereka dari invasi Persia.

Di film pengkhianatan ini, ada seorang pengkhianat dari kubu Sparta, di mana sosok tersebut tak lain adalah Ephialtes (Andrew Tiernan). Di pasukan Spartan dikalahkan setelah Ephialtes membantu Persia mengatur penyergapan terhadap Spartan dengan imbalan kekayaan dan status. Ephialtes awalnya menyukai Spartan, ingin bertarung bersama mereka karena dia mengidolakan budaya Spartan.

Namun, dia ditolak karena kurangnya kemampuan bertarung, membuatnya merasa dikhianati dan menerima tawaran ketenaran dari Persia sebagai cara untuk membuat Spartan akhirnya menghormatinya. Setelah tiga ratus orang terbunuh, Ephialtes merasa menyesal atas tindakannya, dan dia harus menanggung kesalahannya selama sisa hidupnya.

2 Benny – Total Recall

Total Recall disutradarai oleh Paul Verhoeven, yang juga menyutradarai film-film seperti RoboCop dan Basic Instinct. Film pengkhianatan ini diadaptasi dari cerita pendek berjudul “We Can Remember It for You Wholesale” karya Philip K. Dick. Film ini dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger sebagai Douglas Quaid, Sharon Stone, Michael Ironside, dan Ronny Cox. Total Recall mengisahkan tentang seorang pekerja pabrik bernama Douglas Quaid yang merasa terdorong oleh impian aneh tentang Mars.

Untuk memenuhi keinginannya yang terpendam untuk petualangan di luar angkasa, Quaid memutuskan untuk menggunakan jasa perusahaan Recall, yang menjanjikan pengalaman liburan virtual yang tak terlupakan. Namun, ketika proses ingatan palsu dimulai, Quaid secara tiba-tiba menyadari bahwa ingatan sebenarnya telah dihapus dan diganti, dan bahwa dia sebenarnya adalah seorang agen rahasia yang terlibat dalam konspirasi berbahaya di Mars. Quaid harus berjuang melawan agen-agen jahat yang mengincarnya dan menemukan kebenaran tentang identitasnya yang sebenarnya.

Benny awalnya adalah rekan Quaid, ketika keduanya menjalankan misi untuk menghentikan pemerintahan jahat Mars yang memusnahkan sekelompok pejuang kemerdekaan. Namun, setelah keduanya bertemu kelompok tersebut dan pemimpinnya, Benny membunuh pemimpin tersebut dan mengungkapkan bahwa dirinya seorang agen rahasia. Ini adalah pengkhianatan mengejutkan. Padahal awalnya, Benny menampilkan dirinya sebagai pria yang menyenangkan yang secara tidak sengaja terlibat dalam petualangan Quaid.

1 Major Grant – Die Hard 2: Die Harder

Die Hard 2: Die Harder disutradarai oleh Renny Harlin. Film pengkhianatan ini adalah sekuel dari Die Hard (1988) dan film kedua dari franchise Die Hard, yang kemudian diikuti oleh beberapa film lainnya. Bruce Willis kembali memerankan peran Detektif John McClane, bersama dengan Bonnie Bedelia, William Sadler, dan Dennis Franz. Film pengkhianatan ini kembali menceritakan John McClane yang harus turun tangan ketika kelompok teroris yang dipimpin oleh Kolonel Stuart (William Sadler) menyerang bandara.

Dia mengancam untuk menjatuhkan pesawat-pesawat yang sedang terbang jika tuntutannya tidak dipenuhi. McClane harus beraksi sendiri untuk menyelamatkan para penumpang dan kru pesawat yang menjadi sandera, sambil berjuang melawan teroris yang terlatih dan berteknologi tinggi. Ketika Kolonel Stuart menyandera seluruh bandara, John McClane harus sekali lagi menggagalkan rencana jahat teroris menggunakan bantuan pasukan khusus Mayor Grant (John Amos) dan pasukannya.

Namun, Grant dan anak buahnya kemudian mengungkapkan diri mereka sebagai bagian dari rencana Stuart dalam membantu upaya pelarian Stuart. Pengungkapan Grant sebagai pengkhianat merupakan kejutan besar karena dia awalnya adalah sekutu McClane yang tegas, dan keduanya tampaknya menjadi tim yang efektif saat ditugaskan bersama-sama.

Itulah dia Geeks berbagai pengkhianatan paling keji yang pernah terjadi di film. Tentu saja tidak ada yang menyangka bahwa pengkhianatan tersebut akan terjadi, dan menjadi plot twist tersendiri dalam filmnya. Di antara daftar di atas, mana yang pernah kalian simak Geeks?

Exit mobile version