Planet Arakkis dalam cerita Dune merupakan tempat tinggal dari suku Fremen, namun mereka diketahui sebelumnya pernah menghuni beberapa planet lain. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita film Dune di tahun 2021, Fremen merupakan kelompok atau suku yang menghuni planet Arakkis. Mereka merupakan keturunan dari sebuah kelompok manusia bernama Zensunni Wandering atau Zensunni Wanderers. Dalam sejarahnya, sebelum mereka menghuni planet Arakkis sebenarnya ada planet lainnya yang pernah jadi tempat tinggal suku Fremen tersebut. Apa saja?

6Thurgrod

Thurgrod merupakan planet yang menjadi pemberhentian kelima sebelum planet Harmonthep dalam acara migrasi suku Fremen. Nama planet ini muncul dalam novel Children of Dun dan hanya disebutkan satu kali dalam dialog. Menurut dialog tersebut, Thurgrod merupakan salah satu planet yang pernah menjadi tempat tinggal dari nenek moyang suku Fremen yaitu Zensunni Wanderers. Sayangnya, tidak ada informasi lain mengenai planet Thurgrod sejauh ini baik mengenai topografi planetnya atau lingkungannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.