Planet Arakkis dalam cerita Dune merupakan tempat tinggal dari suku Fremen, namun mereka diketahui sebelumnya pernah menghuni beberapa planet lain. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita film Dune di tahun 2021, Fremen merupakan kelompok atau suku yang menghuni planet Arakkis. Mereka merupakan keturunan dari sebuah kelompok manusia bernama Zensunni Wandering atau Zensunni Wanderers. Dalam sejarahnya, sebelum mereka menghuni planet Arakkis sebenarnya ada planet lainnya yang pernah jadi tempat tinggal suku Fremen tersebut. Apa saja?

7Harmonthep

Planet lain yang pernah jadi tempat tinggal suku Fremen selain planet Arakkis yang pertama adalah planet Harmonthep. Harmonthep sendiri merupakan sebuah planet yang mengorbit atau berputar di bintang Delta Pavonis. Berbeda dengan planet Arakkis yang merupakan planet padang pasir, Harmonthep justru merupakan sebuah planet yang penuh dengan rawa-rawa.

Di planet ini juga atmosfernya penuh dengan gabungan antara nitrogen dan oksigen. Meskipun begitu, layaknya sebuah daerah rawa, planet Harmonthep penuh dengan kehidupan biologi seperti tanaman dan tumbuhan. Dengan hal tersebut, planet Harmonthep bisa kemudian dihuni oleh manusia yang mana inilah alasan Zensunni Wanderers pernah menguni planet ini.

Salah satu ahli sejarah dari pihak Imperium, Ingsley, mencatat bahwa planet Harmonthep merupakan salah satu planet yang pernah dihuni oleh para Wanderers dalam migrasi mereka. Sayangnya, kapan hal ini terjadi tidak pernah tercatat atau diketahui. Selain itu, planet Harmonthep juga pada akhirnya harus hancur.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.