Home HOBBIES HOBBIES NEWS 9 Tentara Paling Kuat Di Dunia Film!

9 Tentara Paling Kuat Di Dunia Film!

Dalam berbagai film tentara atau pasukan dianggap sebagai yang paling kuat karena kemampuan serta jumlah mereka yang sangat masif. Tentara atau pasukan merupakan pejuang yang sangat loyal terhadap apa yang mereka percayai. Sering kali, keadaan atau situasi dalam peperangan bisa berbalik dengan kemapuan dan kekuatan dari tentara tersebut. Di dunia film terdapat tentara yang dianggap paling kuat. Siapa saja?

9 Colonial Marines

Pasca kesuksesan film Alien pertama garapan Ridley Scott, James Cameron menghadirkan cerita Aliens yang membuat franchise film tersebut semakin menarik. Bahkan, Cameron menghadirkan gabungan antara fiksi ilmiah, aksi, dan horor. Sekuel ini menghadirkan cerita di mana Ellen Ripley bergabung dengan sebuah peleton pasukan marinir luar angkasa. Mereka kembali ke LV-426 untuk menginvestigasi menghilangnya koloni manusia di sana.

Bergabung dengan pasukan Colonial Marines bukanlah perkara mudah. Mereka adalah marinir yang memang terpilih, terbaik dari yang terbaik. Mereka mengalami seleksi ketat untuk bisa masuk Colonial Marines. Pasalnya, yang mereka hadapi bukanlah manusia melainkan koloni Xenomorph. Mereka harus menghadapi para pasukan Xenomorph yang memang cerdas dan memiliki kekuatan dahsyat.

Meskipun dalam ceritanya kemudian kita melihat bagaimana para marinir tersebut harus tewas dalam pertarungan menghadapi Xenomorph, namun kemampuan bertempur mereka untuk menghadapi salah satu makhluk paling mengerirkan yang ada di dunia fiksi ilmiah tentunya patut diacungi jempol. Kemampuan dari Colonial Marines tidak pernah diperlihatkan secara penuh dalam franchisenya.

8 Mobile Infantry

Jika Colonial Marines merupakan satuan terpilih yang dibentuk untuk menghadapi Xenomorph, hal yang sama juga terjadi kepada Mobile Infantry dalam cerita Starship Trooper. Film ini bersetting di masa depan di mana umat manusia diperlihatkan mengadaptasi sebuah sistem politik fasis yang membuat semuanya berada dalam satu pemerintahan dan satu pasukan militer.

Dalam dunia tersebut, manusia harus menghadapi sebuah perang besar di mana lawan mereka adalah para serangga raksasa yang berukuran planet. Mobile Infantry menjadi garda terdepan atau tentara yang kemudian melindungi bumi dan umat manusia dari serangan serangga raksasa tersebut. Starship Trooper sendiri mengisahkan sosok Johnny Rico, seorang remaja pria yang baru saja lulus sekolah dan bergabung dengan Mobile Infantry.

Rico dan teman-temannya di Mobile Infantry harus berhadapan dengan para serangga raksasa tersebut. Mobile Infantry memiliki persenjataan yang luar biasa untuk menghadapi serangga raksasa itu. Mereka dibekali dengan senjata laaser dengan roket yang memiliki hulu ledak nuklir. Selain persenjataan, jumlah mereka yang masif bukan hanya bisa mengalahkan koloni serangga raksasa melainkan juga menaklukan planet.

7 The RDA

Tentara paling kuat di dunia film lainnya adalah The RDA alias Resources Development Administration. The RDA merupakan tentara yang yang berasal dari film Avatar. Resources Development Administration sendiri merupakan upaya terakhir dari pihak pemerintah dan juga militer untuk menjaga bumi. Ketika sumber daya yang ada di bumi sudah menghilang, manusia kemudian mencoba mencari alternatif lain.

Setelah melakukan berbagai penelitian, RDA kemudian menemukan sebuah tempat yang berada jauh di luar bumi. Sumber dayanya sendiri masih penuh dan planetnya mirip dengan bumi. Dan planet tersebut tidak lain adalah Pandora. Planet Pandora sendiri sebenarnya merupakan rumah bagi kelompok alien Na’Vi, makhluk berwarna biru yang kemudian jadi sosok karakter populer.

Resources Development Administration sendiri memiliki pasukan yang sangat luar biasa. Karena bersetting di masa depan, mereka memiliki perlengkapan yang modern. Contohnya adalah exokeleton untuk semua pasukan. Mereka juga memiliki sumber daya militer yang mumpuni seperti kendaraan tempur modern. Resources Development Administration mencoba untuk menginvasi planet Pandora, namun mereka melakukan serangan balik.

6 The Rohirrim

Bergeser ke dunia fantasi The Lord of the Rings, The Rohirrim merupakan tentara paling kuat di dunia film lainnya. Pasukan Rohirrim sering menghadirkan momen epik dari pertempuran kolosal yang muncul dalam cerita trilogi The Lord of the Rings. Contohnya adalah mereka muncul di momen penentuan dalam pertempuran Helm’s Deep. Mereka menyerang Uruk-Hai dengan sekuat tenaga.

Momen tersebut membuat pasukan Rohirrim berhasil membantu para pasukan lainnya yang sedang dalam kondisi terdesak. Kemudian, dalam pertempuran di Pelenore Fields, Theoden sempat memimpin pasukan untuk sesaat ketika hendak menyerang para Orcs. Hal ini terjadi setelah dia menghadirkan sebuah pidato yang sangat luar biasa. Keberanian, kekuatan, dan kemampuan, serta kemunculan di momen yang tepat membuat Rohirrim jadi salah satu tentara terkuat di dunia film.

Kisah tentang pasukan Rohirrim di Middle-Earth juga banyak dikagumi dan disegani. Yang menarik kemudian adalah para pasukan Rohirrim sering kali muncul ketika semua orang sudah menganggap jika situasinya akan kalah atau tidak menguntungkan. Inilah alasan mengapa kemudian mereka sering juga dikaitkan sebagai salah satu pasukan yang sering membalikan situasi atau keadaan.

5 Terminator

Tentara paling kuat di dunia film selanjutnya adalah Terminator. Pasukan Terminator memang bukan tentara manusia melainkan pasukan robot yang dibuat oleh Skynet. Seperti yang dijelaskan di film pertama, Terminator merupakan pasukan robot yang awalnya dibuat dari program Skynet untuk jadi tentara masa depan. Namun, yang terjadi adalah Skynet malah berbalik menyerang manusia.

Ada banyak model Terminator yang muncul dalam franchisenya. Namun, yang paling populer tidak lain adalah T-800. Terminator model T-800 dari film pertama merupakan salah satau model yang pertamaa kali muncul. Dalam filmnya, Arnold berperan sebagai seorang Terminator T-800 yang jahat yang kembali ke masa lalu dan mengincar nyawa dari Sarah Connor, sebelum dia melahirkan anaknya, John Connor, pemimpin dari gerakan pemberontakan.

Dalam film kedua, yaitu Judgement Day, John Connor di masa depan berhasil menangkap Terminator model tersebut dan diprogram ulang. Misinya adalah melindungi dirinya di masa lalu dari kejaran Terminator lainnya. T-800 dalam film ini sendiri memiliki kelemahan yaitu dia tidak memiliki kemampuan untuk berubah menjadi orang lain, seperti model T-1000. Selain Terminator model T-800, ada juga beberapa model lain seperti T-3000 dan T-850.

4 The Borg

Film Star Trek: The Next Generation dianggap sebagai salah satu film terbaik di franchise Star Trek. Salah satu alasannya adalah karena para villain yang muncul dalam ceritanya jauh lebih mengerikan dan juga para karakternya dianggap lebih kelam dari film lainnya. Salah satu contoh dari hal tersebut adalah The Borg. Ini merupakan ras sibernetik atau robot yang bisa berkembang biak melalui proses asimiliasi.

Mereka semua kemudian dikendalikan oleh satu sumber yang sama melalui hive mind atau pikiran bercabang. Tujuan utama dari ras The Borg adalah menyebar ke seluruh galaksi, menginvasi berbagai planet yang ada, dan kemudian melakukan asimilasi dengan para penduduk atau penghuni di planet tersebut. The Borg bisa dibilang merupakan salah satu musuh yang berbahaya yang dihadapi oleh pasukan Picard.

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh The Borg yang membuat mereka jadi berbahaya adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan senjata, yang mana hal tersebut membuat mereka sulit untuk dilukai atau ditaklukan. Satu sentuhan dari The Borg akan membuat mereka terpapar teknologi mereka dan memulai proses asimilasi tersebut. Kemudian fakta terungkap jika The Borg dipimpin oleh seorang ratu.

3 Pasukan Sardaukar

Film Dune menjadi contoh yang baik untuk sebuah world building yang memiliki pengaruh besar terhadap kekuatan. Ceritanya sendiri berfokus pada dua Great Houses yang ada di ceritanya, yaitu House Atreides dan House Harkonnen. Mereka saling berseteru satu sama lain sejak lama. Namun, meskipun kedua House tersebut memiliki kekuatan dahsyat tentara yang paling kuat dimiliki oleh pihak Empire.

Dalam ceritanya, salah satu alasan mengapa pihak Empire begitu berkuasa di universe Dune adalah karena pasukan yang mereka miliki yaitu Sardaukar. Sejak mereka masik muda, para pasukan Sardaukar sudah dilatih dalam berbagai kondisi ekstrim. Hal inilah yang kemudian membuat proses seleksi untuk bergabung dengan pasukan Sardaukar sangat sulit dan hanya yang terkuat yang bisa bertahan.

Meskipun mereka biasanya terjun dalam jumlah kecil, namun pasukan Sardaukar tidak memiliki masalah terhadap hal tersebut. Mereka sudah terbukti jadi pasukan yang sangat mengerikan di mana sudah banyak korban yang jatuh di tangan pasukan ini. Baik ketika menghadapi pasukan Atreides atau ketika menghadapi pasukan Fremen, reputasi dari pasukan Sardaukar dikenal sangat mengerikan.

2 Stormtrooper

Dalam universe Star Wars selain para Jedi dan Sith terdapat juga Stormtroopers yang tidak terpisahkan. Stormtroopers sendiri merupakan pasukan yang ada di universe Star Wars, yang mana mereka sudah jadi salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari ceritanya. Bahkan, terdapat beberapa karakter utama dalam franchise ini dahulunya merupakan bagian dari Stormtrooper.

Stormtrooper juga merupakan pertahanan utama bagi Galactic Empire baik di darat, udara maupun laut. Pasukan Stormtrooper sendiri pertama kali muncul di tahun 1977 di mana pasukan ini menjadi bagian dalam Galactic Civil War yang memperlihatkan Luke Skywalker bekerja sama dengan Obi-Wan Kenobi untuk menyelamatkan Princess Leia. Sejak saat itu, pasukan Rebel Alliance kemudian bertempur menghadapi Galactic Empire.

Stormtroopers sendiri biasanya menggunakan armor bernama putih. Meskipun mereka sebenarnya memiliki kelemahan dalam hal menembakan blaster atau senjata mereka, namun satu hal yang membuat mereka jadi salah satu kekuatan terbesar adalah karena jumlah mereka yang bisa mencapai jutaan. Dan para Stormtroopers juga berada di bawah satu komando yang sama. Meskipun begitu, dalam perkembangannya, franchise Star Wars menghadirkan berbagai variasi untuk Stormtroopes. Misalnya, Red Troopers, Killer Troopers, dan sebagainya.

1 Grand Army

Tentara terkuat dalam cerita film yang terakhir masih dari franchise Star Wars yaitu Grand Army. Grand Army of the Republic, atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan Clone Army, merupakan pasukan yang mengabdi kepada para Jedi dalam peristiwa Clone Wars. Sesuai namanya, Grand Army tersebut merupakan hasil kloning dari sosok bounty hunter paling populer di universe tersebut yaitu Django Fett.

Planet Kamino jadi tempat mereka “lahir” di mana DNA dari Django Fett kemudian dikembangkan dan jadi dasar bagi para pasukan kloning tersebut. Sedari kecil, mereka semua sudah dilatih untuk menjadi pasukan Grand Army dan misi mereka hanya satu yaitu melayani para Jedi. Grand Army bisa dibilang berada satu tingkat di atas Stormtroopers karena mereka memiliki keunggulan dalam hal taktik militer dan pertempuran.

Selain itu, Grand Army juga mampu beradaptasi dengan sangat baik terhadap perubahan lingkungan. Mereka memiliki persenjataan yang luar biasa mulai dari pesawat tempur LAAT serta AT-TE sampai kapal luar angkasa dengan kelas Venator. Captain Rex dan Commander Cody adalah contoh dari para pasukan Grand Army tersebut. Sayangnya, para Grand Army ini nyatanya merupakan alat bagi Palpatine di mana chip dalam tubuh mereka dipersiapkan untuk menjalankan perintah Order 66.

Pasukan atau tentara sudah menjadi sebuah hal yang tidak terpisahkan di dunia film, khususnya film yang bergenre fiksi ilmiah. Dan di atas adalah contoh nyata dari beberapa tentara paling kuat di dunia film yang memberikan dampak signifikan terhadap alur cerita di filmnya.

Exit mobile version