Home SERIES SERIES FEATURES Mengenal Member White Lotus di Avatar: The Last Airbender!

Mengenal Member White Lotus di Avatar: The Last Airbender!

White Lotus adalah sebuah organisasi rahasia yang terdiri dari orang-orang terpilih dari berbagai bangsa di Avatar. Mereka memiliki keahlian khusus dan berkomitmen untuk memelihara perdamaian dan keseimbangan di dunia. White Lotus juga memiliki peran penting dalam membantu Aang dan teman-temannya dalam perjalanan mereka. White Lotus bakal memberikan bantuan, bimbingan, dan perlindungan, serta memainkan peran kunci dalam pertempuran melawan Negara Api dan pasukan Ozai. Ternyata ada beberapa anggota White Lotus yang pernah diperkenalkan dalam cerita Avatar. Siapa saja mereka?

8 Iroh

Iroh memiliki nama lengkap Iroh Azulon. Dia adalah putra dari Fire Lord Azulon, sehingga dia pernah menjadi pangeran dari Negara Api. Sebelum peristiwa utama dalam Avatar: The Last Airbender, Iroh adalah seorang jenderal ulung di tentara Negara Api dan dikenal sebagai “The Dragon of the West” karena keahliannya dalam pengendalian api.

Iroh pernah sangat mencintai putranya yang meninggal, Lu Ten. Kehilangan Lu Ten di medan perang sangat mempengaruhi Iroh dan menjadi salah satu alasan mengapa dia mulai merenung tentang arti kehidupan dan perdamaian. Setelah kekalahan di Ba Sing Se, Iroh memilih untuk menjalani kehidupan yang lebih damai dan berhenti merebut takhta Kerajaan Api. Selama perjalanan ini, dia menemukan kedamaian dan pemahaman yang mendalam tentang alam dan spiritualitas.

Iroh tidak hanya menjadi mentor Zuko dalam hal pengendalian api, tetapi juga memberikan banyak nasihat bermakna tentang hidup, kebijaksanaan, dan cinta. Hubungan antara Iroh dan Zuko merupakan salah satu elemen paling menyentuh dalam cerita. Menariknya, Iroh adalah Grand Master dan Grand Lotus, yang berarti dia memiliki “jabatan” tinggi di White Lotus.

7 Bumi

Bumi adalah penguasa dari kota Omashu, salah satu kota terbesar dan paling penting di Avatar: The Last Airbender. Menariknya, Bumi jugalah yang pernah menguji keberanian Aang dan teman-temannya, di mana Bumi menghadapkan mereka pada serangkaian tantangan yang sulit di dalam kota Omashu. Tantangan ini dibuat untuk menguji kemampuan dan keberanian dari Aang dan kawan-kawannya.

Sebagai seorang pengendali tanah yang kuat, Bumi memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan memanipulasi tanah, batu, dan mineral lainnya. Dia memperlihatkan keterampilan pengendalian tanah yang luar biasa selama pertarungan. Meskipun eksentrik dan suka bermain-main, Bumi sebenarnya adalah seorang penguasa yang bijaksana dan berpengalaman.

Dia memberikan nasihat bermakna kepada Aang dan teman-temannya, serta memiliki pemahaman yang dalam tentang dunia dan keseimbangan. Bumi adalah anggota tingkat tinggi dari White Lotus. Menariknya, Bumi adalah salah satu teman terdekat Aang sebelum Avatar menghilang. Karena itulah dia berusia 112 tahun sekarang. Sebelum bergabung dengan WhiteLotus, dia terlibat dalam peristiwa pembebasan Ba ​​Sing Se, dan membebaskan Omashu.

6 Fung

Fung adalah anggota White Lotus. Dia memiliki toko bunga yang lokasinya tidak jauh dari desa, yang secara sembunyi-sembunyi dijadikan tempat pertemuan bagi White Lotus. Fung sebenarnya sosok yang licik dan cerdas, tetapi dia sangat setiap kepada sesama anggota White Lotus dan masyarakat. Fung mungkin bukan anggota White Lotus yang berpangkat tinggi, tetapi dia juga memainkan peran penting dalam Avatar: The Last Airbender.

Saat Iroh dan Zuko melakukan perjalanan melalui Misty Palms Oasis, Iroh mencari bantuan White Lots. Tak lama setelah muncul dan mengungkap White Lotus, Fung melindungi Zuko dan Iroh dari bounty hunter yang mencoba menangkap mereka. Kemudian, dia membantu Iroh dan Zuko mendapatkan paspor untuk melakukan perjalanan ke Ba Sing Se. Dari situ saja, kita bisa mengetahui bahwa Fung adalah sosok setia.

Dari segi kemampuan, tentunya Fung sangat piawai bertarung menggunakan tangan kosongnya, meski sudah berusia lanjut. Yang harus dicatat Geeks, bahwa ada karakter Fung berbeda dengan Fong. Pasalnya, nama kedua karakter ini sangat mirip, tetapi keduanya memiliki sifat yang berbeda dan latar belakang yang berbeda pula.

5 Jeong Jeong

Jeong Jeong adalah seorang mantan Jenderal Negara Api yang dikenal sebagai salah satu pengendali api terkuat dalam sejarah. Dia adalah guru pengendalian api yang sangat dihormati dan dianggap sebagai salah satu master pengendalian api terbaik. Jeong Jeong memutuskan untuk meninggalkan militer Negara Api setelah menyaksikan kehancuran yang ditimbulkan oleh kekuatan api dalam perang.

Dia menyesali perannya dalam konflik dan memilih untuk hidup sebagai pertapa di pedalaman. Jeong Jeong memiliki filosofi yang mendalam tentang pengendalian api. Dia percaya bahwa kekuatan api dapat menghancurkan segalanya jika tidak dikendalikan dengan bijak, dan mengajarkan Aang tentang pentingnya kesabaran, disiplin, dan pengendalian diri dalam menggunakan kekuatan tersebut.

Meskipun awalnya ragu untuk mengajarkan Aang, Jeong Jeong akhirnya memutuskan untuk memberikan pelajaran tentang pentingnya pengendalian diri dan keselamatan dalam penggunaan kekuatan api. Kekecewaannya terhadap negara api itulah yang membawa Jeong Jeong bergabung dengan White Lotus dan menjadi anggota yang setia.

4 Piandao

Piandao adalah seorang master pedang yang sangat dihormati dan terkenal di dunia Avatar. Dia dianggap sebagai salah satu ahli pedang terbaik dalam generasinya dan memiliki reputasi sebagai seorang guru yang sangat terampil. Piandao diajak oleh Sokka untuk menjadi guru pelatih pedangnya setelah Sokka merasa kurang percaya diri dalam kemampuannya sebagai prajurit.

Dia membimbing Sokka dengan cara yang tenang dan penuh penghargaan, mengajarkan prinsip-prinsip seni pedang serta memberikan pelajaran tentang kehidupan dan keberanian. Salah satu aspek unik tentang Piandao adalah dia tidak memiliki pedang yang diberi bernama. Sebaliknya, dia membuat pedang untuk Sokka, yang disebut sebagai “pedang tanpa nama”.  Ini adalah tanda kehormatan besar bagi Sokka.

Piandao sendiri adalah warna Negara Api. Karena itulah Sokka awalnya mencoba menyembunyikan identitasnya bahwa dia berasal dari Suku Air. Piandao sendiri mengatakan bahwa kemampuan berpedang bukan milik suatu bangsa sehingga siapapun bebas mempelajarinya.

3 Pakku

Pakku adalah seorang master pengendali air yang sangat terampil dan dihormati. Dia salah satu guru terbaik di Kuil Utara, tempat dia mengajarkan pengendalian air kepada para muridnya. Selain menjadi seorang guru, Pakku juga memiliki pengalaman dalam pertempuran nyata. Dia adalah seorang mantan prajurit yang terlibat dalam konflik dengan Negara Api dan memiliki pemahaman yang dalam tentang strategi dan taktik perang.

Meskipun awalnya memegang teguh pada tradisi Kuil Utara yang ketat, tetapi Pakku akhirnya memberontak melawan norma-norma yang ada di Kuil Utara. Dia mengizinkan perempuan untuk belajar seni pengendalian air secara penuh, yang sebelumnya dihambat oleh tradisi. Dia juga bersedia untuk mengajarkan Aang pengendalian air setelah Aang membuktikan niat baiknya. Pakku memiliki keterampilan bertarung yang luar biasa.

Dia dapat mengendalikan air dengan banyak teknik. Bahkan dia menciptakan teknik-teknik itu sendiri. Pada saat-saat kritis, kemampuannya juga digunakan untuk melindungi dan membela Kuil Utara. Pakku juga merupakan anggota White Lotus. White Lotus mengabdikan diri untuk berbagi ilmu pengetahuan tanpa memandang bangsa, karena itulah Pakku yang dulunya tidak simpatik mulai berangsur meluluhkan “kekerasan” hatinya.

2 Jinpa

Jinpa memang karakter yang tidak muncul dalam Avatar: The Last Airbender. Dia justru hanya muncul dalam The Rise of Kyoshi dan The Shadow of Kyoshi. Kedua cerita tersebut memang terfokus pada Avatar Kyoshi. Meski tidak muncul, tetapi Jinpa adalah salah satu anggota White Lotus yang paling setia dan penting.

Jinpa adalah seorang biksu dari Kuil Udara Selatan. Dia berperan penting dalam perjalanan Avatar Kyoshi sebagai karakter. Ketika seorang anak laki-laki dari Kerajaan Bumi salah diidentifikasi sebagai Avatar, Jinpa berusaha keras untuk membantu Kyoshi agar dikenali sebagai Avatar yang sebenarnya. Dia menjadi sekretaris Kyoshi dan membantunya dalam menjaga keseimbangan, sesuatu yang telah menjadi mimpinya sejak lama.

Dia pun tetap setia bahkan ketika tindakannya bertentangan dengan pasifisme dari pengendali udara. Melalui sosok Jinpa, kita dapat melihat bahwa White Lotus selalu berkomitmen untuk melindungi Avatar. Itu jugalah nilai-nilai yang White Lotus selalu jaga, di mana White Lotus akan membantu Avatar dalam menjaga keseimbangan.

1 Xai Bau

Sama seperti Jinpa, Xai Bau hanya muncul dalam The Legend of Korra. Dia sama sekali tidak muncul dalam The Last Airbender. Tetapi yang menjadi catatan bahwa sifat Xai Bau sangat berbeda dengan Jinpa. Hal tersebut dapat kita lihat dari tingkah lakunya. Xai Bau sendiri awalnya adalah anggota White Lotus. Tetapi kemudian dia meninggalkan kelompok tersebut.

Menariknya, Xai Bau menjadi satu-satunya karakter yang meninggalkan White Lotus. Setelah perang berakhir, Xai Bau tidak senang dengan White Lotus dan percaya bahwa organisasi tersebut telah kehilangan arah dan tujuan. Karena itulah dia meninggalkan oraganisasi itu. Masalah utama Xai Bau adalah bahwa dia secara terbuka memperkenalkan dirinya dan mengaku melayani Avatar setelah hengkang dari White Lotus.

Dia kemudian mendirikan organisasi baru yaitu Red Lotus, yang dibuat sebagai “pesaing” dari White Lotus. Hingga tahun 171 M, organisasi ini beroperasi di bawah bayang-bayang sehingga keberadaannya tidak diketahui dunia. Agenda Red Lotus adalah agar manusia dan roh hidup berdampingan kembali dan mengantarkan tatanan dunia baru.

Itulah dia Geeks beberapa White Lotus yang pernah diperkenalkan dalam cerita. Mungkin masih ada White Lotus lainnya yang pernah dikenalkan, tetapi nama mereka tidak pernah disebut secara gamblang. Di antara para anggota tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version