Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Dark Lord Paling Ikonik di Dunia Film!

7 Dark Lord Paling Ikonik di Dunia Film!

Beberapa karakter villain di dunia film terkenal karena memiliki julukan Dark Lord karena kejahatan yang mereka lakukan. Mereka biasanya memiliki kekuatan yang sangat kuat dan mengerikan yang mampu membuat para protagonis utama atau karakter lainnya merasa kerepotan. Bahkan, dengan julukan mereka sebagai Dark Lord itu juga membuat para villain tersebut dianggap sebagai perwujudan dari kejahatan itu sendiri. Berikut adalah deretan Dark Lord paling ikonik di dunia film.

7 Emperor Zurg

Dark Lord paling ikonik di dunia film yang pertama adalah Zurg atau Evil Emperor Zurg. Meskipun Zurg mungkin bukan sosok Dark Lord yang paling berbahaya yang ada di dunia, namun dia memiliki ciri-ciri dan gambaran untuk bisa jadi sosok Dark Lord yang paling mengerikan. Dia memiliki senjata yang mematikan, topeng yang mengerikan dan mengintimidasi, dan penampilan yang mirip dengan sosok Darth Vader.

Muncul pertama kali dalam film Toy Story 2 yang rilis di tahun 1999, Zurg adalah salah satu mainan antagonis yang merasa bahwa dirinya adalah sosok yang nyata. Itulah alasan mengapa ketika dia melihat mainan alternatif Buzz di toko mainan, Zurg langsung menyerangnya. Yang kemudian membedakannya dengan para Dark Lord lain mungkin adalah sosoknya yang pada dasarnya adalah mainan.

Ukuran Zurg dan bagaimana dia bukan ancaman serius – bagi manusia – mungkin yang membedakannya dengan para Dark Lord di daftar ini. Namun, dalam film spinoff Lightyear, sosok Zurg sempat dimunculkan dengan desain karakter yang jauh berbeda. Desainnya jauh lebih mengerikan daripada versi film Toy Story.

6 Maleficent

Maleficent merupakan salah satu Dark Lord “tertua” serta salah satu yang ikonik dalam sejarah dunia film. Maleficent pertama kali muncul dalam cerita animasi Sleeping Beauty garapan Disney. Dalam cerita animasi tersebut dia awalnya adalah penyihir jahat yang kemudian berubah menjadi seekor naga. Hal tersebut sengaja dia lakukan untuk menjauhkan Putri Aurora dari cinta sejatinya.

Dengan julukannya sebagai ‘Mistress Of All Evils’ atau ‘Ratu Dari Semua Kejahatan,’ Maleficent selalu hidup dibawah bayang-bayang namanya. Maleficent merupakan perwujudan dari sebuah kegilaan dan juga kekuatan sihir yang dia miliki yang mana hal itu membuatnya menjadi salah satu villain yang palng diperhitungkan. Dalam cerita masa lalunya versi terbaru Disney menggambarkan sosok Maleficent sebagai sosok anti-hero, dibandingkan villain.

Dalam versi live action, karakter Maleficent diperankan oleh aktris Hollywood papan atas Angelina Jolie. Berkat kemampuan perannya yang sangat apik dalam memerankan Maleficent, dia menjadi villain Disney yang paling kuat. Maleficent versi Jolie juga dianggap yang paling baik dibandingkan versi 1959, di mana dia mulai tumbuh rasa sayang kepada Aurora seperti anaknya sendiri. Meskipun dia sedikit “melunak” berkat Aurora, sisi jahat seorang Maleficent masih sangat terasa.

5 Darth Sidious

Emperor Palpatine alias Darth Sidious terkenal sebagai dalang dari semua propaganda dan kesuksesan dari pihak Galactic Empire. Emperor Palpatine juga dikenal sebagai satu-satunya Sith Lord yang berhasil mewujudkan impian Darth Bane untuk menguasai galaksi. Dalam cerita utama Star Wars, Emperor Palpatine diperlihatkan berhasil menghasut Anakin Skywalker untuk bergabung ke Dark Side.

Sebagai salah satu Sith legendaris dan terkuat di universe Star Wars, kekuatan Force dari Emperor Palpatine tentunya sangat luar biasa. Saking hebatnya kekuatan Force milik Palpatine, sering kali kekuatan Force miliknyadigambarkan mirip energi listrik. Yang juga menarik adalah dia mampu menyembunyikan keberadaannya selama bertahun-tahun dari para Jedi termasuk Master Yoda.

Sheev Palpatine pada awalnya adalah seorang politikus yang berasal dari planet Naboo. Dia kemudian bertemu dengan sosok Sith Lord bernama Darth Plagueis, yang kemudian mengajarinya banyak hal. Setelah menghabisi mentornya, ambisi dalam diri sosok Palpatine benar-benar menggila. Dia pun kemudian menjadi Supreme Chancellor bagi pihak Republic. Selain kekuatannya yang luar biasa, pengaruh serta pasukan Galactic Empire milik Palpatine menjadikannya salah satu Dark Lord paling ikonik di dunia film.

4 Lord Voldemort

Memiliki nama asli Tom Riddle, Voldemort merupakan sosok villain yang sangat ditakuti oleh semua penyihir yang ada di dunia Harry Potter. Bahkan, pada awalnya, selama periode waktu yang cukup lama tidak ada orang yang berani untuk menyebut namanya. Dalam dunia Harry Potter, sosok Voldemort tetap menjadi antagonis utama bagi para penyihir selama ratusan tahun.

Bukan tanpa alasan memang dia begitu ditakuti oleh para penyihir. Selain Voldemort merupakan penyihir dengan ilmu hitam terkuat, dia juga memiliki pasukan yang sekaligus juga pengikut setianya bernama Death Eaters. Mereka sudah menguasai hampir seluruh lapisan dunia sihir, seperti di Kementrian sihir. Voldemort benar-benar hampir berhasil menguasai dunia, sampai kemudian dia gagal untuk menghabisi nyawa seorang anak kecil yaitu Harry Potter.

Bagaimana semua pengikutnya berusaha untuk membangkitkan kembali sang villain, serta orang-orang begitu takut terhadap sosoknya, menjadikan semua orang penasaran terhadap sosok Voldemort. Dengan semua kekuatan serta para pengikut yang dia miliki, rasanya wajar jika kemudian Voldemort jadi salah satu Dark Lord paling ikonik di dunia film dan tentunya di dunia sihir.

3 Darth Vader

Jika Voldemort merupakan sosok Dark Lord dari universe Harry Potter, maka Darth Vader adalah Dark Lord yang berasal dari universe Star Wars. Bisa dibilang, Darth Vader adalah saslah satu karakter villain sekaligus Dark Lord yang paling ikonik dalam sejarah film. Dia merupakan karakter kunci dalam franchise Star Wars yang berhasil mengangkat pamor dari franchise tersebut, selain juga Skywalker Family.

Dalam mitologi Star Wars, peran dan pengaruh dari Darth Vader benar-benar sangat luar biasa. Pengaruh dari Darth Vader sama besarnya seperti sosok Luke Skywalker, Han Solo, dan Princess Leia. Dalam ceritanya sendiri, sosok dibalik topeng Darth Vader tidak lain adalah Anakin Skywalker. Dia merupakan sosok Jedi yang memiliki potensi luar biasa, seperti yang dirasakan oleh sang mentor, Obi-Wan Kenobi.

Namun, sayangnya, pada akhirnya Anakin memutuskan untuk bergabung dengan pihak Dark Side yang membuatnya berubah menjadi sosok jahat. Dan itulah yang kemudian membuat Luke tidak lagi menggunakan identitasnya dan mengganti dengan yang baru yaitu Darth Vader. Karakter Darth Vader sudah banyak direferensikan di dunia nyata. Bahkan, bukti popularitas dari Darth Vader bisa kita lihat dari media lain yang menghadirkan referensi atau bahkan karakternya.

2 Sauron

Meskipun dalam form yang lemah sekalipun, Sauron sudah terbukti menjadi salah satu karakter film dan villain terkuat dalam cerita The Lord of the Rings. Di sisi lain, dengan sosoknya yang merupakan penerus dari Morgoth, Dark Lord pertama di universe tersebut, membuat Sauron kemudian menjadi sosok Dark Lord yang begitu ditakuti dan diwaspadai oleh semua pihak yang ada di Middle-Earth.

Selain kekuatan sihir yang sangat luar biasa, Sauron memiliki satu hal yang membuatnya mampu untuk mengalahkan dan mengendalikan hampir siapapun yang ada di wilayah Middle Earth. Hal tersebut tidak lain yaitu The One Ring, cincin dengan kekuatan magis luar biasa yang bisa meningkatkan kekuatan dan mewujudka impian atau hasrat terbesar dari pemilik atau penggunanya.

Banyak fans menyayangkan bagaimana sangat sedikitnya cerita masa lalu yang menghadirkan sosok Sauron dan momen sebelum War of the Ring terjadi. Meskipun begitu, dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya sudah sangat jelas jika Sauron adalah sebuah kekuatan mengerikan yang tidak terhentikan yang akhirnya berhasil dihentikan oleh pedang Isildur dan berubah wujud menjadi Eye of Sauron.

1 Count Dracula

Dark Lord paling ikonik di dunia film yang terakhir adalah Dracula atau Count Dracula. Rasanya hampir semua orang tahu dan mengenal siapa sosok Count Dracula. Bisa dibilang, dia merupakan “nenek moyang” dari para vampir. Karakter ini diadaptasi dari novel karya Bram Stoker yang berjudul Dracula. Ini juga jadi novel bergenre horor yang paling banyak diadaptasi selain Frankenstein, yang berhasil menciptakan sejarah di industri film.

Novel Dracula sendiri mengisahkan tentang seorang pebisnis asal Inggris yang melakukan perjalanan ke Transylvania, Rumania, bernama Jonathan Harker. Dia kemudian menginap di sebuah hotel milik bangsawan di wilayah tersebut bernama Count Dracula. Namun, Harker kemudian berusaha untuk kabur dari sana ketika mengetahui jika Dracula adalah sosok Dark Lord yang mengerikan.

Di industri film sendiri karakter Count Dracula pertama kali diperankan oleh Bela Lugosi pada 1931 dalam film Dracula. Sejak saat itu, sudah ada beberapa nama aktor lainnya yang kemudian memerankan karakter Dark Lord paling ikonik ini. Dengan sosoknya yang selalu haus darah dan jadi pihak jahat yang mengincar nyawa manusia, Count Dracula menjadi perwujudan dari Dark Lord itu sendiri.

Dengan sikap dan sifat jahat mereka, yang digabungkan dengan kekuatan magis serta kekuatan lainnya, para Dark Lord di atas benar-benar menjadi sosok yang mengerikan. Mereka juga menjadi sosok yang menjadi ancaman besar bagi banyak pihak, yang mana Dark Lord sering menjadi antagonis utama dalam berbagai cerita film.

Exit mobile version