Ada beberapa hal yang bisa dibahas dalam review One Piece chapter 1108 di mana salah satunya adalah ini jadi titik awal pertarungan puncak di arc Egghead. Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana situasi tidak terduga terjadi di mana Vegapunk terkena serangan dari Gorosei Saturn. Hal itu membuat dia teluka parah dan tidak bisa bergerak. Kemunculan para bajak laut raksasa juga jadi salah satu yang menarik di chapternya. Lalu, apa hal yang terjadi di chapter selanjutnya? Berikut adalah review One Piece 1108.

4Referensi Tentang Saul

Jaguar D. Saul adalah seorang raksasa dan mantan wakil admiral angkatan laut, yang mana dia justru menjadi pelindung bagi para penduduk Ohara. Saul muncul dalam momen kilas balik dari Nico Robin di arc Enies Lobby. Dia adalah salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam hidup Robin. Saul adalah orang pertama, selain para arkeolog Ohara, yang berteman dengan Robin.

Saat serangan angkatan laut yang menyerbu Ohara dalam peristiwa Buster Call, Saul jadi sosok yang melindungi Robin. Yang menarik adalah Saul sempat disangka tewas pasca dibekukan oleh Aokiji. Namun, dalam arc Egghead diketahui jika Saul ternyata masih hidup. Saat ini, diketahui jika Saul sedang berada di pulau Elbaf bersembunyi dari yang lain. Para fans sendiri penasaran dan sangat menantikan pertemuan Robin dan Saul.

Chapter 1108 sendiri menghadirkan beberapa momen yang mereferensikan sosok Saul. Yang pertama adalah ketika wakil admiral Doll menyebutkan jika 20 tahun lalu dia pernah memiliki komandan yang merupakan seorang raksasa. Dan sosok tersebut tidak lain adalah Jaguar D Saul. Bahkan, kekuatan dan kedahsyatan kekuatan dari Saul sendiri diakui oleh wakil admiral lainnya.

Kemudian, referensi Saul juga muncul ketika Dorry dan Broggy mendengar nama Vegapunk saat Bonney meminta mereka berdua untuk membantu Sanji, Luffy, dan Vegapunk yang masih terjebak dalam pertempuran menghadapi Kizaru dan Gorosei Saturn. Yang menarik kemudian adalah kedua raksasa itu menyebutkan jika “scholar” atau “cendikiawan” yang ada di pulau Elbaf sempat menyinggung nama Vegapunk.

Jika melihat peristiwa yang ada, bagaimana Vegapunk mengenal sosok Saul dan bahkan pernah bertemu ketika dia pergi ke Elbaf, rasanya memang masuk akal jika cendikiawan yang dimaksud oleh Dorry dan Broggy tersebut adalah Saul. Artinya, kemungkinan besar Saul juga memiliki peranan dalam memerintahkan keduanya untuk menyelamatkan Vegapunk yang berada dalam ancaman.

Kekuatan Asli Luffy Dan Saturn – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.