Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Karakter Paling Tua Di Lord Of The Rings!

10 Karakter Paling Tua Di Lord Of The Rings!

Beberapa karakter dalam cerita Lord of the Rings dianggap paling tua karena nyatanya usia mereka jauh lebih tua dari penampilannya. Cerita The Lord of the Rings menjadi salah satu kisah klasik yang banyak difavoritkan oleh para fans bahkan hingga sekarang. Ada banyak karakter yang menarik yang muncul dalam kisah fantasi ini yang mana mungkin banyak dari Geeks yang tidak menyadari jika usia mereka sebenarnya sudah sangat tua. Berikut adalah karakter paling tua dalam cerita Lord of the Rings.

11 Bilbo Baggins – 111 Tahun

Karakter Lord of the Rings paling tua pertama adalah Bilbo Baggins. Sosok Bilbo mungkin dianggap yang paling “muda” diantara para karakter dalam daftar ini. Bilbo Baggins merupakan salah satu karakter utama dalam trilogi Lord of the Rings. Dia merupakan salah satu Hobbit yang ikut berpetualang bersama keponakannya, Frodo Baggins, untuk menghancurkan The One Ring.

Yang menarik adalah Bilbo sendiri pernah menjadi salah satu pemilik dari cincin tersebut. Bilbo diperlihatkan berhasil untuk mengelabui Gollum dengan sebuah permainan teka-teki, yang mana hal tersebut membuat Gollum marah setelah mengetahui jika dia kehilangan cincin tersebut. Semenjak saat itu, Bilbo sempat merahasiakan dari Gollum dan yang lain jika dia memiliki cincin tersebut.

Banyak yang beraanggapan jika Bilbo dan Frodo berada di usia yang sama atau tidak terpaut jauh usianya. Namun, pada kenyataanya, justru perbedaan usia dari saudara ini cukup drastis. Frodo sendiri berusia 33 tahun ketika Bilbo berulang tahun yang ke 111 tahun. Hobbit sendiri sangat jarang untuk bisa hidup dengan usia yang sangat panjang karena mereka berbeda dengan ras lainnya.

10 Gimli – 139 Tahun

Gimli merupakan sosok karakter yang berasal dari bangsa kurcaci alias Dwarves yang menduduki wilayah Lonely Mountain. Dia diketahui sebagai salah satu petarung yang sangat luar biasa dari paraa kurcaci. Bahkan, dia memiliki sebuah senjata yang dianggap sebagai salah satu senjata paling kuat di ceritanya yaitu Axe of Gimli, sebuah kapak yang mampu menghancurkan perisai musuh.

Ketika alur cerita War of the Ring dimulai, kemungkinan usia Gimli saat itu adalah 139 tahun. Keluarga Gimli sendiri memiliki peranan penting dalam menghentikan upaya Sauron untuk menguasai dunia. Mereka sudah sejak berabad-abad lalu berupaya untuk menghentikan setiap rencana jahat yang dibuat oleh sang Ddark Lord. Ayahnya, Gloin, merupakan anggota dari pasukan Thorin.

Gloin sendiri merupakan sosok yang mengambil alih Lonely Mountain dari sosok naga Smaug. Gimli melanjutkan warisan sang ayah menjadi salah satu sosok kurcaci terbaik diantara Fellowship of the Ring. Dia bukan hanya berhasil menjadi sosok sahabat bagi Legolas, namun juga mampu menahan hasrat terpendam bangsa kurcaci yang sangat haus akan kekayaan atau emas.

9 Isildur – 232 Tahun

Isildur bisa dibilang adalah sosok yang bertanggung jawab atas terjadinya Third Age dan kebangkitan dari Sauron. Ini karena dia enggan untuk menghancurkan cincin yang dia miliki. Isildur adalah keturunan dari House of Elendil, keturunan bangsawan Númenor. Dia adalah anak dari Elendil, pemimpin Númenor, dan saudara dari Anárion serta pemimpin dari wilayah Gondor. Bisa dibilang Isildur menjadi salah satu pahlawan terbesar di Pertempuran Terakhir di Third Age.

Isildur memimpin pasukan gabungan dari Gondor dan Arnor melawan Sauron dan berhasil mengakhiri kekuasaan jahat Sauron untuk sementara waktu. Sayangnya, Isildur dianggap pengkhianat di Lord of the Rings. Ketika Isildur mampu memotong lengan Sauron dan melepaskan The One Ring dari tangannya, Elrond sempat meminta Isildur untuk melemparkan cincin ke dalam api Mount Doom.

Namun, Isildur memilih untuk menyimpan Ring itu untuk dirinya sendiri dan membiarkan potensi kembalinya Sauron. Isildur terbunuh dalam tragedi Gladden Fields di mana dia diserang oleh para Orc di sungai Gladden Fields. Dalam momen tersebut The One Ring yang dia pegang terjatuh ke dalam sungai dan hilang untuk waktu yang lama. Usia dari Isildur sebelum tewas adalah 232 tahun.

8 Gollum/Smeagol – 589 Tahun

Seperti yang Geeks ketahui, Gollum dan Smeagol merupakan sosok yang sama dengan kepribadian yang berbeda. Seperti halnya Frodo dan Bilbo, Smeagol merupakan sepupu dari Deagol. Dalam ceritanya, Smeagol kemudian tega menghabisi nyawa sepupunya tersebut demi merebut The One ring. Smeagol jadi korban lainnya dari The One Ring saat pertama kali melihatnya. Dia benar-benar terhipnotis dengan aura dari cincin tersebut.

Dengan memengaruhi pikirannya, inilah alasan mengapa Smeagol kemudian tega menghabisi Degol. Takut akan apa yang sudah dia lakukan serta takut kehilangan cincin tersebut, Smeagol kemudian kabur ke Misty Mountain. Cincin tersebut sempat melekat dengan sosok Smeagol. Dan pengaruh dari The One Ring merubah Smeagol yang awalnya adalah Hobbit menjadi sosok monster yang dikenal dengan nama Gollum.

Di sepanjang seriesnya, Gollum menjadi salah satu karakter utama di mana dia menjadi pelayan bagi sang protagonis, Frodo dan Sam. Meskipun dia berhasrat untuk merebut The One Ring dari tangan Frodo, namun dia sempat juga menjadi sosok pahlawan ketika menyelamatkan keduanya dari berbagai bahaya di wilayah Mordor. Usia Gollum sendiri adalah 589 tahun di mana dia sempat menyimpan The One Ring selama 500 tahun sebelum diambil oleh Bilbo.

7 Arwen – 2.901 Tahun

Arwen merupakan seorang elf dan juga putri daari Lord Elrond, penguasa dari wilayah para elf yaitu Rivendell. Dia pertama kali diperkenalkan dalam alur cerita The Lord of the Rings di mana Arwen diceritakan menjadi tunangan dari Aragorn, penerus sah dari pemimpin wilayah Gondor. Dalam cerita novelnya, peran dari Arwen sebenarnya cukup minor atau tidak terlalu banyak.

Namun, dalam versi adaptasi film karya Peter Jackson sosok Arwen sedikit lebih banyak peranannya daripada versi novel. Dalam versi filmnya, Arwen digambarkan sebagai seorang karakater yang kuat dan penuh dengan kasih sayang. Dia juga digambarkan sangat jatuh cinta dengan Aaragorn. Arwen diperlihatkan sangat ahli dalam pertarungan pedang dan bahkan menunggang kuda.

Arwen adalah sosok penting yang membantu Frodo untuk mencapai Rivendell ketika dia terluka parah akibat tusukan dari Morgul. Di akhir cerita, Arwen rela mengorbankan keabadiannya dan menjadi manusia demi bisa menikah dengan Aragorn. Dan usia dari Arwen sendiri kemudian diketahui yaitu 2.901 tahun.

6 Legolas – 2.931 Tahun

Legolas jadi karakter Lord of the Ring paling tua lainnya yang berasal dari bangsa elf. Legolas merupakan elf yaang berasal dari Mirkwood sekaligus juga merupakan salah satu anggota dari Fellowship of the ring. Karakter Legolas pertama kali muncul dalam cerita kedua di novelnya, yaitu The Two Towers. Dalam cerita, Legolas mendapatkan misi untuk pergi ke Rivendell untuk mewakili bangsa aelf di Council of Elrond.

Dalam pertemuan tersebut, Legolas kemudian ditunjuk untuk menjadi salah satu anggota dari Fellowship of the Ring. Ini adalah kelompok “khusus” yang memiliki misi utama yaitu menghancurkan The One Ring di Mount Doom dan mengalahkan Sauron. Seperti sudah menjadi tipikal bangsa elf, Legolas sangat ahli dalam hal memanah. Dia juga memiliki kemampuan bertarung yang sangaat luar biasa.

Hal tersebut didukung juga dengan kelincahannya dalam bergerak serta berbagai indra yang sensitif. Dalam ceritanya, Legolas merupakan teman yang sangat supportif dan memiliki kedekatan dengan rekannya yang berasal dari bangsa kurcaci, Gimli. Legolas banyak membantu rekan-rekannya di Fellow of the Rings. Usia dari Legolas sendiri diketahui 2.931 tahun.

5 Thranduil – 4.000 Sampai Lebih Dari 6.000 Tahun

Thranduil merupakan sosok elf yang terkenal karena kemunculannya di cerita The Hobbit dan juga beberapa momen di Lord of the Rings. Thranduil merupakan pemimpin dari bangsa elf yang berasal dari wilayah Mirkwood. Dia berkuasa dan mengatur semuanya dari singgasananya yang ada di bagian bawah hutan tersebut. Thranduil sendiri merupakan salah satu karakter yang cukup berpengaruh di seriesnya.

Usia pasti dari Thrundil sendiri memang tidak pernah diketahui. Namun, kemungkinan besar usianya adalah 4.000 hingga lebih dari 6.000 tahun. Dengan usianya tersebut Thrundil memiliki sejarah yang panjang di Middle-Earth, di mana dia banyak terlibat dalam berbagai peristiwa yang terjadi. Bahkan, dia menjadi salah satu elf yang sempat terlibat konflik dengan para kurcaci.

Meskipun begitu, Thrundil merupakan sosok pemimpin yang sangat melindungi rakyatnya. Baginya, keamanan dari para elf lain serta kemakmuran mereka menjadi prioritas utamanya. Thrundil sendiri sebenarnya jarang muncul dalam cerita The Lord of the Rings, di mana dia hanya muncul sekilas ketika upacara penobatan Aragorn sebagai pemimpin baru Gondor. Dia juga yang mengirim pasukan Elf untuk menjaga Minas Trinith saat War of the Ring berlangsung.

4 Galadriel Dan Celeborn – Lebih Dari 7.000 Tahun

Selain karena kecantikannya, sosok Galadriel atau high elf Noldorian ini juga terkenal karena kecerdasan serta kekuatan sihirnya. Dia juga mempunyai pribadi yang sangat baik, di mana hampir semua makhluk di Middle-Earth sangat mencintainya karena Galadriel adalah sosok yang sangat bijak. Dia merupakan salah satu bangsa elf yang penting dalam cerita Lord of the Rings bersama Celeborn.

Keduanya memiliki peran yang sangat signifikan terhadap sejarah di Middle-Earth. Galadriel merupakan sosok pemimpin bangsas elf yang tinggal di hutan Lothlórien. Dengan usianya tersebut, Galadriel banyak mengetahui sejarah dan peristiwa di Middle Earth. Dia juga merupakan salah satu elf tertua yang masih tersisa dan jadi salah satu karakter Lord of the Rings paling tua.

Bisa dibilang, Galadriel sudah hidup di tiga era yang ada. Sedangkan, Celeborn adalah suami dari Galadriel dan merupakan wakil pemimpin dari hutan Lothlórien. Seperti halnya Galadriel, Celeborn banyak mengetahui apa yang terjadi di Middle-Earth karena usianya. Berbeda dengan Galadriel, Celeborn justru tidak terlalu banyak terlibat dalam berbagai peristiwa meskipun banyak orang menghormatinya.

3 Cirdan – 10.000 Tahun

Karakter dari bangsa elf yang penting lainnya dalam cerita karya J.R.R. Tolkien yang hanya muncul sekilas dalam cerita The Lord of the Rings. Cirdan merupakan seorang pemimpin dari bangsa elf dan sekaligus merupakan sosok tukang kapal yang terkenal karena kemampuannya. Dia sangat ahli dalam membuat kapal dan tentunya menggunakan kapal layar di lautan.

Seperti halnya Galadriel dan Celeborn, Cirdan merupakan bangsa elf tertua yang masih tersisa di Middle-Earth. Dia sudah hidup sangat lama untuk menyaksikan berbagai peristiwa penting terjadi dalam sejarah dunia tersebut. Meskipun kemunculan dari Cirdan dalam cerita The Lord of the Rings tidak terlalu banyak, namun perannya bisa dibilang sangat signifikan.

Dialah yang memberikan salah satu Rings Power kepada Gandalf. Cirdan memberikan salah satu cincin bangsa elf, Narya, atau Ring of Fire, kepada Gandalf ketika dia tiba pertama kali di Middle-Earth. Menurutnya, cincin tersebut akan jauh lebih berguna jika berada di tangan Gandalf. Dan hal tersebut memang terbukti ketika cincinnya membuat Gandalf semakin kuat, terutama dalam hal pengendalian api. Halini juga membantu Gandalf untuk bisa memenangkan pertarungan menghadapi Sauron.

2 Treebeard – 17.051 Tahun

Treebeard, atau yang juga dikenal sebagai Fangorn, merupakan salah satu karakter paling kuat dan paling tua dari bangsa Ents. Dalam cerita Lord of the Rings, Ents merupakan bangsa atau ras dari makhluk yang memiliki bentuk seperti pohon. Mereka biasanya tinggal di berbagai huan yang ada di wilayah Middle-Earth. Treebeard adalah karakater yang sangat bijaksana dan penyabar.

Dengan usianya yang sudah lebih dari 10.000 tahun, Treebeard memiliki pengetahuan yang sangat luas dan mendalam mengenai berbagai macam hal tentang alam di Middle-Earth. Dia sangat peduli terhadap berbagai tanaman dan pohon serta berbagai makhluk yang ada di hutan Middle-Earth. Treebeard memiliki peranan penting dalam pertarungan menghadapi Saruman dan pasukan orc miliknya.

Treebeard awalnya menolak untuk terlibat dalam berbagai konflik yang ada di Middle-Earth. Namun, dia akhirnya berhasil diyakinkan oleh dua sosok Hobbit, Merry dan Pippin. Dengan bantuan dari Treebeard, para bangsa Ents kemudian melakukan serangan ke benteng pertahanan dari Saruman yang ada di Isengard. Dan akhirnya, dia dan pasukannya berhasil untuk dikalahkan.

1 Gandalf – 24.000 Tahun

Karakter paling tua di cerita Lord of the Rings yang terakhir adalah Gandalf. Setelah muncul sebagai Gandalf the Grey di awal trilogiThe Lord of the Rings dan juga trilogi The Hobbitpada akhirnya Gandalf menjadi penyihir yang lebih sakti lagi saat dia menggantikan Saruman the White yang berkhianat. Dengan identitas barunya, yaitu Gandalf the White, dia menjadi sosok harapan bagi semua makhluk Middle-Earth yang menentang Dark Lord Sauron.

Selain kemampuan sihirnya yang sangat luaar biasa, Gandalf the White juga memancarkan sinar terang yang secara tidak langsung memberi semangat kepada orang-orang di sekitarnya, sekaligus membuat para musuh-musuhnya ketakutan. Gandalf sendiri merupakan salah satu dari lima Istari atau “Penyihir” yang sengaja dikirim oleh para Valar ke Middle-Earth.

Gandalf sendiri dianggap sebagai makhluk yang paling tua dalam cerita Lord of the Rings di mana usianya mencapai 24.000 tahun. Bahkan, disebut-sebut jika Gandalf sudah ada sejak Middle-Earth pertama kali muncul. Namun, Gandalf sendiri dikirim oleh para Valar ke Middle-Earth di era Second Age. Dia menjadi sosok penting dalam mengalahkan Sauron di Second Age serta dalam War of the Ring di Third Age.

Lord of the Rings banyak menghadirkan karakter yang menarik dan unik, di mana sebagian dari mereka sudah hidup sejak lama. Bahkan, ada beberapa dari karakter itu yang memiliki pengaruh besar terhadap sejarah yang ada di Middle-Earth. Mereka merupakan para karakter yang paling tua di cerita Lord of the Rings.

Exit mobile version