Home GAME GAME FEATURES 10 Pokemon Yang Paling Sulit Ditangkap Sepanjang Sejarah!

10 Pokemon Yang Paling Sulit Ditangkap Sepanjang Sejarah!

Beberapa Pokemon dikenal memiliki reputasi yang sangat luar biasa di mana mereka paling sulit untuk ditangkap oleh siapapun. Ketika mayoritas Pokemon relatif mudah untuk ditangkap oleh para trainer, namun sebagian Pokemon justru sangat sulit untuk didapatkan. Butuh usaha yang sangat luar biasa untuk mendapatkan mereka yang membuat Pokemon tersebut sangat langka. Berikut adalah beberapa Pokemon yang dianggap paling sulit untuk ditangkap.

10 Mewtwo

Pokemon yang dianggap paling sulit untuk ditangkap yang pertama adalah Mewtwo. Sudah sejak lama para fans mengenal Pokemon satu ini sebagai Pokemon yang paling sulit untuk ditangkap terutama dalam berbagai judul video games. Sejak game Pokemon Red and Blue, Pokemon yang lahir secara genetik merupakan sebuah tantangan yang sangat besar bagi para trainer yang mencoba menangkapnya.

Keberadaan Mewtwo diketahui tersembunyi secara baik di dalam Cerulean Cave. Butuh usaha ekstra dan waktu yang yang sangat banyak untuk melakukan eksplorasi untuk kemudian bisa menangkap Pokemon ke 156 ini. Mewtwo sendiri biasanya dijumpai oleh para trainer yang berada di level 70 dan menjadi salah satu Pokemon Legendary di berbagai gamenya.

Mewtwo merupakan Pokemon yang sangat kuat di mana semua Pokemon yang coba dihadirkan untuk mengalahkannya pasti akan bisa dihancurkan dengan mudah. Apalagi, para trainer justru lebih fokus untuk menyiapkan Poke Ball mereka daripada fokus untuk melakukan healing para Pokemonnya. Mewtwo benar-benar jadi sebuah tantangan besar bagi para pemain gamenya terutama di generasi pertama.

9 Suicune

Pasca kesuksesan Gen 1 gamenya, yaitu Pokemon Red, Blue, and Yellow, franchisenyaa kemudian menghadirkan game lainnya yaitu Pokemon Gold and Silver yang kemudian diikuti oleh Crystal. Gen 2 games ini menghadirkan Pokemon dengan desain yang dianggap terbaik di franchisenya. Namun, di sisi lain, games ini juga menghadirkan beberapa Pokemon yang sulit untuk ditangkap.

Dari sekian nama Pokemon yang sulit ditangkap, Suicune adalah salah satunya. Secara teknis, Pokemon yang bergerak (roaming creatures) memang sangat sulit untuk ditangkap. Namun, khusus untuk Suicune, terutama di games Gen 2 ini, menangkap Pokemon tersebut benar-benar menjadi sebuah tantangan yang besar. Ada beberapa hal yang membuat Pokemon ini dianggaap sangat sulit ditangkap.

Yang pertama adalah presentasi untuk menemukan Suicune sangat kecil dan rendah. Yang kedua adalah Suicune merupakan Pokemon yang bisa lolos dengan mudah apalagi ketika para pemain tidak dengan segera menghadirkan jebakan bagi Pokemon tersebut. Taktik terbaik untuk menghadapi Suicune adalah dengan menggunakan Mean Look di ronde pertama dan kemudian berusaha untuk mengurangi HP milik Pokemon tersebut.

Di titik tertentu Suicune pada akhirnya akan memiliki peluang yang lebih besar. Yang juga membuat Suicune menjadi salah satu Pokemon yang paling sulit untuk ditangkap adalah ketika dia berhasil dikalahkan sampai tidak sadarkan diri maka Geeks akan kehilangan kesempatan untuk menangkap Pokemon ini untuk selamanya. Memperikirakan atau menduga gerakannya juga bukan merupakan pilihan yang baik.

8 Deoxys

Deoxys sebenarnya merupakan Pokemon yang hanya muncul secara eksklusif dalam sebuah event di games Gen 3. Namun, kemudian Pokemon ini bisa untuk didapatkan oleh para pemain dalam remake game Pokemon Omega Ruby and Alpha Sapphire. Menangkap Deoxys merupakan sebuah tantangan besar yang tidak mudah untuk dilakukan oleh para pemain, yang menjadikan Pokemon ini jadi sulit untuk ditangkap.

Untuk bisa berhadapan dengaan Deoxys dalam sebuah pertarungan, para pemain harus bisa bertahan dalam sebuah pertarungan sebelumnya menghadapi Rayquaza dan kemudian Zinnia. Setelah berhasil menang, para pemain kemudian harus bisa tahan dengan cutscenes yang panjang, yang mana cutscenes tersebut berujung para pertarungan para pemain dengaan Deoxys.

Yang membuat kemudian proses menangkap Deoxys menjadi sangat menantang adalah karena tidak ada momen untuk menyimpan permainan, para pemain harus mengulang dari awal cerita lagi jika kemudian mereka gagal untuk menangkap Deoxys. Perlu deretan Pokemon yang kuat untuk bisa memperbesar peluaang menangkap Deoxys, serta berbagai item yang bisa menambah HP.

7 Manaphy

Manaphy menjadi Pokemon yang sulit ditangkap karena proses yang harus dilakukan untuk bisa menemukan monster ini benar-benar sangat detil. Manaphy merupakan Pokemon yang debut di games Gen 4. Para pemain yang ingin mendapatkan telur Manaphy perlu memiliki game Pokemon Ranger sebelumnya, yang mana untuk bisa mendapatkannya sendiri pun sudah sangat sulit.

Meskipun begitu, Manaphy baru-baru ini diketahui tersedia juga bagi para pemain di Pokemon Legends: Arceus. Untuk kemudian para pemain bisa menangkap Manaphy dalam game Pokemon Legends: Arceus mereka perlu memecahkan sebuah teka-teki yang ada serta membuka Seaside Hollow. Di dalam gua bawah laut tersebut, para pemain akan mendapatkan satu kesempatan untuk menangkap Manaphy.

Namun, pertarungan menghadapi Manaphy ini tidak akan mudah karena akan ada tiga Phiones yang membantu Pokemon tersebut. Meskipun bukan merupakan salah satu Pokemon yang paling kuat di game Pokemon Legends: Arceus, namun menangkap Manaphy akan sangat sulit apalagi jika para pemain tidak mempersiapkan semuanya secara matang.

6 Galarian Articuno

Meskipun desain karakter untuk Pokemon Galarian Articuno dalam game Pokemon Sword and Shield banyak disenangi oleh para fans, namun mekanisme pertarungan yang dia miliki yang membuatnya menjadi salah satu Pokemon paling sulit untuk ditangkap. Setelah memicu awal perburuan di Dyna Treel Hill di area Crown Tundra, para pemain akan kemudian berhadapan dengan Pokemon tersebut.

Galarian Articuno merupakan Pokemon yang berkeliaran di sekitar map Crown Tundra. Ketika kemudian berhadapan dengan Pokemon Galarian Articuno, para pemain tidak serta merta langsung berhadapan dengan Pokemon yang aslinya. Pasalnya, Galarian Articuno akan menghadirkan kloning dirinya. Jika kemudian para pemain salah memilih Pokemon yang asli maka Pokemon tersebut akan terrbang dan kabur.

Ketika kemudian gagal, maka artinya semua proses untuk menemukan dan bertarung dengan Galarian Articuno akan kembali diulang. Mereka harus kembali mengeksplor Crown Tundra dan mencoba menebak mana Galarian Articuno yang asli. Ini tentunya bisa jadi sebuah pengalaman yang menjemukan, namun yang mungkin bisa ditarik positifnya adalah bagaimana Galarian Articuno tidak akan pergi ketik pertarungannya dimulai.

5 Regigigas

Pokemon yang paling sulit untuk ditangkap selanjutnya adalah Regigigas. Di hampir setiap games Pokemon yang menghadirkan Regigigas, Pokemon ini menjadi salah satu yang sulit ditangkap oleh para pemain. Pokemon kuat ini merupakan pemimpin dari Legendary Titans. Dengan peluang untuk bisa ditangkap sangat kecil, serta bagaimana Regigigas merupakan Pokemon dengan level tinggi, ini bukan jadi satu-satunya tantangan bagi para pemain.

Untuk bisa memicu event yang mempertemukan para pemain dengan Regigigas, mereka perlu menangkap tiga – atau bahkan lima – Titans dan membawanya ke party milik mereka. Meskipun dalam game Pokemon Legends: Arceus beberapa Pokemon seperti Regirock, Regice, dan Registeel tidak muncul bukan berarti menangkap Regigigas menjadi sesuatu yang mudah.

Hal ini karena para pemain harus mengambil Stone, Icicle, dan Iron Plates untuk membuka pintu Snowpoint Temple dan semua items yang berasal dari quests yang ada. Baru setelah semua itu terpenuhi dan terlaksana para pemain akan bisa bertarung menghadapi Regigigas. Namun, ketika pertarungan tersebut muncul bukan hal yang mudah juga untuk mengalahkannya.

4 Enamorus

Sama seperti menghadapi Regigigas, untuk bisa berhadapan dan menangkap Enamorus para pemain perlu untuk menyelesaikan berbagai misi sebelumnya. Cara pertama untuk bisa bertemu dan mendapatkan Enamorus dalam game Pokemon Legends: Arceus adalah para pemain perlu menyelesaikan seluruh alur cerita utamanya terlebih dahulu. Setelah selesai, para pemain perlu bertarung dnegan Girantina.

Kemenangan menghadapi Girantina akan menghadirkan sebuah misi baru bersama Cogita.  Misi ini akan membawa para pemain untuk memburu beberapa Pokemon seperti Tornandus, Landorus, dan thundurus yang berkeliaran di seluruh wilayah Hisui. Untuk menemukan ketiga Pokemon itu sendiri sebenarnya sudah menjadi tantangan tersendiri, karena level Pokemon serta cara untuk bisa bertemu dengan mereka.

Setelah kemudian para pemain berhasil mendapatkan ketiga Pokemon, barulah mereka akan bisa bertarung menghadapi salah satu Pokemon yang paling sulit untuk ditangkap yaitu Enamorus. Sebenarnya, menghadapi Enamorus mirip seperti bertarung atau menangkap ketiga Forces of Nature sebelumnya. Hanya saja perlu persyaratan khusus dan berbagai hal lainnya sebelum bisa bertemu dengan Pokemon ini.

3 Tapu Bulu

Game Pokemon dari Gen 7, Pokemon Sun and Moon, dianggap sebagai game terbaik yang ada di franchisenya. Dan dengan banyaknya tambahan Pokemon baru, ada beberapa Pokemon yang cukup mencolok di mana mereka sangat sulit untuk ditangkap. Para Pokemon yang masuk kategori Ultra Beasts memang jadi salah satu daya tarik utama dari game tersebut, namun merekaa relatif mudah untuk ditangkap.

Terdapat satu Pokemon yang dianggap sulit untuk ditangkap di game ini, yaitu Pokemon pelindung dari pulau Ula’ula yaitu Tapu Bulu. Ada beberapa poin alasan mengapa kemudian Pokemon ini jadi yang paling sulit ditangkap. Yang pertama adalah rate atau peluang untuk bisa ditangkap sangat rendah. Hal ini sama dengan berbagai Pokemon yang termasuk Guardian Deities da Legendary lainnya.

Alasan kedua adalah Tapu Bulu memiliki ATK stat dasar yang bisa dibilang sangat dahsyat. Hal tersebut membuat Tapu Bulu sebagai Pokemon yang sangat sulit untuk dikalahkan dan bahkan membuat Pokemon yang dipilih oleh para pemain bisa kalah dengan sangat cepat. Dan mereka yang justru lebih memilih fokus untuk menangkap terlebih dahulu akan sangat kesulitan bertahan bahkan akhirnya kalah dengan mudah.

2 Gholdengo

Gholdengo sebenarnya bukan Pokemon yang berstatus Legendary seperti kebanyakan Pokemon di atas, apalagi memiliki rate yang sangat kecil untuk ditangkap. Meskipun begitu, bukan berarti makhluk ini tidak mudah untuk ditangkap. Pertama kali muncl di game Gen 9, yaitu Pokemon Scarlet and Violet, butuh perjuangan yang tidak mudah dari para pemain.

Untuk bisa mendapatkan Gholdengo, para pemain perlu membuat Gimmighoul berevolusi. Dan untuk bisa melakukannya, para pemain sebelumnya perlu mengumpulkan 999 Gimmighould Coins yang ada di sekitar Paldea. Semua koin tersebut bisa para pemain dapatkan ketika mereka berhasil untuk mengalahkan Gimmighoul lainnya. Chest Form Gimmighoul memberikan nilai yang cukup banyak daripada yang Gimmighoul biasa.

Sebenarnya, tidak ada yang istimewa atau berlebihan dari misi yang harus dilakukan sebelumnya untuk bisa mendapatkan Gholdengo. Bahkan bisa dibilang misinya sangat sederhana. Meskipun begitu, perlu dedikasi tinggi dari para pemain karena mengumpulkan koin-koin tersebut tentunya akan menyita waktu yang sangat banyak. Dan yang menarik, ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi di gamenya.

1 Arceus

Pokemon yang paling sulit ditangkap dalam sejarah yang terakhir tidak lain adalah Arceus. Pokemon ini memiliki reputasi yang luar biasa di kalangan fans sebagai dewa Pokemon untuk urusan paling sulit untuk ditangkap. Sebelumnya, Arceus merupakan Pokemon yang eksklusif muncul di sebuah event. Namun, akhirnya, para bisa menangkapnya dalam game Pokemon Legends: Arceus.

Ada beberapa persyaratan khusus untuk bisa menangkap Arceus, yang membuat Pokemon ini butuh usaha yang ekstra untuk menangkapnya. Langkah pertama yang harus para pemain lakukan adalah menyelesaikan seluruh misi utama dalam ceritanya. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menangkap setiap Pokemon yang ada di gamenya, kecuali Shaymin, Pione, Manaphy, dan Darkhai.

Setelah itu, barulah para pemain akan menghadapi pertarungan yang paling melelahkan dan sulit. Mereka harus menghindar dengan sangat cepat dan cermat dari serangan Arceus yang sangat kuat. Ada beberapa momen yang bisa dimanfaatkan pemain untuk menyerang Arceus. Total kurang lebih ada empat kali pertarungan yang harus dihadapi para pemain dalam menghadapi Arceus sebelum bisa menangkapnya.

Menangkap Pokemon, apalagi yang langka dan kuat, tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pemain di gamenya. Meskipun begitu, mayoritas Pokemon bisa dibilang mudah untuk ditangkap oleh para pemain. Namun, ada beberapa Pokemon yang memiliki reputasi sangat sulit untuk ditangkap.

Exit mobile version