Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film R-Rated Paling Sukses Sepanjang Sejarah!

10 Film R-Rated Paling Sukses Sepanjang Sejarah!

Film dengan rating R-Rated nyatanya tidak selamanya merugi, karena beberapa film ini justru sukses dalam sejarah perfilman. Film dengan rating Restricted atau R-Rated sering dianggap film yang kurang mendapatkan sorotan. Pasalnya, segmen pasar untuk film ini bisa dibilang sangat terbatas. Hal ini berbeda dengan film dengan rating mayoritas yang banyak bermunculan setiap tahunnya. Meskipun begitu, beberapa film R-Rated ini justru paling sukses dalam sejarah dengan pemasukan yang fantastis. Apa saja?

10 The Hangover Part II

The Hangover mengisahkan tiga orang pria bernama Stu, Alan, dan Phil di mana mereka adalah sahabat. Ketika salah satu dari mereka hendak menikah, ketiga sahabat ini memutuskan untuk mengakhiri masa lajang mereka dengan pergi ke Las Vegas. Namun, karena mereka terlalu banyak minum minuman beralkohol banyak hal konyol dan mengerikan yang terjadi kepada mereka.

Peristiwa tersebut kembali terulang di film sekuelnya, The Hangover Part II, yang mana film ini jauh lebih sukses dibandingkan film sebelumnya. Bahkan, film The Hangover Part II diketahui berhasil mengantongi pemasukan sebesar 586 juta Dollar Amerika yang mana nilai ini jauh lebih besar daripada film pertama yang hanya mengantongi pemasukan sebesar 465 juta Dollar Amerika dari box office seluruh dunia.

Sebenarnya, jika dibandingkan dengan film pertama formula ceritanya sendiri sangat persis. Hanya perubahan setting tempat yang kemudian membedakannya dengan film pertama dan misi di film ini yaitu menemukan seseorang. Banyak pihak yang mengkiritik film ini dan ulasannya sendiri tidak terlalu bagus. Namun, hal itu tidak membuat orang-orang berhenti untuk menyaksikan filmnya.

9 The Passion Of The Christ

The Passion of the Christ merupakan film religi sekaligus kontroversial yang dibuat oleh Mel Gibson tentang hari-hari terakhir dari Yesus. Ada banyak hal aneh yang terjadi di lokasi shooting dari film tersebut. Pertama, kru yang sama terkena sambaran petir dua kali dalam dua kejadian yang berbeda. Bahkan, aktor yang memerankan sosok Yesus, Jim Caviezel, juga terkena sambaran petir.

Terlepas dari semua kejadian tersebut, sang aktor mampu bertahan dan menyelesaikan filmnya. Mel Gibson juga mengalami nasib yang sama, karena setelah membintangi filmnya, dia mengalami penurunan kariernya dalam industri film. Meskipun banyak kejadian buruk terjadi saat proses produksi, film ini nyatanya bukan hanya jadi salah satu film R-Rated paling sukses dalam sejarah namun juga yang terbesar dalam sejarah Amerika.

Biasanya, banyak film Hollywood yang akan sukses besar setelah dipasarkan ke seluruh dunia atau di luar Amerika. Namun, yang menarik kemudian adalah film ini justru mendapatkan pemasukan yang paling besar dari Amerika. Total pemasukan film ini dari seluruh Amerika mencapai 370 juta Dollar, sedangkan dari seluruh dunia hanya 241 juta Dollar dengan total mencapai 612 juta Dollar Amerika.

8 Logan

Logan merupakan film terakhir dari Hugh Jackman untuk perannya sebagai Wolverine, sebelum kemudian dia kembali di tahun 2023 kemarin. Film ini merupakan bagian dari franchise X-Men garapan Fox yang menghadirkan karakter Wolverine. Sedari awal, film ini memang sudah sengaja ditunjukan untuk para penonton yang dewasa. Hal ini berdasarkan rating film yang diberikan untuk filmnya.

Logan memang banyak menghadirkan adegan mengerikan dan berbagai hal brutal yang kurang pas ditonton oleh anak-anak. Hal ini karena filmnya memang ingin menghadirkan sisi liar dan brutal dari Wolverine, seperti apa yang muncul di komiknya. Dan inilah alasan mengapa rating filmnya kemudian adalah Restricted. Meskipun begitu, nyatanya banyak fans senang dengan film ini.

Fillm Logan diketahui berhasil mengantongi jumlah pemasukan sebesar 619 juta Dollar Amerika. Ini menjadi salah satu film terakhir yang dihadirkan oleh rumah produksi 20th Century Fox sebelumm kemudian diambil alih oleh Disney. Dan yang menarik kemudian adalah sosok Wolverine sendiri akan kembali muncul di film Deadpool 3. Para fans pun menantikan kemunculan kembali dari karakternya.

7 Detective Chinatown 3

Ini adalah film R-Rated satu-satunya dalam sejarah yang berhasil meraih keuntungan besar dari jadi salah satu film R-Rated paling sukses dalam sejarah. Detective Chinatown 3 diketahui hanya rilis di beberapa negara saja seperti China, Hong Kong, Selandia Baru, dan Australia. Total pemasukan yang mereka dapatkan dari beberapa negara tersebut mencapai 686 juta Dollar Amerika.

Dengan angka tersebut, Detective Chinatown 3 menduduki posisi kedua tertinggi dalam box office internassional. Franchise Detective Chinatown sendiri sebenarnya merupakan sebuah franchise yang sangat populer khususnya di China, meskipun popularitasnya sendiri gaungnya cukup terdengar di luar negara tersebut. Di negara China sendiri bahkan ini menjadi film ketujuh dengan pemasukan paling besar dalam sejarah, satu tingkat di atas Avengers: Endgame.

Selain mendapatkan pencapaian yang luar biasa seperti yang disebutkan di atas, yang juga luar biasa adalah film ini menghadirkan beberapa rekor lainnya. Contohnya adalah film dengan pemasukan paling besar di awal pekan. Juga, film ini menjadi film non-Amerika dengan pemasukan yang paling besar dalam sejarah.

6 IT

Film R-Rated paling sukses dalam sejarah selanjutnya adalah IT. Film ini dirilis pada tahun 2017 dan disutradarai oleh Andy Muschietti. IT sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak film yang merupakan hasil adaptasi dari novel Stephen King yang terbit pada tahun 1986. Film ini mengambil setting tempat di sebuah kota kecil bernama Derry, di mana sekelompok anak yang dikenal sebagai The Losers’ Club menghadapi kemunculan Pennywise.

Pennywise merupakan sosok yang mengerikan yang muncul setiap 27 tahun untuk mengincar dan memakan anak-anak di kota tersebut. Pennywise menjadi teror yang mengerikan di kota tersebut ddan anak-anak itu berusaha untuk menghadapi sang badut mengerikan. Dan setelah film pertama sukses besar, Warner Bros membuat sekuelnya, IT: Chapter Two yang rilis tahun 2019.

Film IT diketahui menjadi film horor dengan pemasukan paling besar di sepanjang sejarah. Beberapa catatan rekor juga dihadirkan dalam perilisan film ini. Contohnya adalah IT jadi film horor dengan tiket pre-sales paling laris sepanjang sejarah, yang mana angkanya sendiri bersaing dengan berbagai film horor populer lainnya seperti The Conjuring 2, Get Out, dan sebagainya. Total pemasukan film IT mencapai 701 juta Dollar Amerika.

5 The Matrix Reloaded

The Matrix Reloaded disutradarai oleh Wachowski Bersaudara dan merupakan film ketiga dari trilogi awal The Matrix. The Matrix Reloaded masih menghadirkan kelanjutan dari cerita tiga protagonis utama dalam filmnya yaitu Neo, Trinity, dan Morpheus sekaligus menjadi film terakhir dalam trilogi tersebut. Filmnya sendiri bersetting enam bulan pasca apa yang terjadi di film The Matrix.

Selain menghadirkan cerita tentang ketiga karakter tersebut dan juga petualangan Neo di dunia the Matrix, film The Matrix Reloaded juga menghadirkan cerita cinta antara Neo dan Trinity. Juga, kita melihat bagaimana Neo pada akhirnya bisa memahami dan mengetahui bagaimana sistem dan juga kreasi dari the Matrix. Neo juga memiliki misi lain yaitu menyelamatkan Keymaker dari para Merovingan atas perintah Oracle

Meskipun banyak yang menganggap film ini sebenarnya kurang menarik secara plot, yang mana banyak pihak memberikan ulasan negatif terkait filmnya, namun The Matrix Reloaded bisa dibilang cukup sukses secara komersil di mana mereka mengantongi 741 juta Dollar Amerika.

4 Deadpool

Rasanya, untuk yang sang satu ini Geeks sudah sangat familiar. Karakter Deadpool merupakan tokoh fiksi yang paling gila dan terkenal di jagad Marvel. Pasalnya, karakter ini merupakan mutan yang memiliki skill bertarung luar biasa. Selain itu, Deadpool juga terkenal dengan ketahanan tubuhnya yang mirip seperti Wolverine. Oleh sebab itu, Deadpool susah untuk dibunuh.

Karakternya yang unik dan menarik itulah yang membuat 20th Century Fox tertarik untuk menghadirkan filmnya. Dan pasca peirlisannya di tahun 2016, film ini benar-benar sukses di pasaran. Deadpool berhasil mengantongi 782 juta Dollar, yang mana film ini bukan hanya jadi salah satu film R-Rated paling sukses sepanjang sejarah namun juga sempat menduduki film superhero paling sukses sebelum digeser Avengers: Endgame.

Kesuksessan dari film Deadpool sendiri sebenarnya tida lepas dari peristiwa kontroversial di mana di tahun 2014 sempat bocoran footage test film ini. Banyak fans yang senang dan menyambut baik proyeknya. Dan hasilnya, seperti yang disebutkan di atas jika ini jadi film R-Rated paling sukses dan film superhero paling sukses.

3 Deadpool 2

Kesuksesan dari Deadpool pertama kemudian dilanjutkan dalam film sekuelnya, yaitu Deadpool 2. Namun, di film kedua ini sebenarnya sebagian besar fans tidak lagi terlalu antusias dan dianggap kurang fresh jika membandingkannya dengan film pertama. Meskiun begitu, film ini tetap berhasil melampaui jumlah pendapatkan film pertamanya meskipun margin perbedaanya tipis.

Jika film Deadpool pertama berhasil megantongi pemasukan sebesar 781 juta Dollar Amerika, maka Deadpool 2 berhasil membawa pulang jumlah pemasukan sebesar 785 juta Dollar Amerika. Deadpool 2 merupakan sebuah film aksi yang menyenangkan, penuh dengan humor, dan bahkan humor yang dihadirkan dalam film ini jauh lebih banyak dan luar biasa daripada film perdananya.

Kemunculan sosok Josh Brolin yang berperan sebagai Cable dan juga Zazie Beetz yang berperan sebagai Domino, dianggap sebagai sebuah kombinasi yang menarik. Pasalnya, kedua aktor dan karakter itu berhasil menghadirkan chemistry komedi yang baik dengan Ryan Reynolds. Humor yang dihadirkan dan juga alur ceritanya, membuat film ini terbatas untuk sebagian penonton.

2 Oppenheimer

Oppenheimer berhasil mencatatkan rekor luar biasa di box office meskipun muncul dengan genre biopik dan juga memiliki rating Restricted. Oppenheimer sendiri merupakan mahakarya lainnya dari sosok sutradara Christopher Nolan. Filmnya sendiri menceritakan tentang kehidupan dan sisi lain dari sosok fisikawan terkenal yang menjadi pencipta bom nuklir, yaitu J. Robert Oppenheimer.

Para penonton diperlihatkan cerita tentang awal mula bagaimana Oppenheimer bisa menciptakan rumus yang berujung pada terciptanya bom atom. Kita juga melihat bagaimana kemudian dia bisa terlibat dalam Manhattan Project. Meskipun bergenre biopik serta memiliki rating Restricted, nyatanya film ini benar-benar bertabur bintang Hollywood ternama mulai dari Cillian Murphy, Emily Blunt, Florence Pugh, Matt Damon, bahkan hingga Robert Downey, Jr.

Bukti kesuksesan dahsyat dari film ini adalah Oppenheimer berhasil membukukan pemasukan di angka 946 juta Dollar Amerika di minggu pertamanya, sebelum kemudian berhasil mendapatkan 1 milliar Dollar Amerika. Angka tersebut menjadikan Oppenheimer sebagai film biopik paling laris di dunia dan paling laris sepanjang masa. Angka tersebut berhasil melampaui dua film biopik sukses lainnya yaitu The American Sniper yang mendapatkan pemasukan sebesar 547.7 juta Dollar Amerika dan The Greatest Showman di angka 435.7 juta Dollar Amerika.

1 Joker

Film R-Rated paling sukses sepanjang sejarah yang terakhir adalah Joker. Seperti halnya Oppenheimer dan beberapa fillm di atas, para fans benar-benar sangat penasaran dengan film Joker. Apalagi, Todd Phillips menghadirkan alur cerita yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Belum lagi, berbagai teaser yang dihadirkan oleh Todd Phillips semakin membuat fans penasaran dengan film ini.

Sosok Joker dalam film ini diketahui memiliki nama asli Arthur Fleck, di mana awalnya dia hanya seorang komedian yang hidup dalam kemiskinan dan mengalami berbagai kesulitan dalam hidupnya. Seiring berjalannya waktu, Arthur mengalami transformasi yang drastis menjadi Joker, sehingga akhirnya menjadi penjahat dan psikopat kejam. Hal tersebut terjadi setelah dia menghabisi tiga pegawai Wayne Enterprises.

Kesuksesan dari film garapan Todd Philllips ini menjadikan Joker sebuah fenomena baru di tahun 2019. Joaquin Phoenix dianggap sukses melanjutkan “warisan” peran dari Joker. Film ini juga dianggap sebagai film yang dekat dengan kehidupan di dunia nyata, terutama mengenai kondisi sosial yang ada di dunia. Dengan semua faktor itu, rasanya wajar jika Joker berhasil kantongi 1,074 miliar Dollar Amerika.

Dengan penonton yang terbatas, di mana hanya penonton dewasa saja yang bisa menyaksikan film dengan rating Resticted, nyatanya tidak membuat beberapa film gagal di pasaran. Justru, mereka berhasil meraup keuntungan yang besar. Hal ini karena film tersebut menghadirkan formula yang tepat untuk meraih perhatian banyak orang.

Exit mobile version