Home OTAKU OTAKU FEATURES 8 Bencana Besar di Dunia Anime!

8 Bencana Besar di Dunia Anime!

Dalam alur cerita anime, bencana besar terkadang menjadi sebuah awal cerita dan peristiwa penting di universe tersebut. Terkadang, dalam cerita di series anime sebuah peristiwa besar terjadi yang mana kemudian peristiwa tersebut terkadang menjadi sesuatu yang penting yang memengaruhi alurnya. Bahkan, beberapa bencana atau peristiwa penting tersebut menjadi awal mula dari berbagai cerita di seriesnya. Berikut adalah berbagai bencana besar di dunia anime.

8 Kehancuran Planet Namek

Bencana besar di dunia anime yang pertama adalah kehancuran planet Namek. Ini menjadi salah satu bencana besar yang paling populer di kalangan fans. Planet Namek merupakan sebuah planet di universe Dragon Ball yang mana kemudian jadi tempat yang penting untuk dimulainya alur cerita di series Dragon ball Z. Planet ini jadi setting cerita untuk series anime tersebut.

Planet Namek menghadirkan cerita di mana para karakter protagonis berada jauh dari rumah mereka. Dan banyak hal yang terjadi dan berbeda di planet tersebut. Dalam arc ini, para fans kemudian diperkenalkan dengan sosok villain yang populer yaitu Frieza. Kemudian, dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Vegeta bergabung dengan para Z Fighters untuk menghadapi sang villain.

Namun, dalam ceritanya kemudian diperlihatkan bagaimana planet Namek hancur di tangan Frieza. Dan kehancuran planet Namek ini yang kemudian menjadi pemicu bagi perubahan besar yang ada di franchise Dragon Ball kedepannya. Setelah Namek, bumi kemudian menjadi target selanjutnya mulai dari Frieza, Babidi, bahkan sampai sang Dewa Penghancur, Beerus, itu sendiri.

7 Euphemia’s Declaration

Code Geass pada awalnya mungkin dilihat sebagai salah satu anime bertema mecha yang kemudian menjadi “rival” bagi series sejenis. Animenya menghadirkan sosok protagonis bertopeng yang memiliki kekuatan super, di mana dia berusaha untuk menggulingkan kekuasaan dari Britannian Empire. Lelouch Lamperouge merupakan sosok protagonis utama yang dimaksud.

Dalam ceritanya dijelaskan jika Lelouch memiliki kemampuan super bernama Geass, di mana dia mampu mengendalikan atau memerintah orang-orang untuk mengikuti apa yang dia inginkan. Pada awalnya, Lelouch mampu mengendalikan kekuatan dahsyat tersebut. Namun, dalam salah satu momen mengharukan di seriesnya diperlihatkan bagaimana dia mengatakan kepada adiknya, Euphimia, untuk menghabisi seluruh penduduk yang ada.

Sebenarnya, itu merupakan hal yang tidak diinginkan oleh Lelouch dan adiknya. Namun, ketika Geass tersebut bangkit dan tidak terkendali dan Euphimia yang meminta hal tersebut akhirnya semua itu terjadi. Kekacauan, kehancuran, pertumpahan darah, dan bahkan kematian dari Euphimia sendiri menjadi efek yang muncul. Lelouch pun sangat terpukul dengan hal ini.

6 Quincy Invasion

Quincy Invasion atau Invasi bangsa Quincy merupakan bencana besar yang terjadi dalam alur cerita di series anime Bleach. Bencana besar ini memperlihatkan bagaimana bangsa Quincy menyerang dan berusaha untuk menghancurkan Soul Society. Meskipun mereka adalah pihak yang kuat, serangan atau invasi dari bangsa Quincy ini tetap sangat mengejutkan karena terjadi sangat cepat.

Mereka datang tanpa peringatan terlebih dahulu dan menghabisi nyawa dari salah satu pemimpin kelompok pertama, Chojiro Sasakibe. Mereka sengaja melakukan hal tersebut sebagai peringatan kepada para Soul Society yang lain. Namun, beberapa hari kemudian para Quincy kembali menyerbu dengan kekuatan penuh dan mengarah pada Seireitei atau empat gerbang utama menuju Soul Society.

Ribuan Soul Reapers tewas dalam momen tersebut, mulai dari mereka yang pangkatnya rendah sampai yang paling tinggi sekalipun. Soul Reapers nampak tidak berdaya untuk menghadapi serangan tersebut dan mereka hanya terselamatkan ketika para Quincy memutuskan untuk mundur. Banyak karakter yang tewas dan tidak bisa lagi bertarung akibat penyerangan ini, meskipun kemudian Soul Society berusaha untuk melawan balik di akhir cerita.

5 Near-Third Impact

Dalam film kedua Rebuild of Evangelion, berbagai peristiwa mulai mengalami perbedaan dan perubahan dari alur cerita yang muncul di series awalnya. Dan hal tersebut dimulai ketika Shinji berjuang sendiri untuk yang pertama kalinya ketika dia mencoba untuk melindungi Rei. Secara ajaib, Unit 01 kembali menyala dan hidup, meskipun harus mengalami kekuatan daya. Shinju pun kemudian diperlihatkan mampu untuk mengalahkan Tenth Angel.

Namun, kejutan pun muncul. Hal mengerikan tidak berhenti muncul meskipun kemudian dia berhasil menyelamatkan sosok Rei. Sosok Evangelion mulai mengalami perubahan dan menyala, sinyal raksasa dari Rei pun muncul, yang mana hal tersebut menjadi tanda mengenai kemunculan dari bencana besar di dunia anime yaitu Third Impact. Bencana ini kemudian berhasil dihentikan ketika Kaworu muncul.

Kaworu muncul dengan Spear of Cassius dan berhasil melumpuhkan Unit 01 dan kemudian menghentiknnya. Sayangnya, hal mengerikan tidak berhenti sampai di situ di mana Shinji harus kehilangan kendali atas tubuhnya selama 14 tahun sebelum dia kembali hidup. Namun, situasi sudah berubah drastis ketika dia kembali. Apa yang terjadi di film ini menjadi awal mula berbagai perubahan yang terjadi di franchisenya.

4 Paranormal Liberation War

Paranormal Liberation War merupakan sebuah bencana besar yang mmuncul dalam series anime My Hero Academia di musim keenam. Arc ini menghadirkan cerita di mana pada awalnya para superhero melancarkan sebuah operasi besar-besaran untuk menghentikan sebuah rencana besar yang sudah dibangun oleh para supervillain. Pada intinya, mereka ingin menghancurkan seluruh wilayah Jepang.

Namun, semuanya kemudian berubah secara drastis ketika Shigaraki ditemukan di dalam sebuah tabung yang Miruko hancurkan. Dengan menggunakan Quirk Decay miliknya, Shigaraki pun kemudian mengubah situasi menjadi horor dan mengerikan. Dalam peristiwa tersebut Quirk Decay yang dia hadirkan berhasil menghabisi nyawa para hero dan juga orang-orang tidak berdosa lainnya.

Shigaraki kemudian mengaktifkan Gigantomachia yang menjadi awal dari kehancuran lainnya. Namun, situasi menjadi tidak terkendali karena Gigantomachia bukan hanya menghadirkan korban di pihak hero melainkan juga di pihak para villain. Kondisi kemudian diperburuk dengan fakta jika Dabi adalah anak dari Endeavor. Hal ini membuat masyarakat tidak lagi percaya para hero dan situasi menjadi kacau balau.

3 Petrification

Dr. Stone merupakan salah satu series shonen populer yang popularitasnya tidak seperti My Hero Academia. Namun, series ini menghadirkan sebuah cerita yang menarik dan unik yang bahkan banyak dipuji oleh banyak fans. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Senku Ishigami yang berusaha untuk mengembalikan peradaban umat manusia yang mana semuanya berubah menjadi batu.

Di awal cerita Dr. Stone, bumi tidak ada bedanya seperti yang kita kenal sekarang. Sampai kemudian sebuah bencana besar terjadi yang disebut sebagai Perification atau perubahan zaman kembali ke zaman batu. Bencana ini terjadi setelah sebuah meteor menimpa bumi yang kemudian membuaat semua hal yang ada berubah menjadi batu, bahkan Senku sendiri sebelum temannya kemudian berhasil mengembalikannya seperti semula.

Apa yang membuat bencana besar Petrification terjadi menjadi pertanyaan besar yang menjadi inti cerita dari Dr. Stone. Akibat dari bencana besar ini, manusia berusaha untuk membangun peradaban dan peralatan dari benda dan alat sederhana. Misalnya, bagaimana Senku ingin membuat kendaraan yang kemudian butuh material dan waktu serta tenaga untuk bisa membuatnya.

2 Great War

Perang besar merupakan sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi dalam alur cerita One Piece. Peristiwa ini sendiri terjadi sekitar 800-900 tahun yang lalu sebelum masa sekarang. Pada saat itu, 20 kerajaan membentuk sebuah kekuatan besar demi mengalahkan sebuah kerajaan besar yang disebut Ancient Kingdom atau kerajaan kuno. Aliansi 20 kerajaan tersebut pada akhirnya berhasil mengalahkan Ancient Kingdom.

Kemenangan aliansi 20 kerajaan atas Kerajaan Kuno membuat mereka kemudian memutuskan untuk membentuk sebuah organisasi yang sekarang dikenal sebagai World Government. Apa yang kemudian menjadi penyebab perang tersebut masih jadi sebuah pertanyaan besar yang belum terjawab hingga sekarang dan jadi salah satu misteri besar di seriesnya.

Banyak spekulasi yang kemudian muncul di kalangan fans terkait hal ini, misalnya ada kaitannya dengan teknologi yang dimiliki oleh Kerajaan Kuno. Bahkan, terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika sebenarnya setting cerita dari One Piece merupakan post-apocalypse di mana di masa sebelumnya dunia One Piece adalah dunia modern. Namun, Great War yang kemudian merubahnya.

1 Void Century

Abad yang hilang atau Void Century jadi bencana besar di dunia anime terakhir dalam daftar ini. Mungkin, Abad Kekosongan atau Abad yang Hilang ini bukan bencana besar seperti peristiwa di atas. Namun, peristiwa ini masih bisa tetap dianggap sebagai bencana besar karena implikasi yang dihadirkan. Dalam hal ini, semua orang tidak boleh mencari tahu atau mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada masa lalu.

Sebenarnya, semua hal yang terjadi pada masa lalu tercatat di sebuah artefak yang disebut sebagai Poneglyph. Namun, World Government kemudian berusaha menghilangkan berbagai bukti sejarah yang ada yang berkaitan dengan masa lalu. Hampir tidak ada sama sekali catatan yang mengulas tentang masa lalu, yang mana kemudian inilah penyebab dari Abad Kekosongan.

World Government sendiri melarang siapapun pihak untuk meneliti atau mencari tahu tentang Abad Kekosongan. Mereka melarang semua orang melakukan penelitian terhadap Poneglyph yang ada. Meskipun Abad Kekosongan bukan merupakan sebuah bencana besar seperti halnya Great War, namun ini jadi sebuah bencana sejarah yang tentunya berkaitan dengan nasib umat manusia.

Anime memang tidak jarang menggunakan plot twist yang muncul tiba-tiba untuk membuat para penonton terkejut dengan alur ceritanya. Selain itu, strategi itu juga digunakan agar para fans tetap tertarik dengan ceritanya. Namun, ada beberapa series anime yang kemudian menghadirkan sesuatu yang berbeda di mana mereka menghadirkan bencana besar yang mengguncang seluruh dunia.

Exit mobile version