Home MOVIE MOVIE FEATURES 8 Aktor Hollywood yang Ikut Sekte Sesat!

8 Aktor Hollywood yang Ikut Sekte Sesat!

Beberapa aktor Hollywood ternyata diketahui bergabung dengan sekte sesat yang mana mungkin mengejutkan bagi para fansnya. Mencapai sebuah kesuksesan bagi sebagian orang tentunya merupakan cita-cita mereka sejak lama. Ketika hal itu sudah tercapai, tidak jarang kehidupan pribadi mereka akhirnya terungkap. Dan salah satu hal yang kemudian terungkap dari kehidupan aktor Hollywood adalah ternyata beberapa dari mereka ada yang ikut sekte sesat. Siapa saja?

8 Michelle Pfeiffer

Michelle Pfeiffer dikenal sebagai aktor yang memang sangat pemilih untuk urusan peran yang ditawarkan kepadanya. Sudah banyak peran besar yang dia tolak di sepanjang karirnya. Contohnya adalah karakter Clarice Starling yang merupakan salah satu karakter penting di film The Silence of the Lambs. Meskipun begitu, dia merupakan sosok aktris yang pernah masuk Academy Award.

Berasal dari wilayah California Selatan, Pfeiffer awalnya merupakan bintang muda yang kemudian tumbuh jadi sosok aktris populer. Dan setelah dia mulai memasuki Hollywood,  dia kemudian mulai mengenal berbagai hal dalam hidupnya. Salah satunya adalah ketika teman-temannya memperkenalkannya dengan sebuah sekte bernama ‘Breatharianism’ atau yang bisa disebut juga sebagai Inedia.

Breatharianism alias Inedia dianggap sebuah sekte sesat yang berbahaya, di mana menurut pengikunya air dan juga makanan bukanlah hal yang penting untuk menjaga kehidupan. Tidak sedikit anggota yang meninggal ketika mereka mempraktikan apa yang mereka percayai. Pfeiffer sendiri mengakui jika sekte ini banyak menguras uangnya, namun di sisi lain, sekte ini juga membantunya untuk mengurangi ketergantungannya terhadap hal-hal yang menyiksanya. Namun, dia kemudian menyadari bahwa ini adalah sesuatu yang berbahaya.

7 Jaden Smith

Pada awal kemunculannya di industri hiburan Hollywood, Jaden Smith sebenarnya berhasil meraih simpati dari banyak orang. Putra dari Will Smith dan Jada Pinkett Smith ini merupakan sosok anak kecil yang berhasil menarik minat banyak pihak, seperti studio film. Jaden Smith sempat jadi bintang di film remake Karate Kid, di mana dia berperan bersama dengan Jackie Chan.

Sayangnya, semenjak dia tumbuh remaja, Jaden justru lebih banyak mengundang kontroversi. Salah satunya adalah bagaimana dia terlibat dalam sebuah sekte sesat bernama Orgonite Society. Dalam sekte ini, para pengikutnya meyakini jika semua keseimbangan bumi, alam, dan kehidupan masyarakat bergantung pada sebuah batu mineral berbentuk piramid bernama Orgone.

Menurut mereka, batu mineral tersebut memiliki semacam energi yang bisa mengatur berbagai hal di bumi pertiwi. Orgone sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1930an oleh seorang dokter asal Austria dan psikologis bernama Wilhelm Reich. Selain Jaden Smith, adiknya, Willow Smith, dan juga mantan kekasihnya, Kylie Jenner, diketahui juga bergabung dengan sekte tersebut.

6 Val Kilmer

Aktor Hollywood yang bergabung dengan sekte sesat selanjutnya adalah Val Kilmer. Mulai dari Top Gun hingga film The Prince of Egypt bahkan Batman, Val Kilmer merupakan salah satu aktor yang multitalenta. Dia merupakan bintang di era 1980an dan 1990an. Namun, mulai memasuki era 2000an karir dari Val Kilmer memang harus diakui mulai meredup di mana dia mulai jarang muncul dalam berbagai judul film.

Val Kilmer diketahui bergabung dengan sebuah sekte bernama Christian Science. Sebenarnya, banyak yang memperdebatkan mengenai apakah ini merupakan sekte sesat atau bukan. Namun, mayoritas orang beranggapan jika ini merupakan hal yang sangat berbahaya. Christian Science merupakan kelompok religi di mana mereka cenderung menggunakan hal-hal metafisik untuk menyembuhkan berbagai hal.

Contohnya adalah berdoa atau menggunakan pikiran yang bersih dan tenang. Semua hal yang berkaitan dengan medis modern, seperti operasi, justru menjadi sesuatu yang dilarang. Val  Kilmer sendiri kemudian didiagnosa mengalami kanker tenggorakan pada 2014. Awalnya, dia tidak mau mendapatkan penanganan medis sebelum kemudian keluarganya akhirnya berhasil meyakinkan sang aktor untuk melakukan operasi. Pada 2017, Val Kilmer sempat menyebutkan jika pengobatan modern justru membuat orang-orang menderita. Namun, akhirnya, setelah anak-anaknya berhasil meyakinkan kembali Val Kilmer untuk melakukan kemoterapi akhirnya dia sembuh di awal 2024.

5 Elvis Presley

Siapa yang menduga jika aktor Hollywood sekaligus raja rock n roll, Elvis Presley pernah terlibat atau bergabung dalam sebuah sekte sesat. Yang parahnya adalah Elvis bergabung dengan sekte sesat tersebut ketika dia berada di masa jayanya. Nama sektenya sendiri adalah Self-Realization Fellowship, yang dibentuk oleh seseorang bernama Paramahansa Yogananda.

Sebenarnya, tidak ada yang istimewa dari sekte ini di mana yang mereka lakukan adalah melakukan yoga, mengatur pikiran, dan pernafasan. Sayangnya, yang kemudian mereka lakukan kepada Elvis yang dianggap sebagai sebuah tindakan kejahatan. Mereka dianggap berhasil mengeruk sebagian keuntungan atau harta kekayaan dari Elvis Presley. Bahkan, sekte ini hampir tidak pernah melakukan hal baik atau menolong seseorang. Menurut penuturan mantan istrinya, Elvis akhirnya memutuskan untuk tidak lagi berkomitmen dengan sekte tersebut.

4 Joaquin Phoenix

Joaquin Phoenix merupakan salah satu aktor Hollywood yang banyak dikenal orang. Dia banyak berperan di film-film populer seperti Gladiator, Signs, Walk the Line, dan Joker. Yang menarik kemudian adalah ternyata keluarga dari Joaquin Phoenix bergabung dalam sebuah sekte bernam Children of God yang kemudian berganti nama menjadi The Family International.

Sekte ini meyakini beberapa hal seperti reformasi spiritual, penyelamatan (salvation), dan kiamat dari anti-christ. Phoenix hidup berdampingan dengan sekte tersebut selama lebih dari satu dekade ketika keluarganya bepergian ke seluruh Amerika Selatan sebagai misionaris dari sekte tersebut. Namun, di tahun 1974, hal aneh mulai terjadi di mana sekte tersebut mulai melibatkan aktivitas seksual.

Para anggota wanita, yang disebut ‘fisherwoman,’ akan berusaha untuk mengajak laki-laki alias ‘fish’ untuk bergabung dengan sekte mereka. Donasi dan kontribusi yang mereka lakukan bisa dengan cara melakukan hubungan intim. Ini jadi sumber pemasukan finansial bagi sekte tersebut yang mana kemudian banyak anak lahir dari aktivitas tersebut. Karena adanya guncangan tersebut Phoenix dan keluarganya kemudian kembali ke Amerika pada 1978 dan menetap di Florida.

3 Russel Brand

Russel Brand merupakan sosok aktor yang mungkin kurang banyak dikenal publik. Namun, dia pernah membintangi beberapa film seperti Rock of Ages, Despicable Me, Forgetting Sarah Marshall, Arthur, dan yang paling baru adalah Death on Nile. Pada 2007, Russel Brand kemudian diketahui bergabung dengan sebuah sekte bernama Hare Khrishna yang menurutnya membantu mengatasi berbagai kecanduan dan masalah mentalnya.

Menurut informasi yang ada, Hare Krishna sendiri sebenarnya tidak ada bedanya dengan kelompok pemujaan lainnya. Namun, yang membedakan adalah mereka meyakini bahwa manusia memiliki hubungan dengan makanan. Mereka meyakini jika emosi yang dirasakan ketika memasak akan diturunkan ke makanan tersebut dan kemudian ke yang memakannya. Inilah yang membuat para pengikutnya tidak pernah makan di restoran.

Mereka juga adalah vegetarian dan meyakini jika memakan daging hewan adalah sesuatu yang melangar aturan tuhan dan akan memenuhi pikiran dan sikap mereka. Selain Russel Brand, sebenarnya ada beberapa nama lagi yang pernah bergabung dengan sekte ini seperti The Beatles, George Harrison, dan sebagainya.

2 Beberapa Aktor Populer

Scientology merupakan sekte sesat yang paling populer di kalangan aktor Hollywood. Mereka memiliki aturan yang kompleks, tingkatan anggota yang sangat banyak, memiliki pasukan sendiri, bahkan anggotanya terikat kontrak untuk jangka waktu yang lama. Dan yang paling populer adalah butuh banyak uang untuk bisa bergabung dengan sekte Scientology ini.

Scientology percaya pada hal-hal aneh, alien, sering mengejar mantan anggota, menargetkan orang-orang yang mengkritik mereka, dan bahkan menyusup ke gedung pemerintahan demi menghapus berbagai data kejahatan atau sikap negatif mereka. Mereka pernah menargetkan Matt Stone dan Trey Parker, yang merupakan kreator dari South Park, karena dianggap sebagai orang-orang yang berlawanan dengan ide mereka.

Scientology kemudian menugaskan pasukan mereka untuk melakukan berbagai tindakan kurang menyenangkan kepada keduanya. Mereka bahkan mengetahui di mana rumah keduanya, serta melakukan pemerasan terhadap keduanya. Banyak nama-nama besar yang diketahui bergabung dengan sekte ini seperti Juliette Lewis, John Travolta, dan bahkan Tom Cruise.

1 Allison Mack

Allison Mack merupakan aktor Hollywood yang gabung sekte sesat lainnya. Dia merupakan bintang di beberapa film dan series seperti 7th Heaven, Honey, We Shrunk Ourselves, dan Smallville. Mack sendiri bergabung dalam sebuah sekte sesat yang bernama NXIVM, yang sempat jadi heboh kala itu. Sekte ini hanya berisi para aktor Hollywood, yang mana mayoritas merupakan aktor berusia muda.

Proses rekrutmen mereka mirip skema Fonzie, di mana level perekrutannya memiliki bentuk seperti piramida. Allison Mack dan Keith Raniere merupakan pemimpin dari sekte ini. Yang kemudian jadi perhatian publik adalah bagaimana NXIVM ini pada awalnya merupakan perusahaan MLM yang berubah menjadi sebuah sekte seks sesat. Hal ini terbukti dari penandaan yang ada di tubuh para wanitanya.

Mereka akan mendapatkan tanda berupa inisial dari nama Raniere. Mereka akan menjadi ‘budak’ bagi para ‘tuan’ mereka. Para ‘budak’ tersebut akan mendapatkan perintah untuk merekrut ‘budak’ lainnya agar mereka bisa menjadi ‘tuan’ yang mana skema ini mirip seperti skema Fonzie dalam MLM. NXIVM akhirnya terendus oleh publik pada 2018 setelah Allison Mack dan yang lainnya dikeluarkan dari sekte tersebut.

Terlepas disengaja atau tidak, kabar mengenai aktor Hollywood yang bergabung dengan sekte sesat tentunya membuat para fans tercengang. Tentunya ada alasan mengapa mereka kemudian memutuskan untuk bergabung dengan sekte tersebut. Untungnya, beberapa dari mereka ada yang sudah berhasil keluar dari sana.

Exit mobile version