Home SERIES SERIES FEATURES 5 Rangers Tambahan yang Bukan Power Rangers!

5 Rangers Tambahan yang Bukan Power Rangers!

Dalam series Power Rangers Geeks tentunya tidak asing dengan Rangers tambahan, namun beberapa dari mereka bukan Rangers. Di mayoritas cerita Power Rangers, para Rangers umumnya berjumlah lima orang. Ada juga memang yang jumlahnya kurang dari itu. Dan yang menarik adalah tidak jarang juga tim Power Rangers mendapatkan anggota tambahan. Beberapa Rangers tambahan tersebut ternyata bukan Rangers atau kekuatannya berbeda dengan para Rangers utama. Siapa saja?

5 Robo Knight

Rangers tambahan yang bukan Rangers pertama adalah Robo Knight. Dalam cerita di series Power Rangers MegaForce, Robo Knight muncul sebagai bagian dari adegan mimpi yang muncul di episode perdana. Namun, Robot Knight akhirnya benar-benar muncul dalam alur ceritanya sebelas episode kemudian. Robo Knight ternyata bukanlah sosok karakter atau Rangers biasa.

Robo Knight sengaja diciptakan oleh Gosei berabad-abad sebelumnya. Gosei sendiri merupakan mentor dari Mega Rangers dan juga penerus dari mentor Mighty Morphin Power Rangers, Zordon. Sedari awal, tujuan terciptanya Robo Knight adalah sebagai pelindung bumi. Suatu hari, Robo Knight tiba-tiba pergi, meninggalkan bumi tanpa penjagaanya. Sampai kemudian serangan dari paasukan Warstar Insectoid yang menghadirkan kembali Robo Knight.

Pada awalnya, Robo Knight merupakan sosok yang dingin terhadap banyak orang. Hal ini akibat karakternya yang sudah ribuan tahun tidak berinteraksi di mana membuaat sistem mekanismenya kurang maksimal. Untungnya, para Mega Rangers berhasil mendapatkan kepercayaan dari Robo Knight. Hal itu bukan hanya membuat Robo Knight sebagai Rangers tambahan melainkan sebuah senjata yang luar biasa.

4 Void Knight

Karakter Void Knight pertama kali muncul di series Power Rangers Dino Fury pada 2021. Awalnya, dia muncul sebagai sosok villain di mana dia mengincar paraa Rangers dan juga menyiksas mereka di sepanjang musim perdana. Dengan mengumpulkan Sporix Beasts, Tarrick berusaha untuk menghidupkan kembali istrinya yang sedang koma, Santaura. Namun, petualangannya sebagai villain kemudian selesai.

Tarrick memutuskan untuk tidak lagi menjadi villain setelah istrinya sadar. Sayangnya, ternyata sang istri sangat ingin balas dendam yang akhirnya memaksa Tarrick kembali jahat dan menjadi Void King. Sementara, istrinya menjadi sosok Void Queen. Untungnya, Amelia Jones, Dino Fury Pink Rangers yang berubah jadi Cosmic Fury Red Rangers, berhasil menyadarkan Tarrick dari pengaruh Void Queen.

Tarrick sendiri ternyata bukan karakter biasa, di mana dia memanfaatkan Dino Knight Morpher yang sudah tidak lagi digunakan. Morpher tersebut kemudian dia gunakan untuk berubah menjadi Void Knight. Dia bahkan melakukan modifikasi terhadap Morpher demi mendapatkan kekuatan yang dia inginkan. Tarrick sebenarnya hampir berhasil melakukannya sebelum kemudian hancur.

3 Daggeron

Daggeron adalah salah satu Ancient Mystics, wujud dari kebaikan yang kekuatannya dipakai oleh para Mystic Rangers dari Power Rangers: Mystic Force. Dia adalah murid dari Leanbow, ayah dari Red Mystic Ranger, Nick Russel. Pengorbanannya selama Great Battle menyebabkannya hilang selama 19 tahun. Namun, ternyata Daggeron tidak hilang, melainkan mengurung dirinya sendiri di sebuah gua.

Hal ini dilakukannya agar Calindor, yang nantinya berubah menjadi antagonis utama bagi Mystic Ranger, tidak kabur. Selain terjebak di dalam gua, Daggeron dikutuk sehingga menjadi seekor katak. Namun dia kembali ke wujud manusianya setelah Madison Rocca, Mystic Ranger biru, menciumnya dan melepaskan kutukannya. Meskipun Daggeron menggunakan Solar Cell Morpher untuk berubah menjadi Solaris Knight, namun tanpa itu dia bukanlah siapa-iapa.

Meskipun begitu, Daggeron sendiri kemudian bisa bertransformasi menjadi sosok makhluk berwarna perak dan luar biasa di mana level kekuatannya sangat mengerikan. Dalam transformasi ini, Daggeron benar-benar menjadi sebuah kekuatan yang sulit untuk dihentikan. Hal ini terbukti ketika serangan mematikan Megahorn nampak tidak berpengaruh apa-apa terhadap Daggeron.

2 Magna Defender

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan Ranger satu ini. Seorang ksatria penyendiri dan musuh bebuyutan dari Scorpius, Magna Defender adalah salah satu Ranger yang pernah ikut peperangan epik yang terjadi 3,000 tahun lalu. Dia dipercaya sebagai penjaga dari Lights of Orion. Pada saat yang sama, dunia tempat tinggal Magna Defender diserang oleh Scorpius dan para monsternya.

Anak lelakinya, Zika, ditawan agar ayahnya tidak menyerang pasukan Scorpius. Sayangnya, Zika mati ketika dia hendak menyerang sang panglima perang serangga ini. Setelah kematian anaknya tersebut, Magna Defender berubah dari seorang ksatria yang bertarung demi keadilan dan perdamaian, menjadi seorang yang haus akan dendam. Aksi balas dendamnya ini dilakukan tanpa mempertimbangkan baik atau buruknya tindakannya dalam mencapai tujuan.

Magna Defender muncul dalam series Power Rangers Lost Galaxy. Mike Corbetti memiliki jiwa pejuang kuno dalam kekuatannya yang membuat dia menjadi sosok Magna Defender yang luar biasa. Sosok Magna Defender yang asli sempat memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi menyelamatkan dunianya, sebelum kemudian kekuatan itu diwariskan kepada mike. Dengan semua kompleksitas tersebut, Magna Defender jadi salah satu Ranger tambahan yang unik.

1 Phantom Ranger

Rasanya tidak ada yang jauh lebih unik dari Rangers tambahan selain sosok Phantom Ranger. Sebelum para Rangers tambahan yang bukan Rangers muncul di franchise ini, Phantom Ranger merupakan pionirnya. Dia melakukan hal tersebut dalam tujuh episode di series Power Rangers Turbo. Dia membuktikan jika kekuatannya sangat diandalkan dan jadi tambahan kekuatan yang selalu dibutuhkan.

Namun, yang menarik kemudian adalah BOOM! Studios menghadirkan alur cerita lainnya dari Phantom Rangers dalam versi komik. Muncul kembali di series Power Rangers Universe pada 2021, Phantom Ranger memiliki cerita masa lalu yang berbeda. Dalam ceritanya, Morphinaut ternyata adalah Phantom Ranger. Dia adalah ilmuwan kuno yang kemudian terjebak di Morphin Grid selama ratusan tahaun setelah mengetahui kemunculan Dark Specter.

Ketika dia kembali, Grid Energy benar-benar membuat Phantom Ranger jadi sesuatu yang sangat kuat. Bahkan, di komiknya diperlihatkan bagaimana Phantom Ranger menjadi salah satu lawan yang sepadan bagi sang villain mengerikan, Lord Drakkon. Namun, dia juga kemudian harus menjadi korban dari Dark Specter itu sendiri. Sekarang, dia masih terus bertarung menghadapi semua kekuatan jahat.

Salah satu keunikan dari Power Rangers adalah franchisenya tidak jarang menghadirkan karakter baru yang jadi sekutu mereka. Bisa berasal dari sosok villain, namun Ranger tambahan itu juga bisa berasal dari karakter lainnya. Contoh di atas adalah Rangers tambahan yang bukan secara resmi seorang Ranger.

Exit mobile version