Home COMIC COMIC FEATURES 8 Transformers Dengan Perubahan Wujud Paling Aneh!

8 Transformers Dengan Perubahan Wujud Paling Aneh!

Beberapa Transformers diketahui memiliki bentu perubahan wujud yang paling aneh, karena benda yang mereka tirukan sangat tidak biasa. Para Transformers merupakan robot bernyawa yang berasal dari planet Cybertron. Karena, mereka merupakan robot dengan ukuran yang sangat masif  tentunya mereka perlu cara untuk berbaur dan diketahui mereka sering berubah wujud ke berbagai bentuk sebagai wujud penyamaran mereka di bumi. Ada yang menjadi mobil, kendaraan tempur, motor, dan sebagainya. Namun, sebagian Transformers justru memiliki perubahan wujud yang aneh.

8 Shockwave – Senjata Terbang

Perubahan wujud Transformers paling aneh yang pertama adalah senjata terbang dari planet Cybertron. Bentuk penyamaran ini dilakukan oleh Shockwave, Decepticon paling populer nomor dua setelah Megatron. Shockwave adalah ilmuwan paling berbahaya di Cybertron. Dalam menciptakan sesuatu, Shockwave tidak pernah memikirkan hukum dan moral. Apalagi dia mendapat dukungan penuh dari Megatron.

Selain sebagai ilmuwan, Shockwave juga bertugas sebagai petarung bagi Decepticons. Dia sangat mengerikan dan kejam di medan pertempuran. Shockwave juga terkenal karena terkenal karena kecerdasannya dalam menyusun strategi. Bahkan, dengan rencana yang dia buat beberapa kali Shockwave berhasil menghentikan pasukan Autobots, termasuk Optimus Prime.

Terlepas dari hal tersebut, perubahan wujud dari Shockwave bisa dibilan gsangat aneh. Karena, dia bisa berubah menjadi senjata seukuran Transformers yang mana senjata tersebut merupakan milik planet Cybertron. Meskipun begitu, Shockwave juga bisa berubah ke ukuran “normal” namun memang sangat jarang terjadi. Dan konyolnya, meskipun bisa berubah jadi senjata tidak ada yang menggunakan senjata tersebut.

7 Perceptor – Mikroskop

Perceptor berbeda dengan robot-robot lain dalam cerita Transformers. Dia memang sudah lama menjadi bagian dari anggota Autobots sebelum perang sipil pecah, di bawah kepemimpinan Sentinel Prime. Ketika perang berlangsung, dia berperan sebagai seorang ilmuwan dan bekerja sama dengan Jetfire dalam menemukan Energon. Namun, dia juga pernah bertempur bersama dengan Ultra Magnus dan Springer dari divisi the Wrecker.

Perceptor pernah hampir tewas ketika akan menyelamatkan para Wreckers yang ditahan bersama dengan Kup. Ketika lukanya pulih, Perceptor kemudian menambahkan beberapa hal ke tubuhnya seperti lapisan pelindung tebal yang lebih kuat di dadanya dan sebuah kacamata target yang selalu dia pakai. Setelah kejadian tersebut, dirinya berubah dari seorang ilmuwan menjadi seorang sniper.

Entah disengaja atau tidak Perceeptor memiliki perubahan wujud yang sangat aneh, di mana dia bisa berubah menjadi sebuah mikroskop. Namun, seperti halnya senjata Cybertron dari Shockwave, ukuran dari mikroskop Perceptor ini lebih mirip seperti teleskop karena ukurannya yang sangat masif. Meskipun memiliki bentuk perubahan wujud yang aneh, Perceptor merupakan salah satu Transformers favorit para fans.

6 Reflector – Kamera Kuno

Rasaanya tidak ada yang berpikir jika Transformers akan memiliki bentuk perubahan wujud yang berkaitan dengan masa lalu. Hal ini karena teknologi planet Cybertron yang sangat canggih. Namun, yang unik kemudian adalah justru Reflector memanfaatkan hal tersebut sebagai wujud penyamarannya di mana dia memiliki bentuk sebagai sebuah kamera lama dengan lensa tunggal.

Namun, ada hal menarik lainnya yang kemudian muncul dari perwujudan ini. Selain lagi-lagi ukuran kameranya yang sangat masif, kamera lama tersebut sebenarnya bukan hanya berasal dari satu Decepticons saja melainkan tiga sekaligus. Mereka adalah Spectro, Spyglass, dan Viewfinder. Karena Reflector merupakan karakter yang berasal dari era 1980an, wajar jika banyak relate dengan bentuk perubahan wujud ini.

Yang juga unik adalah ternyata Reflector bukan hanya sekedar berubah menjadi kamera, namun dia bisa menggunakannya untuk mengambil gambar. Namun, harus diakui memang banyak fans yang merasa jika perubahan ini sangat konyol. Meskipun di era modern perubahan wujud Reflector dirubah menjadi senjata, namun popularitas perubahan ini jauh lebih tinggi di kalangan fans.

5 Toaster – Pemanggang Roti

Sesuai namanya, Toaster merupakan Transformers yang memiliki perubahan wujud paling aneh di mana dia berubah menjadi sebuah pemanggang roti atau panggangan roti. Toaster sendiri merupakan adik dari Blaster dan Karmen, yang merupakan bagian dari Autobots. Transformers ini diketahui belum pernah muncul dalam wujud aslinya di komik, namun dia diperlihatkan memiiki wujud seperti pemanggang roti biasa.

Namun, jika melihat apa yang disuguhkan dalam ceritanya Toaster sepertinya memang sengaja diciptakan sebagai sebuah karakter lelucon. Pasalnya, saudarinya, Karmen, memiliki bentuk perubahan yang juga sebenarnya tidak kalah aneh yaitu sebagai alat untuk mengeritingkan rambut. Toaster merupakan karakter lelucon eksklusif untuk komik The Transformers yang terbit hanya di Inggris.

Menurut informasinya, Toaster bisa muncul dalam cerita Transformer setelah seorang fan bertanya kepada kepada staff mengapa komputer dari Ark menampilkan sebuah gambar pemanggang roti yang jika diperhatikan bentuk pemanggang tersebut merupakan salah satu perubahan wujud seorang Autobot. Dan para staff pun kemudian menjawab dengan dengan lelucon juga jika pemanggang tersebut memang adalah Transformers. Bahkan, mereka pun sengaja membuat cerita di mana dia dikalahkan oleh Galvatron.

4 Signal Lancer – Lampu Lalu Lintas

Di era tahun 2000an, banyak sekali Transformers baru yang diperkenalkan dalam alur cerita kartun seperti Transformers: Cybertron. Salah satu Transformers baru yang diperkenalkan dalam ceritanya adalah Signal Lancer, yang merupakan bagian dari kelompok Autobot. Seperti halnya Toaster dan Reflector, Signal Lancer juga memiliki perubahan wujud yang aneh.

Perubahan wujud tersebut sesuai dengan namanya, di mana Signal Lancer berubah wujud menjadi sebuah lampu lalu lintas. Dalam ceritanya, Signal Lancer bertugas di tengah-tengah gurun pasir. Meskipun sangat jarang kendaraan atau mobil di tengah gurun, namun Signal Lancer benar-benar menjaga keamanan berkendara dengan sangat serius. Karena dia bertugas di tengah guru, Signal Lancer tidak memiliki banyak teman.

Satu-satunya teman dari Signal Lancer adlah Preaker, seorang Transformers yang netral yang memiliki perubahan wujud yaitu telepon umum. Kedua Transformers tersebut berhasil kabur dari perang saudara yang terjadi di Cybertron, di mana mereka kabur ke bumi. Awalnya, mereka menyamar menjadi peralatan sebelum berubah wujud seperti sekarang.

3 Soundwave – Boombox

Di era modern sekarang, Soundwave memiliki perubahan wujud sebagai sebuah kendaraan tempur yaitu Kendaraan Angkut Personil (APC) atau dia juga bisa berubah menjadi sebuah kendaraan yang besar. Namun, dahulu, Soundwave sempat menjadi Transformers dengan perubahan wujud yang aneh yaitu boombox atau radio tape kaset lengkap dengan sebuah kaset di dalamnya.

Yang kemudian membuat perubahan wujud Soundwave ini aneh adalah hal tersebut bisa dibilang hampir tidak memiliki fungsi sama sekali, apalagi ketika digunakan untuk bertempur. Di sisi lain, ukuran dari boombox tersebut juga sangat masif. Hal tersebut seolah membuat orang-orang bisa dengan mudah beranggapan jika itu merupakan Transformers yang sedang menyamar.

Namun, bentuk dari boombox tersebut tentunya sudah dianggap tidak lagi relevan atau ketinggalan zaman untuk era modern yang mana kemudian perubahan wujud Soundwave dirubah. Untuk Geeks yang lahir di era 1980an atau 1990an mungkin akan merasa relevan dan nostalgia dengan perubahan wujud Soundwave ini.

2 Ambulon – Kaki Kanan

Ambulon merupakan salah satu Transformers baru yang diperkenalkan di era modern. Karakternya muncul di tahun 2012 dalam komik The Transformers: More than Meets the Eye #4. Dia dianggap memiliki perubahan wujud yang paling aaneh dan juga konyol – bahkan dianggap tidak berguna juga – dalam sejarah Transformers. Perubahan wujud dari Ambulon adalah sebuah kaki.

Lebih tepatnya, Ambulon memlliki perubahan wujud untuk berubah menjadi sebuah kaki kanan. Namun, perubahan menjadi kaki kanan tersebut hanya terjadi ketika dia terkejut atau lengah. Meskipun begitu, perubahan Ambulon menjadi sebuah kaki memiliki cerita yang menyedihkan. Sebelumnya, Ambulon merupakan bagian dari Decepticons dan juga Transformers yang jadi subyek uji coba.

Ambulon merupakan Decepticon yang menjadi subyek eksperimen untuk menjadi sebuah Combicon. Namun, ketika kemudian dia malah membenci Decepticons karena kejahatan yang mereka lakukan hal itu memberikan pengaruh terhadap perubahan wujud dari Ambulon. Dia memutuskan bergabung dengan Autobots. Meskipun kisah masa lalunya menyedihkan, hal ini tidak membuat perubahan ini nampak konyol.

1 Strangehold – Menjadi Seekor Badak dan Pegulat

Dari semua perubahan wujud Transformers yang paling aneh Strangehold adalah juaranya. Dalam hal ini, bukan karena fungsi atau hal semacamnya melainkan perubahan wujud itu sendiri. Salah satu hal yang jadi inti cerita Transformers adalah bagaimana alien robot dari planet luar bersembunyi di bumi dengan menyamarkan wujud mereka menjadi kendaraan atau menjadi berbagai mesin lainnyaa.

Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh tim robot The Pretenders di mana mereka bertransformasi menirukan manusia atau menjadi manusia. Dari semua The Pretenders, Strangehold mungkin adalah yang dianggap paling aneh. Perubahan wujudnya adalah manusia yang memiliki kumis dan merupakan seorang pegulat profesional sesuatu yang tentunya sangat luar biasa.

Yang menarik juga adalah bahkan Strangehold selain bisa berubah wujud menjadi seorang pegulat profesional, dia bisa berubah wujud menjadi seekor badak. Bisa dibilang perubahan wujud dari Strangehold ini jauh lebih “meleset” daripada yang lainnya yang mana ketika mayoritas berubah wujud menjadi mesin atau benda, justru The Pretenders berubah wujud menjadi manusia.

Perubahan wujud atau alternatif mode dari para Transformers adalah salah satu daya tarik terbesar dari seriesnya. Inilah yang bahkan membuat para fans tertarik untuk mengikuti seriesnya. Namun, ketika mayoritas Transformers memiliki perubahan wujud yang menarik  justru sebagian lainnya memiliki perubahan yang wujud yang aneh.

Exit mobile version