Home OTAKU OTAKU FEATURES 8 Series Anime Paling Berpengaruh Dalam Sejarah!

8 Series Anime Paling Berpengaruh Dalam Sejarah!

Dalam perkembangannya terdapat beberapa judul anime yang paling berpengaruh dalam sejarah yang menentukan berbagai genre dan hal yang kita ketahui sekarang. Anime merupakan salah satu industri yang sangat besar yang perkembangannya tidak serta merta langsung diterima. Dan berbagai genre yang ada sekarang di dunia anime tidak terlepas dari peranan beberapa series ini. Berikut adalah series anima paling berpengaruh dalam sejarah.

8 Astro Boy

Series anime paling berpengaruh dalam sejarah yang pertama adalah Astro Boy. Rasanya semua fans setuju dengan hal ini, mengingat Astro Boy banyak menginspirasi berbagai jenis genre anime. Saat pertama kali tayang di TV Jepang pada 1963, Astro Boy memperkenalkan konsep anime dan juga genre mecha kepada banyak orang. Series ini memberikan perubahan konsep yang menarik dari cerita Pinocchio.

Yang membedakan kemudian adalah bukan boneka kayu yang menjadi protagonis utamanya melainkan robot. Yang juga luar biasanya adalah Astro Boy menjadi seri yang populer di luar Jepang, ketika genre mecha belum ada. Ceritanya sendiri berawal ketika Dr. Tenma kehilangan putranya dalam sebuah kecelakaan mobil. Karena rasa sedihnya tersebut, dia kemudian menciptakan robot bernama Astro yang mirip dengan putranya.

Dr. Tenma juga menanamkan ingatan dan emosi yang sama dengan sang anak, dengan berbagai peningkatan teknologi tinggi seperti kemampuan untuk terbang, kekuatan super, dan senjata. Astro Boy sendiri merupakan anime adaptasi dari manganya yang rilis pada 1952. Namun, ceritanya kemudian berakhir di tahun 1968. Anime Astro Boy sempat mendapatkan remake di tahun 1980an, yang justru jadi populer. Kepopuleran dari Astro Boy membuat serinya berkembang menjadi sebuah franchise yang epik.

7 Pokemon

Siapa yang tidak kenal dengan series anime Pokemon. Anime Pokemon pertama kali tayang pada tahun 1997 dan sejak itu seriesnya kemudian berlanjut bahkan hingga sekarang. Pokemon sendiri menceritakan petualangan seorang anak muda yang merupakan trainer atau pelatih para Pokemon atau Pocket Monster bernama Ash Ketchum alias Satoshi dan juga Pikachu di dunia yang penuh dengan monster eksotis.

Pokemon menghadirkan berbagai elemen yang menarik dalam cerita seriesnya, misalnya bagaimana para trainer melatih Pokemon mereka, bagaimana kemudian para trainer belajar tentang Pokemon mereka, dan sebagainya. pengaruh dari anime Pokemon benar-benar sangat luar biasa, bukan hanya franchise ini menjadi yang paling besar namun juga menciptakan genre baru.

Pasca kesuksesan Pokemon, berbagai franchise anime lainnya yang serupa pun muncul contohnya adalah Digimon, Yu-Gi-Oh!, Crush Gear, Beyblade, dan sebagainya. Pokemon benar-benar menghadirkan revolusi bagi anime, namun selain itu seriesnya juga menghadirkan revolusi bagi industri gaming. Dan kepopulerannya sendiri masih terus bertahan hingga sekarang.

6 Castle In The Sky

Tidak banyak animator dan juga pembuat film yang mampu memberikan kebahagiaan yang mampu dirasakan ke seluruh dunia. Studio Ghibli adalah salah satu diantaranya. Studio animasi legendaris ini sudah banyak menginspirasi orang-orang, dan juga industri animasi sejak awal 1960an. Tahun ini, studio Ghibli akan merayakan 80 tahun eksistensi mereka di industri animasi dan dunia perfilman.

Salah satu film yang populer dari Studo Ghibli adalah Castle in the Sky, yang merupakan film animasi pertama yang dibuat oleh studio animasi milik Hayao Miyazaki tersebut. Kesuksesan dari film inilah yang kemudian jadi pemicu bagi Miyazaki untuk menghadirkan berbagai film klasik lainnya seperti Spirited Away, My Neighbor Totoro, dan sebagainya. Film animasi ini menjadi pelopor anime degan kualitas visual yang luar biasa.

Berbagai film seperti A Silent Voice dan juga Suzume, merupakan contoh bagaimana kreator dari filmnya menghadirkan inspirasi atau terinspirasi dari film seperti Castle in the Sky. Selain dari segi visual sendiri, berbagai elemen lainnya dari film Castle in the Sky memberikan pengaruh besar bagi berbagai judul film animasi di era modern sekarang.

5 Sword Art Online

Banyak Geeks yang mungkin bingung mengapa Sword Art Online termasuk anime paling berpengaruh dalam sejarah. Seriesnya sendiri memang banyak menerima ulasan yang beragam. Namun, harus diakui jika pengaruh dari series ini benar-benar sangat luar biasa dan bahkan pengaruh tersebut masih terus berlangsung bahkan hingga sekarang di komunitas anime.

Sword Art Online dianggap memberikan pengaruh besar terhadap meledaknya tren anime dengan genre Isekai yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan. Buktinya adalah hampir separuh dari anime yang diproduksi setiap tahunnya – seperti tahun 2023 dan 2024 – bergenre Isekai. Bahkan, anime yang sedang populer saat ini pun mayoritas bergenre Isekai yang disusul dengan slice-of-life.

Salah satu alasan terbesar mengapa series seperti Re:Zero dan juga Mushoku Tensei mendapatkan adapatasi anime adalah karena kesuksesan dari anime Sword Art Online. Perkembangan dari genre Isekai pun kemudian ikut meledak pasca kesuksesan seriesnya, yang mana para fans menyenangi genre tersebut dan permintaan atau keinginan untuk series dengan genre tersebut pun meningkat.

4 Fist Of The North Star

Anime Fist of the North Star mungkin awalnya terdengar asing di telinga Geeks semua. Namun, hal ini wajar mengingat seriesnya rilis di era 1980an. Ketika kemudian Fist of the North Star muncul di internet dan jadi bagian dari meme, seriesnya pun mulai banyak dikenal. Animenya sendiri becerita tentang Kenshiro, seorang pewaris dari sebuah jurus ilmu bela diri bernama Hokuto Shinken.

Teknik Hokuto Shinken tersebut berbeda dari teknik bela diri lainnya, di mana penggunanya tidak menghadirkan pukulan atau tendangan. Dengan menggunakan teknik bela diri tersebut, Kenshiro akan menyerang ke berbagai titik lemah lawan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Mereka yang sudah terkena serangan Hokuto Shinken biasanya akan kalah dan bahkan tewas dalam cara yang mengerikan.

Anime Fist of the North Star sendiri merupakan “nenek moyang” dari anime dengaan genre aksi, di mana series ini memberikan pengaruh bagi berbagai anime populer seperti Dragon Ball, Naruto, Jojo’s Bizzare Adventure, dan sebagainya. Meskipun secara animasi seriesnya mungkin nampak kurang maksimal, namun bukan berarti anime ini menarik. Berbagai elemen dari seriesnya kemudian diadaptasi dalam anime modern.

3 Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion adalah series anime yang bukan hanya memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap anime untuk genre Mecha, tapi juga merubah pandangan terhadap industri anime secara keseluruhan. Series Neon Genesis Evangelion tayang pada 1995 silam dan benar-benar memberikan arti baru terhadap genre Mecha. Saking besarnya pengaruh Evangelion, di Jepang sendiri Evangelion sudah dianggap sebagai fenomena budaya

Sama seperti genre Mecha lainnya, Evangelion berkisah tentang tiga orang remaja yang menjalankan misi untuk menyelamatkan dunia. Dalam ceritanya, sosok Shinji Ikari mendapatkan tugas untuk menjadi pilot bagi mecha yang disebut sebagai EVA Unit. Yang membuat desain mecha dari anime Evangelion unik adalah penampilan serta perawakan dari EVA Unit tersebut.

Neon Genesis Evangelion dianggap sebagai anime yang revolusioner di Jepang, karena menghadirkan revolusi yang luar biasa bagi industri anime. Series anime ini menghadirkan revolusi anime dari segi visual, cerita, plot, animasi, dan sebagainya. Inilah kemudian alasan mengapa Evangelion masih begitu populer bahkan hingga sekarang.

2 Princess Knight

Anime paling berpengaruh dalam sejarah selanjutnya adalah Princess Knight. Genre shoujo, baik dalam versi manga atau anime, merupakan salah satu genre yang kurang begitu laku jika dibandingkan dengan shonen dan sebagainya. Sesuai namanya, Shoujo adalah genre anime yang memiliki target utama adalah para penonton remaja perempuan. Genre ini sering berfokus pada romansa, hubungan para karakter, dan pengembangan karakter.

Dalam banyak series anime bergenre Shoujo, ceritanya biasanya dipenuhi oleh emosi dan drama dengan penekanan pada hubungan diri sendiri  dan perjuangan pribadi. Seperti halnya Fist of the North Star, Princesss Knight juga merupakan cikal bakal dari anime dengan genre Shoujo. Series anime ini masih merupakan hasil karya dari Osamu Tezuka seperti Astro Boy.

Princess Knight memberikan pengaruh besar terhadap berbagai series shoujo seperti Fruits Basket, Ouran High School Host Club, Sailor Moon, dan sebagainya. Series ini mungkin tidak banyak dikenal oleh para penggemar anime kebanyakan dan bahkan terlupakan. Hal ini wajar karenaa seriesnya rilis pertama kali pada 1953. Namun, Princess Knight akan selalu jadi salah satu series anime paling berpangruh dalam sejarah.

1 Gundam

Anime paling berpengaruh dalam sejarah yang terakhir adalah Gundam atau Mobile Suit Gundam. Anime dengan genre mecha memang tidak sebanyak dan spopuler anime dengan tema isekai atau slice-of-life. Bisa dibilang, anime dengan series ini memiliki segmen penonton tersendiri. Dan Mobile Suit Gundam adalah anime mecha yang sangat populer bahkan hingga sekarang.

Sebenarnya, anime dengan genre mecha sendiri sudah ada sejak lama bahkan jauh sebelum Gundam rilis di tahun 1979. Namun, series Mobile Suit Gundam harus diakui memberikan pengaruh yang sangat luar biasa bukan hanya bagi genre mecha itu sendiri namun juga bagi industri anime secara keseluruhan. Kepopuleran Gundam melahirkan berbagai series anime mecha populer.

Contohnya adalah Code Geass, Tengen Toppa Gurren Lagann, Dimension Fortress Macross, dan sebagainya. Yang unik juga adalah Gundam merupakan pelopor dari series yang selain sukses dalam industri anime, namun juga sukses dalam industri mainan terutama action figure. Bahkan, bisa dibilang, action figure berupa Gundam model kit jauh lebih sukses bahkan dari animenya sendiri.

Industri anime semakin berkembang dalam beberapa dekade terakhir dan semakin banyak pertumbuhan para penggemar baru. Meskipun begitu, mungkin tidak banyak fans yang tahu mengenai sejarah anime yang berpengaruh besar bagi industri di era modern.

Exit mobile version