Home OTAKU OTAKU FEATURES Dragon Ball: 5 Transformasi Super Saiyan Paling Langka!

Dragon Ball: 5 Transformasi Super Saiyan Paling Langka!

Super Saiyan merupakan transformasi yang biasanya digunakan oleh para Saiyan, namun ada transformasi Super Saiyan yang dianggap langka. Menjadi protagonis utama dalam series Dragon Ball membuat Goku jadi karaketr yang paling kuat dalam ceritanya. Dia selalu mendapatkan transformasi Super Saiyan baru ketika harus menghadapi musuh yang jauh lebih kuat. Namun, ada beberapa transformasi Super Saiyan yang mustahil untuk digunakan atau dicapai oleh Goku dan dianggap paling langka. Apa saja?

5 Golden Great Ape

Transformasi Super Saiyan paling langka yang pertama adalah Golden Great Ape. Jauh sebelum bertransformasi menjadi Super Saiyan 2, 3, atau 4, bisa dikatakan inilah transformasi awal Goku. Transformasi menjadi kera besar ganas ini terjadi ketika suatu malam, Goku menatap bulan yang sedang dalam keadaan full moon atau bulan purnama penuh di mana dia bisa melihat bulan secara utuh.

Diapun menjadi sosok kera yang sangat buas dan kuat. Satu-satunya jalan untuk menghentikannya adalah dengan memotong ekor milik Goku. Namun, dalam alur cerita Dragon Ball GT para fans melihat peningkatan dari transformasi Great Ape yaitu Golden Great Ape. Pada dasarnya, ini merupakan transformasi Super Saiyan ketika Goku atau Saiyan berada dalam form Great Ape.

Sayangnya, transformasi Golden Great Ape ini tidak lagi muncul dalam ceritanya apalagi series Dragon Ball GT sendiri bukan bagian dari cerita canon. Akira Toriyama sendiri tidak terlalu banyak terlibat dalam proses pembuatan seriesnya. Goku sendiri menggunakan transformasi ini saat menghadapi Baby Vegeta dan Akira Toriyama sendiri kemudian menghadirkan transformasi lainnya yaitu Super Saiyan 4.

4 Super Saiyan Rose

Salah satu dari villain yang dihadapi oleh Goku dan yang lainnya dalam arc Future Trunks Saga adalah Goku Black. Goku Black sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dua karakter yaitu Zamasu dan juga Goku yang berasal dari timeline lain. Dalam ceritanya, Zamasu mencuri tubuh dari Goku yang berasal dari timeline lain setelah dia berhasil mengalahkannya. Hal ini pun membuat Goku Black menjadi sosok dengan kekuatan luar biasa.

Selain mendapatkan kekuatan Saiyan, Goku Black juga mendapatkan kemampuan dahsyat berupa peningkatan form Super Saiyannnya setelah dia bertarung melawan Goku. Berkat pertempuran melawan Goku, Goku Black berhasil meningkatkan kemampuan Super Saiyan miliknya menjadi Super Saiyan Rose. Kemampuan ini bisa dikenali dari warna rambut Goku Black yang berubah menjadi merah jambu, dan auranya yang berwarna merah gelap.

Kemampuan Super Saiyan Rose milik Goku Black bisa menjadi saingan dari Super Saiyan Blue milik Goku. Kemampuan Super Saiyan Rose sangatlah unik bagi Goku Black karena dia sebenarnya merupakan sebuah Kai yang hidup atau tinggal di tubuh Saiyan yang dicuri. Di sisi lain, Goku sendiri tidak mungkin mencapai atau menggunakan transformasinya yang membuat Super Saiyan Rose jadi salah satu Super Saiyan paling langka.

3 Super Saiyan Rage

Super Saiyan merupaakn transformasi unik yang muncul atau lahir ketika seorang Saiyan menggunakan amarah atau kemarahannya sebagai sumber kekuatan. Mereka akan mengalirkan amarah tersebut yang kemudian amarah itu akan berubah menjadi sebuah kekuatan yang bernama Super Saiyan. Semakin marah seorang Saiyan, maka biasanya transformasi Super Saiyan akan semakin kuat dan bisa mengalami peningkatan.

Namun, ada juga transformasi Super Saiyan lain yang mengandalkan amarah tapi tidak bisa digunakan oleh semua orang. Transformasi tersebut adalah Super Saiyan Rage. Dipenuhi oleh rasa amarahnya yang besar, Future Trunks kemudian menghancurkan batasan dalam dirinya untuk bertarung melawan Goku Black dan Zamasu. Diawali dari Super Saiyan 2, Future Trunks kemudian bisa mengakses form baru yaitu Super Saiyan Rage.

Form Super Saiyan Rafe sendiri memiiliki penampilan yang sama dengan Super Saiyan 2, namun perbedaan yang paling besar adalah bagian pupil mata yang benar-benar menghilang untuk form Super Saiyan Rage. Karena berhasil menghalahkan Zamasu, bisa dibilang Super Saiyan ini merupakan variasi form Super Saiyan terkuat yang tidak terlalu banyak mengkonsumsi energi.

2 Super Saiyan Blue Evolved

Seperti yang kita tahu, Vegeta akan selalu menjadi rival bagi Goku. Rivalitasnya termasuk dalam hal kekuatan, di mana jika Goku menjadi kuat maka Vegeta juga berpikir harus bisa menyamakan kekuatannya dengan Goku. Oleh karena itulah, ketika Goku berhasil menguasai Super Saiyan Blue maka Vegeta pun berlatih agar bisa mengakses kekuatan Super Saiyan Blue dan berhasil.

Super Saiyan Blue Evolved yang dimiliki oleh Vegeta muncul ketika Tournament of Power berlangsung. Hal tersebut muncul diakibatkan oleh rasa frustasi dari Vegeta yang tidak mampu untuk mengakses kekuatan Ultra Instinct seperti Goku. Demi bisa bersaing dengan Goku, Vegeta pun berlatih keras untuk mengembangkan kekuatannya dan itulah yang menjadi awal kelahiran Super Saiyan Blue Evolved.

Transformasi Super Saiyan Blue Evolved menjadi salah satu transformasi Super Saiyan yang paling langka, karena hanya Vegeta yang mampu menggunakannya. Meskipun Goku mampu menggunakan transformasi Super Saiyan Blue, level kekuatan dari Super Saiyan Blue Evolved jauh lebih kuat. Dan Goku sendiri pun belum tentu mampu untuk bisa menggunakan transformasi Super Saiyan ini.

1 Legendary Super Saiyan

Transformasi Super Saiyan yang paling langka terakhir tidak lain adalah Legendary Super Saiyan. Broly tidak diragukan lagi merupakan Saiyan terkuat yang pernah ditampilkan dalam franchise Dragon Ball. Tanpa perlu bertransformasi menjadi Super Saiyan, Broly bisa memaksa Goku dan Vegeta untuk bersatu dan menggunakan Super Saiyan Blue yang mereka miliki.

Amarah yang sangat besar setelah melihat ayahnya meninggal, merupakan penyebab utama Broly menjadi sosok yang mengerikan. Untuk bisa menyamai kemampuan Broly, Goku dan Vegeta sampai harus menggunakan teknik fusion dan berubah menjadi Gogeta. Setelah Broly mengakses form Legendary Super Saiyan, Blue Gogeta menjadi satu-satunya cara untuk bisa mengalahkan form dahsyat milik Broly tersebut.

Pada dasarnya, transformasi Legendary Super Saiyan ini merupakan mode berserk dari seorang Saiyan yang mana masuk akal jika kemudian Goku tidak akan bisa menggunakannya. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita di series baru Dragon Ball Super, Goku justru lebih ingin memanfaatkan ketenangan dan bukan amarah yang membuat dia terus mendalami teknik Ultra Instinct.

Super Saiyan akan selalu menjadi hal yang ikonik dalam alur cerita Dragon Ball. Dalam perkembangannya, Akira Toriyama banyak memperkenalkan berbagai jenis Super Saiyan baru yang lebih unik dan menarik. Namun, hal itu membuat transformasi tersebut jadi sangat langka karena tidak banyak orang lain yang menggunakannya. Bahkan, Goku juga tidak menggunakan transformasi tersebut.

Exit mobile version