Home COMIC COMIC FEATURES 5 Karakter yang Pernah Jadi Kekasih Joker!

5 Karakter yang Pernah Jadi Kekasih Joker!

Joker adalah penjahat yang sering kali muncul dalam komik yang diterbitkan oleh DC Comics. Joker dikenal sebagai musuh utama dari Batman. Dinamika hubungan mereka memang sangat seru untuk kita simak. Mereka sering menjadi musuh, tetapi dalam beberapa cerita, mereka juga pernah bekerja sama. Kebalikan dari kebanyakan penjahat super, Joker sering kali tidak memiliki motif tertentu atau agenda kejahatan yang jelas. Dia lebih terkenal karena menciptakan kekacauan tanpa alasan tertentu. Nah menariknya, meski diketahui sebagai psikopat, Joker pernah memiliki beberapa kekasih. Siapa saja?

5 Harley Quinn

Rasanya kalian semua tahu dengan karakter satu ini. Harley Quinn pertama kali muncul dalam Batman: The Animated Series dalam sebuah episode berjudul Joker’s Favor pada tanggal 11 September 1992. Karakter ini kemudian diperkenalkan ke dalam komik DC pada The Batman Adventures #12 pada September 1993. Nama asli Harley Quinn adalah Harleen Frances Quinzel.

Dia memiliki latar belakang sebagai psikiater di Arkham Asylum sebelum berubah menjadi mitra kejahatan Joker. Nah setelah bertemu dengan Joker, Harley Quinn pun menjadi rekan sekaligus kekasih Joker. Awalnya, hubungan mereka terjalin karena Harley bekerja sebagai psikiater di Arkham Asylum dan tertarik pada Joker secara psikologis. Namun, seiring berjalannya waktu, hubungan mereka berkembang menjadi lebih kompleks.

Hubungan mereka memang penuh intrik. Terkadang ketika keduanya tengah berseteru, Joker menyakiti Quinn. Yap, bisa dibilang bahwa hubungan mereka sangat “toxic”. Seandainya Quinn tidak bertemu Joker, hidupnya mungkin akan sangat berbeda dari sekarang, dan dia bisa menjadi psikolog hebat.

4 Punchline

Punchline sebenarnya karakter yang cukup baru di DC Comics. Dia pertama kali muncul dalam komik Batman #89 pada bulan Februari 2020. Karakternya sendiri diciptakan oleh penulis James Tynion IV dan Jorge Jiménez. Punchline memiliki nama asli Alexis Kaye. Dia adalah sekutu dan pengikut setia Joker, dan muncul sebagai salah satu penjahat baru yang menantang Batman di Gotham City.

Asal-usul dan latar belakang Punchline cukup kompleks dan terkait dengan peristiwa-peristiwa dalam cerita “Joker War”. Nah yang paling menarik, Punchline juga pernah menjadi kekasih Joker. Berbeda dengan Harley Quinn, Punchline lebih menjadi belahan jiwa Joker. Awalnya, Punchline bekerja untuk Joker. Tetapi kemudian hubungan mereka berkembang dan keduanya saling jatuh cinta. Ketika keduanya menjadi sepasang kekasih, Joker akhirnya menemukan semua jawaban atas teka-teki dirinya sendiri.

Joker sangat mencintai Punchline. Saat bersama Quinn, Joker sering melecehkannya. Tetapi hal berbeda terjadi dengan Punchline. Joker jauh lebih memperhatikan perasaan Punchline dan menunjukkan kasih sayang yang tulus padanya. Mungkin inilah sosok yang paling dicintai Joker sepanjang hidupnya.

3 Marian Drews

Sean Murphy pernah membuat sebuah miniseri berjudul White Knight. White Knight terjadi di alam semesta alternatif DC, di mana Joker menyembuhkan dirinya sendiri dari kegilaan dan hidup “normal” dengan menjadi Jack Napier. Jack menggunakan kewarasan dan kecerdasan barunya untuk merusak reputasi Batman yang diceritakan jahat dan mengembalikan kota Gotham ke masa kejayaan.

Dalam cerita ini, muncul seorang karakter bernama Marian Drews yang menjadi “Harley Quinn” kedua di alam semesta ini. Dia jatuh cinta kepada Joker, tetapi membenci Jack Napier dengan teramat sangat. Marian juga berperan sebagai salah satu antagonis utama dalam miniseri ini dan membantu membangkitkan Joker di dalam diri Napier. Yap, Marian mencoba untuk membangkitkan kembali sosok jahat Joker, agar Napier tak lagi ada.

Marian Drews sendiri dulunya adalah seorang teller bank yang tidak stabil secara emosional. Ketika Marian Drews menjadi jahat, dia kemudian menggunakan persona Neo Joker. Marian Drews lah yang menjadi pengganti Joker, sampai versi Joker asli kembali.

2 Jeannie

Alur cerita Killing Joke memberikan penjelasan yang sudah lama diinginkan penggemar yaitu tentang latar belakang Joker, meski sebenarnya masih tidak begitu jelas. Dalam Killing Joker, Joker menikah dengan seorang wanita yang terkadang disebut dengan nama Jeannie. Jeannie pun disebutkan sedang mengandung anak Joker yang belum lahir. Menariknya, Jeannie khawatir apa yang akan Joker lakukan terhadap anak-anaknya nanti.

Karena itulah Jeannie memalsukan kematiannya dengan bantuan beberapa petugas polisi Gotham. Bahkan polisi Gotham pun sempat memberikan sejumlah uang kepada Jeannie untuk melarikan diri ke Alaska. Hal inilah yang membuat Joker menjadi lebih gila lagi. Sebenarnya Batman mengetahui bahwa Jeannie dan putra yang baru dilahirkannya masih hidup. Tetapi Batman merahasiakannya agar media dan Joker tidak pernah lagi mengejar Jennie dan anak-anaknya.

Untuk kalian yang penasaran, kalian bisa melihat detail cerita tentang The Killing Joke yang dirilis tahun 1988. Kisahnya ditulis oleh penulis terkenal Alan Moore dan diilustrasikan oleh Brian Bolland. The Killing Joke dianggap sebagai salah satu karya klasik dalam dunia buku komik dan telah memberikan dampak besar pada karakter Batman dan Joker.

1 Alicia Hunt

Alicia Hunt adalah karakter yang muncul dalam film Batman yang dirilis pada tahun 1989, yang disutradarai oleh Tim Burton. Alicia Hunt diperankan oleh aktris Jerry Hall. Buat Geeks yang lupa, Alicia Hunt adalah kekasih Joker (yang diperankan oleh Jack Nicholson) dalam film tersebut. Joker mengalami transformasi dari Jack Napier menjadi Joker akibat jatuh ke tangki kimia.

Dalam versi film ini, Joker awalnya adalah Jack Napier, seorang penjahat yang bekerja untuk bos kriminal Carl Grissom. Alicia Hunt juga terlibat dalam dunia kriminal ini, dan keberadaannya memainkan peran dalam perubahan Jack Napier menjadi Joker. Meskipun diperlakukan dengan kasar oleh Joker, Alicia tetap setia kepadanya.

Dinamika hubungan keduanya memang cukup rumit, sama seperti yang dialami oleh Harley Quinn dan Joker. Meskipun peran Alicia Hunt tidak terlalu panjang dalam film ini, karakternya memiliki dampak pada alur cerita, terutama dalam memberikan latar belakang untuk asal-usul Joker.

Itulah dia Geeks beberapa karakter yang pernah diceritakan menjadi kekasih dari Joker, baik dari komik maupun film. Mereka memiliki latar belakang yang menarik, dan punya alasan tersendiri untuk menyukai Joker. Di antara para karakter tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version