Sosok penguasa dunia kriminal di kota New York, Wilson Fisk alias kingpin, kemungkinan akan ambil alih tim Thunderbolts di MCU. Sejak pertama kali diperkenalkan dalam series Hawkeye, Kingpin akhirnya resmi menjadi bagian dari jagat sinematik Marvel. Dan Kingpin kemudian mulai banyak terlibat dalam berbagai cerita di MCU, seperti di series Echo dan Daredevil: Born Again yang akan datang. Yang menarik adalah terdapat sebuah teori di kalangan fans yang menyebutkan jika Kingpin kemungkinan akan ambil alih tim Thunderbolts.

2Cara Kingpin Ambil Alih Thunderbolts

Setelah berbagai petunjuk yang Marvel Studios hadirkan melalui berbagai series dan film mereka, para fans pun kemudian meyakini jika MCU akan menghadirkan sebuah tim yang populer di Marvel Comics yaitu Thunderbolts. Dan ternyata spekulasi para fans terbukti ketika Marvel Studios memperkenalkan proyek film Thunderbolts yang jadi bagian dari Phase 5 MCU.

Thunderbolts sendiri merupakan sebuah kelompok yang mirip dengan Avengers. Hanya saja, mereka tidak semuanya adalah superhero. Mereka adalah tentara super dan superhero yang sengaja direkrut dan dibentuk oleh Val. Untuk saat ini, sebenarnya apa yang kemudian jadi tujuan Val merekrut mereka dan membentuk tim ini masih jadi misteri yang mungkin baru akan terjawab nanti di filmnya.

Namun, kemungkinan tim ini sengaja dia bentuk untuk menjadi jawaban bagi berbagai operasi rahasia yang dia kerjakan. Tim Thunderbolts akan jadi pihak yang menjalankan misi tersebut. Untuk saat ini, nampaknya semua rencana yang Val bangun dan siapkan berjalan dengan baik. Namun, dari berbagai perkembngan di MCU dan juga cerita tim Thunderbolts di komiknya memberikan petunjuk jika Val mungkin tidak akan lama jadi pemimpin tim itu.

Terdapat sebuah teori menarik yang berkembang di kalangan fans yang menyebutkan jika sosok villain Kingpin akan ambil alih tim Thunderbolts dari tangan Val. Bagaimana caranya? Seperti yang dijelaskan di atas, Kingpin sekarang sudah resmi memperkenalkan karakternya sebagai bagian dari MCU. Meskipun dia juga muncul di Marvel Spotlight, yang tidak terlalu banyak terhubung dengan MCU, namun dia juga muncul di series Hawkeye yang memang merupakan bagian dari MCU.

Dengan pihak studio berusaha untuk lebih banyak mengikuti alur cerita komiknya, artinya ada peluang jika Kingpin bisa memberikan mimpi buruk bagi Val. Dalam cerita komiknya, tim Thunderbolts diceritakan sebagai tim berisi para karakter hebat yang bekerja untuk pemimpin CIA, Valentina Allegra de Fontaine alias Val, bersama juga Jendral Thaddeus Ross, yang menjadi kepala operasi khusus untuk misi yang memang membutuhkan para manusia super karena kesulitan yang ada.

Dengan Harrison Ford diketahui akan berperan menjadi Thaddeus Ross, maka ada kemungkinan besar jika film Thunderbolts akan jadi momen untuk memperkenalkan tim tersebut kepada para fans. Yang menarik kemudian adalah di komiknya diceritakan jika Kingpin pernah mengambil alih tim Thunderbolts di bawah kekuasaanya. Dia membuat Thunderbolts menjadi semacam tentara pribadinya.

Teori tersebut kemudian didukung dengan berbagai proyek Marvel Studios yang akan datang, salah satunya adalah Daredevil: Born Again. Menurut informasi yang ada, seriesnya akan menghadirkan cerita yang sesuai dengan komiknya di mana Wilson Fisk alias Kingpin akan ikut dalam bursa kampanye Wali Kota New York. Dalam penjelasannya, Fisk mengaku bahwa dia ingin mengabdi pada masyarakat New York dan meninggalkan masa lalunya.

Di series Echo, petunjuk mengenai hal tersebut sudah muncul dengan jelas di mana dia berminat untuk menjadi Wali Kota New York. Dan dalam cerita komiknya, Wilson Fisk mampu untuk kemudian terpilih menjadi Wali Kota. Lalu, apa hubungannya dengan Kingpin ambil alih Thunderbolts? Dengan series Born Again akan mengadaptasi cerita “Mayor Wilson Fisk” tersebut artinya MCU bisa menghadirkan koneksi cerita Kingpin dengan Val.

Dalam hal ini, Marvel Studios bisa menghadirkan cerita yang sesuai dengan yang terjadi pada komiknya di mana Kingpin ambil alih Thunderbolts dari tangan Val dan Thaddeus Ross. Menjadi Wali Kota New York tentunya Kingpin akan memiliki akses penuh terhadap berbagai informasi, pengetahuan, pengaruh, dan bahkan kekuasaan yang mana akan dia manfaatkan dan eksploitasi.

Kingpin akan menggunakan semua “kekuatan” tersebut untuk melakukan manipulasi, pemerasan, dan berbagai trik kotor lainnya yang bisa dia lakukan untuk kemudian mengambil alih tim Thunderbolts. Dengan memanfaatkan tim Thunderbolts, Kingpin akan mampu mengendalikan dunia kriminal dan dunia bawah tanah dari balik layar. Dan hal ini sebenarnya sudah pernah dia lakukan sebelumnya.

Dalam series Daredevil, Kingpin pernah melakukan pemerasan terhadap dua orang agen CIA agar mereka mau mengikuti semua perintah dan keinginannya. Tujuannya tidak lain untuk mengambil alih CIA dari dalam. Hal ini juga yang mungkin akan terjadi dalam cerita MCU kedepannya, di mana dia akan mampu mengambil alih tim Thunderbolts dengan pengaruh dan kekuasaan sebagai Wali Kota New York.

Kingpin Jadi Villain Utama – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.