Home COMIC COMIC FEATURES 6 Karakter Marvel yang Pernah Jadi Ronin!

6 Karakter Marvel yang Pernah Jadi Ronin!

Ronin adalah identitas superhero yang digunakan oleh beberapa karakter dalam Marvel Comics. Jika diartikan, Ronin berarti seorang Samurai yang tidak memiliki tuan, sehingga karena tak bertuan, mereka seperti tidak memiliki tujuan. Dan itu jugalah yang coba dihadirkan di Marvel Comics. Seluruh pengguna identitas Ronin di Marvel Comics adalah seorang ahli pedang. Kita pun mungkin lebih familiar dengan nama Ronin ketika dia muncul dalam film Avengers: Endgame, di mana Clint Barton justru muncul sebagai Ronin, bukan Hawkeye. Di Marvel Comics, ada beberapa Ronin yang pernah dikenalkan. Siapa saja?

6 Maya Lopez

Echo pertama kali muncul dalam Daredevil #9 pada tahun 1999, diciptakan oleh penulis David Mack dan Joe Quesada. Sejak itu, Echo telah menjadi karakter yang signifikan dalam beberapa cerita Marvel. Nama asli Echo adalah Maya Lopez. Dia memiliki keturunan Maya dan Sipu Apache, dan ini memberikannya kepekaan budaya dan keahlian bertarung yang unik.

Echo memiliki kemampuan fotografik memori, yang memungkinkannya meniru gerakan dan gaya bertarung musuh setelah melihatnya sekali. Dia juga sangat terampil dalam berbagai seni bela diri dan memiliki kemampuan akrobatik yang tinggi. Sebenarnya di komik, Maya Lopez alias Echo adalah sosok pertama yang menggunakan persona Ronin di Marvel. Dia muncul pertama kali sebagai Ronin dalam New Avengers (Vol. 1) #11, setelah Daredevil merekomendasikan jasa Echo kepada Captain America.

Dia kemudian membantu Avengers saat bertarung melawan Clan Yashida dan Silver Samurai saat berada di Jepang. Yang harus dicatat bahwa Echo hanya membantu Avengers, bukan bergabung dengan mereka. Bertahun-tahun setelahnya, Echo barulah bergabung menjadi Avengers dan menggunakan nama Echo sebagai identitasnya sebagai pahlawan super, meninggalkan peran Ronin untuk diambil orang lain.

5 Clint Barton

Rasanya semua orang tahu bahwa Clint Barton pernah menjadi Ronin di Marvel Comics, seperti yang ditampilkan di MCU. Dalam komik, Clint Barton pernah mengalami masa-masa sulit. Dia terbunuh selama Avengers Dissembled dan dihidupkan kembali di House of M. Tetapi setelah hidup, dia kemudian dihapus dari realitas oleh Scarlet Witch, dan kemudian dihidupkan kembali.

Ketika kembali, Hawkeye merasa terguncang hebat dan mulai mengalami krisis identitas. Ketika Captain America terbunuh setelah Civil War, Clint kembali ke Amerika untuk meminta pertanggungjawaban Iron Man atas tindakannya kepada Captain America. Dia kemudian sempat mengenakan jubah Captain America, sebelum memutuskan bahwa itu tidak pantas dilakukan. Dia kemudian memilih menjadi Ronin dalam New Avengers (Vol. 1) #27.

Selain kemampuan panahnya yang luar biasa, Hawkeye juga sangat terampil dalam seni bela diri. Ia telah mempelajari berbagai teknik dan gaya bela diri selama kariernya sebagai superhero. Hawkeye juga memiliki hubungan yang dekat dengan Black Widow (Natasha Romanoff). Keduanya memiliki sejarah bersama sebagai rekan tim dan terkadang lebih dari sekadar rekan.

4 Red Guardian

Setelah Clint kembali sebagai Hawkeye, dia menyadari bahwa ada seseorang yang sedang mencoba membunuh Mockingbird, mantan istrinya. Nah kemudian, Hawkeye, Mockingbird, dan Black Widow (yang ikut membantu Hawkeye dan Mockingbird) dipertemukan dengan sosok Ronin baru yaitu Alexei Shostakov alias Red Guardian. Ternyata Red Guardian adalah mantan suami Black Widow. Namun setelah hilang kontrol, Black Widow dan Red Guardian saling bertarung.

Namun Red Guardian berhasil dikalahkan oleh Black Widow dan dibiarkan dalam kondisi kritis, meskipun pada akhirnya Red Guardian masih tetap hidup dan kembali. Red Guardian pertama kali muncul dalam Avengers #43 pada tahun 1967. Karakter ini diciptakan oleh penulis Roy Thomas dan seniman John Buscema. Alexei adalah mantan pilot pesawat Soviet yang diubah menjadi agen KGB dan kemudian diangkat menjadi Red Guardian, pahlawan nasional Soviet.

Red Guardian mengenakan kostum merah dengan lambang bintang berwarna kuning di bagian dada. Kostumnya sering kali mencerminkan tema patriotik dan nasionalis Soviet.
Selama beberapa periode, karakter Red Guardian juga dipegang oleh perempuan. Natalia Romanova (Yelena Belova) adalah salah satu karakter yang mengambil identitas Red Guardian.

3 Blade

Selama bertahun-tahun lamanya, peran Ronin sempat kosong di Marvel. Namun ketika Bumi diserang oleh Thanos dan Black Order, sebuah tim baru pun dibentuk. Di antara mereka, ada seorang karakter yang menyebut dirinya sendiri sebagai Spider-Hero. Dia adalah seorang pria bertopeng yang merahasiakan identitas aslinya. Tak lama setelah itu, sang pahlawan mendapat peningkatan kekuatan berkat Monica Rambeau dan mengambil peran Ronin di Mighty Avengers (Vol 2) #4.

Akhirnya, terungkap bahwa pria di balik topeng itu adalah Blade, yang terjebak dalam pertarungan melawan Deathwalker, sekelompok makhluk abadi yang bertekad menaklukkan planet ini. Setelah Deathwalker melacak Blade, Avengers menggabungkan kekuatan mereka untuk menciptakan Avenger Prime dan mengalahkan rencana jahat mereka. Blade pertama kali muncul dalam “The Tomb of Dracula” #10 pada bulan Juli 1973. Karakter ini diciptakan oleh penulis Marv Wolfman dan seniman Gene Colan.

Blade alias Eric Brooks lahir di London pada tahun 1929. Ia menjadi pemburu vampir setelah ibunya diserang dan diubah menjadi vampir saat hamil. Karena proses vampirisasi yang sedang berlangsung, Blade dilahirkan dengan kekebalan terhadap kelemahan vampir. Blade dikenal sebagai pemburu vampir yang sangat efektif. Ia berdedikasi untuk melindungi manusia dari ancaman vampir dan makhluk supernatural lainnya.

2 Moon Knight

Di Ultimate Universe, Ronin adalah alias yang digunakan oleh Moon Knight untuk menyamar sebagai pembunuh Kingpin. Saat itu, Kingpin telah berhasil mengalahkan banyak pahlawan Ultimate Universe, termasuk Iron Fist, Daredevil, Shang-Chi, Doctor Strange, dan Spider-Man. Untuk mengalahkannya, para pahlawan bekerja sama dan memutuskan bahwa cara terbaik untuk menjebaknya adalah dengan mengirim seseorang yang menyamar untuk mengetahui rahasia Kingpin.

Berbeda dengan inkarnasi Ronin biasa, ini adalah kepribadian unik yang mampu diwujudkan oleh Moon Knight di komik Ultimate Spider-Man #108. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena Kingpin mengetahui penipuannya dan berusaha membunuh Ronin. Pada akhirnya, Moon Knight mampu bertahan, dan menangkap Kingpin karena percobaan pembunuhan. Moon Knight pertama kali muncul dalam komik Werewolf by Night #32 pada bulan Agustus 1975. Karakter ini diciptakan oleh penulis Doug Moench dan seniman Don Perlin.

Marc Spector adalah mantan prajurit dan tentara bayaran yang kemudian bekerja sebagai pengawal keamanan untuk seorang arkeolog. Setelah dikhianati dan ditinggalkan di gurun, Marc ditemukan oleh pengikut dewa Mesir Khonshu dan dibangkitkan sebagai Moon Knight. Marc Spector memiliki identitas ganda. Selain sebagai Moon Knight, dia juga dikenal sebagai Steven Grant, seorang miliarder, dan Jake Lockley, seorang pengemudi taksi.

1 Bullseye

Saat Clint pergi melawan Hood, Bullseye masuk ke rumah Clint. Bullseye telah mengetahui bahwa Hawkeye adalah Ronin di Marvel. Bulleye pun kemudian mencuri pakaian Ronin untuk dirinya sendiri. Ketika Clint alias Hawkeye mengetahui pencurian itu, Clint berhadapan dengan Bullseye dalam pertempuran terakhir. Pada akhirnya, dia mampu mengalahkan Bullseye, tetapi seluruh bencana itu membuat lebih banyak lagi masalah untuk Clint.

Bullseye pertama kali muncul dalam Daredevil #131 pada tahun 1976. Karakter ini diciptakan oleh penulis Marv Wolfman dan seniman John Romita Sr. Nama asli Bullseye tidak pernah diungkapkan dalam cerita komik. Ia dikenal dengan beberapa alias dan nama palsu, tetapi identitas aslinya tetap menjadi misteri. Bullseye adalah seorang penembak jitu dan juga mampu bertarung tanpa senjata.

Ia memiliki keahlian yang luar biasa dalam melempar benda dengan akurasi dan presisi tinggi, termasuk pisau, shuriken, dan benda-benda sehari-hari. Bullseye sering kali menggunakan berbagai benda sebagai senjata, bahkan yang tidak lazim seperti kartu permainan, potongan kertas, atau bola baseball. Kemampuannya untuk menggunakan benda apa pun sebagai senjata membuatnya sangat berbahaya.

Itulah dia Geeks beberapa karakter yang pernah menjadi Ronin di Marvel Comics. Dengan identitas Ronin, mereka semakin mengerikan, dan menjadi lawan yang serius bagi musuh-musuhnya. Di antara para karakter tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version