Home COMIC COMIC FEATURES 11 Tim Superhero Terbaik Sepanjang Sejarah!

11 Tim Superhero Terbaik Sepanjang Sejarah!

Dalam dunia komik Geeks tentunya sudah mengenal banyak tim superhero yang muncul dalam ceritanya dan beberapa diantaranya dianggap yang terbaik sepanjang sejarah. Geeks tentunya sudah sangat mengenai sederet tim superhero yang ada di dunia komik. Sebagian namanya sangat familiar, sebagian lainnya memang kurang terdengar. Mereka juga sering muncul dalam berbagai cerita. Berikut adalah tim superhero yang dianggap terbaik sepanjang sejarah.

11 The Doom Patrol

Tim superhero yang dianggap terbaik sepanjang sejarah yang pertama adalah The Doom Patrol. Sebagian Geeks mungkin sudah pernah mengetahui atau mengenal tim superhero dari DC Comics ini. Doom Patrol pertama kali muncul pada tahun 1963 dalam antologi komik My Greatest Adventures. Tim superhero ini diciptakan oleh penulis Arnold Drake dan Bob Haney, serta ilustrator Bruno Premiani.

Kemudian, pada My Greatest Adventure #84 yang rilis pada 1964, komiknya memutuskan untuk mengubah nama komiknya menjadi Doom Patrol. Tim superhero ini sendiri terdiri dari berbagai karakter yang unik seperti The Chief, Elasti-Girl, Negative Man, Robotman, Mento, dan Beast Boy. Beberapa karakter lain, seperti Crazy Jane, muncul sebagai anggota tim superhero ini di cerita selanjutnya.

Salah satu hal yang membuat The Doom Patrol jadi tim superhero terbaik adalah karena mereka merupakan superhero yang aneh dan tidak biasa. Dibandingkan dengan tim superhero lainnya, Doom Patrol harus menghadapi musuh yang juga bersifat aneh, abstrak, bahkan mampu memanipulasi realita. Contoh nyata dari hal ini adalah Mr. Nobody, sosok villain yang membuatnya tidak eksis di timeline DC, mampu merubah realita, dan “masuk” ke dunia “nyata” alias breaking the fourth-wall.

10 The Defenders

Banyak dari Geeks mungkin menganggap jika The Defenders merupakan tim superhero yang biasa menangani para villain level jalanan. Hal ini wajar mengingat The Defenders lebih populer dalam versi live-action yang sempat muncul di Netflix. Namun, faktanya, dalam cerita Marvel Comics mereka merupakan sosok tim superhero yang luar biasa yang banyak menghadapi ancaman besar.

Muncul sejak 1972 hingga 1985, The Defenders dianggap sebagai puncak kejayaan dari Marvel Comics. Tim superhero ini bahkan muncul di 150 judul komik pada masa itu. Karakter yang sempat jadi bagian dari The Defenders orisinal adalah Namor, Doctor Strange, Hulk, dan Silver Surfer. Doctor Strange adalah orang yang bertanggung jawab mengumpulkan mereka semua, di mana dia sengaja meelakukan hal demi bisa menghadapi ancaman yang tidak mampu Avengers hadapi.

Keempat karakter itu selalu menjadi inti dari tim ini, namun mereka kemudian banyak merekrut karakter lain yang memang dianggap sesuai dengan misinya. Setelahnya, mereka akan kembali berpisah. Tidak ada anggota tetap di tim ini selain keempat karakter, yang mana hal ini membuat sebagian besar karakter superhero yang jarang muncul di tim Avengers maka akan jadi bagian dari tim ini.

9 The Legion Of Super-Heroes

The Legion of Super-Heroes adalah tim superhero yang berasal dari masa depan, tepatnya dari abad ke 30. Pada era tersebut, semua teknologi telah berkembang sangat pesat dan luar biasa. Mereka pun memanfaatkan berbagai teknologi itu untuk membasmi berbagai kejahatan dan ancaman yang ada. Salah satu keunikan dari The Legion Of Super-Heroes adalah anggotanya berasal planet dan spesies.

Karena bersetting di masa depan, ancaman yang mereka hadapi pun berbeda dari para tim superhero lainnya dan yang biasa mereka hadapi. Contohnya adalah konflik antar planet, ancaman galaksi, kehancuran alam semesta, dan sebagainya. Tidak jarang juga mereka harus menghadapi berbagai masalah dan ancaman yang berkaitan dengan intrik politik antar galaksi, diplomasi antar planet, dan masih banyak lainnya.

The Legion of Super-Heroes pertama kali muncul di tahun 1958 dan awalnya mereka coba menjual sosok Superboy untuk menaikan pamornya. Namun, setelah popularitas mereka meningkat akhirnya Superboy tidak lagi muncul dan mereka sudah memiliki cerita sendiri di Adventure Comics. DC Comics nampak tidak ingin kehilangan tim superhero ini yang mana membuat mereka sering melakukan reboot, yang mana hasilnya terkadang tidak maksimal.

8 Justice League Dark

Tim superhero terbaik sepanjang sejarah selanjutnya adalah Justice League Dark. Tema tentang ancaman dunia sihir mungkin kurang begitu populer jika dibandingkan dengan ancaman kosmik, antar planet, dan sebagainya. Inilah yang menjadi alasan sangat sedikitnya alur cerita yang mengangkat tema tersebut, komik yang menghadirkan tema itu, dan tentunya tim superhero yang menangani ancaman sihir.

Justice League Dark merupakan tim superhero terbaik untuk menangani ancaman sihir. Muncul pertama kali pada 2011 di era New 52, tim superhero Justice League Dark pada dasarnya adalah Justice League yang berisi para superhero dengan kekuatan sihir. Contohnya adalah Johni Constantine, Zatanna Zatarra, Madame Xanadu, Deadman, Shade the Changing Man dan masih banyak lagi. Bahkan, Batman juga bagian dari tim ini.

Alasan mengapa Justice League Dark dibentuk adalah karena pada saat itu tim superhero biasa tidak bisa menghadapi ancaman supernatural seperti Enchantress. Belajar dari hal tersebut Justice League Dark hadir untuk membuktikan kekuatan mereka di mana para superhero dengan kekuatan sihir bersatu demi mengalahkan lebih banyak lagi supervillain gaib, termasuk iblis, zombie, dan penyihir di DC Universe.

7 Teenage Mutant Ninja Turtles

Sesuai dengan namanya, tim superhero populer ini bukanlah tim superhero biasa. Mereka adalah tim superhero yang berisi para kura-kura ninja yang sangat terlatih. Teenage Mutant Ninja Turtles sudah ada sejak 40 tahun yang lalu, di mana mereka berusaha untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah dari serangan penjahat. Ada banyak keunikan yang muncul dalam seriesnya.

Kevin Eastman dan Peter Laird memulai series Teenage Mutant Ninja Turtels dalam sebuah buku komik sederhana hitam-putih. Tanpa mereka duga komik tersebut justru menjadi perhatian publik. Banyak orang yang menganggap jika tim ini merupakan parodi dari tim superhero DC dan Marvel, yang mana hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Dengan menghadirkan elemen dan hal berbeda, wajar jika TMNT begitu populer hingga sekarang.

TMNT berisi empat orang kura-kura yang dilatih oleh sosok karakter tikus bernama Splinter. Mereka sengaja dilatih untuk menjadi sosok pelindung masyarakat dalam menghadapi penjahat level jalanan. Keunikan dari cerita dan para karakternya jadi beberapa alasan tim superhero ini bisa bertahan selama puluhan tahun dan tidak ada buku komik independen lainnya yang bisa menandingi kesuksesan tim superhero ini.

6 Watchmen

Jika dibandingkan dengan tim superhero lainnya di daftar ini, Watchmen bisa dibilang adalah tim superhero yang paling kelam, kompleks, dan unik. Nama tim superhero Watchmen mungkin kurang begitu populer diantara para penggemar film adaptasi buku komik. Namun, hal ini berbeda jika Geeks merupakan penggemar dari buku komik yang mana Watchmen adalah nama yang tentunya tidak asing.

Alan Moore merupakan pencipta dari para karakter Watchmen, di mana komiknya sendiri berkisah tentang tim tersebut yang mencoba mencari tahu fakta sebenarnya tentang kematian dari salah satu anggota mereka. Tim superhero ini berisi para kriminal, psikopat, maniak, pemerkosa, dan masih banyak lainnya. Mereka bukan tim superhero yang banyak orang kenal, yang mana popularitas mereka kalah jauh daripada tim superhero lainnya.

Watchmen lebih populer di kalangan para fans dewasa, karena memang alur cerita dan berbagai elemen di dalamnya sangat kompleks dan kuran cocok untuk dibaca para fans remaja atau bahkan anak-anak. Beberapa karakter yang sangat populer jadi bagian dari tim ini dalah Doctor Manhattan, Rorschach, Ozymandias, The Comedian, Nite Owl, dan masih banyak lainnya.

5 X-Men

Salah satu tim superhero ikonik dan juga tim superhero terbaik di sepanjang sejarah kemunculan komik. Chris Claremont adalah sosok yang pertama kali menghadirkan para mutan di universe Marvel tersebut pada 1975 selama 16 tahun berturut-turut. Seperti halnya Legion of Super-Heroes, X-Men juga merupakan tim superhero yang berasal dari berbagai negara dan ras.

Para mutan sering kali dianggap sebelah mata di oleh orang-orang di Marvel Universe, karena kekuatan dan berbagai perbedaan lain. Mereka dianggap sebagai makhluk yang berbahaya, yang mana manusia – dan superhero lain – terkadang menganggap mereka adalah ancaman. Meskipun begitu, Professor Xavier dan para X-Men berusaha untuk menjembatani perselisihan ini.

Sejak awal terbentuknya X-Men, selain menjadi pihak untuk mengatasi ancaman yang ada, mereka juga jadi perwujudan dan perwakilan dari para mutan untuk bisa bersanding dengan manusia. Konflik dengan manusia dan keunikan dari para mutan ini jadi beberapa hal X-Men dianggap salah satu tim superhero terbaik sepanjang sejarah, meskipun perjalanan untuk berada di poin tersebut tidak mudah.

4 Avengers

Selain X-Men, Geeks tentunya sudah sangat familiar dengan tim superhero paling populer dari Marvel Comics yang tidak lain adalah Avengers. Tim superhero ini merupakan salah satu mahakarya dari dua legenda komik dunia yaitu Stan Lee dan Jack Kirby pada 1963. Avengers merupakan jawaban dari Marvel Comics dengan kemunculan tim Justice League yang dihadirkan oleh DC Comics.

Para karakter superhero mereka dikumpulkan dalam satu kelompok yang sama untuk bertarung menghadapi sosok villain yang sama. Namun, momen Captain America bergabung dengan tim tersebut para pembaca pun benar-benar senang dan membuat tim superhero ini jadi sangat populer. Inilah alasan mengapa Captain America sering jadi pemimpin tim Avengers di berbagai cerita dan karakter yang erat dengan tim tersebut.

Sesuai dengan namanya, Earths Mightiests Superheroes, Avengers merupakan kumpulan karakter superhero terkuat di Marvel Universe. Seperti halnya beberapa tim superhero Marvel lainnya, popularitas Avengers sebenarnya baru terjadi dalam beberapa dekade belakangan. Bahkan, puncak popularitas Avengers baru terjadi setelah Marvel Studios menciptakan MCU.

3 Fantastic Four

Berkat penjualan yang sangat sukses dan masif dari komik Justice League of America, Marvel Comics pun mencoba peruntungan mereka untuk mengikuti jejak tersebut. Martin Goodmaan menghadirkan tugas bagi Stan Lee untuk menciptakan sebuah tim superhero yang mirip dengan JLA. Lee sendiri sebenarnya sempat mengalami kendala untuk menghadirkan Avengers, karena mereka tidak memiliki cukup karakter superhero.

Stan Lee dan Jack Kirby kemudian berkolaborasi untuk membentuk tim superhero pertama Marvel Comics. Dan pada 1961, akhirnya tim Fantastic Four pun muncul. Berbeda dengan JLA, para superhero ini memiliki kepribadian yang berbeda dan justru saling bertengkar satu sama lain. Terlepas dari hal tersebut, mereka adalah keluarga, sebuah konsep yang baru dan unik di dunia komik.

Jack Kirby sendiri sering merubah art atau gaya gambar dari komiknya dalam setiap volume. Dalam 100 volume pertama komiknya, para fans menganggap jika itu adalah salah satu era terbaik dari komiknya. Dan alasan lain mengapa kemudian Fantastic Four jadi salah satu tim superhero terbaik sepanjang sejarah, karena ide keluarga serta cerita yang mereka hadirkan pada dasarnya ikut melahirka Marvel Universe yang kita kenal.

2 Justice League

Tiga karakter superhero paling populer dalam cerita komik selama lebih dari 80 tahun adalah Superman, Batman, dan Wonder Woman. Hampir semua orang di dunia tahu siapa mereka, entah mereka mengetahuinya dari buku komik atau medium lain. Inilah salah satu alasan mengapa kemudian Justice League jadi salah satu tim superhero terbaik di sepanjang sejarah dunia komik dan dunia nyata.

Selain DC Trinity di atas, Justice League berisi berbagai karakter superhero yang sangat ikonik yang popularitasnya mampu mengangkat juga popularitas dari tim ini. Contohnya adalah Green Lantern, Martian Mannhunter, Hawk Girl, dan sebagainya. Bisa dibilang, Justice League memiliki banyak keunggulan dalam berbagai hal mulai dari sumber daya hingga alur cerita.

Sejak pertama kali muncul di tahun 1960, Justice League of America benar-benar sangat sukses yang mana seperti disebutkan di atas pihak Marvel Comics memutuskan untuk membentuk tim Justice League mereka sendiri. Jadi, sebenarnya, secara teknis, Justice League merupakan tim superhero yang kemudian menciptakan tim superhero lainnya yang ada di daftar ini.

1 Justice Society Of America

Tim superhero terbaik sepanjang sejarah yang terakhir adalah Justice Society of America. Dalam sejarah komik, sebelum DC Comics memunculkan atau menghadirkan tim Justice League sebenarnya mereka sudah menghadirkan tim superhero lainnya yaitu Justice Society of America. Bisa dibilang, mereka adalah “nenek moyang” dari tim superhero di dunia komik karena mereka adalah yang pertama.

Justice Society of America pertama kali muncul dalam komik All-Stars Comics #3 pada era 1940an yang merupakan ‘Golden Age’ atau ‘Masa Emas’ dari industri komik. Di awal kemunculannya, tim ini memperkenalkan beberapa karakter sebagai bagian tim ini yaitu Green Lantern, the Flash, the Atom, dan the Sandman. Komiknya sendiri berjalan cukup lama sebelum DC melakukan banyak reboot.

JSA memiliki peranan penting dalam menciptakan Multiverse di Universe DC, di mana mereka memperkenalkan Earth-2. Sayangnya, meskipun JSA lebih dahulu muncul dan jadi pionir tim superhero popularitas mereka berada di bawah tim superhero lain seperti Justice League. DC Comics sempat menghadrikan versi lebih modern dengan para karakter yang baru dan unik, namun tetap saja popularitasnya tidak terlalu banyak terangkat.

Sudah sejak beberapa dekade lalu tim superhero menjadi salah satu elemen menarik dalam cerita komik. Bahkan, tim superhero sering kali juga jadi elemen penting yang dinantikan oleh para fans. Contohnya adalah film Avengers dan Justice League. Bukan mustahil akan ada banyak tim superhero baru yang muncul pada masa depan.

Exit mobile version