Dalam sejarah dunia film terdapat beberapa practical effects atau efek praktikan yang dianggap terbaik oleh banyak orang. Selain menggunakan CGI, sebuah film juga biasanya akan menggunakan practical effects atau efek praktikal untuk menambah kesan realistis dalam sebuah adegan. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sudah dilakukan sejak era perfilman dimulai. Terdapat beberapa practical effects atau efek praktikal yang dianggap terbaik di dunia film. Apa saja?

10Adegan Melompat Ke Multiverse – Everything Everywhere All At Once

Everything Everywhere All At Once merupakan film produksi A24 yang paling sukses dengan menjadi film mereka dengan pemasukan kotor terbanyak. Film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik dalam satu dekade terakhir, karena filmnya berhasil menghadirkan sebuah konsep cerita atau plot yang orisinal. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok karakter bernama Evelyn.

Dalam film tersebut diperlihatkan bagaimana Evelyn tanpa disadari memiliki kemampuan yang dahsyat. Dia diperlihatkan mampu untuk mengakses ke berbagai dunia paralel. Dan kemampuan ini membat dia harus berhadapan dengan sosoknya yang lain yang memiliki sifat jahat. Untuk menghadirkan momen melompat menuju universe atau dunia paralel lainnya dilakukan dengan practical effects.

Sang sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert sempat membeberkan rahasia practical effects di film ini. Mereka menggabungkan shutter pada kamera, akting dalam gerakan lambat, serta alat peniup daun yang tersembunyi. Hasilnya benar-benar sangat luar biasa yang membuat para fans terkesima dengan momen Evelyln yang melompat ke berbagai universe.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.