Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Film yang Terhubung dengan Game!

7 Film yang Terhubung dengan Game!

Film adaptasi game memang cukup menarik perhatian. Tidak banyak film adaptasi game yang berujung kesuksesan. Mayoritas dari film-film tersebut justru berakhir dengan kegagalan. Hanya segelintir saja film adaptasi game yang sukses besar, seperti yang dialami oleh franchise Resident Evil. Yap, meski dianggap menyimpang dari gamenya, film Resident Evil sukses besar di box office, sehingga dibuatkan lebih banyak sekuel. Menariknya nih Geeks, ada juga beberapa film yang dibuat terhubung dengan sebuah game. Apa saja film yang terhubung dengan game? Simak berikut ini Geeks!

7 The Matrix Reloaded

The Matrix Reloaded disutradarai oleh Wachowski Siblings (Lana dan Lilly Wachowski) yang juga menjadi penulis naskahnya. Di sini, Keanu Reeves memerankan peran Neo, sementara Laurence Fishburne berperan sebagai Morpheus, Carrie-Anne Moss sebagai Trinity, dan Hugo Weaving sebagai Agent Smith.

The Matrix Reloaded melanjutkan kisah Neo, Trinity, dan Morpheus dalam perlawanan mereka melawan Mesin dan Agent Smith. Neo mulai menyadari potensi penuhnya sebagai The One, yang merupakan individu yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi dan mengubah dunia Matrix. Ketika Neo dan rekan-rekannya berusaha untuk memperingatkan kota-kota Zion dan mempersiapkan diri untuk serangan Mesin, Neo juga terlibat dalam pertemuan dengan “The Architect,” seorang entitas misterius yang mengendalikan Matrix.

Pertemuan itu membawa rahasia yang mengguncang Neo tentang tujuan sebenarnya dari pemberontakan manusia dan perannya sebagai The One. Nah banyak penonton yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada game yang terhubung dengan film Matrix Reloaded. Gane tersebut berjudul Enter the Matrix, yang menghadirkan cerita sampingan dari film Reloaded. Dalam game ini, pemain tidak mengontrol Neo, melainkan Jada Pinkett Smith dan Niobe.

6 The Thing

Film ini adalah remake dari film tahun 1951 dengan judul, The Thing from Another World, dan diadaptasi dari cerita pendek “Who Goes There?” karya John W. Campbell Jr. The Thing mengisahkan kisah sekelompok peneliti di stasiun penelitian Antartika yang menemukan makhluk asing yang mampu meniru dan menyerap organisme lain. Setelah menemukan bangkai kapal asing yang hancur, mereka membawa makhluk tersebut ke pangkalan mereka, tanpa menyadari potensi bahaya yang menyertainya.

Makhluk tersebut dapat berubah bentuk menjadi apa pun dan siapapun, memicu ketidakpercayaan dan paranoia di antara anggota stasiun. Mereka menyadari bahwa siapa pun di antara mereka bisa menjadi The Thing yang menakutkan. Saat upaya untuk mengidentifikasi dan mengisolasi makhluk itu gagal, kecurigaan dan ketegangan mencapai puncaknya, menciptakan atmosfer horor psikologis yang intens.

Film The Thing memang sangat menarik. Dan ternyata film tersebut memiliki sekuel dalam bentuk game. Game The Thing secara teknis merupakan sekuel dari film tersebut. Gamenyua sudah mendapatkan persetujuan langsung dari John Carpenter, dan bahkan menampilkan cameo Carpenter di dalamnya. Dalam game Third Person ini, kita akan memainkan karakter Captain Blake, seorang prajurit pasukan khusus Amerika Serikat.

5 Star Wars Episode III: Revenge of the Sith

Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith adalah film ketiga dalam trilogi prekuel Star Wars yang dirilis pada tahun 2005. Film ini dimulai dengan peristiwa Clone War yang sedang berlangsung di seluruh galaksi. Anakin Skywalker, yang telah menjadi Jedi yang kuat, mulai tergoda oleh janji kekuatan gelap untuk menyelamatkan orang yang dicintainya dari kematian.

Dengan hati berat, Anakin bergabung dengan Sith, dan Palpatine mengubahnya menjadi Darth Vader. Menariknya, sebenarnya ada sebuah game yang terhubung langsung dengan film ini yaitu Star Wars: Battlefront. Star Wars: Battlefront mungkin menjadi salah satu game Star Wars terbaik. Sebenarnya sudah ada beberapa game Star Wars: Battlefront yang dibuat. Pertama adalah game yang rilis di tahun 2004 dan 2005. Kemudian versi reboot-nya rilis di tahun 2015 dan 2017.

Meskipun game reboot-nya dianggap buruk karena fitur microtransaction yang menganggu, tetapi game tersebut berhasil dimainkan oleh banyak orang. Dan menariknya, game tersebut juga terhubung langsung dengan film Star Wars. Gamenya memang berlatar selama dan setelah peristiwa di film Revenge of the Sith, yang menunjukkan transisi dari Republic ke Empire.

4 Mad Max: Fury Road

Mad Max: Fury Road”adalah film aksi yang dirilis pada tahun 2015. Filmnya disutradarai oleh George Miller, yang juga menjadi penulis naskah bersama Brendan McCarthy dan Nico Lathouris. Dalam film ini, Tom Hardy menggantikan Mel Gibson sebagai Max Rockatansky, dan Charlize Theron memerankan karakter Imperator Furiosa. Selain itu, Nicholas Hoult, Hugh Keays-Byrne, dan Rosie Huntington-Whiteley juga turut membintangi film ini.

Mad Max: Fury Road mengambil latar di dunia yang kering dan tandus, di mana seorang karakter bernama Max Rockatansky ditangkap oleh kelompok War Boys yang dipimpin oleh Immortan Joe. Ketika Imperator Furiosa, seorang pengemudi yang bekerja untuk Immortan Joe, menculik kelima istri Joe dan melarikan diri, Max terlibat dalam kekacauan yang mengikuti.

Furiosa berusaha membawa istri-istri tersebut ke “The Green Place,” tanah kelahirannya yang subur, dan melarikan diri dari kehidupan brutal di bawah penguasa Joe. Nah menariknya di tahun yang sama, sebuah game berjudul Mad Max juga dirilis. Ternyata antara film dan gamenya memang dibuat saling terhubung. Game tersebut dikembangkan oleh Avalanche Studios, yang juga dimiliki oleh Warner Bros.

3 The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring dirilis pada tahun 2001 dan disutradarai oleh Peter Jackson. Jackson juga berkontribusi sebagai penulis naskah bersama Fran Walsh dan Philippa Boyens. Film ini diadaptasi dari novel klasik J.R.R. Tolkien berjudul The Fellowship of the Ring, yang merupakan bagian pertama dari trilogi “The Lord of the Rings.”

The Fellowship of the Ring mengikuti perjalanan Frodo Baggins, seorang hobbit yang tak sengaja mendapatkan Cincin Kekuasaan yang sangat kuat. Cincin tersebut adalah Salah Satu Cincin yang diciptakan oleh Sauron untuk menguasai seluruh Middle-earth. Frodo dan teman-temannya membentuk persekutuan yang disebut “The Fellowship of the Ring” untuk membawa cincin itu ke Gunung Doom di Mordor, satu-satunya tempat di mana cincin tersebut dapat dihancurkan dan kekuatan Sauron diakhiri.

Nah menariknya, ternyata ada sebuah game yang terhubung langsung dengan film tersebut yaitu game The Lord of the Rings: The Two Towers. Film ini memang diadaptasi dari dua film pertama dari The Lord of the Rings, dan berdasarkan sepenuhnya pada filmnya, bukan novel. Dalam game ini, pemain bisa berperan sebagai Aragorn, Gimli, atau Legolas, tergantung level mana yang dilewati pemain.

2 Spider-Man 2

Spider-Man 2 adalah film pahlawan super yang dirilis pada tahun 2004, dan disutradarai oleh Sam Raimi. Naskahnya ditulis oleh Alvin Sargent, berdasarkan karakter-karakter Spider-Man yang diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Tobey Maguire kembali memerankan Peter Parker/Spider-Man, bersama dengan Kirsten Dunst sebagai Mary Jane Watson, Alfred Molina sebagai Dr. Otto Octavius (Doc Ock), dan James Franco sebagai Harry Osborn.

Spider-Man 2 melanjutkan kisah Peter Parker, yang sekarang memutuskan untuk meninggalkan identitas Spider-Man demi mengejar kebahagiaan bersama Mary Jane Watson. Di saat yang sama, Dr. Otto Octavius, seorang ilmuwan jenius, bekerja pada proyek eksperimen energi yang dapat mengubah dunia. Namun sesuatu berjalan tidak sesuai, dan Octavius berubah menjadi penjahat berbahaya yang dikenal sebagai Doc Ock setelah terhubung dengan empat lengan mekanis yang dijalankan oleh kecerdasan buatan.

Ternyata film ini juga memiliki game yang saling terhubung satu sama lain. Gamenya sendiri berjudul Spider-Man 2 (PS2), yang juga dianggaap sebagai salah satu game tie in terbaik yang pernah ada. Game ini menawarkan pemain untuk mengeksplorasi New York. Gamenya juga menampilkan para pengisi suara yang sama dengan film Spider-Man 2 seperti Tobey Maguire, Alfred Molina, dan Kirsten Dunst.

1 X-Men Origins: Wolverine

X-Men Origins: Wolverine adalah film superhero yang dirilis pada tahun 2009 dan disutradarai oleh Gavin Hood. Hugh Jackman kembali memerankan karakter Wolverine/Logan, yang merupakan karakter yang telah dia perankan dalam film-film sebelumnya dalam seri X-Men. X-Men Origins: Wolverine mengisahkan perjalanan hidup Logan, atau yang lebih dikenal sebagai Wolverine, dari masa kanak-kanak hingga menjadi salah satu anggota X-Men.

Film ini dibuka dengan adegan di Kanada pada tahun 1845, yang menunjukkan kejadian awal yang membentuk karakter Wolverine. Kemudian, film beralih ke masa kini, di mana Logan dan saudaranya Victor Creed/Sabretooth (Liev Schreiber) bergabung dengan berbagai tim militer selama perang berlangsung, termasuk Perang Dunia I dan II, serta Perang Vietnam. Namun, kekuatan mutan mereka menarik perhatian pihak militer yang ingin menggunakannya untuk kepentingan mereka sendiri.

Nah menariknya, film tersebut juga terhubung dengan sebuah game berjudul sama. Game X-Men Originis: Wolverine dikembangkan oleh Raven Software yang sebelumnya telah membuat Ultimate Aliance pertama dan dua game X-Men Legends. Ketika membuat game ini, Raven Software terinspirasi dengan gameplay dari Devil May Cry dan God of War. Game ini memang mengikat dengan filmnya, sehingga menarik untuk kita simak.

Ternyata ada beberapa film yang juga terhubung dengan game. Bahkan kalian bisa mencoba salah satu dari film atau game tersebut, untuk mengetahui bahwa baik film atau gamenya memang benar-benar terhubung. Di antara film tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version