Home MOVIE MOVIE FEATURES Berbagai Crossover Paling Epik Di MCU!

Berbagai Crossover Paling Epik Di MCU!

Marvel Studios menghadirkan puluhan film dalam lebih dari satu dekade terakhir yang mana terdapat beberapa crossover paling epik yang muncul di MCU. Marvel Studios sudah berkembang jadi sebuah rumah produksi raksasa di Hollywood yang menghadirkan berbagai film-film epik superhero adaptasi dari Marvel Comics. Dan sejak rilis perdana pada 2008, MCU sudah menghadirkan beberapa crossover epik. Apa saja?

7 The Avengers

Crossover paling epik di MCU pertama tidak lain adalah The Avengers. Ini merupakan film crossover yang menghadirkan beberapa karakter superhero Marvel sekaligus setelah mereka diperkenalkan dalam berbagai film sebelumnya. Dalam film ini, kita melihat karakter superhero klasik seperti Hawkeye, Black Widow, Hulk, Captain America, Thor, dan Iron Man yang bersatu.

Mereka diperlihatkan berkumpul untuk menghadapi satu ancaman besar yang berpotensi menghancurkan bumi, yaitu Loki dengan pasukan Chitauri. The Avengers sendiri merupakan kulminasi dari film-film sebelumnya, mulai dari Iron Man hingga Captain America: The First Avengers, sebelum kemudian para karakter superhero Marvel itu melakukan momen crossover epik di MCU dalam film The Avengers.

The Avengers sendiri merupakan sebuah program yang diinisiasi atau dibuat oleh Nick Fury. Hal ini berdasarkan pengalamannya dalam menghadapi ancaman para Kree yang hendak menyerang bumi di era 1990an. Nick merasa bahwa bumi perlu sebuah tim superhero khusus yang memang memiliki tugas untuk menjadi pelindung mereka dalam menghadapi ancaman tersebut.

6 Avengers: Age Of Ultron

Pasca apa yang terjadi dengan Loki dan pasukan Chitauri, Tony Stark merasa bahwa mereka perlu tambahan tenaga untuk menghadapi ancaman tersebut. Dan sebagai langkah preventif, Tony kemudian berusaha untuk menciptakan sebuah entitas khusus yang membantu mereka menangani hal itu. Dibantu oleh Bruce Banner, akhirnya mereka pun berhasil menciptakan cyborg yang dikenal dengan nama Ultron.

Sayangnya, ketika Ultron kemudian mencari tahu berbagai sejarah manusia dia justru menganggap manusia adalah ancaman itu sendiri. Dan akhirnya, Ultron pun berbalik melawan manusia. Namun, untunya, mereka juga memiliki cyborg lainnya yang merupakan perwujudan dari kecerdasan buatan milik Tony Stark lainnya yaitu JARVIS. Sosok ini kemudian kita kenal dengan nama Vision.

Dalam film Age of Ultron, selain kita melihat para Avengers di film pertama, crossover epik di MCU ini menghadirkan juga karakter baru seperti Pietro Maximoff alias Quicksilver, Wanda Maximoff alias Scarlet Witch, War Machine, serta The Falcone. Banyak yang menyayangkan kemunculan dari Pietrio Maximoff alias Quicksilver yang terlalu singkat penampilannya. Dalam crossover epik MCU ini juga diketahui jika Vision menjadi sosok penjaga dari salah satu Infinity Stone, Mind Stone.

5 Captain America: Civil War

Crossover epik di MCU lainnya tidak lain adalah Captain America: Civil War. Ini merupakan salah satu film di MCU yang menghadirkan crossover epik yang bukan dari series Avengers. Captain America: Civil War rilis pada tahun 2016 di mana ceritanya berfokus pada para anggota Avengers yang menjadi sorotan dunia atas berbagai tindakan heroik mereka yang memunculkan dua sisi.

Di satu sisi, tindakan heroik tersebut mampu menyelamatkan dunia dan banyak nyawa yang tidak berdosa. Di sisi lain, nyawa tidak berdosa itu juga menjadi korban tambahan atas tindakan heroisme mereka. Puncaknya, mereka bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada Sokovia. Pemerintah dan seluruh dunia ingin para superhero berada dalam kendali mereka agar tidak ada lagi hal semacam itu.

Hal ini pun memunculkan kontroversi dan perdebatan di kalangan Avengers. Ada yang setuju dan ada yang menolaknya. Akhirnya, perbedaan itu membuat para pahlawan terbaik menjadi dua kubu antara tim Captain America dan Iron Man. Film ini jadi salah satu crossover epik di MCU karena memperkenalkan juga karakter superhero lain seperti Black Panther dan Spider-Man. Mereka justru diperlihatkan saling bertarung satu sama lain.

4 Spider-Man: No Way Home

Salah satu contoh nyata dari crossover epik yang pernah muncul di MCU. Bahkan, bisa dibilang, ini merupakan salah satu contoh nyata dari crossover kombinasi dengan universe Spider-Man dan universe Marvel lain. Dalam filmnya diperlihatkan bagaimana Peter Parker berada dalam sorotan tajam para penduduk New York dan seluruh dunia setelah identitasnya sebagai Spider-Man diketahui orang-orang.

Peter kemudian meminta bantuan kepada Doctor Strange untuk mengatasi itu semua. Dia meminta Strange untuk bisa menghapus ingatan orang-orang, yang mana hal itu beresiko juga menghilangkan ingatan mereka yang dikenal oleh Peter. Namun, situasinyaa menjadi kacau setelah mantra Strange terganggu. Ceritanya kemudian memperlihatkan bagaimana Peter menghilang dan MJ serta Ned berusaha mencari keberadaanya.

Dengan menggunakakan Sling Ring milik Doctor Strange, Ned kemudian berhasil menghadirkan dua Peter Parker yang berbeda; Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Bahkan, yang epik juga adalah akibat mantra tersebut para villain dari dua universe Spider-Man ini ikut muncul. Mereka adalah Sandman, Doc Ock, Lizard, Electro, dan bahkan Green Goblin. Yang juga menarik adalah kita melihat Matt Murdock yang jadi pengacara dari Peter atas kasus ini.

3 Doctor Strange In The Multiverse Of Madness

Ini merupakan film sekuel dari film Doctor Strange pertama yang rilis pada 2016. Film ini menjadi kelanjutan dari apa yang terjadi pada film No Way Home. Akibat dari mantra Strange yang gagal, justru celah antar Multiverse menjadi terbuka yang mana berakibat pada munculnya beragam ancaman supranatural baru. Situasi juga semakin pelik ketika Strange harus menghadapi beberapa situasi sekaligus.

Situasai pertama adalah dia harus mencari tahu lebih lanjut tentang sosok America Chavez yang berasal dari dimensi lain. Kedua, bagaimana America Chavez kemudian menjadi incaran dari Scarlet Witch yang jahat karena pengaruh Darkhold. Ada sebuah momen menarik yang muncul dalam film ini. Karena America Chavez belum bisa mengendalikan kekuatan Multiversenya, hal itu sering membuat dia terlempar ke Multiverse lain.

Wanda dan Strange pun akhirnya menjadi korban dari kekuatan tersebut. Mereka diperlihatkan terlempar ke universe alternatif, yaitu Earth-838. Dalam momen tersebut kita diperlihatkan dengan versi alternatif dari para karakter, mulai dari Captain America yang menjadi Captain Britain, Baron Mordo sebagai Sorcerer Supreme, Black Bolt, dan bahkan Professor X, serta Reed Richards.

2 Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War merupakan film penutup bagian pertama dari Infinity Saga yang dibangun dalam satu dekade sejak 2008 hingga 2018. Seperti yang Geeks ketahui, film ini menceritakan tentang upaya Thanos yang berusaha mengumpulkan seluruh Infinity Stones dari berbagai planet. Hal itu karena Thanos ingin kembali menghadirkan keseimbangan dunia di universe Marvel.

Para Avengers pun berusaha untuk melindungi beberapa Infinity Stones sisanya, yaitu Mind Stone, Space Stone, dan Time Stone. Namun, meskipun sudah berusaha sekuat tenaga mempertahankan semuanya mereka tetap kalah. Thanos tetap berhasil mendapatkan semua Infinity Stones. Untuk menghadapi Thanos, para Avengers benar-benar berusaha sekuat tenaga mereka.

Dalam hal ini, Thor berhasil kembali ke bumi dengan senjata barunya yaitu Stormbreaker dan hampir saja mengalahkan Thanos sebelum dia berhasil melakukan Decimation. Ini jadi salah satu crossover epik di MCU karena menghadirkan hampir seluruh karakter superhero mereka. Bahkan, kita juga melihat bagaimana seluruh pasukan penjaga di Wakanda ikut membantu mengalahkan pasukan Thanos.

1 Avengers: Endgame

Dan crossover paling epik di MCU yang terakhir dan paling besar untuk saat ini tidak lain adalah Avengers: Endgame. Ini menjadi puncak dari Infinity Saga dan dianggap sebagai salah satu crossover paling epik di Marvel Universe hingga saat ini. Dalam ceritanya, para Avengers berusaha untuk mengembalikan semua seperti semula selain juga berusaha untuk menghabisi Thanos.

Para Avengers akhirnya berhasil melakukannya setelah mereka melakukan sesuatu yang luar biasa, menciptakan sebuah mesin waktu. Mereka mencuri berbagai Infinity Stones dari berbagai masa yang berbeda untuk kemudian disatukan kembali di tahun 2025. Yang kemudian jadi adegan paling epik di film ini adalah momen puncak filmnya, ketika Hulk berhasil mengembalikan semua orang yang jadi korban Decimation.

Dalam cerita akhir filmnya juga kita melihat bagaimana Thanos, Black Order, dan semua pasukannya berusaha untuk menyerang Thor, Iron Man, dan Captain America. Namun, mereka kemudian dikejutkan oleh kemunculan semua karakter superhero yang pernah muncul di Phase 1 hingga Phase 3. Bahkan, mereka juga menghadirkan Wong, Valkyrie, hingga Pepper Potts. Dan ceritanya kemudian ditutup dengan Tony Stark yang melakukan Decimation yang dibayar dengan nyawanya.

Marvel Studios benar-benar menghadirkan berbagai cerita epik melalui MCU, yang mana berbagai cerita epik tersebut berujung pada munculnya crossover yang menarik. Dan Phase selanjutnya dari MCU juga sepertinya masih akan menghadirkan berbagai cerita crossover epik lainnya seperti Deadpool 3, Avengers 5, dan bahkan Avengers: Secret War.

Exit mobile version