Home MOVIE MOVIE FEATURES 11 Film Animasi Paling Ditunggu Tahun 2024!

11 Film Animasi Paling Ditunggu Tahun 2024!

Meskipun tahun 2024 akan banyak menghadirkan film blockbuster, namun ada juga beberapa film animasi yang dinantikan di tahun tersebut. Meskipun film animasi mungkin hype-nya tidak sebesar film live-action blockbuster, namun beberapa film dianggap layak untuk dinantikan kemunculannya. Sebagian merupakan sekuel dari film sebelumnya, sedangkan sebagian lainnya merupakan film baru. Berikut adalah deretan film animasi yang dinantikan kemunculannya di tahun 2024.

11 Justice League: Crisis On Infinite Earths

Ini sebenarnya merupakan proyek film pertama dari jagat sinematik baru DC yaitu DC Universe. Justice League: Crisis On Infinite Earths merupakan film animasi dari DC Universe, namun film animasi ini termasuk bagian dari Elseworlds. Artinya, meskipun berada di satu jagat sinematik yang sama mereka berada di universe yang berbeda dengan The Batman atau bahkan Superman: Legacy.

Sebagian Geeks mungkin sudah tidak asing dengan alur cerita populer ini. Justice League: Crisis On Infinite Earths merupakan film animasi yang mengadaptasi alur cerita populer klasik DC Comics yaitu Crisis on Infinite Earths. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana seluruh universe DC berada diambang kehancuran setelah Anti-Monitor menjadi dalang dari semua kejahatan tersebut.

Tim Justice League pun berpacu dengan waktu untuk menghentikan rencana besar dari Anti-Monitor tersebut. Cerita Crisis On Infinite Earths sebenarnya sudah juga muncul dalam Elseworlds yang dihadirkan dalam berbagai series di Arrowverse. Namun, sepertinya, DC Studios ingin memperkenalkan alur cerita epik ini bagi para penonton baru serta anak-anak di era sekarang.

10 Mobile Suit Gundam SEED Freedom

Akhir Januari 2024 akan ditutup oleh film animasi yang dinantikan lainnya dalam daftar ini yaitu Mobile Suit Gundam SEED Freedom. Ini merupakan film animasi yang merupakan sekuel dari Mobile Suit Gundam SEED Destiny sekaligus juga sebagai bentuk perayaan 20 tahun series anime Mobile Suit Gundam Seed tayang dan jadi film yang sangat dinantikan oleh para fans Gundam dan mecha.

Mobile Suit Gundam SEED Freedom selain akan menghadirkan alur cerita lanjutan dari TV series animenya serta sekuel dari Mobile Suit Gundam SEED Destiny, juga akan menghadirkan berbagai hal-hal menarik lainnya termasuk referensi dari berbagai proyek Mobile Suit Gundam lain. Seperti yang diperlihatkan dalam trailer resmi filmnya, kita akan kembali melihat sosok karakter Kira Yamato dan Lacus Cylne di Cosmic Era 75.

Tensi sempat meninggi di universe tersebut yang mana membuat dua pilot muda berbakat, Shinn Asuka dan Athrun Zala mendapatkan tugas untuk kembali menggunakan kostumnya dan mencegah pertempuran antara Naturals dan Coordinators. Disutradarai oleh Mitsuo Fukada dan pertama kali diumumkan pada 2021 kemarin, film ini dijadwalkan akan tayang pada 26 Januari 2024 mendatang.

9 Doraemon: Nobita’s Earth Symphony

Film animasi yang dinantikan pada 2024 selanjutnya adalah Doraemon: Nobita’s Earth Symphony. Ini merupakan film 43 dari series Doraemon yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio. Film ini akan disutradarai oleh Kazuki Imai dan ceritanya akan ditulis oleh Teruko Utsumi. Shin-Ei Animation jadi studio animasi yang akan mengerjakan proyek film terbaru dari Doraemon tersebut.

Sayangnya, sejauh ini belum banyak informasi yang diketahui mengenai filmnya. Menurut informasinya, film Doraemon: Nobita’s Earth Symphony akan menghadirkan konsep cerita yang berbeda dari film-film sebelumnya yaitu musikal. Ceritanya sendiri masih akan berfokus pada Doraemon, Nobita, dan kawan-kawan. Namun, petualangan kali ini berbeda karena berkaitan dengan elemen musik.

Filmnya ini memiliki slogan yaitu “Musik hadir dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagaimana jika musik menghilang dari bumi?” Yang menarik adalah menurut penuturan Kazuki Imai dia mendapatkan inspirasi untuk film ini ketika melihat putrinya menyanyi dengan suara keras sambil melihat acara televisi saat pandemi COVID-19 melanda. Filmnya sendiri akan rilis pada 1 Maret 2024.

8 Kung Fu Panda 4

Kung Fu Panda 4 adalah salah satu film animasi yang sangat dinantikan di tahun 2024 setelah pengumuman resmi untuk filmnya dilakukan beberapa waktu yang lalu. Film animasi populer karya DreamWorks Animation, Kung Fu Panda, akan kembali menghadirkan film keempat mereka yaitu Kung Fu Panda 4. Film terbaru ini akan kembali menghadirkan cerita Po sang panda yang menjadi Ksatria Naga.

Namun, peran Po sebagai Ksatria Naga di film Kung Fu Panda 4 akan jauh lebih besar dan jauh lebih berat dari sebelumnya. Menurut sinopsis resminya yang dibagikan kemarin, Chameleon merupakan villain terkuat yang akan Po hadapi dalam hidupnya sebagai seorang Ksatria Naga. Dia sengaja mengincar Po, karena dia menginginkan tongkat yang Po miliki.

Dari trailer perdana yang diperlihatkan kemarin menunjukan seberapa dahsyat kekuatan Chameleon, di mana dia memiliki kekuatan untuk bisa menyerap kekuatan dan penampilan dari orang lain seperti yang dia perlihatkan dengan menirukan Tai Lung dan Po. Selain CHameleon, Zhen merupakan karakter baru lainnya yang akan muncul di film Kung Fu Panda 4 dan diperkenalkan dalam trailer perdana ini. Kung Fu Panda 4 akan rilis pada 8 Maret 2024 mendatang.

7 IF

Sebenarnya, IF atau Imaginary Friend, bukan film yang sepenuhnya animasi melainkan film yang menggabungkan elemen animasi dan juga live-action. Konsepnya mirip seperti Space Jam atau Tom And Jerry. IF sendri merupakan sebuah proyek film karya John Krasinki dan dibintangi oleh banyak nama-nama populer. Contohnya adalah Emily Blunt, Steve Carrell, dan bahkan Ryan Reynolds.

Sesuai namanya, IF atau Imaginary Friends menceritakan tentang seorang wanita bernama Bea Gains yang memiliki sebuah kemampuan unik. Dia bisa melihat wujud atau bentuk dari teman imajinasi anak-anak (yang kemudian disebut sebagai IFs). Namun, Bea kemudian terkejut ketika dia mengetahui jika tetangganya, The Man Upstairs, juga ternyata memiliki kemampuan unik yang sama dengannya.

Ini merupakan film kedua dari Ryan Reynolds di mana dia muncul di film serupa setelah Detective Pikachu. Bedanya, dalam film tersebut Reynolds yang mengisi suara dari Pikachu. Yang menarik adalah meskipun film ini merupakan garapan dari John Krasinki, gaungnya nampak kurang jika dibandingkan film produksi Krasinki lainnya. Padahal, sederet nama besar muncul di filmnya. IF akan rilis pada 17 Mei 2024 mendatang.

6 The Garfield Movie

Chris Pratt akan kembali mengisi suara dalam proyek film animasi lainnya yaitu The Garfield Movie. Dalam laporan yang muncul pertama kali pada 2021 kemarin, disebutkan jika Chris Pratt akan berperan sebagai Garfiled dalam film terbaru dari garapan studio animasi Illumination Entertainment Project ini. Dan bahkan, nama-nama besar seperti Samuel L. Jackson juga akan mengisi suara karakter di film itu.

The Garfield Movie sendiri bercerita tentang Garfield yang kembali bertemu dengan ayahnya, seekor kucing jalanan bernama Vic yang suaranya diisi oleh Samuel L. Jackson. Pertemuannya dengan sang ayah tersebut justru membuat Gafield dan juga Odie harus terlibat sebuah petualangan epik di luar ruangan. Sejauh ini, belum banyak detil yang diketahui mengenai film ini.

Dipilihnya Pratt sebagai pengisi suara dari Garfield sebenarnya sempat memunculkan kontroversi di kalangan fans. Banyak fans yang menganggap jika Pratt kurang cocok untuk mengisi suara Garfield. Hal ini sendiri pernah juga terjadi keoada Pratt dalam proyek film animasi lainya The Super Mario Bros. Movie. Film The Garfield Movie ini sendiri akan rilis pada 24 Mei 2024 mendatang.

5 Inside Out 2

Inside Out merupakan sebuah komedi animasi yang berfokus pada seorang anak perempuan bernama Riley. Dia harus mengalami pergolakan jiwa setelah Riley harus pindah setelah ayahnya harus pindah setelah mendapatkan pekerjaan baru di San Francisco. Selain berfokus pada sosok Riley, film Inside Out mengisahkan berbagai emosi yang ada di dalam jiwa dari Riley.

Kita akan melihat berbagai emosi seperti Joy, Anger, Fear, Disgust, dan Sadness. Berbagai emosi yang ada dalam tubuh Riley tersebut tinggal di sebuah tempat bernama Headquarters, yang berada di dalam pikiran dari Riley. Para emosi inilah yang mengatur dan mengendalikan kehidupan Riley setiap harinya. Filmnya sendiri rilis pada 2015 dan cukup mendapatkan respon yang luar biasa.

Para emosi tersebut akan kembali berkumpul dan muncul di film Inside Out 2. Namun, kabarnya, selain para emosi yang muncul dari film pertama kita juga akan melihat berbagai emosi yang baru akibat kondisi emosi dan jiwa dari Riley yang sudah memasuki masa remaja. Inside Out 2 sendiri rencananya akan rilis pada 14 Juni 2024.

4 Despicable Me 4

Gru dan para Minions akan kembali dalam salah satu film animasi yang dinantikan di tahun 2024 yaitu Despicable Me 4. Sejauh ini, plot untuk Despicable Me 4 mash dirahasiakan namun ada beberapa detil penting yang memberikan petunjuk mengenai premisnya. Kemungkinan besar Despicable Me 4 akan berfokus pada sosok supervillain baru yang mana hanya Gru yang bisa menghentikannya.

Steve Carell sendiri sempat memberikan sedikit informasi mengenai film ini juga. Dalam penuturannya, di film Despicable Me 4 kita akan melihat bagaimana Gru dan keluarganya serta para minions akan bertarung bersama dengan Anti-Villain League. Menurut Carrell, ini menjadi sebuah kelanjutan dari film sebelumnya. Kita pun melhat bagaimana Gru dan Lucy menjadi sebuah keluarga yang baru.

Dalam cerita selanjutnya ini juga kita akan melihat peningkatan cerita dari apa yang sudah muncul sebelumnya. Anti-Villain League serta anak-anak mereka akan kembali dan jauh lebih banyak terlibat dalam ceritanya. Despicable Me 4 akan disutradarai oleh Chris Renaud yang sebelumnya pernah mengerjakan Despicable Me 1 dan 2. Mike White akan menulis ceritanya dan Chris Melandri akan memproduseri filmnya.

3 The Lord Of The Rings: The War Of The Rohirrim

Rilis perdana pada tahun 2001, film trilogi The Lord of the Rings berhasil memperkenalkan universe Middle-Earth. Di tangan sutradara Peter Jackson, kisah yang diadaptasi dari novel legendaris karya J.R.R. Tolkien ini telah memberikan kejutan besar bagi industri perfilman Hollywood dengan kualitas film yang memukau. Berkat kesuksesan trilogi pertamanya, tidak heran jika ada yang ingin mengembangkan lebih jauh cerita tentang Middle-Earth ini.

Setelah trilogi The Hobbit rilis pada tahun 2012, kini kisah Middle-Earth akan kembali lagi dieksplor dalam sebuah film animasi The Lord Of The Rings: The War Of The Rohirrim. Studio Jepang yang sebelumnya menggarap Blade Runner: Black Lotusyaitu Sola Entertainment, akan mengerjakan animasi dari film terbaru TLOTR ini. Sejauh ini, memang masih belum diketahui banyak mengenai filmnya.

Meskipun begitu, kabarnya film ini akan menjadi prekuel. Film animasi tersebut akan bersetting kurang lebih 200 tahun sebelum trilogi pertama dari The Lord of the Rings dan fokus pada satu peristiwa saja. Dan kabarnya juga, film animasi ini akan saling terkait dengan berbagai proyek film lainnya. The Lord Of The Rings: The War Of The Rohirrim akan rilis pada 13 Desember 2024 mendatang.

2 Mufasa: The Lion King

Mufasa: The Lion King merupakan film spinoff dari The Lion King, film animasi Disney yang rilis pada tahun 1990an. Film ini akan disutradarai oleh Barry Jenkins dan Aaron Pierre akan mengisi suara Mufasa dalam film baru ini. Sementara itu, Kelvin Harrison Jr. akan mengisi suara Scar, yang kemungkinan besar akan menjadi villain dalam film ini seperti film sebelumnya.

Untuk saat ini, memang masih belum banyak yang diketahui tentang filmnya. Namun, kabarnya Mufasa: The Lion King bakal menceritakan asal-usul ayah Simba yaitu Mufasa. Dan kita juga akan melihat lebih jauh hubungan antara Mufasa dan juga Scar. Sayangnya, James Earl Jones memilih untuk tidak kembali untuk film ini. Mufasa: The Lion King sebenarnya pada awalnya dijadwalkan rilis pada 5 Juli 2023.

Namun, perilisan filmnya kemudian harus diundur hingga 20 Desember 2024. Perubahan jadwal ini merupakan buntut dari demonstrasi besar-besaran yang terjadi pada Agustus kemarin. Dengan demonstrasi yang sudah selesai, kini semuanya sudah kembali normal. Mungkin, di tahun 2024 nanti kita akan mendapatkan informasi tambahan mengenai film ini.

1 Sonic The Hedgehog 3

Film animasi yang dinantikan di tahun 2024 yang terakhir adalah Sonic the Hedgehog 3. Sempat menjadi bahan lelucon karena desain karakternya yang kurang menarik, film Sonic kemudian melakukan perubahan besar-besaran yang mana hasilnya sangat efektif. Film tersebut akhirnya sukses yang menelurkan sekuelnya yaitu Sonic the Hedgehog 2 yang rilis pada 2022 kemarin.

Tidak membutuhkan waktu lama bagi film live-action Sonic the Hedgehog untuk mendapatkan lampu hijau dari Sega dan Paramount Pictures untuk menghadirkan film ketiganya. Hal ini karena dua film sebelumnya berhasil mendapatkan ulasan yang sangat positif. Selain itu, secara komersil juga film ini bisa dikatakan cukup sukses. Untuk sejauh ini, belum banyak informasi yang kita ketahui mengenai filmnya.

Dari apa yang diketahui sebelumnya, berdasarkan foto bocoran yang diambil di lokasi shooting diperlihatkan Sonic, Tails, dan Knuckles akan kembali muncul dalam ceritanya. Dan di film ketiga ini kita akan melihat sosok karakter baru yaitu Shadow. Belum ada informasi mengenai siapa yang akan mengisi suara Shadow di filmnya. Sonic the Hedgehog 3 akan rilis pada 20 Desember 2024 mendatang.

Film-film animasi yang dinantikan di 2024 sebagian besar merupakan sekuel dari film-film sebelumnya. Namun, tidak sedikit juga yang merupakan prekuel dan juga merupakan film baru yang baru akan tayang. Apakah salah satu film yang kalian nantikan ada dalam daftarnya Geeks?

Exit mobile version