Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Karakter Villain Yang Bisa Muncul di Spider-Man 4!

10 Karakter Villain Yang Bisa Muncul di Spider-Man 4!

Marvel Studios berencana untuk menghadirkan film Spider-Man 4 dan berikut adalah berbagai karakter villain yang bisa muncul di filmnya. Untuk saat ini, memang masih belum ada kepastian apakah Marvel Studios akan menghadirkan film Spider-Man 4. Namun, dari berbagai petunjuk yang ada besar kemungkinan film ini akan dibuat sebagai bentuk kerja sama baru antara Disney dan Sony. Dengan rencana film Spider-Man 4 ada beberapa karakter villain yang dianggap pas untuk bisa muncul di filmnya nanti. Siapa saja?

10 Morlun

Karakter villain yang bisa muncul di Spider-Man 4 yang pertama adalah Morlun. Dengan Sony yang sudah menghadirkan series film Spider-Verse, serta bagaiman MCU sudah mulai juga menjelaskan lebih lanjut mengenai berbagai realita atau universe yang ada, artinya ada banyak kemungkinan yang bisa dihadirkan untuk film Spider-Man selanjutnya. Salah satunya menghadirkan sosok karakter villain Morlun.

Dalam cerita komiknya, Morlun merupakan musuh bebuyutan bukan hanya bagi Spider-Man melainkan bagi seluruh Spider-People. Sang vampir memang sengaja mengincar seluruh Spider-Totems alias Spider-People yang berasal dari berbagai realita yang ada. Dia sengaja melakukan hal itu demi menghisap kekuatan mereka dan kemudian menghabisi nyawa dari para Spider-People tersebut.

Dengan semua kemungkinan yang ada, termasuk sudah diperkenalkannya multiverse, Marvel Studios bisa menghadirkan ancaman yang sangat besar yang pernah Peter Parker hadapi dalam hidupnya. Dan hal ini juga bisa menjadi momen untuk memperkenalkan karakter lain, contohnya adalah Miles Morales yang juga kabarnya sedang dipersiapkan film live-actionnya.

9 The Prowler

Berkaitan dengan rencana spekulasi kemunculan Miles Morales di MCU, artinya ada kemungkinan juga kita bisa melihat Peter Parker berhadapan dengan salah satu villain yang unik yaitu The Prowler. Aktor sekaligus penyanyi Donald Glover merupakan pemeran dari Aaron Davis yang muncul dalam cerita Spider-Man: Homecoming. Seperti yang sudah Geeks ketahui, Aaron Davis merupakan paman dari salah satu Spider-Man, Miles Morales.

Yang menarik kemudian adalah sejauh ini Aaron Davis memang belum kembali muncul di berbagai proyek film Spider-Man atau proyek MCU lainnya. Namun, dia sempat muncul sebagai cameo dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse. Film tersebut memang tidak memberikan penjelasan apakah Prowler itu berasal dari MCU atau justru berasal dari universe yang lain seperti karakter lain.

Namun, dari concept art yang ada terkonfirmasi jika dia berasal dari MCU. Film Spider-Man 4 bisa jadi momen kembalinya Aaron Davis alias The Prowler dan mulai memperkenalkan sosok karakter tersebut. Menghadirkan The Prowler sebagai villain selanjutnya bagi Spider-Man memberikan kesempatan bagi Spidey untuk menghadapi villain level jalanan yang cukup lama tidak Spidey hadapi. Dan ini bisa jadi salah satu pilihan tepat bagi villain di Spider-Man 4.

8 Black Cat

Felicty Jones merupakan sosok aktris yang berperan sebagai Felicia Hardy alias Black Cat dalam film The Amazing Spider-Man 2 garapan Marc Webb. Sempat ada rencana untuk menghadirkan film solo dari Black Cat, namun Sony akhirnya memutuskan untuk membatalkan proyek film tersebut. Sony juga bahkan pada akhirnya membatalkan karakter Felicia untuk diperkenalkan sebagai Black Cat.

Banyak fans yang kecewa dengan hal ini, namun MCU bisa memperbaiki hal tersebut dengan menghadirkannya di film Spider-Man 4. Marvel Studios bisa menghadirkan skenario di mana Felicia diperkenalkan sebagai love interest dari Peter Parker, seperti dalam cerita komiknya. Skenario ini mungkin terjadi setelah Doctor Strange menghapus seluruh ingatan orang-orang tentang Peter Parker, termasuk MJ dan Ned.

Marvel Studios bisa menghadirkan cerita tentang Felicia Hardy yang mirip dengan komik atau gamenya, di mana dia terpaksa untuk menjadi seorang kriminal. Hal ini tentunya akan memberikan sebuah kompleksitas moral dari Peter Parker yang akan membuat perkembangan karakternya semakin menarik. Dengan popularitas Catwoman di DC Universe, hal ini juga bisa dilakukan Sony dan MCU dengan karakter Black Cat.

7 Smythe

Selain Morlun dan Black Cat, karakter villain yang bisa cocok untuk bisa muncul di Spider-Man 4 adalah Smythe. Marvel Universe memiliki cukup banyak karakter jenius, di mana salah satunya adalah Alistair Smythe. Sayangnya, kecerdasan dari Smythe justru dia gunakan untuk kejahatan. Salah satunya adalah dia sengaja menciptakan teknologi khusus untuk membunuh Peter Parker.

Smythe diketahui menciptakan sebuah robot khusus untuk memburu Spider-Man yang bernama Spider Slayers. Smythe merupakan karakter yang bisa menghadirkan simpati di kalangan fans. Pasalnya, dia menderita gangguan emosional akibat dari kekerasan yang dia terima dari keluarganya terutama sang ayah. Symthe juga benar-benar menjadi sosok yang jahat demi bisa menunjukan kekuatannya.

Kemunculan Smythe sebagai villain di Spider-Man 4 bisa menjadi sebuah alur cerita drama yang kompleks di mana Peter bisa menunjukan kepada Smythe bahwa mereka sama-sama menderita. Namun, Peter bisa menyadarkan Smythe bahwa jalan yang dia pilih merupakan sebuah kesalahan besar. Dia bisa berubah jadi baik dan bahkan menjadi sosok pahlawan besar, yang bisa jadi di akhir filmnya nanti Smythe akan mengalami perubahan sikap.

6 Jackal

Jackal pada awalnya merupakan seorang ilmuwan jenius dalam hal genetik yang sengaja merubah dirinya menjadi sosok villain ini demi memburu Spider-Man. Memiliki nama Professor Miles Warren merupakan paman dari Gwen Stacy dalam cerita komiknya dan dia menaruh dendam yang besar terhadap Spider-Man karena, dia menganggap jika Spider-Man bertanggung jawab atas kematian keponakannya.

MCU sendiri memang belum memperkenalkan Gwen Stacy dalam ceritanya. Namun, mereka bisa menghadirkan versi lain dari Miles Warren di MCU di mana dia diceritakan mirip seperti Doctor Otto Octavius versi Spider-Man garapan Sam Raimi atau Doctor Curt Connors dalam cerita The Amazing Spider-Man. Marvel bisa menghadirkan cerita di mana Miles Warren merupakan salah satu professor dari Peter di kuliahnya.

Miles Warren kemudian menjalani hidup yang berbeda sebelum kemudian dia berubah menjadi jahat. Menghadirkan Miles Warren di Spider-Man 4 juga memberikan kesempatan bagi MCU untuk menghadirkan Ben Reiley serta menghadirkan alur cerita Clone Saga yang dimodifikasi ceritanya sedemikian rupa. Bila hal ini terjadi, maka cerita Spider-Man di MCU akan semakin luas dan besar.

5 Mac Gargan/Scorpion

Villain yang bisa muncul di film Spider-Man 4 selanjutnya adalah Mac Gargan alias Scorpion. Seperti halnya Aaron Davis, Mac Gargan juga pertama kali muncul di film Spider-Man: Homecoming. Meskipun karakter yang diperankan oleh Michael Mando ini muncul di film perdana Spider-Man, sejauh ini justru banyak orang yang melupakan keberadaan dari salah satu villain klasik tersebut.

Mac Gargan sempat menjadi kru dari The Vulture sebelum tertangkap dan saat berada di penjara dia pun mengaku ingin kembali mengincar nyawa Spider-Man. Marvel Studios bisa memanfaatkan karakter Mac Gargan untuk jadi villain yang muncul di Spider-Man 4. Ada beberapa alasan yang mendukung hal tersebut. Pertama, kita masih belum melihat seluruh potensi dari Scorpion.

Rasanya tentu sangat disayangkan jika Marvel hanya sekedar menghadirkan karakternya tanpa memberikan sesuatu yang signifikan. Kedua, Mac Gargan dengan jelas menginginkan balas dendam terhadap Spider-Man seperti yang muncul di akhir filmnya di mana dia berbincang dengan Vulture. Mac Gargan bahkan mengajak Vulture untuk menjalin kerja sama denganya agar bisa membalas dendam terhadap Spider-Man. Dan yang menarik juga adalah dengan adanya sisa Symbiote yang muncul di film No Way Home, Mac Gargan bisa jadi sosok Symbiote Venom di MCU seperti halnya dalam cerita komik.

4 Venom

Berkaitan dengan Symbiote, villain selanjutnya yang bisa muncul di film Spider-Man 4 adalah Venom. Musuh bebuyutan dari Spider-Man ini memang sudah sejak lama dinantikan untuk muncul oleh para fans. Bahkan, mereka mengharapkan adanya pertarungan epik dari kedua karakter ini layaknya alur cerita di komiknya. Sayangnya, hal tersebut belum pernah terwujud hingga sekarang.

Peluang pertarungan antara Venom dan Spider-Man pada akhirnya terbuka setelah apa yang terjadi di film Spider-Man: No Way Home. Dalam adegan post-credit filmnya, kita melihat bagaimana sesuatu yang luar biasa terjadi kepada Eddie Brock. Dia melami fenomena pindah universe dari Sony menuju Marvel. Hal ini bisa dilihat dari Eddie yang membaca berita tentang Spider-Man.

Meskipun sudah pindah ke MCU, Eddie belum pernah bertemu dengan Spider-Man dan para superhero lainnya. Dan Spider-Man 4 mungkin bisa memperbaiki hal tersebut. Eddie sendiri diceritakan kembali ke universe milik Sony, namun sebagian dari Symbiote Venom justru tertinggal di MCU. Potongan Symbiote Venom ini bisa saja menyatu dengan Spider-Man dan membuatnya menjadi inang dari Symbiote tersebut. Eddie mungkin akan kembali dan mencoba menyelamatkan Peter Parker dari Symbiote tersebut. Bisa juga, seperti halnya poin di atas, Symbiote tersebut pada akhirnya kemudian menyatu dengan Mac Gargan dan jadi Symbiote Venom versi MCU.

3 Hobgoblin

Selain Venom, Hobgoblin juga menjadi salah satu villain yang dinantikan kemunculannya oleh para fans. Spekulasi mengenai kemunculan Hobgoblin sendiri muncul dan semakin meningkat di kalangan fans pasca beredarnya concept art dari karakternya yang tidak jadi digunakan di film Spider-Man: No Way Home. Dalam concept art tersebut nampak bagaimana Ned Leeds adalah sosok di balik topeng Hobgoblin.

Hobgoblin terlihat melemparkan bom labu milik Green Goblin saat dia menggunakan glider milik sang villain. Dalam cerita komiknya, Hobgoblin memang merupakan salah satu musuh bebuyutan dan mengerikan yang pernah Spider-Man hadapi. Ironisnya, sosok di balik Hobgoblin tidak lain adalah sahabatnya sendiri yaitu Ned Leeds. Ned dicuci otaknya oleh Hobgoblin yang asli bahwa dia adalah sosok villain yang sebenarnya.

Saat ini, akibat permintaan Peter Parker kepada Doctor Strange untuk membuat semua orang melupakannya berakibat pada MJ dan juga Ned yang tidak lagi mengenali siapa sebenarnya Peter. Ini tentunya bisa jadi momen bagi Hobgoblin yang asli untuk mencuci otak dari Ned Leeds dan meyakini jika dia adalah sosok villain tersebut seperti halnya di komik. Ini tentunya bisa jadi momen emosional bagi Peter.

2 Doppelgangger

Doppelgangger bisa jadi villain menarik lainnya yang muncul di Spider-Man 4 dan sebagai ancaman yang belum pernah Spider-Man hadapi sebelumnya. Dalam kemunculannya di MCU, Spider-Man sudah pernah menghadapi villain dari level biasa hingga level kosmik seperti Thanos. Namun, MCU bisa menghadirkan karakter villain yang tidak biasa yang belum pernah Peter Parker hadapi sebelumnya.

Salah satunya adalah dia menghadapi “kembarannya” sendiri dalam versi jahat. Dan karakter tersebut tidak lain adalah Doppelgangger. Doppelganger merupakan versi yang jauh lebih mengerikan, jahat, kejam, tidak berperikemanusiaan, dan memiliki delapan lengan versi dari Spider-Man. Doppelganger merupakan makhluk yang diciptakan oleh Magus, persona jahat dari Adam Warlock.

Magus sengaja menciptakan versi jahat dari berbagai karakter superhero Marvel, yang mana salah satunya adalah Spider-Man. Doppelganger pertama kali muncul dalam cerita Infinity War dan kemudian kembali muncul dalam cerita Maximum Carnage. Dalam cerita Maximum Carnage, Doppelganger menjadi “peliharaan” dari Carnage dan Shriek. Doppelganger memiliki jaring laba-laba yang sangat tajam serta kekuatannya enam kali lebih kuat dari Peter Parker. MCU sendiri sudah mulai berani mengahdirkan tone cerita horor di filmnya, yang mana hal ini bisa juga diaplikasikan kepada film Spider-Man 4 dengan menghadirkan Doppelgangger.

1 Knull

Villain yang menarik dan dianggap cocok untuk bisa muncul di film Spider-Man 4 yang terakhir adalah Knull, sang dewa Symbiote. Pasca film Thor: Love and Thunder memperkenalkan sebuah artefak kosmik dahsyat yaitu pedang Necrosword, maka hal yang mungkin bisa terjadi selanjutnya adalah kemunculan dari sang dewa Symbiote yaitu Knull. Dialah yang menciptakan pedang Necrosword tersebut.

Dalam cerita komiknya, Knull merupakan entitas kuno yang sudah ada bahkan sebelum alam raya Marvel terbentuk. Dialah yang membentuk Symbiote pertama kali, yang mana itu merupakan material untuk membentul Necrosword. Knull bahkan mampu menghabisi para Celestials dengan pedangnya tersebut. Meskipun mungkin rasanya masih terlalu dini untuk menghadirkan Knull sebagai villain, namun bukan mustahil jika MCU mulai memperkenalkan karakternya di film Spider-Man 4.

Mengingat MCU berencana untuk mengganti karakter villain utama di Saga selanjutnya, Knull bisa jadi salah satu pilihan bagi pihak studio untuk dimunculkan. Dan melalui film Spider-Man 4 karakternya bisa saja diperkenalkan untuk yang pertama kali. Kemunculan Knull memunculkan peluang bagi Sony dan Marvel Studios untuk melakukan kolaborasi untuk menghancurkan Knull dan pasukan Symbiotenya.

Spider-Man 4 membuka banyak potensi bagi alur cerita Spider-Man kedepannya di MCU atau bagi alur cerita di MCU itu sendiri. Untuk saat ini, memang nasib dari filmnya sendiri masih belum diketahui. Meskipun begitu, ada peluang bagi karakter villain di atas untuk bisa muncul di film Spider-Man yang selanjutnya.

Exit mobile version