Apa yang Bartholomew Kuma ucapkan di chapter baru One Piece kemungkinan beri petunjuk tentang klan D pada masa lalu. Klan D masih jadi sebuah misteri besar yang muncul dalam cerita One Piece. Kita masih belum tahu siapa mereka sebenarnya, apa arti dari huruf tersebut, dan juga apa yang kemudian jadi alasan mereka dibenci World Government. Namun, Kuma mungkin sudah beri petunjuk tentang klan D pada masa lalu di chapter baru ini.

2Klan D Adalah Pemberontak

Dalam chapter 1102 kita masih melihat kelanjutan kisah masa lalu dari Kuma. Kita melihat berbagai peristiwa penting yang terjadi sebelum timeskip terjadi dari sudut pandang Kuma. Salah satunya adalah apa yang terjadi di kepulauan Sabaody. Kuma mengetahui tentang keributan besar yang terjadi di rumah lelang. Dalam momen tersebut, kuma kemudian melihat Luffy yang memukul kaum naga langit demi melindungi Hacchin yang merupakan manusia ikan.

Yang menarik kemudian adalah respon dari Kuma saat melihat peristiwa tersebut. Kuma mengaku jika apa yang Luffy lakukan tersebut merupakan sebuah aksi pemberontakan yang sudah sejak ratusan tahun yang lalu. Ucapan Kuma tersebut seolah memberikan petunjuk penting mengenai apa yang terjadi pada ratusan tahun lalu, kemungkinan ketika World Government sudah berkuasa di dunia One Piece.

Meskipun Kuma tidak menyebutkan secara spesifik jika yang dilakukan oleh Luffy merupakan aksi yang klan D lakukan pada masa lalu, namun bagaimana Luffy yang melakukan hal tersebut, aksi Luffy melawan naga langit demi melindungi manusia ikan, dan fakta bahwa klan D kemudian memiliki stigma negatif di kalangan Wold Government sebagai musuh utama mereka rasanya hal ini bisa jadi jawaban dari teka-teki tersebut.

Dengan kata lain, ucapan Kuma tersebut menggambarkan apa yang terjadi pada masa lalu terutama yang berkaitan dengan klan D. Dari ucapan Kuma tersebut bisa ditarik asumsi jika pada ratusan tahun lalu ketika World Government dan kaum naga langit berkuasa mereka sudah senantiasa menindas berbagai kaum lainnya. Dan karena kekuasaan mereka, tidak ada yang berani melawan atau melakukan pemberontakan.

Klan D kemungkinan jadi satu-satunya pihak yang berani melakukan pemberontakan atau melawan pihak World Government. Apa yang Luffy perlihatkan sejauh ini dalam cerita One Piece memperlihatkan bagaimana dia tidak peduli apakah yang dihadapannya adalah kaum naga langit atau bukan. Selama hal itu mengganggunya atau membuatnya tidak nyaman, maka dia akan melakukan sesuatu.

Ucapan Kuma di chapter 1102 kemungkinan juga memperlihatkan apa yang klan D lakukan pada masa lalu, di mana mereka tidak peduli apakah yang jadi lawan mereka adalah naga langit atau bukan. Selama itu mereka lakukan demi melindungi seseorang atau karena merasa tidak nyaman, maka mereka akan melakukannya seperti yang Luffy lakukan demi melindungi Hacchin. Dan inilah yang jadi alasan Kuma mengatakan bahwa apa yang Luffy lakukan adalah tindakan pemberontakan yang sudah ratusan tahun tidak pernah terjadi.

Alasan Jadi Musuh World Government – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.