Apa yang Bartholomew Kuma ucapkan di chapter baru One Piece kemungkinan beri petunjuk tentang klan D pada masa lalu. Klan D masih jadi sebuah misteri besar yang muncul dalam cerita One Piece. Kita masih belum tahu siapa mereka sebenarnya, apa arti dari huruf tersebut, dan juga apa yang kemudian jadi alasan mereka dibenci World Government. Namun, Kuma mungkin sudah beri petunjuk tentang klan D pada masa lalu di chapter baru ini.

3Stigma Negatif Klan D

Misteri tentang klan D dan semangat D masih menjadi misteri besar yang belum terungkap dalam cerita One Piece. Jika memang Luffy mau mengetahui semua hal tentang klan D dan juga semangat D, sebenarnya Rayleigh mempunyai jawabannya. Namun, Luffy lebih memilih berpetualang dan menikmati prosesnya. Dan cerita tentang klan D sendiri dipercaya ada di Poneglyph yang di Laugh Tale.

Meskipun masih misterius, Oda Sensei beberapa kali memberikan petunjuk terkait klan ini. Misalnya, seperti yang sudah Geeks ketahui jika klan D dikenal sebagai musuh utama para dewa yang tidak lain adalah kaum naga langit. Klan D juga sering kali dianggap sebagai iblis yang jahat, seperti dalam cerita di wilayah Rosinante tinggal. Anak-anak yang jahat ditakut-takuti, bahwa mereka akan dimakan oleh seseorang dari klan D.

Banyak teori yang kemudian berkembang di kalangan fans berkaitan dengan klan D. Salah satu yang cukup populer adalah teori yang menyebutkan jika klan D dianggap memiliki koneksi dengan Joy Boy, buah iblis, dan Kerajaan Kuno. Selain itu, ada juga teori yang menyebutkan jika klan D kemungkinan pernah jadi budak bagi kaum naga langit berdasarkan apa yang muncul saat insiden God Valley.

Teorinya menjelaskan jika alasan mengapa klan D jadi musuh kaum naga langit adalah karena mereka coba untuk memberontak. Sudah sejak lama klan D berusaha untuk melepaskan diri dari cengkraman naga langit, tetapi selalu gagal. Sampai kemudian Joy Boy muncul untuk membantu. Karena melakukan pemberontakan inilah para kaum naga langit menganggap mereka sebagai ancaman dan musuh.

Pada intinya, klan D selalu mendapatkan stigma negatif dari World Government, yang mana hal ini masih jadi misteri. Yang kemudian jadi pertanyaan juga adalah mengapa kemudian mereka begitu membenci dan sangat mengincar klan D? Perkataan dari Bartholomew Kuma di chapter baru One Piece kemungkinan bisa jadi petunjuk lain mengenai masa lalu dari klan D.

Klan D Adalah Pemberontak – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.