Sudah bukan hal asing lagi jika industri film Hollywood melakukan adaptasi dari cerita novel, namun beberapa judul novel ini banyak diadaptasi jadi film. Melakukan adaptasi, terutama dari buku novel, merupakan sebuah praktik yang sudah Hollywood lakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Mereka biasanya mengadaptasi cerita dari novel populer atau dari novel yang bahkan sebelumnya sudah pernah diadaptasi. Berikut adalah novel yang paling banyak diadaptasi jadi film.

8Alice’s Adventure In Wonderland

Novel yang paling banyak diadaptasi jadi film yang pertama adalah Alice’s Adventure in Wonderland karya dari penulis Lewis Caroll. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan cerita dari Alice in Wonderland. Kisahnya sendiri berfokus pada seorang gadis bernama Alice. Dalam ceritanya, Alice tertarik dengan seekor kelinci yang masuk ke sebuah lubang di mana di dalam lubang tersebut ternyata ada sebuah dunia fantasi yang luar biasa.

Kisah tentang petualangan Alice yang masuk ke lubang kelinci dan berpetualang di dunia fantasi penuh sihir tersebut sudah banyak sekali diadaptasi, baik untuk cerita film ataupun cerita series TV. Melihat bagaimana novel karya Lewis Caroll ini dianggap sebagai salah satu novel anak-anak paling sukses, rasanya memang tidak mengherankan jika semua orang suka dengan ceritanya sehingga banyak diadaptasi.

Memiliki judul asli Alice’s Adventure in Wonderland, banyak orang yang lebih mengenal ceritanya dengan nama Alice in Wonderland. Masing-masing versi adaptasi dari ceritanya memiliki keunikan dan twist tersendiri, meskipun tidak jarang ada juga cerita yang hampir sepenuhnya mirip dengan alur cerita versi novelnya. Sejauh ini, kurang lebih cerita Alice’s Adventure in Wonderland sudah diadaptasi sebanyak lebih dari 20 kali.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.