Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: 7 Kelemahan Besar Gear 5!

One Piece: 7 Kelemahan Besar Gear 5!

Gear 5 merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari kekuatan ini. Pertarungan Luffy melawan Kaido dalam puncak pertarungan di arc Wano Country kemarin dikejutkan dengan kemunculan awakening dari buah iblis milik Luffy yang kemudian disebut sebagai Gear 5. Meskipun jadi salah satu kekuatan yang dahsyat, namun ada beberapa kelemahan yang muncul dari Gear 5. Apa saja?

7 Energi Terkuras Habis

Kelemahan Gear 5 yang pertama yang paling mencolok adalah memerlukan stamina yang besar, sehingga energi Luffy terkuas habis. Seperti yang pernah diucapkan oleh Trafalgar Law dan Eustass Kid saat menggunakan kekuatan baru mereka yang merupakan awakening dari buah iblis masing-masing, kekuatan awakening benar-benar sangat menguras tenaga dan stamina mereka.

Dalam kasus Luffy, bukti dari hal ini diperlihatkan di chapter 1045 kemarin. Setelah cukup lama menggunakan kekuatan Gear 5, Luffy nampak kelelahan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan wajahnya, di mana Luffy berubah menjadi sangat lemas dan seperti orang yang berada di ujung kematiannya. Luffy nampak kehabisan tenaga setelah penggunaan Gear 5 tersebut dan Luffy sendiri mengatakan jika Gear 5 benar-benar menguras semua energi dan stamina miliknya.

Hal ini juga kembali terjadi pasca pertarungan melawan Rob Lucci dan juga admiral Kizaru, di mana Luffy nampak kelelahan dan berubah wujud menjadi sosok orang tua. Selain beristirahat, suara genderang kebebasan menjadi cara lain untuk bisa bangkitkan kembali kekuatan Luffy. Hal ini diperlihatkan dalam momen pertarungan melawan Kaido sebelumnya. Sedangkan, saat menghadapi Rob Lucci dan Kizaru sepertinya istirahat menjadi jalan untuk memulihkan stamina Luffy.

6 Rentan Terhadap Serangan Benda Tajam

Meskipun jadi salah satu kekuatan terbesar, Gear 5 nampak masih memiliki kelemahan dasanya yaitu rentan terhadap serangan benda tajam yang bisa melukai tubuh Luffy. Dalam chapter 1047, Kaido nampak menggunakan teknik Dragon Twister Demolition Breath. Teknik ini mengeluarkan angin yang mampu memotong apa pun. Ternyata, ada alasan Kaido menggunakan teknik tersebut.

Kaido sendiri kemudian menjelaskan bahwa Luffy masih lemah terhadap serangan tebasan atau serangan yang berbasis pisau atau semacamnya alias dia masih rentan terhadap serangan benda tajam. Sebenarnya, hal ini sudah sejak lama diperhatkan oleh Oda Sensei. Contohnya bagaimana Luffy terluka oleh serangan pisau dari Buggy. Dan ini juga yang kemudian membuat Luffy sadar terhadap serangan Mihawk.

Dalam pertempuran di Marineford, Luffy nampak menyadari jika dia bertindak gegabah untuk menyerang atau maju maka dia akan terkena tebasan dari Mihawk. Karena itulah, dia kemudian “melibatkan” Buggy sebagai tameng hidup. Luffy sadar bahwa dia tidak akan bisa menghindari serangan benda tajam, yang mana nyatanya ini juga yang kemudian jadi kelemahan dari Gear 5.

5 Durasi Penggunaan Gear Berkurang

Seperti yang diperlihatkan dalam pertarungan di Onigashima, daya tahan tubuh Luffy benar-benar dibawa sampai ke batas maksimalnya. Sebelumnya, Luffy menggunakan Gear 4 yang mana hal itu hanya bertahan selama kurang lebih 10 menit. Sedangkan, saat penggunaan Gear 5 jangka waktu penggunaannya benar-benar sangat singkat sebelum kemudian dia kehabisan tenaga.

Dalam pertarungan melawan Rob Lucci, penggunaan Gear 5 Luffy memang cukup lama dibandingkan saat melawan Kaido. Mungkin, karena Luffy sudah sedari awal langsung menggunakannya dan energinya masih sangat penuh. Meskipun begitu, bukan mustahil jika terlalu sering digunakan maka penggunaan teknik Gear Luffy akan berkurang durasinya. Karena, penggunaan energi yang sangat luar biasa.

Penggunaan Gear 5 dengan durasi yang singkat juga diperlihatkan dalam pertarungan menghadapi Kizaru. Demi mencegah Kizaru mendekati Vegapunk, dia pun kembali menggunakan teknik Gear 5. Jika membandingkannya dengan saat pertarungan melawan Rob Lucci, durasinya bahkan bisa dibilang jauh lebih singkat lagi. Dan yang menjadi catatan adalah sebelum pertarungan, Luffy sempat makan terlebih dahulu.

4 Memunculkan Potensi Penyakit

Sosok Gol D Roger merupakan karakter yang dikenal sebagai raja bajak laut di cerita One Piece, sebelum memutuskan untuk menyerahkan diri kepada angkatan laut. Alasannya, selain karena sudah berhasil menemukan One Piece dia juga memiliki penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Hal ini pun mungkin juga akan terjadi kepada sosok Luffy di akhir serinya atau di masa depan nanti.

Roger memang berbeda dengan Luffy, di mana dia bukan pemakan buah iblis. Namun, banyaknya kesamaan dari kedua karakter ini menjadikan efek negatif tersebut bisa saja munculnya kepada sosok Luffy. Untuk kasus Luffy, potensi penyakit yang ada kemungkinan diakibatkan oleh penggunaan Gear 5 sebagai efek jangka panjang. Apalagi, sebelumnya Luffy pun sudah pernah mengalami banyak kejadian buruk seperti terkena racun Magellan.

Penyakit apa yang kemudian akan Luffy derita memang masih misterius. Namun, yang paling masuk akal adalah bagaimana Luffy bisa jadi terkena penyakit yang mirip dengan kanker karena kelemahan lain seperti stamina yang menurun yang memiliki efek domino yang berujung pada kemunculan penyakit. Chopper mungkin akan bisa menyembuhkannya atau mungkin hanya mengurangi rasa sakitnya.

3 Kondisi Fisik Yang Menurun

Masih berkaitan dengan fisik Luffy, kelemahan dari Gear 5 selanjutnya adalah kondisi fisik yang terus menurun. Untuk saat ini, mungkin penurunan kondisi fisik Luffy masih belum akan terjadi. Pertama, sekarang adalah puncak kejayaan atau era kejayaan dari Luffy. Kedua, alur ceritanya masih berjalan dan masih jadi alur cerita utama. Ketiga, Luffy sedang berada di puncak kondisinya.

Meskipun begitu, dampak negatif di mana kondisi fisik Luffy akan menurun mungkin akan terjadi di masa tuanya nanti. Seperti yang muncul dalam ceritanya, para karakter yang sudah tua seperti Garp dan Rayleigh atau Whitebeard akan mengalami kondisi di mana kesehatan mereka akan menurun. Kondisi tersebut memang tergantung dari apa yang terjadi sebelumnya.

Untuk hal yang akan terjadi kepada Luffy, bisa jadi dia akan mengalami banyak hal buruk akibat penggunaan Gear 5. Kita bisa berkaca pada apa yang terjadi kepada Whitebeard, di mana penyakit yang dia derita kemungkinan adalah efek penggunaan Gura Gura no Mi yang terlalu sering. Bahkan, dengan dahsyatnya Gear 5 Luffy bukan mustahil penurunan kondisi fisik ini akan terjadi dalam waktu dekat.

2 Kehilangan Kepribadian

Salah satu kelemahan terbesar dari Gear 5 dan awakening buah iblis Zoan secara keseluruhan adalah kehilangan kepribadian atau tekad dalam diri mereka. Pada awalnya, informasi tentang kelemahan ini belum kita ketahui. Sampai kemudian ada informasi terkait hal tersebut dalam booklet Road To Laugh Tale Vol. 3. Dalam booklet tersebut dijelaskan jika Gear 5 atau awakening Zoan membuat penggunanya kahilangan kepribadiannnya atau kesadaran serta tekadnya.

Awakening tersebut ternyata memengaruhi jiwa atau kepribadian dari pengguna buah iblisnya. Disebutkan bahwa ketika tubuh mereka berubah menjadi sangat kuat dan luar biasa, kepribadian mereka justru akan “melemah” dan bahkan menghilang. Artinya, dengan kata lain, penggunanya akan kehilangan kesadaran dan kendali atas tubuh mereka. Juga, mereka akan bertingkah laku berbeda.

Inilah kemungkinan jawaban mengapa Luffy mengalami “perubahan” besar membangkitkan buah iblis Nika miliknya. Luffy berubah menjadi sosok yang konyol, penuh tawa, seolah tidak memiliki beban. Kaido bahkan lebih jelas lagi dalam hal ini, di mana dia memiliki berbagai “mode” kepribadian saat mabuk. Bisa jadi, selain mabuk, efek awakening dari buah iblis tersebut juga memengaruhi hal itu.

1 Memperpendek Usia

Kelemahan terakhir dari Gear 5 tidak lain adalah memperpendek usia Luffy. Dalam hal ini kelemahan terbesar dari Gear 5 adalah kematian bagi penggunanya. Ini mungkin adalah puncak dari dampak negatif serta kelemahan Gear 5 milik Luffy. Dengan berbagai teknik Gears yang pernah Luffy gunakan sebelumnya, terutama Gear 2 dan Gear 4, hal tersebut secara perlahan memperpendek usia dari Luffy.

Penggunaan Gear 2 di Enies Lobby pernah dibahas oleh Lucci, di mana dengan mengorbankan sistem kerja jantung yang dipaksa untuk bekerja lebih keras membuat resiko kematian semakin besar. Belum lagi penggunaan energi atau tenaga yang sangat besar membuat semua tenaga Luffy terkuras habis. Bukti dari hal ini diperlihatkan di chapter 1045 kemarin.

Setelah cukup lama menggunakan kekuatan Gear 5, Luffy nampak sangat kelelahan. Dan di chapter 1071 pun Luffy kembali memperlihatkan wajah kelelahan tersebut setelah bertarung melawan Rob Lucci. Bukan hal mustahil jika kemudian Luffy bisa tewas akibat penggunaan Gear 5 serta akibat akumulasi dari apa yang sudah dia lakukan sebelumnya.

Dengan Luffy yang mengaktifkan Gear 5 miliknya memang akan menjadi jalan untuk bisa mengalahkan Kaido serta berbagai musuh kuat dalam waktu yang sangat singkat. Namun, terlepas dari semua kedahsyatan tersebut akan ada harga yang sangat besar yang harus dibayarkan oleh Luffy,. Bahkan, bisa jadi harga tersebut harus dibayarkan oleh nyawanya.

Exit mobile version