Home COMIC COMIC FEATURES 10 Kekuatan Superhero Paling Aneh!

10 Kekuatan Superhero Paling Aneh!

Ada banyak sekali superhero yang saat ini eksis, mulai dari superhero dari Marvel, DC, dan komik-komik lainnya. Sebut saja Superman dan Batman yang menjadi superhero jagoan dari DC, sementara Marvel memiliki jagoannya sendiri seperti Iron Man dan Captain America. Mayoritas superhero yang sudah kita kenal selama ini memiliki kekuatan yang umum, mulai dari kekuatan super, daya tahan, dan sebagian dari mereka bisa terbang. Tetapi sebenarnya, ada beberapa superhero yang memiliki kekuatan paling aneh. Apa saja? Simak berikut ini Geeks!

10 Eye Boy

X-Men memiliki banyak anggota dengan kekuatan keren, yang telah menemani kita selama bertahun-tahun. Tetapi ada salah satu X-Men yang memiliki kekuatan aneh, yaitu Eye Boy. Secara tampilan, Eye Boy memang tampil berbeda dari mutan lainnya. Pasalnya tubuh Eye Boy dipenuhi bola mata, yang jika dilihat lebih lama lagi, tubuhnya terlihat menjijikan. Namun dibalik tubuhnya yang “mengerikan” itu, tersimpan kemampuan yang sebenarnya cukup berguna bagi tim.

Bernama asli Trevor Hawkins, Eye Boy mampu menggunakan mata-mata tersebut untuk mengawasi wilayah di sekitarnya. Berarti Eye Boy akan selalu waspada terhadap sekelilingnya, dan menjadikannya mutan yang sempurna dalam misi pengintaian. Selain itu, akan sangat sulit untuk menghabisi Eye Boy, seperti menyelinap dibelakangnya dan menusuknya dari belakang. Semua matanya bisa menjadi sensor, yang siap memberinya tanda saat bahaya datang.

Dan menariknya lagi, mata itu bukan sekedar mata biasa. Pasalnya matanya bisa melihat sihir, gelombang listrik, dan bahkan mampu melihat pikiran orang. Dengan begitu Eye Boy mampu melihat ketakutan dan kelemahan orang lain. Meski Eye Boy aneh, tetapi kekuatannya cukup dahsyat sehingga dia mampu menjadi “senjata” yang sempurna.

9 Dazzler

Dazzler memang melakukan debut dengan sangat aneh. Dia tampil sebagai penyanyi yang menggunakan sepatu roda. Apalagi Dazzler mengenakan pakaian berkilau dari kepala hingga ujung kaki. Karena itulah orang-orang berasumsi bahwa Dazzler bukanlah ancaman. Namun terlepas dari penampilan perdana Dazzler alias Alison Blaire, Dazzler sebenarnya memiliki kekuatan atau kemampuan yang dasyat, meski juga tergolong aneh.

Kekuatannya adalah untuk mengubah gelombang suara menjadi cahaya, sesuatu yang hampir tidak pernah kita lihat sebelumnya. Ternyata kekuatan itu sudah Dazzler gunakan untuk membantu X-Men. Kekuatan Dazzler tampak seperti lelucon, tetapi faktanya sangat luar biasa. Secara teknis, Dazzler dapat mengubah getaran suara menjadi cahaya, memungkinkannya mengubah suara apapun menjadi berbagai jenis cahaya.

Dan ketika itu terjadi, Dazzler akan mampu menciptakan ledakan cahaya untuk membingungkan atau melukai musuh. Karena itulah Dazzler dapat mengubah ritme lagu menjadi ledakan cahaya foton yang sangat kuat. Atau bahkan dia mampu menghasilkan sinar ultraviolet yang cukup kuat untuk melelehkan logam.

8 Dan the Dynamite dan TNT

Apa jadinya jika seorang superhero bisa menciptakan ledakan hanya dengan menyentuh temannya. Tentunya kekuatan itu sangat aneh, karena saat bersentuhan dengan temannya, dia akan bisa menghancurkan sekitarnya. Itu berarti, superhero itu tidak bisa lagi melakukan jabat tangan dengan rekannya itu, atau sekedar meninju sahabatnya jika terjadi percekcokan. Itulah yang terjadi kepada dua karakter bernama Dan the Dynamite dan TNT.

Memulai debutnya pada tahun 1942, Dan the Dynamite dan TNT memiliki Dyna-Rings, yang memberikan keduanya kemampuan yang aneh. Ketika kedua cincin tersebut disatukan, maka akan ada ledakan besar yang tercipta. Dengan kekuatan aneh itulah Dan dan TNT mencoba melawan Nazi. Menariknya nih Geeks, ketika keduanya mengeluarkan ledakan besar, tubuh mereka sama sekali tidak hancur. Sehingga secara teori, keduanya bisa menciptakan ledakan secara terus menerus sambil berlarian.

Dan jika dibayangkan, sebenarnya Dan dan TNT mampu menghancurkan kota dengan kekuatannya tersebut. Jadi meskipun akan meledak jika bersentuhan, dan terdengar konyol, Dan the DynaMite dan TNT dapat menghabisi seluruh pasukan musuh sendirian, menjadikan kekuatannya sangat luar biasa.

7 Jubilee

Saat kalian kecil, tentunya kalian pernah bermain kembang api, terutama ketika malam tahun baru atau di acara-acara tertentu. Sebenarnya jika digunakan secara tepat, kembang api tidak akan berbahaya bagi orang-orang disekitarnya. Tetapi nih Geeks, kalian bisa membayangkan bagaimana jika kembang api menjadi salah satu kekuatan yang dimiliki oleh superhero Marvel? Yap, ternyata ada seorang superhero bernama Jubilee yang memiliki kekuatan kembang api.

Jubilee mampu mengeluarkan kembang api dari ujung jarinya. Kekuatan ini memang sangat indah untuk dilihat, apalagi dia hanya perlu menjentikkan jarinya saja. Bagi banyak orang, ini mungkin terdengar seperti kekuatan yang tidak berguna. Namun kenyataannya kekuatan kembang api Jubilee cukup mengerikan di atas kertas. Pasalnya, Jubilee mengatakan bahwa kekuatannya bukan sembarang kembang api biasa.

Secara ilmiah, Jubilee mengatakan bahwa itu adalah plasmoid energi piroteknik, bukan kembang api. Jubilee dapat mengatur kekuatan “kembang apinya” di dalam pikirannya, sehingga dia mampu membuat ledakan dari kekuatannya itu, mulai dari ledakan kecil yang tidak menimbulkan kerusakan, hingga ledakan yang besar. Menariknya dalam komik, ketika dikendalikan oleh Emam Frost, Jubilee dapat meledakkan energi yang setara bom nuklir.

6 Shatterstar

Shatterstar memang menjadi sosok yang hebat. Selain sangat atletis, Shatterstar juga sangat lincah dan sulit dibunuh. Karenah itulah Shatterstar menjadi salah satu anggota X-Force yang paling berguna. Sebenarnya Shatterstar sulit dibunuh bukan hanya karena healing factornya yang luar biasa, tetapi juga karena Shatterstar memiliki kekuatan aneh lainnya yaitu mampu menggerakkan atau memindahkan organ tubuhnya, kekuatan yang tidak disangka banyak orang.

Meski memiliki healing factor, tetapi Shatterstar sering menghindari serangan musuh hanya dengan menggerakkan organnya. Tubuh Shatterstar memang mirip seperti kubus rubik besar, dan dia dapat menggerakkan organnya ke mana pun dia mau. Contohnya ketika ada serangan yang akan mengenai otaknya, maka dia bisa memindahkan otaknya ke bagian kaki. Dan ketika ada serangan yang mengarah ke perut, maka tubuhnya dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

Shatterstar memang lebih memilih menghindari serangan musuh, meski dia sebenarnya memiliki healing factor yang mampu menyebuhkan luka apapun yang diterimanya. Karena sebenarnya seorang yang terkena serangan akan merasa sakit yang luar biasa, meski pada akhirnya luka dari serangan itu akan dapat disembuhkan healing factor. Jadi Shatterstar percaya bahwa “mencegah, lebih baik daripada mengobati”.

5 Rainbow Girl & Color Kid

Apa jadinya jika seorang superhero diberkahi dengan kemampuan mengubah warna? Terdengar aneh bukan? Tetapi di DC Comics, kita pernah dikenalkan dengan setidaknya dua karakter dengan kekuatan super terkait pengendalian warna. Keduanya adalah Color Kid dan Rainbow Girl. Color Kid awalnya bernama Ulu Vakk, seorang pria biasa yang tiba-tiba mendapatkan kekuatan setelah sebuah cahaya dari dimensi lain yang memberinya kemampuan luar biasa untuk mengubah warna dari objek apapun sesuka hati.

Memang kekuatan ini terdengar tidak berguna, tetapi Color Kid pernah mengubah warna Kryptonite, sehingga memungkinkan Superboy dan Supergirl kembali ke Bumi. Tetapi tidak dapat disangkal jika kekuatan ini bakal sering tidak berguna. Sementara itu untuk Rainbow Girl, secara teknis kekuatannya tidak untuk mengontrol warna. Tetapi kekuatannya terikat dengan spektrum warna. Di warna-warna tertentu, kekuatannya akan berbeda.

Contohnya jika dia memilih warna merah yang berarti amarah. Maka dia pun menjadi sosok mengerikan ketika memilih warna merah. Menariknya ketika debut, Rainbow Girl mengenalkan dirinya dengan cara yang indah, di mana dia memperlihatkan pelangi di belakangnya. Tetapi karena kekuatan Rainbow Girl bergantung dengan spektrum warna, suasana hatinya sering berubah-ubah.

4 Matter-Eater Lad

Kekuatan super untuk makan sepertinya tidak terbayangkan sebelumnya. Dengan kekuatan ini, mungkin seorang superhero dapat mengikuti perlombaan makan sebanyak mungkin. Dalam DC Comics, kita dikenalkan dengan superhero dengan kekuatan makan yang aneh. Bahkan mereka dapat memakan materi apapun. Sebenarnya ada dua sosok yang memiliki kemampuan serupa di DC Comics yaitu Matter-Eater Lad dan Calorie Queen.

Keduanya berasal dari planet Bismoll, yang penghuninya berevolusi untuk dapat memakan materi apapun. Berbeda dengan Matter-Eater Lad, Calorie Queen juga mampu mengubah energi kalorinya menjadi kekuatan super karena sebuah eksperimen.Ternyata nih Geeks, kemampuan Matter-Eater sangat berguna, terutama ektika dia bergabung dengan Legion of Super-Heroes.

Dalam komik Superboy and the Legion of Super-Heroes, Matter-Eater Lad pernah memakan alat berbahaya yang disebut Miracle Machine. Padahal saat itu tidak ada superhero lain yang bisa menghancurkan alat tersebut. Salah satu rahasia mengapa Matter-Eater Lad bisa memakan segalanya terletak pada enzim dan metabolisme di tubuhnya yang bisa melelehkan semua materi secara instan.

3 Chlorophyll Kid

Legion of Super-Heroes memang sangat serius dalam merekrut anggota. Karena itulah mereka tidak pernah mencari anggota yang memiliki kekuatan sama, dan memastikan para anggotanya memiliki kemampuan beragam. Dan salah satu anggota yang bergabung dengan Legion of Super-Heroes adalah Chlorophyll Kid. Chlorophyll Kid memang memiliki kekuatan yang berbeda dari kebanyakan superhero.

Chlorophyll memiliki kemampuan untuk menanam tanaman. Yap kekuatannya memang sangat aneh, dan terdengar tidak begitu berguna. Dia mendapatkan kekuatan itu ketika jatuh ke dalam tong berisi serum hidroponik. Dengan kemampuan barunya, dia memiliki kekuatan alam. Cholorophyll mampu menumbuhkan pohon dengan sangat tinggi, dan menggunakan pohon tersebut untuk memukul lawan yang terbang diudara. Dia juga bisa menanam tanaman merambat untuk mejerat musuh.

Menariknya lagi, dia juga bisa menumbuhkan hutan lebat, yang bisa digunakan oleh sekutunya untuk berlindung. Kekuatan Chlorophyll memang cukup aneh, tetapi jika digunakan dengan benar, itu menjadi kekuatan yang dahsyat.

2 Cypher

Tahukah kalian bahwa ada seorang superhero yang memiliki kemampuan super berupa “kamus”? Di Marvel Comics, ada seorang superhero yang mampu memahami bahasa apapun, seperti layaknya google translate. Superhero tersebut bernama Cypher yang membuatnya dianggap sebagai superhero translator. Dia tidak hanya mampu memahami bahasa manusia, tetapi bahasa lainnya seperti kode komputer, bahasa tubuh, dan masih banyak lagi.

Dengan kemampuannya itu, Cypher mampu menguasai komputer, dan sebenarnya dia mampu meretas komputer, meskipun tidak selihai hacker lainnya. Yang menarik nih Geeks, dia bisa juga menerjemahkan bahasa arsitekstur, dan karena itulah dia mampu menentukan area yang tepat untuk menyerang sebuah bangunan, hingga membuat struktur bangunan tersebut runtuh.

Dia juga mampu menerjemahkan bahasa-bahasa kuno, dan dari situ dia bisa belajar sihir. Karena Cypher juga seorang mutan, dia juga mampu melakukan bela diri, dan mengalahkan seluruh pasukan sendirian dengan mudah. Saat bersama rekan-rekannya, dia sering ditunjuk sebagai penerjemah, untuk melakukan komunikasi dengan musuh atau alien lain.

1 Big Bertha

Big Bertha bernama asli Bertha Crawford. Dia memiliki kemampuan untuk mengubah massa tubuhnya. Jika dalam bentuk normal Big Bertha adalah seorang super model yang bertubuh ramping, tetapi dalam bentuk supernya, Big Bertha akan membesarkan ukuran tubuhnya berkali-kali lipat. Dan saat menjadi besar, kekuatan dan daya tahan tubuhnya melonjak drastis.

Big Bertha juga mampu melompat sangat jauh seperti yang dilakukan Hulk. Saat berubah menjadi besar, Bertha pun sangat bangga dengan kekuatannya, dan dia tidak pernah merasa malu. Big Bertha tidak hanya bisa memperbesar seluruh tubuhnya, tetapi dia juga bisa memperbesar salah satu anggota tubuhnya saja, seperti tangannya untuk mendaratkan pukulan dahsyat ke musuh.

Selain itu, dia juga bisa melebarkan ukuran tubuhnya untuk menyerap tembakan musuh. Karena memiliki kekuatan yang aneh sekaligus dahsyat, wajar saja jika Big Bertha menjadi anggota The Great Lakes Avengers. Meski tidak sebeken Avengers, tetapi The Great Lakes Avengers juga tak kalah kuat seperti Avengers biasa.

Itulah dia Geeks beberapa superhero yang memiliki kekuatan aneh. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan yang mungkin tidak bisa ditemukan di superhero lain. Dan meski kekuatan mereka aneh, tetapi kekuatan mereka terbukti dapat berguna untuk mengalahkan musuh atau sekedar membantu pahlawan lainnya.

Exit mobile version