Home COMIC COMIC FEATURES 5 Civil War yang Terjadi di DC Universe!

5 Civil War yang Terjadi di DC Universe!

Civil war alias perang saudara memang selalu identik dengan Marvel Comics. Pasalnya di Marvel Comics, kita pernah disuguhkan dengan peristiwa Civil War yang sangat ikonik, di mana para superhero terbagi menjadi dua kubu. Kubu pertama memihak kepada Captain America, sementara kubu kedua memihak kepada Iron Man. Kedua kubu tersebut saling bertarung, dan menimbulkan banyak korban jiwa dari masing-masing kubu. Ternyata nih Geeks di DC Comics, kita juga pernah disuguhkan cerita serupa, di mana para superhero saling bertarung satu sama lain. Lantas apa saja civil war yang pernah terjadi di DC Universe? Simak berikut ini!

5 Aquaman vs Wonder Woman

Dalam Flashpoint Paradox, kita disuguhkan dengan cerita epik yang memperlihatkan civil war DC yang terjadi antara Wonder Woman dan Aquaman. Perang tersebut dimulai ketika ibu Wonder Woman, Hippolyta, terbunuh di hari pernikahan Aquaman dan Wonder Woman. Dan sebagai tindakan balasan, Wonder Woman kemudian membunuh Mera. Pernikahan tersebut sebenarnya dilakukan atas dasar politik, bukan murni karena cinta. Yang tidak mereka ketahui adalah bahwa kejadian tersebut direkayasa oleh Penthesilea dan Orm, sehingga munculah peperangan antara Wonder Woman dan Aquaman.

Perang tersebut menciptakan kehancuran yang besar, contohnya Aquaman yang menyebabkan Eropa Barat tenggelam ke laut dan menewaskan lebih dari 60 juta orang. Dia pun berniat menenggelamkan Inggris. Wonder Woman akhirnya menyadari bahwa pemicu perang tersebut adalah Ohm dan Penthesilea, dan perang antara Atlantis dan Amazon adalah tipu muslihat yang direncanakan mereka. Tetapi ketika itu terjadi, pertarungan puncak antara Wonder Woman dan Aquaman memang tidak bisa dihindarkan.

Keduanya saling bertarung dengan sengit. Saat pertarungan sempat terhenti, Diana akhirnya membuat Aquaman lengah di akhir, sehingga dia mampu menusukkan trisula Aquaman ke punggung Aquaman. Aquaman pun berhasil dikalahkan oleh Wonder Woman. Setelah kematian Aquaman, Amazon mampu mengalahkan Atlantis, dan Amazon mengumumkan niat mereka untuk menguasai seluruh dunia, dimulai dari Eropa. Tetapi itu tidak berlangsung lama karena timeline ini kemudian direset.

4 Wonder Woman vs Superman

Di DC Universe, Superman dan Wonder Woman memang menjadi dua pahlawan terkuat. Masing-masing memiliki kekuatan super yang sangat besar. Superman sebagai sosok yang berasal dari Krypton, sementara Wonder Woman sosok yang berasal dari Amazon. Lantas apa jadinya ketika keduanya saling bertarung? Dalam komik Wonder Woman: Dead Earth, Wonder Woman marah karena Superman membiarkan Themyscira dihancurkan, yang membuat para penduduk Amazon menderita.

Marah, Wonder Woman pun mengecam tindakan Superman. Dan hampir tidak mampu berkata-kata, Wonder Woman kemudian menghajar Superman tanpa henti. Meskipun Superman mencoba melawan, kekuatan dan keganasan Wonder Woman membuat Superman mustahil untuk membalas pukulan Wonder Woman. Pertarungan keduanya menciptakan kerusakan yang besar di Bumi. Gunung-gunung dan kota hancur. Korban jiwa manusia pun terus berguguran. Akhirnya pertarungan itu membawa keduanya ke Fortress of Solitude.

Di sana, Wonder Woman mengambil segengam Kryptonite dan meninju Superman yang akhirnya mampu menembus dadanya, sehingga membunuhnya seketika. Superman dibuat tidak berkutik dari amukan Wonder Woman, yang membuktikan seberapa dahsyat kekuatan Wonder Woman ketika dia sedang marah.

3 Batman vs Superman

Dalam Earth-1, tepatnya di komik Dark Nights: Batman – The Devastator #1, Batman dan Superman memang pernah bekerja sama sebagai teman, setidaknya untuk sementara waktu. Tetapi pada akhirnya, Superman menjadi jahat dan menyerang umat manusia. Pengkhianatan tersebut akhirnya membuat Batman terpuruk. Apalagi ketika Superman membunuh lebih banyak orang, termasuk istrinya sendiri yaitu Lois Lane. Ketika Batman mencoba melawan Superman, Superman mampu lebih dulu merobek lengan Batman dengan heat visionnya.

Dan tepat sebelum Batman kalah, Batman mengungkapkan bahwa dia telah menyuntikan dirinya sendiri dengan Doomsday Virus. Terungkap bahwa Batman mengembangkan virus tersebut untuk mengantisipasi jika Superman menjadi sosok yang lepas kendali. Dan terbukti, sekarang Superman menjadi sosok mengerikan. Dengan virus tersebut, Batman berubah menjadi sosok mengerikan bernama Devastator. Secara teknis, Devastator memiliki semua kepintaran Batman. Ini memberinya keunggulan taktis dalam pertarungan. Selain itu, virus itu juga memperkuat tubuh Batman.

Karena itulah Superman mengerahkan segala cara untuk menghabisi mantan sekutunya itu. Tetapi beruntung karena Devastator berhasil mengalakan Superman. Ketika itu, dia berhasil menghembuskan Kryptonite kepada Superman. Akibatnya, Superman yang melemah terbunuh setelah sebuah duri menonjol dari tanah dan menusuknya hingga tewas.

2 Batman vs Wonder Woman

Batman dan Wonder Woman sepertinya bukan lawan yang sepadan jika harus berhadapan. Bagaimana tidak? Batman adalah manusia biasa, sementara Wonder Woman adalah seorang dewa. Tetapi jangan anggap remeh kekuatan Batman karena dia sebenarnya pernah juga mengalahkan dewa. Menariknya nih Geeks, Batman dan Wonder Woman pernah diceritakan melakukan civil war di DC Comics. Hal tersebut terjadi dalam komik Wonder Woman: The Hiketeia yang dibuat oleh Greg Rucka dan J.G. Jones.

Sayangnya, meski Batman selalu memiliki rencana untuk mengalahkan semua teman dan sekutunya, tetapi dia kalah begitu cepat dari Wonder Woman dalam komik ini. Di sini, kita diceritakan saat Wonder Woman yang telah bersumpah untuk melindungi seorang wanita yang diburu Batman karena melakukan beberapa pembunuhan. Meskipun Wonder Woman memahami apa yang telah wanita itu lakukan, tetapi dia menepati janjinya untuk memberikan perlindungan. Karena itulah civil war sempat terjadi antara Batman dan Wonder Woman.

Batman sempat mengayunkan pukulan ke Wonder Woman. Tetapi Wonder Woman berhasil menangkisnya dan melemparkannya dari balkon. Batman melakukan lebih banyak perlawanan, tetapi Wonder Woman di atas kertas lebih superior. Wonder Man dengan cepat mengalahkan Batman dan menginjak kepala Batman dengan sepatunya, memaksa Batman untuk menyerah.

1 Superman vs Martian Manhunter

Martian Manhunter dan Superman adalah dua karakter yang sangat kuat. Karena itulah banyak penggemar yang bertanya-tanya tentang siapa di antara keduanya yang terkuat. Superman sendiri pernah menyebutkan betapa takutnya dia jika harus melawan Martian Manhunter. Keduanya memang biasa diceritakan sebagai sekutu, tetapi ada juga peristiwa yang menceritakan pertarungan antara Superman dan Martian Manhunter untuk membuktikan siapa yang terkuat.

Dalam DC Comics Presents #27, Mongul menangkap Lois Lane dan Jimmy Olsen. Tentu saja Superman akan melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan teman-temannya, termasuk memenuhi perintah Mongul. Di sinilah Martian Manhunter dan Superman saling berhadapan. Martian Manhunter berusaha mati-matian untuk melindungi kunci Warworld, sementara Superman mencoba merebutnya, atas perintah Mongul. Pertarungan pun terjadi. Tetapi Superman mampu memenangkan pertarungan.

Superman mengeluarkan jurus pamungkasnya yaitu heat vision yang mampu menghentikan Martian. Tetapi anehnya, Martian seolah sengaja membiarkan dirinya kalah, karena dia sama sekali tidak mengeluarkan kekuatan pamungkasnya sebelum kalah. Padahal Martian memiliki kemampuan telepati yang dahsyat, yang bisa saja digunakan untuk mengalahkan Superman.

Itulah dia Geeks beberapa civil war yang pernah terjadi di DC Universe. Civil war tersebut mempertemukan anggota-anggota Justice League terkuat, yang saling bertarung karena berbagai macam alasan. Masing-masing dari mereka mengerahkan kekuatan terbaik untuk bisa mengalahkan yang lainnya. Di antara para superhero tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version