Terdapat kemungkinan alasan terkait dengan momen kesepakatan antara Bartholomew Kuma dan Roronoa Zoro yang mereka jalin saat di Thriller Bark. Arc Thriller Bark menjadi salah satu alur cerita yang cukup menrik dalam series One Piece. Dalam arc ini, kita melihat petualangan kru Topi Jerami menghadapi Gecko Moria dan juga para pasukan zombie miliknya. Meskipun begitu, terdapat satu momen menarik di akhir ceritanya di mana sosok Kuma muncul. Kuma dan Zoro kemudian jalin kesepakatan yang tidak diketahui kru lainnya.

1Kuma Ingin Menguji Zoro

Alasan mengapa kemudian Kuma jalin kesepakatan dengan Zoro dalam arc Thriller Bark adalah selain demi menyelamatkan Luffy, Kuma ingin menguji tangan kanan calon raja bajak laut. Dalam spekulasinya, terdapat satu poin penting yang menyebutkan jika Kuma adalah salah satu dari sedikit orang yang sadar jika Monkey D Luffy sebenarnya adalah putra dari Monkey D Dragon.

Spekulasinya sendiri menjelaskan, jika melihat dari apa yang Kuma lakukan pada saat itu di Thriller Bark seolah dia sedang menguji apakah Luffy memang memiliki kru atau orang-orang yang memang bisa dia andalkan. Hal ini kemungkinan berkaca pada keinginan Kuma sendiri yang memang selalu ingin menolong orang-orang yang ada di sekitarnya dengan cara mengambil rasa sakit mereka dan melimpahkannya kepada dirinya sendiri.

Hal ini bisa kita lihat dalam chapter 1096 kemarin dalam kilas balik Kuma dan Ginny sasat berada di kerajaan Sorbet. Kuma jadi satu-satunya orang yang mau menolong orang-orang tidak mampu dari para penduduk kerajaan Sorbet di wilayah selatan. Dalam kasus Thriller Bark, Kuma kemungkinan ingin menolong Luffy setelah mengetahui apa yang terjadi di sana. Namun, dia kemudian bertemu dengan para kru Luffy.

Momen tersebut dia kemudian manfaatkan untuk menguji seberapa tangguh sebenarnya para kru Topi Jerami, apakah kemudian mereka bisa diandalkan untuk membantu Luffy, serta setangguh apa wakil kapten atau tangan kanan dari Luffy. Selain momen di arc Thriller Bark, alasan Kuma ingin menguji wakil kapten dari Luffy dan kru Topi Jerami kita juga kemudian melihat bagaimana Kuma melakukan hal itu lagi di Sabaody.

Dalam momen di Sabaody, bukan hanya Zoro yang kemudian diuji oleh Kuma melainkan seluruh kru. Kuma menyadari bahwa level kekuatan mereka saat itu berada di bawah standar. Mereka perlu mengalami peningkatan kekuatan, yang mana pada akhirnya Kuma tidak membunuh mereka. Justru, Kuma memutuskan untuk menerbangkan mereka ke berbagai tempat agar mereka bisa berlatih dan meningkatkan kekuatan.

Kuma bahkan memerintahkan salsah satu Pacifista untuk menjaga Thousand Sunny ketika kru Topi Jerami berpencar ke berbagai tempat. Melihat apa yang Kuma lakukan terhadap kru Topi Jerami bisa kita artikan bahwa dia memiliki kepercayaan besar terhadap Luffy sebagai putra dari Dragon. Dan momen Zoro yang rela menanggung rasa sakit Luffy juga dianggap sebagai momen paralel dengan hubungan Kuma dan Dragon.

Jadi, kesimpulannya, alasan Kuma jalin kesepakatan dengan Zoro di arc Thriller Bark adalah karena dia ingin menguji seberapa tangguh wakil kapten Luffy. Dia juga ingin memberikan kesempatan bagi para kru Topi Jerami untuk berkembang dan menjadi lebih kuat pasca mengetahui apa yang terjadi di Sabaody. Semua yang Kuma lakukan adalah wujud rasa percaya terhadap Luffy sang calon raja bajak laut sekaligus juga jadi momen paralel dari hubungan Kuma dan Dragon. Dan sejauh ini, apa yang Kuma lakukan itu terbayar dengan baik.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.