Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Anime yang Digemari Lintas Zaman!

10 Anime yang Digemari Lintas Zaman!

Meskipun terdapat banyak sekali judul anime baru setiap tahunnya, beberapa judul anime ini masih tetap populer hingga lintas zaman. Industri anime semakin berkembang setiap tahunnya. Ada puluhan judul anime baru yang muncul yang baru setiap tahunnya, di mana setiap musim para fans selalu dimanjakan dengan berbagai cerita baru yang menarik. Namun, ada juga beberapa judul anime yang masih tetap populer dari dulu hingga sekarang alias anime yang berhasil lintas zaman. Apa saja?

10 Spirited Away

Studio Ghibli terkenal karena kualitas animasi dan cerita mereka yang luar biasa. Bahkan, kualitas dari anime besutan Studio Ghibli sudah diakui di seluruh dunia. Dengan cerita dan animasi yang apik, film-film studio Ghibli mampu menarik minat para penonton dari semua jenis kelamin dan juga usia. Salah satu anime lintas zaman yang paling populer dari Studio Ghibli adalah Spirited Away.

Anime Spirited Away berhasil mencuri hati baik anak-anak maupun dewasa, sambil juga berhasil untuk memengaruhi berbagai pembuat film di seluruh dunia. Hal ini berkat cerita yang ramah keluarga serta relate dengan kehidupan sehari-hari, hingga saat ini. Belum lagi berbagai karakter yang ikonik dari anime tersebut dengan cepat membuat Spirited Away terkenal secara internasional.

9 Crayon Shin-Chan

Series anime Crayon Shin-Chan mengangkat kisah sehari-hari dari seorang anak kecil bernama Nohara Shinosuke atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Shin-Chan. Dia merupakan murid Taman Kanak-kanak yang sering membuat ulah baik di kehidupan sehari-harinya saat di rumah atau pun saat berada di sekolah. Hal tersebut yang membuat series ini menarik dan jadi salah satu anime lintas zaman.

Meskipun Crayon Shin-Chan menghadirkan kisah dan konflik sederhana, namun tingkah laku konyol dari Shin-Chan dan juga teman-temannya membuat ceritanya menjadi semakin menarik dan lucu bagi para penggemarnya. Sejauh ini, seriesnya sudah menayangkan lebih dari 1.000 episode dengan beberapa film. Dan popularitas dari Nohara Shinosuke pun masih belum berhenti.

8 Chibi Maruko-Chan

Chibi Maruko-Chan merupakan anime yang juga tidak kalah populer. Ini merupakan series karya Momoko Sakura, di mana manganya sendiri rilis di tahun 1990. Baru di tahun 1992, manganya kemudian dibuat dalam versi anime. Chibi Maruko-Chan sebenarnya berbeda dari mayoritas anime, di mana seriesnya benar-benar menghadirkan cerita tentang kehidupan sehari-hari.

Kita melihat bagaimana keseharian Maruko saat berada di rumah, di sekolah, atau ketika bersama dengan teman-temannya. Lelucon yang muncul dalam cerita Chibi Maruko-Chan tidak ekstrim atau berlebihan seperti anime lainnya. Juga berbagai keunikan dan kekonyolan lainnya pun dibungkus dengan sangat sederhana dan menarik yang membuat para fans pun senang.

7 Detective Conan

Detective Conan merupakan salah satu anime terpanjang dalam sejarah, yang mana rasanya wajar jika kemudian ini juga jadi salah satu anime lintas zaman. Seriesnya sendiri berkisah tentang seorang murid SMA bernama Shinichi Kudo yang merupakan seorang sosok yang cerdas. Dia sering membantu pihak kepolisian dalam mengungkap berbagai kasus pembunuhan.

Sayangnya, tubuhnya kemudian mengecil akibat dosis racun dari sosok misterius yang masih belum terungkap hingga sekarang. Conan sering menghadirkan berbagai teka-teki menarik dan juga informasi cerdas tentang sesuatu. Inilah yang kemudian membuat para fans selalu betah untuk menantikan setiap episodenya. Selain series, Conan juga memiliki beberapa film layar lebar yang menarik.

6 Sailor Moon

Sailor Moon merupakan sebuah anime tentang gadis penyihir (magical girl) yang benar-benar memberikan pengaruh besar terhadap industri anime selama berbagai generasi. Bahkan, Sailor Moon berhasil merebut hati jutaan orang-orang dari berbagai belahan dunia serta berbagai kalangan usia. Tidak jarang banyak anak kecil yang tumbuh dan memiliki cita-cita untuk menjadi seperti Usagi dan yang lain.

Dari segi komersil, Sailor Moon merupakan salah satu franchise anime yang populer bahkan sejak era 1990an. Meskipun sudah beberapa dekade dan dianggap sebagai anime klasik, popularitass dari Sailor Moon nampaknya masih belum merosot. Bahkan, ada banyak penonton baru yang tertarik dengan kisah Usagi dan teman-temannya tersebut dan tidak sedikit juga yang tertarik untuk mengikuti gaya mereka dalam bentuk cosplay.

5 Pokemon

Ash Ketchum – atau Satoshi dalam versi Jepang – beserta series Pokemon menjadi salah satu ikon budaya pop dari era 1990an. Geeks tentunya mengenal siapa Brock, Pikachi, Ash, Professor Oak, dan sebagainya. Sebagai salah satu anime yang paling panjang dalam sejarah, Pokemon bukan hanya berhasil merebut hati para penggemar anime. Seriesnya juga mampu merebut hati semua kalangan dan usia serta jenis kelamin.

Selain anime, Pokemon juga merupakan sebuah franchise dan merk yang sangat luar biasa. Geeks bisa melihat bagaimana Pokemon erat kaitannya dengan salah satu platform game. Dengan worldbuilding yang luar biasa, mulai dari para karakter, sistem turnamen, serta berbagai evolusi dari para monster, benar-benar membuat para fans senang untuk mengikuti setiap ceritanya.

4 Naruto

Naruto merupakan salah satu anime bergenre shonen paling berpengaruh dan paling populer di dunia. Meskipun seriesnya sudah selesai hamapir satu dekade lalu, popularitasnya masih tetap luar biasa. Bahkan, popularitas dari sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, masih belum mampu mengalahkan popularitas dari karya orisinal Masashi Kishimoto tersebut.

Series Naruto banyak dianggap memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk tetap berjuang dan bekerja keras demi meraih mimpi mereka. Dalam konteks ceritanya, Naruto terus berjuang dan berlatih demi mewujudkan mimpi besarnya sebagai Hokage. Rasanya banyak fans yang setuju jika Naruto memang adalah salah satu anime lintas zaman yang luar biasa yang mampu merebut hati banyak kalangan usia.

3 One Piece

Selain Naruto, One Piece juga merupakan series yang semua Geeks setuju jika ini adalah salah satu anime lintas zaman paling populer saat ini. Anime One Piece sendiri pertama kali tayang di tahun 1999 yang mana alur ceritanya masih terus berjalan hingga sekarang. Artinya, sudah lebih dari dua dekade berlangsung seriesnya berjalan tetapi popularitas One Piece justru semakin meningkat.

Banyak para fans yang tumbuh bersama seriesnya masih terus mengikuti kisah petualangan kru Topi Jerami dalam mencari harta karun One Piece. One Piece sendiri merupakan sebuah franchise yang sangat besar. Hampir semua medium seperti buku, manga, anime, game, film pernah menghadirkan kisah Luffy. Yang paling baru bahkan kita bisa melihat versi live action yang mendapatkan sambutan luar biasa.

2 Dragon Ball

Dragon Ball merupakan sebuah mahakarya yang sangat luar biasa karya Akira Toriyama. Inilah yang kemudian dianggap menjadi cikal bakal kemunculan berbagai series bergenre shonen lainnya. Bahkan, tidak sedikit manga dan juga anime yang terinspirasi dari sosok Akira Toriyama. Misalnya adalah One Piece, di mana Oda Sensei mengakui jika beberapa elemen dalam ceritanya yang terinspirasi dari karya Akira Toriyama Sensei ini.

Anime Dragon Ball sendiri sudah muncul sejak 1986 dan sejak saat ini sudah jutaan orang pecinta anime di seluruh dunia yang terkesima dengan karya Toriyama Sensei ini. Bahkan, bisa dibilang Dragon ball juga sudah jadi salah satu ikon dari budaya pop. Buktinya adalah mereka yang bukan penggemar anime atau tidak pernah menonton anime pastinya mengenal Dragon Ball atau Goku.

1 Doraemon

Anime lintas zaman yang terkahir tidak lain adalah Doraemon. Nama Doraemonmerupakan salah satu nama yang sangat terkenal di dunia. Bahkan, hampir semua orang di dunia yang tidak menggemari anime dan manga juga mengetahui nama Doraemon. Series anime ini memiliki premis sederhana di mana robot kucing dari masa depan bernama Doraemon pergi ke masa lalu untuk menolong anak kecil cengeng bernama Nobita.

Dengan menggunakan berbagai alat canggih dari masa depan, Nobita dan Doraemon berusaha untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada meskipun pada akhirnya sering kali diakhiri dengan bencana. Series karya Fujiko F. Fujio ini sudah menjadi sesuatu yang ikonik baik di Jepang ataupun di seluruh dunia. Sudah ribuan episode anime dan puluhan judul film muncul di franchise Doraemon. Namun, ceritanya masih sanggup merenggut hati dari para penonton dari semua kalangan usia.

Anime nyatanya bukan hanya sekedar hiburan semata. Tidak jarang anime menjadi sebuah kenangan atau memiliki kesan tersendiri bagi masing-masing individu. Di sisi lain, anime juga terkadang berhasil untuk bisa bertahan dari dulu hingga sekarang dan jadi salah satu series anime lintas zaman. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Exit mobile version