Home SERIES SERIES FEATURES 5 Versi Terbaik Optimus Prime!

5 Versi Terbaik Optimus Prime!

Siapa yang tak mengenal Optimus Prime? Dialah pemimpin Autobots yang telah lama melindungi Bumi dari ancaman Decepticons. Sebagai pemimpin Optimus Prime memang sangat ditakuti. Dia juga sangat karismatik dan kuat, yang dapat dibuktikan dengan caranya saat mengalahkan musuh. Megatron yang menjadi musuh bebuyutan Optimus Prime bahkan pernah mengakui bahwa Optimus Prime adalah sosok yang hebat. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa versi Optimus Prime yang pernah dikenalkan, dan beberapa diantara dianggap sebagai yang terbaik. Siapa saja Optimus Prime terbaik? Simak berikut ini!

5 G1 Cartoon

Salah satu elemen paling ikonik dari Transformers adalah series kartun G1-nya yang pertama kali tayang pada tahun 1984. Kartun ini menceritakan perang antara Autobot dan Decepticon di Cybertron, yang kemudian pindah ke Bumi. Kartun ini menjadi sangat populer dan memperkenalkan karakter-karakter seperti Optimus Prime dan Megatron. Ketika berbicara Optimus Prime, karakternya tampil ikonik di kartun G1 yang membuat banyak orang menyukainya. Versi pertama Optimus Prime ini disuarakan oleh suara khas dari Peter Cullen. Dengan suaranya, Optimus Prime menjadi sangat karismatik dan membuat siapapun yang mendengar suaranya merinding.

Dalam versi ini juga, Prime digambarkan sebagai sosok yang tangguh. Tetapi dibalik itu, Prime juga bersikap lembut terhadap teman-temannya. Dia digambarkan juga sebagai seorang pejuang yang menghargai kebebasan bagi semua makhluk hidup. Oiya Geeks, dalam versi G1, Optimus Prime memiliki desain klasiknya yang lebih mengotak, dan minim dengan aksen-aksen tambahan, sehingga membuat Optimus Prime tampil sederhana. Dan selain itu, tubuhnya pun masih menggunakan warna klasik perpaduan antara merah, biru, dan putih. Desain ini memang cukup simpel, tetapi penggemar dapat dengan mudah mengingatnya.

Dalam kartun G1, Optimus Prime diperlihatkan bertarung dengan seteru abadinya yaitu Megatron. Optimus Prime berusaha untuk melindungi manusia dan menjaga perdamaian di Bumi, sehingga akhirnya mengharuskan Optimus Prime untuk menghentikan Megatron dan ancaman Decepticon lainnya. Dan puncaknya, Optimus Prime dan Megatron “berdamai” untuk menghadapi ancaman yang lebih besar yaitu Unicron.

4 Transformers: Prime

Transformers: Prime adalah sebuah series animasi yang pertama kali tayang pada tahun 2010. Series ini menampilkan beberapa karakter, cerita, dan desain yang berbeda dari versi Transformers sebelumnya, dan dikenal karena memadukan elemen-elemen yang lebih gelap dan cerita yang lebih mendalam. Optimus Prime juga dibuat berbeda di mana dia tampil lebih futuristik. Sekarang desainnya tak lagi mengotak, karena tubuhnya memiliki aksen-aksen tajam yang membuat Optimus Prime terlihat lebih superior dan mengintimidasi lawan. Dan yang menarik, tubuhnya terlihat lebih ramping, dengan bagian perutnya yang tidak sekotak dulu lagi.

Memang Optimus Prime versi Transformers: Prime dibuat lebih ringkas, dan tidak terlalu besar seperti sebelumnya. Dan tentu saja perubahan itu dilakukan untuk kebutuhan cerita. Sama seperti Optimus Prime versi G1, suara Optimus Prime masih diisi oleh Peter Cullen. Dalam series animasi ini, kita akan diperlihatkan lebih dalam lagi tentang asal-usul Optimus Prime, dan hubungannya dengan Primes yang asli. Dia masih digambarkan sebagai pemimpin pemberani yang sangat peduli kepada tentaranya. D

Dalam series ini, kita bisa melihat pertempuran yang terjadi antara Autobots yang diketuai Optimus Prime, dan Decepticon yang diketaui Megatron. Pertempuran mereka berlangsung di Bumi, di mana kedua faksi mencari sumber energi yang kuat yang dikenal sebagai Energon. Beruntung karena di sini Optimus dibantu dengan para Autobots terkuatnya seperti Bumblebee, Arcee, Bulkhead, Ratchet, dan Jack Darby, seorang manusia yang menjadi teman dekat Autobot.

3 IDW

Selain muncul di film dan series animasi, Optimus Prime juga tampil dalam komik Transformers yang dipublikasikan oleh IDW. Di sini, IDW memberikan ruang bagi semua karakter Transformers untuk berubah dan berkembang. Berkat fleksibiltasnya itulah, penulis cerita memiliki kebebasan untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Namun hal ini tentu saja akan menimbulkan beberapa inkonsistensi, termasuk kepada sosok Optimus Prime itu sendiri. Optimus Prime mengalami perubahan, di mana sosoknya tak lagi memiliki jiwa kepemimpinan yang sebagus dulu.

Itu terbukti karena dia memilih meninggalkan kepemimpinan Autobtos setidaknya sebanyak dua kali. Sepertinya meninggalkan Autobots bukanlah hal yang biasa Optimus lakukan. Meskipun begitu, ketika masih menjadi pemimpin, Prime masih sering berjuang untuk mempertahankan perdamaian dan keadilan, sambil menghadapi konflik internal dan dilema moral yang kompleks. Karakter ini tidak hanya seorang pahlawan, tetapi juga manusia yang penuh pertimbangan dan pertimbangan moral. Oiya Geeks disini juga Optimus Prime terlahir dengan nama Orion Pax, sebelum akhirnya bertransformersi menjadi seperti sekarang.

Untuk urusan desain, mungkin inilah desain Optimus Prime terbaik, karena mendekati dengan versi filmnya. Desainnya tak lagi sederhana, tetapi tidak juga terlalu futuristik seperti yang diperlihatkan dalam versi Transformers: Prime. Optimus Prime disini terlihat lebih modern dan tidak terlalu banyak aksen yang berlebih di tubuhnya.

2 Rise of the Beasts

Film live action Transformers sebelumnnya memang menampilkan Optimus Prime yang cukup mengecewakan. Tetapi Optimus Prime yang tampil dalam Rise of the Beasts berbeda dari sebelumnnya. Hal tersebut wajar karena Rise of the Beasts adalah reboot dari film Transformers yagn sebelumnya digarap oleh Michael Bay. Di sini, Optimus Prime diceritakan tidak menyukai manusia, dan dia lebih memilih mennyelamatkan rekan-rekannya sesama Autobots dibandingkan menyelamatkan Bumi dan seisinya. Namun pada akhirnya, Optimus Prime mulai berubah dan menyadari bahwa manusia juga layak diselamatkan.

Dalam Rise of the Beasts, desain Optimus Prime mengikuti Transformers G1, dan itu membuat filmnya terasa seperti cerita orisinal bagi para Autobot. Optimus Prime di Rise of the Beasts memang lebih tradisional jika dibandingkan dengan yang ditampilkan dalam film Michael Bay. Dan di film ini juga, Prime hampir dihadapkan dengan Unicron, meskinpun ada akhirnya dia hanya berhadapan dengan anak buahnya, yaitu Scourge. Dan dalam vveersi Rise of the Beasts juga, Optimus Prime terlihat lebih bar-bar, daripada versi sebelumnya. Mungkin karena para Autobot harus beraksi dengan para Maximals

Ketika Optimus Prime beraksi dalam Rise of the Beasts, sepertinya kekuatan dia sama kuatnya seperti Optimus Prime versi lainnya. Dia berhasil menghancurkan banyak pasukan musuh. Bahkan di akhir filmnya, Optimus Prime yang mengamuk berhasil menghabisi Scourge, yang notabene kekuatannya jauh lebih dahsyat darinya. Itu juga tak lepas dari bantuan teman-teman Optimus Prime yang turut membantunya.

1 Transformers: Animated

Transformers: Animated awalnya dianggap kontroversial karena art stylenya yang dianggap menyimpang jauh. Selain itu, Transformers: Animated juga menawarkan banyak hal-hal baru di dalamnya, sehingga cukup berbeda dari cerita Transformers yang kita kenal. Hal-hal baru atau perubahan yang sangat dirasakan terjadi pada diri Optimus Prime. Karakternya mengalami perubahan drastis, di mana dia lebih muda daripada versi lainnya. Memang butuh waktu untuk membiasakan diri, dan setelah terbiasa, mungkin ini adalah Optimus Prime terbaik yang pernah ditemui. Karakternya penuh semangat, dan berjiwa muda.

Awalnya diceritakan bahwa Optimus Prime adalah robot yang bertugas memperbaiki, sebelum akhirnya dia menantang Megatron, dan mendapatkan tempat di antara pasukan Autobot. Transformers: Animated juga menampilkan Ultra Magnus, yang dalam versi ini adalah atasan Optimus Prime. Dan menariknya, Ultra Magnus juga pernah memuji kehebatan Optimus Prime atas perlindungan yang dia berikan terhadap Bumi. Optimus Prime versi ini juga pernah menghadapi Decepticons dan penjahat super lainnya, yang berarti inkarnasi Optimus Prime ini memiliki banyak hal menari yang sudah dia lakukan.

Buat kalian yang penasaran dengan Transformers: Animated, series ini rilis di tahun 2007 hingga 2009. Series ini berlangsung di masa depan, di Kota Detroit yang futuristik. Di sana, manusia dan robot hidup berdampingan. Autobot dan Decepticon yang bertahan dari perang besar di planet Cybertron telah mencapai Bumi, dan mereka menyamar sebagai kendaraan manusia untuk menjaga identitas mereka tetap rahasia. Serial ini mengikuti petualangan Autobot yang terdiri dari Optimus Prime, Bumblebee, Ratchet, Prowl, dan Bulkhead. Mereka bertugas untuk melindungi Bumi dari ancaman Decepticon yang dipimpin oleh Megatron. Setiap episode menghadirkan pertempuran antara kedua faksi, dengan plot yang berpusat pada upaya Autobot untuk mencegah Decepticon menguasai teknologi manusia yang kuat.

Itulah dia Geeks beberapa Optimus Prime terbaik yang pernah ditampilkan. Optimus Prime di atas memiliki keunikannya tersendiri, baik dari segi desain maupun latar belakang. Di antara Optimus Prime di atas, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version